Cireng Keju Meleleh

Hehehe Judulnya hiperbol gak ya...


Masih inget jajanan waktu jaman sekolah dulu yang namanya cireng alias aci digoreng?
Tiba2 aja beberapa waktu lalu mama pengennn banget makan si cireng ini. Perasaan terakhir makan cireng ya pas SD. Padahal rasanya alot kenyal gitu, tapi gak tau kenapa kok tiba2 pengenn banget. Ternyata mama baru perhatiin kalo di deket rumah, di depannya mini market gitu ada yang jual cireng aneka rasa (isi). Langsunglah mama beli macem2 rasa dengan kalapnya, ada isi baso, keju, sosis, daging giling, dan oncom. Pas dimakan, ampunnnn,,,,,, ualotttt bangettt... perlu extra tenaga untuk ngunyah si cireng itu dan isinya juga seumpril alias dikiiittt banget. Hilang sudah bayangan makan cireng isi keju yang yummy.


Tau2 pas liburan ke yogya kemarin, mama dapet resep macem2 cireng di tabloid Nova. Lupa edisi yang mana soalnya tabloidnya bukan punya mama. Mama langsung catet aja buru2 karena liat gambarnya menggoda banget.


Akhirnya kemarin ini ada kesempatan nyoba resep cireng ini. Mama coba yang isi keju dengan sedikit modifikasi. Setelah dicoba, owwwww enak bangettt.... gak alot kayak yang dijual orang2, bisa crispy gitu luarnya. Ini bukan makanan balita sih karena kan sifatnya kenyal gitu yang pasti bakal agak susah dikunyah sama yang giginya belum lengkap, tapi Kyara sempet icip2 bagian luar yang crispy, ternyata nagih juga dia hihihi, Gak apa deh sekali2 ya nak...


Nah biar resepnya gak hilang, mama mau simpen disini juga deh. Setelah bandingin dengan beberapa resep cireng di internet, ternyata ini yang paling gampang. Kenapa judulnya cireng keju meleleh, karena memang mama pake keju kraft yang easy melted, jadi bisa dibayangkan begitu cireng digigit, langsung deh kelihatan keju lumer didalamnya. Karena bikin sendiri dan sebagai penggemar keju, so pasti kejunya mama isi rada extra, ngga kaya yang orang jual cuma seuprit isi nya hehehe.


Ini dia resepnya....


Cireng Keju Meleleh


Bahan:
125 gr tepung kanji
2 sdm tepung terigu
100 ml air matang
2 siung bawang putih, dihaluskan
1/2 sdt lada bubuk
1/2 sdt garam
Keju cheddar, potong kotak 1/2 cm (sesuai selera)
Minyak untuk menggoreng


Cara Membuat:
1. Aduk tepung kanji, terigu, bawang putih. Tambahkan air sedikit demi sedikit sambil uleni hingga rata.
2. Tambahkan lada dan garam, aduk rata.
3. Bentuk bulat, pipihkan, tambahkan keju di tengahnya, tutup rapat.
4. Goreng hingga matang di atas api sedang agar cireng tetap putih dan tidak keras


Cireng ini paling enak dimakan langsung hangat2, apalagi gak lama setelah di goreng bagian luar masih crispy banget. Kalo kelamaan dan udah dingin cireng ini jadi lebih kenyal sifatnya. Tapi meski udah dingin, cireng mama ini gak keras seperti yang mama beli waktu itu. Pokoknya enak bikin sendiri deh.

Resep ini sudah mama modifikasi. Karena resep aslinya keju dicampur ke adonan sehingga tinggal dibentuk bulat pipih dan di goreng. Tapi mama pengennya begitu cireng digigit keluar lelehan keju, jadinya keju mama potong kotak kecil2 dan pakai keju yang easy melted supaya bener2 lumer hehehe... Selain di isi keju, bisa juga di isi bumbu pecel.


Bentuknya juga suka2 mama, gak selalu bulat. ada yang lonjong, bulat, kotak, ato gak beraturan hihi.. Tar kalo udah lebih besar kyara ikut bantu bentuk2in cireng juga yukkk....

Ini dia penampakkan si cireng. Saat menggoreng harus bener2 menjaga panas si api supaya warna tetep putih mulus. Hasil gorengan mama beberapa ada yang sampe kecoklatan nih, tapi tetep yummy kok :) Yang jelas lelehannya itu lho....bikin pengen nambah terusss... :)

5 Comments:

  1. wah br tau kalo cireng itu ada berbagai rasa jg yah...aku jg suka sama cireng tik, blh dicoba resepnya nih ;;)

    ReplyDelete
  2. iya mba, aku juga baru tau berbagai rasa dari yang jualan di deket rumah itu. yang jualan itu merk kayanya ok, sampe di franchise in gitu deh, tp kok alott banget. mending bikin sendiri dehhh... :)

    ReplyDelete
  3. Mbak aku mau tanya ya kebetulan aku suka cireng juga soalnya hehehe untuk air-nya yang di gunakan air panas/mendidih atau air matang biasa aja ya mbak, thanks ya

    ReplyDelete
  4. Hai mbak sisca.. :)
    Pakai air matang biasa aja mbak,jangan yang mendidih. Karena air itu kan untuk menguleni/mencampur adonan sampai tidak nempel dan bisa dibentuk, nah nguleni adonan enaknya pakai tangan mbak, kalo airnya mendidih bisa repot deh hehehe..
    Oiya, kasih airnya dikit2 dulu takutnya adonan terlalu cair. Takaran resep cuma acuan aja, pada prakteknya juga ga persis segitu soalnya tergantung adonan udah bisa dibentuk atau belum.
    Happy cooking ya mbak.. Semoga berhasil,kalo bosa crispy enak banget lho apalagi pake keju quick melt. Diisi sambel pecel ato oncom juga ok :)

    ReplyDelete
  5. kalau tepung kanji sama tepung sagu bedanya apa ya?

    trus kalo 1 kg tepung sagu, brapa ya tepung terigunya?

    ReplyDelete

Powered by Blogger.