20 Bulan Kyara

wahhh postingannya dah telatt nih...
Semua jadi tertunda gara2 abis pada sakit :(

12 Juli 2009 Kyara tepat 20 bulan (ciehh anak mama dah kepala 2 nih umurnya :) )

:: Gigi nambah 3, geraham dan taring. Ini yang bikin anak mama sakit. Sempet demam 2 hari karena tumbuh gigi (duh segitu sakitnya ya tumbuh geraham dan taring sampe nangis terus). Abis demam selesai dilanjutkan dengan batuk selama hampir 1 minggu. Selama seminggu-an Kyara jadi rewel banget, nangis terus, manja banget, minta gendong terus, susah tidur dan setelah berhasil tidur gak pernah nyenyak tidurnya (bikin mama sama ayah begadang selama seminggu). Abis Kyara sembuh, gantian mama sakit 2 hari. Sekarang ini malah ayah yang mulai tumbang juga... :(
Moga2 cepep sehat deh ayah, kayanya kita kecapekan aja nih karena hari2 berat seminggu kemarin pas Kyara sakit.

:: Ngomong udah makin cerewet ngikutin yang kita ucapin meski masih 1 kata. menyambung 2 kata udah bisa beberapa tapi belum terlalu banyak. Yang jelas ngomongnya udah makin bisa dimengerti meski pengucapannya belum sempurna. Jadi nggak terlalu bahasa planet lah...

:: Sekarang mulai terbiasa mandi pakai air dingin. Sebetulnya sejak beberapa bulan lalu udah mama biasain pakai air dingin, karena kalo berenang aja kuat pake air dingin jadi mama pikir pasti mandi juga bisa. Tapi mungkin karena suasana kali ya, kadang masih gak mau kalo pake air dingin. Tapi sekarang udah mulai terbiasa meski biasanya pake air dingin untuk mandi sore aja (kan seger tuh abis keringetan seharian). Kalau mandi pagi masih tergantung mood nya Kyara bersedia pake air dingin atau nggak.

:: Sekarang mama udah sering ajak Kyara mandi bareng mama. Jadi nggak pake ember2 lagi (untuk air hangat) dan gak pakai tempat duduk dingklik (yang biasa untuk duduk pas nyuci baju). Sebelumnya Kyara senengnya mandi sambil duduk di dingklik sambil main sama bebek karetnya. Nah sekarang Kyara dah sering mama cobain mandi bareng mama berdua, berdiri pake shower bareng2. Awalnya Kyara mama ajak ikut mama mandi karena lagi nggak ada yang jagain Kyara. Dia duduk aja di pojokan kamar mandi pakai bangku kecilnya sambil liatin mama. Lama2 tertarik buat ikutan dan mama ajak aja sekalian mandi bareng. Mama juga udah gak khawatir Kyara kepleset karena berdiri di kamar mandi juga udah mantap. Sebelumnya kan meski jalannya udah pinter tapi mama masih ngeri kalo ngebiarin Kyara berdiri dan jalan di kamar mandi, takutnya ada sisa sabun ato apa gitu yang bikin lantai licin. Nah sekarang mama liat Kyara udah mantap keluar masuk kamar mandi, tapi masih tetep slalu diawasin kok. Supaya tambah aman, lantai kamar mandi tempat dia berdiri mama kasih alas kaya kain gitu. Berhubung gak punya alas/keset khusus untuk di dalam kamar mandi, alas dari kain ato bahan handuk pun oke kok, gak bikin lantai licin. Nah kalo kaya gini kan enak, mama sama anaknya sama2 wangi :)

:: Lagi seneng lagu Online-nya Syakoji (kalo ada iklan indosat langsung deh ngacir ke tv)

:: Kalo dulu paling susah disuruh gosok gigi, sekarang malah bolak balik minta gosok gigi terus. Nah Kyara maunya gosok gigi sendiri, nggak mau digosokin. Jadi kitanya juga ikutan gosok gigi dan Kyara ngikutin. Awalnya yang di gosok bukan giginya, tapi malah dagunya, bibirnya, lama2 bisa masuk ke mulut juga tuh sikat. Sekarang udah mulai lihai dan luwes pake sikat gigi. Jadi kitanya juga mesti bolak balik ikutan sikat gigi dah karena Kyara lagi seneng banget bolak balik sikat gigi sambil ngaca di kamar mandi dan maksa kita juga harus ikutan sikat gigi. Pengen ngajarin kumur2 tapi belum bisa nih kayanya, tar malah diminum hihi... udah dicontohin dan dikasih airm matang untuk kumrnya Kyara, tapi bener aja malah di minum hehe. Gakpapa yah nak, belajar pelan2. Karena sikatan sendiri jadi gosok giginya pasti kurang maksimal ya, tapi gak papa ini udah kemajuan bagus daripada dulu2 ngamuk2 kalo disuruh gosok gigi. Sip sayang, pelan2 belajar lagi :)

Cari tau cara weaning with love

Di umur ke 20 bulan ini, mama terus terang belum berniat menyapih Kyara. Alasannya pertama, karena mama emang pengen berusaha kasih ASI Kyara sampai usianya 2 tahun. Kalo lebih ya nggak papa kalo memang Kyara belum bosen sama ASI mama. Alasan kedua, karena jujur batin mama belum siap ditinggal mulut mungil Kyara yang biasa menyusu ke mama.

