Pilih Disposable Diaper atau Reusable Cloth Diaper? Kyara mulai Pakai Cloth Diaper yang Ramah Lingkungan

Berawal dari mulai seringnya mama nemuin diapers nya Kyara enteng.
Berawal dari kesadaran mama untuk mulai mendukung go green
Berawal dari niat mama untuk toilet training Kyara
Berawal dari keinginan mama untuk bisa sedikit irit (bukan pelit lho ya...)
Akhirnya mama mulai melirik si reusable cloth diaper...

Sejak umur 2 bulan, Kyara full pakai disposable diapers. Karena urus Kyara tanpa pembantu, aku lebih nyaman pakein disposable diapers ini (atau manja?) karena gak perlu pusing mikirin cucian, tinggal buang aja. Tidurnya si baby pun jadi lebih nyaman karena selalu kering.

Nah karena akhir2 ini sering banget nemuin diapersnya Kyara enteng (berarti pipisnya gak terlalu banyak), dan mulai mikirin tentang penghematan juga (bukan pelit, tapi ayo coba hitung pengeluaran diaper ini dari pertama pakai sampai sekarang, ternyata lumayannn), mulailah browsing2 dan jadi tau tentang reusable diaper ini. Sebenernya taunya udah lama sih tentang cloth diaper ini, tapi kok suka gak bisa ngebayangin karena gak megang langsung. Lagian setauku harganya muahalll, jadi tambah ragu aja pengen beralih ke cloth diaper ini. Setelah baca2, mama ngerasa telat banget deh.... Tau gitu kan dari waktu baby aja pakein cloth diaper ini.

Banyak merk cloth diaper, seperti bumwear, bumgenius, happy heinz, drybees, greenkids, smart nappy mothercare, dll. Motifnya juga lucu2 bangetttt. Aku ngiler banget buat terapin colth diaper ini, tapi liat harganya kok ya bikin ragu deh. 1 cloth diaper harganya bisa 250-300 ribu-an. Apalagi ada yang sistim paket kaya mothercare, 1 paket harganya sampe 900rb-an kalo nggak salah. padahal kan harusnya punya beberap gak cuma 1 diaper aja. uuuuu makin down aja... Ada sih merk lokal, tapi dari hasil review kok banyak yang kurang puas.

Di detik2 terakhir akhirnya aku nemuin 1 merk yang harganya lebih murah, bisa setengahnya harga merk2 diatas. Ini hasil liat di MP, merknya coolababy. Langsung cari reviewnya, ternyata banyak yang puas meski ada juga yang complain. Yang complain ini nemuin bahwa bahan dalam insertnya meleleh. Pas diteliti lagi, si customer ini nyucinya pake hot water. Ya iyalah langsung rusak, jangankan pake merk ini, pake yang mahalan kayak bumwear pun pasti bakalan rusak juga karena kan aturannya dilarang cuci pake air panas. Akhirnya aku beraniin aja untuk pesen 1 diaper dulu, untuk percobaan. 1 aja sebenernya gak cukup, tapi kan kita coba dulu, kalo okeh baru nambah lagi. Sejarahnya si anak mama ini Alhamdulillah kulitnya gak sensitif, gak pernah kena ruam popok, cocok2 aja sama segala jenis disposable diaper dari yang murah sampe yang mahal, maka itulah mama berani beli cloth diaper yang lebih murah ini dibanding merk lain. Insya Allah meski pake harga yang lebih murah Kyara tetep bisa cocok. Anggap aja ini budget bulanan untuk diapernya Kyara, berat diawal tapi selanjutnya bisa menghemat dan dilungsurkan untuk adiknya.

Pas browsing2 lagi, nemu yang buatan lokal yang dari reviewnya banyak yang puas untuk dipake hari2, bahkan dipake sama newborn baby yang pasti pipisnya bisa tiap menit. Padahal tanpa merk lho, tapi dibanding buatan lokal yang bermerk, banyak yang puas dengan si tanpa merk ini. Wah jadi pengen juga nih nyoba. Yukkk sekalian aja deh mama beli buat harian, belinya 3pcs dulu untuk nyoba.

