My First Born Experience

Iseng2 co-pas dari MP nya ibu2, sekalian menguji ingatan tentang first born experience ah... (pastinya gak bakalan pernah lupa sama pengalaman luar biasa ini sih hehehe)

Here you go mommies - a different kind of survey for a change - it's all about your first born! Just copy and paste it in a new note for yourself!
Let's see how much you remember!

1. Was your first child's pregnancy planned?
Direncanakan nggak ya...? Tepatnya sih udah dipercaya sama Allah SWT untuk menjaga amanahnya.
Abis married emang nggak ada rencana untuk nunda dan nggak buru2 juga. Jadi mengalir dan pasrah aja kapan dikasihnya. Pengennya dikasih kesempatan berduaan sama hubby dulu, tapi jangan kelamaan juga (rese denger pertanyaan annoying dari orang2 "udah hamil belum").
Alhamdulillah Allah baik banget denger doa kita. Dikasih kesempatan pacaran sama hubby lagi 6 bulan, setelah itu positif dech... Rasanya passss banget nggak kelamaan. Allah emang paling tau deh kapan waktu yang terbaik.

2. Were you married at the time?
Ya iya lah!!!!

3. What were your reactions?
Kaget, seneng banget, gak nyangka (sampe mikir kok bisa ya... hihih) pokoknya happy banget gak bisa diungkapkan dengan kata2.

4. Was abortion an option for you?
Big NO NO!!

5. How old were you?
25th pas!!
I kenw that i got pregnant 1 day before my 25th bday. Bener2 jadi kado ultah terindah!!

6. How did you find out you were pregnant?
Pas tanggal harusnya mens, me n hubby malah liburan ke bandung, ya itung2 jadi bulan madu yang tertunda. Balik ke jakarta pas sampe rumah ada flek merah muda, dipikir pastilah ini mens yang mau kluar (sambil bersyukur untung kluarnya ngga pas lagi di bandung hihihi). Ditunggu2 sampe besoknya ternyata bersih nggak ada yang kluar lagi.
Beberapa hari kemudian mulai berasa eneg2 dan ada feeling kalo mungkin aku hamil apalagi bb tiba2 naik 2kg. Sampe akhirnya sabtu 10 maret 2007 subuh aku testpack sambil berdoa "ya Allah beri aku kado ultah kali ini berupa 2 strip dong".
Setelah di tes ternyata garisnya 1 aja. Karena masih ngantuk males nunggu beberapa menit lagi dan langsung bobo lagi abis subuh-an. Testpacknya dimasukkin lagi ke bungkusnya dan digeletakin aja di meja.
Bangun agak siang, pas beres2 dan mau buang testpack iseng aku kluarin lagi dari bungkusannya dan ternyata garisnya ada 2 tapi yang satu masih samar. Langsung bangunin ayah tapi kita belum excited banget karena takut salah. Dengan PeDe nya gak pake ngecek pake testpack lain sorenya kita cek ke dokter dan ternyata emang bener positif. Baru deh seneng beneran, kaget, excited. Ternyata flek merah muda itu karena janin sedang menempel ke rahim. Dipikir2 pas jalan ke bandung seminggu sebelumnya berarti kan udah positif hamil, untung aman2 aja hihihi....

7. Who did you tell first?
Suami tercinta dong...
Bangun tidur masih kriyip2 aku liatin aja testpack nya. Tapi karena belum percaya jadi masih biasa aja. Pas sorenya dokter dengan resmi bilang aku poitif hamil baru deh seneng tiada tara. Pulang dari RS dirangkul teruuuss... Sampe rumah dipeluk cium teruuuss... Dan pastinya langsung sholat bareng, ngucap syukur atas kepercayaan yang diberikan sama Allah ini. Abis itu baru deh kasih tau keluarga terdekat.

8. Did you want to find out the sex?
Iya dong...
Dari kehamilan 4 bulan dokter udah bilang kalo ini baby girl. Ayah pengennya aanak pertama cowo, jadi sampe bulan ke 7 ayah tetep tanya ke dokter berubah ngga jenis kelaminnya hehehe...
Dokter bilang pasti baby girl soalnya kliatan banget 'bibir kiri dan kanan nya'. Dan si baby tiap di usg pasti dengan narsisnya memperlihatkan jenis kelaminnya, gak pernah ngumpet. Tapi pada dasarnya kita terima apa aja kok, cowo ato cewe yang penting sehat...