Kebetulan lagi temennya ayah ada yang punya babyshop. Dia juga jual tuh cloth diaper lokal gitu. Dikasih contoh deh 1 sama temennya yang akhirnya kita beli aja, gak papa buat perbandingan dan buat nambah2 aja meskipun mama kok gak terlalu sreg tapi okelah kita coba aja.

Ini dia penampakan dan reviewnya, diurutkan dari yang termurah ke yang termahal:

1. Cloth diaper pink merk Clarabelle (lokal), @ 15ribu


:: Kalau dulu merk lokal banyakan yang model celana plastik yang diliat aja kayanya gak nyaman banget, sekarang mendingan nih modelnya mirip sama cloth diaper merk luar yang mahal2 itu.
:: Bahan luarnya bahan lembut semacam bahan baju bayi fluffy gitu.
:: Bahan dalamnya bahan waterproof yang akan mencegah basah tembus ke lapisan luar. Dan ada insertnya juga (gak kalah sama merk luar hihi), tapi ukurannya menurutku kurang lebar ya. Panjangnya sih ok, tapi lebarnya kurang, jadi kayak pembalut wanita kesannya. Padahal kan namanya anak2 gerakannya aktif, jadi kayaknya insert ginian bakal kurang maksimal.
Insert ini ada prepet penempelnya di masing2 ujungnya, tapi tetep aja gak bisa stay ditengah makanya kalo si anak udah gerak2 pasti bakalan miring kemana-mana insertnya.
:: Daya serapnya mungkin sekitar 2-3 kali pipis. Setelah 2 jam di cek, insertnya sudah cukup penuh tapi nggak terlalu basah ternyata.
:: Karet pahanya sekilas terlihat agak kurang nyaman, takut bikin paha jadi berbekas dan merah2. Tapi ternyata cukup ok dipake Kyara, gak berbekas dan gak merah2 di paha. Karena sesuai sama sizenya kali ya.
:: Size nya sama dengan size disposable diaper, jadi saat ini Kyara pake yang size L.

2. Cloth diaper putih tanpa merk (lokal), @ 20ribu



:: Biar tanpa merk, tapi jangan salah... ternyata review nya ibu2 yang udah pada pake model ini dan pada puas tuh bener banget. Modelnya persis banget sama disposable diaper, jadi kaya pake diaper biasa aja, dan gak ada insert.
:: Bahan luar apa ya namanya hehehe gak ngerti jenisnya, pokoknya semacam katun gitu.
:: Bahan dalam semacam handuk gitu yang didalamnya ada lapisan bahan yang jadi penyerap dan lapisan anti bocornya.
:: Daya serap sekitar 2-3 kali pipis. Setelah terkena pipis juga permukaan diaper nya nggak terlalu basah, kayak lembab aja.
:: Untuk bagian pahanya bukan karet, pas sama pahanya Kyara dan nyaman banget. Nggak pernah berbekas dan nggak bikin paha Kyara merah2.
:: Sama seperti model pertama, size nya pake patokan disposable diaper.

3. Cloth diaper merah merk Coolababy (China), @ 140ribu



:: Sempet underestimate sama barang China, tapi liat reviewnya kayanya ok ya sutralah diberanikan aja beli 1 dulu untuk nyoba. Hampir sama kaya nomor 2, modelnya sama persis kayak disposable diaper tapi ada insertnya. Ini model pocket diapers, kita tinggal masukkin aja insertnya ke dalam pocketnya, atau kalo cuma punya 1 celana taruh aja insertnya di bagian atas tanpa dimasukkan ke pocket. Jadi tinggal stok insert lebih banyak aja dan celana nya bisa diapkai beberapa kali sejauh nggak kotor karena menurut pengalaman memang bener2 nggak bocor.
:: Bahan luar nggak tau deh jenisnya apa. Pokoknya waterproof, bikin pipis nggak rembes.
:: Bahan dalam (pocketnya), duh nggak tau juga ya jenis apa namanya. Tapi lembuuttt banget dan kalo kena air cepet banget kering. Ini yang bikin pantat anak kerasa nyaman kayak pake disposable diaper aja karena tetep kering. Insert nya lembuutt juga, jadi tanpa dimasukkin ke dalam pocket pun kayanya tetep terasa nyaman buat anak.
:: Daya serap nggak tau untuk berapa kali pipis, tapi pastinya awet cukup lama. Untuk siang disarankan pake 1 insert, kalo malam pakai 2 insert. Tapi tergantung si anak juga apakah heavy wetter atau nggak. Pas malam Kyara pakai 2 insert dari jam 9 malam - 7 pagi tetep kering dan nggak bocor.
:: Bagian pahanya lembut dan nyaman untuk Kyara.
:: Nggak ada size, ini bisa dipakai dari newborn karena banyak kancing jadi tinggal disesuaiin sama badan si baby.

Nah sekarang ini mama pakein cloth diaper nomor 1 atau 2 untuk siang hari dan nomor 3 untuk malam hari. Untuk siang, mama biasain cek tiap 2 jam apakah udah basah atau belum. Kalo masih kering ya belum di ganti. Pernah Kyara pake diaper nomor 2 selama 4 jam karena pipisnya lagi dikit, dan ok ok aja nggak bocor sama sekali. Dan nggak pernah ada ruam sama sekali juga selama pakai cloth diaper ini. Meski kena pup, dicucinya pun ternyata gampang bersihnya. Karena saat ini cuma punya stok terbatas, jadi belum bisa tiap hari full pakai cloth diaper. Jadi selang seling aja, hari ini pakai cloth diaper, besok disposable diaper, dst. Siang hari Kyara bisa pakai 3 pcs Cloth diaper nomor 2, habis mandi sore pakai 1 cloth diaper nomor 1, malam sebelum tidur sampe pagi pakai diaper nomor 3. Insya Allah pelan2 mau ditambah lagi stoknya supaya bisa bener2 beralih ke cloth diaper yang ramah lingkungan ini. Tapi untuk pergi2, mama masih mengandalkan disposable diaper biar kalo pup tinggal buang :)

Pengennya sih tambah stock diaper nomor 2 sebanyak 6pcs lagi dan nomor 3 sebanyak 2pcs lagi deh. Atau paling nggak stok insert aja agak banyak, soalnya ternyata insertnya dipasang di diaper nomor 1 juga bisa hehehe.. Kalo tau gini kan dari dulu aja pake cloth diaper ini. Bener2 bisa irittttt dan ramah lingkungan deh... Tinggal beli nappy liner aja nih supaya pup nggak langsung nempel ke diapernya jadi nappy liner dan pup nya tinggal dibuang dan di flush tanpa ngotorin diapernya, jadi nyucinya kan lebih gampang lagi. Katanya nappy liner ini di ITC ada juga, sekitar 35ribu isi 100 lembar.

Coba itung2 dikit, kalo 1 bulan jatah diaper sekitar 200ribu (pasti banyak yang lebih), pengeluaran untuk 1 tahun sekitar 2,4juta. Nah kalo pake cloth diaper, misalnya belinya bertahap supaya nggak berat, tiap bulan anggap aja invest 200-300ribu juga, belinya bertahap selama 3 bulan supaya nggak berat, udah deh pengeluaran untuk cloth diaper ini nggak sebanyak pengeluaran disposable diaper untuk 1 tahun, dan bisa dipake seterusnya sampe dilungsurkan buat adik2nya. Kalo orangtuanya bisa beli gadget yang mahal2 untuk diri sendiri, nah kenapa nggak coba juga sisihin sedikit dana untuk nyicil beli cloth diaper :D
Kalo tiap hari 1 anak pakai disposable diaper minimal 3-4pcs aja, udah berapa sampah yang kita sumbang untuk dunia selama 1 bulan bahkan 1 tahun.