9. Due date?
10 November 2007. Akhirnya lahir 12 November 2007 setelah di induksi

10. Did you have morning sickness?
Banget.... sampe minggu ke 12
Maboknya parah... Pagi nggak pernah mabok, setelah jam 12 siang baru deh mulai sengsara. Sehari muntah bisa 7 kali, tiap 2 jam. Mabok parah mulai sore sampe tengah malam. Setelah tengah malam baru damai. Setelah minggu ke 12 udah lancarr hamilnya... enak banget nggak nyusahin.

11. What did you crave?
Gak ada sama sekali tuh... padahal udah niat mau ngerjain ayah tapi malah gakpengen apa2.

12. Who/what irritated you the most?
Noodles. I hate noodles at that time. Segala mie pasti langsung bikin hoek. Jangankan makan, nyium baunya aja langsung muntah. Tapi ternyata sekarang anakku doyan banget sama mie!!!!

13. What was your first child's sex?
Girl

14. Did you wish you had the opposite sex of what you were getting?
No...
Bener2 bersyulur dikasih anak cewe yang menggemaskan ini.

15. How many pounds did you gain throughout the pregnancy?
9kg sajah... dari 44kg jadi 53kg. Kata dokter bagus gizinya lari ke bayinya semua, jadi emaknya gak gendut2 amat hehehe.... tapi sekarang stuck di 47 kg, gak mau turun2... :(

16. Did you have a baby shower?
4 bulanan aja, pengajian. Lanjut dengan aqiqah 2 bulan setelah kelahiran Kyara.

17. Was it a surprise or did you know?
Ya tau dong... kan direncanain bareng keluarga

18. did you have any complication during your pregnancy?
Alhamdulillah ngga ada. Bener2 hamilnya enak banget...

19. Where did you give birth?
RS Sari Asih Ciledug

20. How many hours were you in labor?
Dokter dah pesen kalo sampe due date ngga ada tanda2 mau melahirkan disuruh ke RS buat diinduksi. Akhirnya 11 Nov 2007 ke RS, diinduksi pake infus dari jam 10 pagi gak ada kemajuan, gak mules sama sekali, cuma bertahan di pembukaan 1. Jam 8 malem induksi diganti pake obat lewat vagina. Ternyata tokcer banget, jam 8.30 malem langsung mules tiap 2 menit, ketuban pecah, dan di cek ternyata pembukaan 3. Langsung pindah ke ruang bersalin dan akhirnya Senin 12 November 2007 jam 00.30 lahirlah bayi mungil perempuanku "Kyara Alifia Syarizka" melalui persalinan natural.

21. Who drove you to the hospital?
Hubby and mamaku

22. Who watched you give birth?
Ayah, dr. Budi Ermanto Spog, and sekitar 5 orang atau lebih bidan2.
Karena malam itu yang lahiran cuma aku, jadinya bidan2 pada ikutan masuk kasih semangat. 1 Bidan di sebelah kanaku, 1 bidan di sebelah kiriku, 3 bidan (atau lebih) didepanku sama si dokter dan ayah. Salut banget buat ayah yang berani liat dari depan. Tadinya ayah di samping kiriku. Pas bukaan udah lengkap, dokternya nawarin ayah mau tetep disamping atau berani liat dari depan di samping dokter.. Ternyata ayah dengan gagahnya pindah berdiri ke sebelah pak dokter dan melihat keajaiban itu. Ayah yang tadinya udah siap dengan kamera akhirnya cuma bengong liat keajaiban keluarnya si baby. Katanya bener2 amazing banget, Subhanallah...
Thanks to bidan2 yang udah rela aku maki2 pas lagi sakit nahan kontraksi ya... Katanya mereka udah biasa kena semprot begitu tiap hari hahaha....

23. Was it natural or c-section?
Alhamdulillah natural birth
Begitu baby keluar, ya Allah itu sakit hilang menguap entah kemana... Ini tho nikmatnya natural birth hehehe... 4 jam kemudian udah jalan2 di koridor RS :)

24. Did you take medicine to ease the pain?
nggak tuuhhh....

25. How much did your child weigh?
3000 gr, 48 cm

26. When was your child actually born?
12 November 2007, pukul 00.30 WIB

27. What did you name him/her?
Kyara Alifia Syarizka

28. How old is your first born today?
17 bulan, atau 1 tahun 5 bulan, atau liat ticker aja biar update :)

silakan aja kalo ada yang mau iseng2 kerjain. Hayo masih inget gak....