Dukung go green yukkss....

26 Comments:

  1. waaahhhh!!!! good good mom. go green.
    duh, knapa ga dari kemaren sih mom postingannyah. soalnyah aku lagi order bumgenius sama happy heinys ke salah satu anggota milis afb. lumayan, kita order rame2 gitu, jadi satu diaper plus 2 insert jatohnya 250rb. datengnyah dua minggu lagih. aku baru pesen dua. mau liat dulu.

    dulu pernah pake yg merk bumwear, tapi secara raya yah badannyah aduhai, jadi kancingnya dah ga muat biat fit properly. padahal itu kan freesize. mungkin nanti dilungsurin buat ade nya raya ajah kali yah.

    terus dulu juga pernah nyoba review mama no. 1 dan 2. kalo no 1 agak2 ga enak, karena dalemnya dari bahan plastik dan insert nya suka mencong2, tapi sama ga ya barangnya, kliatannya sih sama. kalo no. 2, bahan dalemnya dah ga bagus, terus ga bisa dipake 2 kali pipis. yah, tapi lumayan sih ya mba, ada harga ada rupa. aku setuju sih yg penting ga pake disposable diaper lagih.

    ReplyDelete
  2. Ietoh.. iya niy telat taunya sih hehehe.. dari dulu masih ragu mau coba, baru sekarang deh. Tapi biar deh lebih baik telat daripada nggak sama sekali kan

    Iya tadinya mau beli bumwear or bumgenius, tp nemu yang ini jadi coba dulu yang coolababy ternyata cocok. Mamanya seneng deh, harganya cucok n so far memuaskann.
    Iya bund yang nomor 1 emang gak enak, aku baru coba pakein 1 kali tuh. Kalo nomor 2 lumayanlah sambil nunggu nambah stok nomor 3 hehe. Iya nih yang nomor 2 gak tau bahannya awet brp lama, jd dicucinya pelan2. Makanya nomor 2 cuma berani buat hari2 pas siang aja. Pengen cepet2 nambah stok insert n diapernya nih biar siang juga bisa pake nomor 3, mungkin nyicil lagi bulan depan hehe. Kalo diapernya punya 3-4 cukup kali ya, banyakin insertnya aja.
    Aku seneng deh bund liat Kyara pake nomor 3 soalnya pas banget mantap di pantatnya :D

    Raya kalo bumgenius nya udah dateng jangan lupa posting juga ya.. Raya beli yang banyak dong buat adeknya juga hihi..

    ReplyDelete
  3. berhemat bgt ya mbak.. :)

    ReplyDelete
  4. wah aku mah dah keburu beli disposable diaper banyak bgt pas lg disc kmrn, wah sayang jg nih...tp alma seharian gak pake diaper sih, pakenya kalo malem itupun pas mau tdr aja, trus ganti 2X, gak dukung go green ya? hehehhe

    ReplyDelete
  5. Wah..thanks banget review nya Mom. Saya sih sudah kepikiran lama buat ganti disposable diaper dengan cloth diaper buat Dita. Cuma lagi cari info dulu nih, secara harganya memang gak murah. Soalnya awalnya tahunya merk Bumwear. Eh seminggu yl, Ayahnya Dita ditawarin temennya, harganya @20rb. Waktu ditelp, aku bilang lah kok jauh bgt harganya sama Bumwear. Makanya beli 2 dulu. Tak cek merk nya Nice Kids. Di packagingnya ada tulisan 'Celana sistem lampin". yang ini Made in Bandung. Bentuknya sih mirip yang no. 1 itu mbak.