Btw, pas lagi ambil duit di ATM RS beberapa waktu lalu, iseng liat ke papan jadwal dokter yang guede itu, ternyata my DSOG, dr. Budi Ermanto SPOG udah gak praktek di RS Sari Asih Ciledug lagi :( Info dari suster katanya beliau lanjut sekolah lagi, ambil sub spesialis gitu kali ya...
yaaaaa tar kalo anak ke-2 mesti ganti dokter dech, harus cari chemistry dari nol lagi hehe...
Maksudnya, aku rasanya udah sreg banget sama beliau. Dokternya termasuh masih muda, belom tua2 banget (tapi anaknya udah 3 sih hehehe). Dokterku itu tipe yang kalem gak terlalu cerewet dan gak banyak omong, tapi kalo menjelaskan detail dan jelas. Dia gak banyak aturan dan larangan ini itu. Sangat sabar dan bisa bikin aku tenang. Dan yang paling penting beliau sangat support untuk natural birth. Motonya si dokter adalah GSI, Gerakan Sayang Ibu yang mana akan sangat mensupport si ibu untuk bisa natural birth. Gak pernah di ngomongin cesar atau mengarahkan untuk cesar kecuali memang kondisi yang mengharuskan untuk cesar. Sangat menyemangati aku waktu aku pesimis untuk bisa natural birth, disaat orang2 sekitarku ragu kalo aku bisa natural birth. Gak bikin aku down saat beratku gak ada kenaikan di trimester pertama, malah kasih semangat meski beratku gak naik tapi babyku tambah gede dan ini malah bagus buat ibunya biar gak gendut2 amat hehehe.
Aplagi kata para bidan waktu aku melahirkan, mereka bercanada katanya dr. budi tuh mukanya mirip sama ayah, tinggal pake jas putih aja hahaha ada2 aja si bidan, jadi aku berasa konsul and lahiran sama suami sendiri gitu ya hehehe...
Rasanya kalo nantinya Insya Allah hamil lagi kan pengen sama dokterku yang dulu, udah ada chemistry nya gitu... ya apa boleh buat, beliau menuntut ilmu lagi... Ya sudah tar kalo hamil lagi mesti dari nol lagi cari chemistry sama si dokter, biar sreg... tapi kapan hamil lagi ya??? hihihi....

5 Comments:

  1. Wah...seru juga uji ingatan mengenai first born experience nya. Mohon ijin aku copas ya mbak. Tapi ntar aku jawab dan posting di blog kalau Dita sudah 1 tahun aja ah hehehe.

    Salam kenal buat Kak Kyara dari Dita :-)

    ReplyDelete
  2. boleh2 boleh mbak, silahken kalo mau copas... hayuuu menguji ingatan :)

    Salam kenal juga Dita... :)

    ReplyDelete
  3. Akhirnya, aku baru tau jawaban kemanakah Dr Budi Ermanto. Makasih ya mbak. Baca tulisan kamu, aku jadi ga penasaran lagi. Aku juga pasien Dr Budi. Emang, dia itu baiiik banget n sabar.

    Aku jadi bingung sama dokter siapa lagi nanti kalau mau periksa kandungan dan melahirkan? Dr Budi, kembalilah ke RS Sari Asih!!!

    ReplyDelete
  4. Hai mbak rosa, salam kenal juga..
    Ternyata pasiennya dr. Budi juga ya :) hehe iya dr.budi emang sabar n baik ya mbak.
    Nggak usah bingung mbak, baca deh postinganku yg judulnya meet my new dsog, kalo gak salah ada di arsip bulan april. Disitu aku cerita kalo penggantinya dr.budi ternyata orangnya lbh enak lho.. Jadi mbak rosa boleh coba ke dr. Suhartadji, orangnya baik banget, ramah, komunikatif, becandaan terus. Dicoba aja, krn beberapa temen yg dulunya pasien dr.budi skrg juga jd pasien dr.adji dan mereka bilang malah lbh enak drpd dr.budi :)
    So, gak usah kuatir ya.. Lagi hamil mbak skrg?

    Btw, blognya mbak rosa apa nih.. Supaya aku jg bisa main2 ke blognya mbak :)

    ReplyDelete
  5. Salam kenal Mbak Motik,

    Hmm, menguatkan sekali pengalaman melalui natural birth. Enaknya 4 jam kemudian sdh berjalan-jalan di koridor RS.

    Kali ini ingin berjuang utk melahirkan normal :)

    ReplyDelete

Powered by Blogger.