    Tapi sampai skr belum dicobain nih. Soalnya belum beli detergen khusus untuk bayi. Soalnya di petunjuknya katanya gak boleh dicuci pake detergen biasa. Yang mbak beli itu apa juga harus dicuci pake detergen khusus bayi?

    Ceritanya juga mau menghemat pengeluaran dan sekaligus go green hehehe. Anak masa depan bagus nya emang no sufor dan no disposable diaper nih. Soalnya 2 itu yang paling menguras kocek ayah bundanya hahahaha. Yg no sufor sedang dilakukan, sekarang lagi berjuang buat no disposable diaper :-). Karena tanpa 2 itu membawa kebaikan, ya buat anak, buat ortu dan buat kehidupan.

    ReplyDelete
  6. @ke2nai: iya bund lumayan nih hihihi;
    @bunda alma: oh alma kalo siang dah gak pake ya. Itu mah udah dukung go green juga kok, lumayann hehe. Aku juga masih selang seling sih pakenya
    @bundit: ayo dita mulai beralih yux..
    Iya bund aku tau yang nice kids, itu hampir sama kaya nomor 1, tp ya gitu aku kurang suka sama penyerapnya, terlalu langsing bentuknya jadi kurang maksimal. Masih lebih baik yang nomor 2, dan ternyata beli lusinan di ITC lebih murah.
    Kebetulan kata yang jual gpp pake detergen biasa kayak rinso gitu jadi aku ga pake detergwn khusus bayi. Tapi kalo mau pake ya gpp malah lebih bagus ya. Untuk yg nomor 3 pake detergen biasa, no bleach and no softener. No bleach krn residu kimia yang tertinggal di cucian terlalu kuat, ga baik untuk dipake bayi aplg dibagian bawah. No softener krn pelembut pakaian mengandung lilin yang akan merusak tekstur insert nya.
    Iya bund,pelan2 beralih ya dimulai dari diapernya si kecil dulu. Aku juga blm bisa full sih krn stok terbatas, tp lumayan bulan ini pemakaian disposable diaper cm 1/2 dari biasanya hehehe

    ReplyDelete
  7. Bu, minta link yang jualnya dooong. Both yang lokal maupun cina. Aku mau ngrayu bapaknya dulu nih biar diapprove..

    ReplyDelete
  8. hmm.. pengen juga ah pelan-pelan pake cloth diaper. Emang udah plan shaina masuk 1,5 tahun sih. Siplah, belajar dulu dari postingan mama motik hehehe..

    ReplyDelete
  9. @ayu:
    Yang nomor 2 aku beli di visionkids.multiply.com
    Yang nomor 3 aku beli di ashleeshop.multiply.com
    Kalo emang tertarik sms yang jual aja lbh cpt direspon.
    Kalo yang nomor 2 ternyata di toko ocha itc kuningan lbh murah Yu. Temen beli disana 1 lusinnya sekitar 160-180rb an tergantung size. Lumayan kan bedanya.. Aku krn mau coba dulu n males hunting2 ke itc jd beli online aja. Kalo beli banyak mending ke itc aja.
    Selamat merayu suami ya bu.. Suamiku setelah liat pake yg nomor 3 cukup puas malah disuruh beli lagi hihi..

    @cicha: ayoo shaina juga pake cloth diaper..

    ReplyDelete
  10. Yang coolababy itu tahan berapa lama, mam? Dijual dimana aja..

    Kalo Vaya emang udah beberapa bulan pakai cloth diaper, iya sih jd hemat, trs jg pantat ga merah-merah klo misalnya telat ganti pampers...
    So far yg enak dipakai sih greenkids ya. Krn insertnya bamboo jd tahan lama & ga bocor-2.... KEc kalo pipisnya banyak, beratttt bgd jdnya ...

    ReplyDelete
  11. Fadly pernah aku pakein yg no 2 pas masih baby...umur 2 - 3 bulan. Tapi ga tahan lama alias hanya bisa 2 -3 kali pipis. Udah gitu bikin merah2 di pahanya dia karena kekecilan kali ya :D

    Yg no 1 sempet pake sekali....tapi baru pake kok langsung moncor alias bocor :D

    Yg no 3 kayanya boleh di coba juga tuh....ngerayu Bapaknya Fadly dulu ahh...

    ReplyDelete
  12. Yess to GO GREEN!!!
    Yups mom, aku dukung bangets programnya...

    ReplyDelete
  13. wah boleh juga nech postingannya...soale slama ini ina pake pampersnya masih boros, borosnya krna baru diganti udah pup hehehe....

    aku mo coba yg no.3 ahhh, kayaknya ok ...mksh infonya yaaaa

    ReplyDelete
  14. mba motik klo no 2 di itc mangga dua ada gk mba? makasih, penen nyoba beli :)

    ReplyDelete
  15. Anonymous: kalo di ITC mangga dua aku kurang tau juga ya, soalnya blm pernah cek kesana. Mungkin ada ya, tapi nggak tau di baby shop mana. Soalnya aku beli di ITC kuningan juga gak di semua baby shop jual diaper ini. Kebetulan yang aku tau cuma toko jungle n toko ocha aja. Di ITC permata hijau juga ada, tp lupa apa nama tokonya.
    Beli aja mbak, dicoba, cukup ok koq.. :)
    Btw namanya siapa nih mbak?.. :)

    ReplyDelete
  16. indrie utomo16/7/09 2:36 PM

    Dear Moms,
    Seneng deh tahu ada Moms yang punya pendapat yang sama. Aku juga sama dengan Moms, ngga mau lagi menambah beban dunia dan beban pengeluaranku (hehehe...),aku juga sempet mau beli bumwear atau kushies (washable diaper) dari LN.Sblm sempat, aku dikasih tahu sama adik iparku, kl buatan lokalnya ada yg jual. Tapi berhubung, stock di tokonya sering ngga ada, aku jadi kepikiran buat bikin sendiri. Dan akhirnya, aku dan adik iparku memproduksi popok pakai ulang dengan merk Popocan. Kami akan ikut pameran UKM yang diselenggarakan oleh majalah Sekar, Minggu/26 Juli 2009 nanti. Jika sempat, datang ya! :-)

    ReplyDelete
  17. indrie_utomo16/7/09 2:40 PM

    Maaf sebelumnya sama Mom Motik, saya mau numpang jualan. Jika ada para Moms yang ingin tahu soal popocan, bisa menghubungi aku di: 08170741329

    Thanks banget ya Mom Motik.

    ReplyDelete
  18. Thank's for sharing Mbak. Jadi ter-update nih. Saat ini bayi saya menggunakan popok kain yang masih hrs di-double dengan celana tahan air (mungkin mirip yang nomor 2 itu ya? sudah include lapisan tahan air ndak itu?). O iya, silakan gabung ke milis popok kain untuk sarana berbagi. Saya baru bentuk jadi masih minim member nih. Email saja ke sini popok-kain-subscribe@yahoogroups.com. Buat moms yang lain, silakan gabung juga ya. Once again, tfs... and go green! *_*

    ReplyDelete
  19. Ada juga merek lokal dari bandung dan pernah nyoba bagus, saya pasarkan juga tanggapannya pada puas dan modelnya juga cantik, plus produk-produk for baby lainnya yang unik.
    link http://www.nicekids-store.cc.cc

    Keunggulan :
    1.Penyerap pipis (busa penyerap sebagai penahan air pipis dan dilapisi kain permukaan yang lembut) dan anti tembus (plastik jas baby yang sangat lembut)
    2.Terjangkau. Dengan efisiensi bahan baku dan proses produksi, maka harga jual Nice Kids dapat terjangkau oleh masyarakat luas.
    3.Ramah Lingkungan. Khususnya produk Celana Sistem Lampin sebagai pengganti diapers yang menghindarkan konsumen dari sampah buangan penggunaan diapers.
    4.Nyaman. Produk Nice Kids melalui proses pembuatan yang ketat, higienis, dan bahan pilihan khusus untuk bayi (jas baby & tisue). Jahitan dan pola pakaian yang dibuat selalu diujicobakan terlebih dahulu, sehingga nyaman dipakai.
    5.Aman dan sehat. Seluruh produk Nice Kids tidak menggunakan bahan kimia (gel) yang membahayakan dan tidak membuka peluang iritasi/terluka karena pengguna produk.
    6.Trendy. Nice Kids senantiasa mengikuti perkembangan fashion, khususnya baby fashion, sehingga setiap produk dirancang dengan tampilan unik yang tidak ketinggalan zaman.
    7.Praktis dan Mudah digunakan : pasang lampin di atas lapisan celana
    8.Kemasan kardus cantik cocok juga untuk kado
    Model dan harga :
    1.Kancing 3 (Bukaan samping) Rp 16700,00
    2.Kancing Prepet (Bukaan samping) Rp 15700,00
    3.Celana Karet (tanpa Bukaan samping) Rp 14700,00
    Isi Per Pack : Celana plastik 1 pcs dan Lampin 1 pcs
    tersedia ukuran :
    S : Bayi baru lahir (2 - 7 kg)
    M : 6 bulan (7 - 10 kg)
    L : 9 bulan (11 - 13 kg)
    XL : sampai umur 2 tahun (14 - 16 kg)
    warna : Merah muda, biru atau kuning

    ReplyDelete
  20. Maaf, Bunda Motik...sekedar kasih info aja...Saya search di google, ada yang nyebut nama Kushies. Kita ada lho produk Kushies. Asli dari Canada. Limited stock. Cek aja di website kita: http://www.balitalucu.com .
    Makasih bunda...

    ReplyDelete
  21. nuniek widiayani8/8/10 4:10 PM

    saya juga baru mo coba pake clodi, baru pesen tiga biji di ol shop,motipnya lucu2, cuma memang agak mahal juga, tapi disini coolababy nya cuma 100 ribu saja loh tambah 2 insert lagi

    ReplyDelete
  22. thanks banget ya mom, kebetulan lagi searching2 clodi yang bagus. salam kenal

    ReplyDelete
  23. salam kenal mba, seneng baca-baca reviewnya tentang cloth diaper, eh uda join milis popok kain belum ya?? hehehe....jangan-jangan sering share di milis tapi baru tau profilnya disini... =D

    ReplyDelete
  24. hai mbak fris... salam kenal juga :)
    wah aku nggak join milis popok kain mbak. aku nggak join milis apapun mbak soalnya pernah join milis-milis tapi malah seringnya kelewat baca2 emailnya saking banyaknya hehe...

    ReplyDelete
  25. mbak motik, tanya dong. beli liner yang murah dan bagus dimana ya? aku sudah punya clodinya, tapi belum bisa dipakai karena belum punya liner.

    ReplyDelete
  26. siswati: wah aku ngga pernah beli liner mbak, jd ngga bs ks rekomen liner yg bgs dan murah apa krn blm pernh nyoba pake liner. anakku pake clodi tanpa liner, jd clodi dan insert aja. kalo insert udh penuh ya ganti sama clodinya jg dan kalo kena poop ya ganti se clodi nya jg. ada tmnku yg pakai liner,ktnya kl poop kadang tetep bleber kena clodi jd sm aja mesti ganti cllodinya jg. kalo blm pny liner tetep bs pake clodi kok mbak, ngga harus dilapisi liner. sorry ya kl jwbnnya ga membantu krn aku ga pny pengalaman beli liner :)

    ReplyDelete

Powered by Blogger.