Tapi...... Di umur Kyara yang ke 20 bulan ini mama mulai mencari2 informasi bagaimana cara menyapih yang baik (weaning with love) baik dari browsing di internet dan tanya2 ke ibu2 yang udah pengalaman sebelumnya. Sejak usia 20 bulan inipun mama mulai sosialisasi ke Kyara. Suka mama ajak ngomong kalo nenen nya sampai 2 tahun aja. Cara lain, mama nggak kasih kalo memang dia nggak minta. Jadi mama nggak nyodorin/nawarin nenen Kyara, tunggu dia minta aja (kecuali kalo memang terpaksa, misal lagi sakit, lagi agak ogah makan, kalo lagi ketakutan atau nggak nyaman). Selain itu biar dia minta sendiri. Dan sekarangpun mama perhatiin nenennya kadang cupa ngisep kangen aja. Nenen banyak biasanya pas sebelum tidur dan bangun tidur. Selain itu kayaknya karena dia haus atau iseng aja kangen ngisep hehehe.

Nah dari infor yang mama dapetin tentang menyapih ada yang cara menyapihnya extrim, misal payudara dioles cabe, dioles warna hitam supaya serem gak mau nenen, dan semacamnya. Nah mama nggak mau pake cara kayak gini deh, kayanya kok meninggalkan kesan nggak indah buat si anak. Ada yang caranya harus tega membiarkan si anak nangis pas minta. Nah kalo ini siap nggak siap deh. Mama sih mungkin bisa aja ngebiarin Kyara nangis, tapi si ayah dan orang2 di sekeliling mama yang denger tangisan itu bakal mendukung gak. Yang ada malah mereka pasti suruh mama nenen-in lagi supaya nangisnya diem. Yang paling asik sih kalo si anak bisa menyapih dirinya sendiri pas umur 2 tahun. Nah ini yang jadi maimpi mama hehehe.... Banyak temen mama yang anaknya menyapih dirinya sendiri, tp karena akhirnya si ibunya hamil lagi. Jadi apa perlu pake cara hamil lagi??? hehehe :)

Kemarin waktu sakit Kyara sempet mogok nenen, rasanya hati ini perih banget diajuhin Kyara. Disodorin nenen malah jerit2 padahal biasanya paling nomor 1 kalo dikasih nenen. Mama pikir dia mau mulai menyapih dirinya sendiri, padahal mama blom siap. Tapi ternyata setelah sembuh Kyara mau nenen lagi :)

Nah piye yo??? Aku minta saran dong gimana menyapih yang efektif dari yang udah pengalaman. Atau ada yang tau cara weaning with love lainnya????
Soalnya udah mulai coba sosialisasi ke anak dari sekarang supaya nggak kaget dan pengennya 2 tahun bisa sapih.

Sehat2 selalu ya anakku.... we love you so much...


13 Comments:

  1. ayoooo mama...qt tuker2an info "weaning with love"... :)

    Atha udh mulai berkurang nenennya...tp mlh tambah jealous klo liat bunda & abinya deket2an.. :p

    ReplyDelete
  2. Met ulbul ya Kyara...Smoga sehat selalu & tambah pinter, Wah boleh dicoba tuh Kyara dikasih adik siapa tau malah seneng jadi lupa nenen he..he..he.

    ReplyDelete
  3. kyara sayang, udah 20bulan bentar lagi 2 tahun. met ulbul ya cantik:) moga ngomongnya makin jago dan sehat selalu:)

    aku setuju dengan cara2 mama itu. jgn pake cara ekstrim ah, tetanggaku anaknya tuh jadi inget terus sampe skrg umurnya udah 3 tahunan, kalo mamanya dulu ngasi apa gitu ke nenennya. kasian jadi dapet kesan jeleknya, padahal mamanya udah nenenin selama 2 tahun. sayang banget ya:(

    ReplyDelete
  4. waah, 4 bulan lagi ya 2 taun..:)
    mamanya pinter banget ya ngajarin gosok gigi, sampe kyara jadi pinter gosok gigi sndiri.
    Mam, ntar tipsnya ya weaning with love-nya..

    ReplyDelete
  5. Setuju Mom, saya juga nanti penginnya nyapih Dita dengan cinta, bukan dengan cara yang membuat anak jadi trauma. Gak ada untungnya juga kan menakuti anak untuk nenen dg cara begitu.

    Hehehe saya dukung Mom, biar Kyara bisa menyapih dirinya sendiri dengan Mom hamil lagi. Kalau saya sih rencananya begitu haahha. Insya Allah :-)

    Met UlBul ya Kak Kyara. Semoga selalu sehat dan tambah pinter :-)

    ReplyDelete
  6. mbak wkt sy nyapih anak2 sy termasuk yg tega gak ngasih sama sekali walopun nagis...
    Tp dr bbrp bulan sebelumnya sy udah sering2 ngingetin kl sebentar lg udah hrs brenti nenen.. trus muali gak di tawarin nenen lagi. maksudnya kl biasanya dia tidur hrs nenen dulu, skrg kl mau tidur sy gak kasih kecuali kl diminta. syukur2 bs tidur sendiri..
    Tp krn hasilnya gak maksimal, pdhl usia mrk udah tbh besar (keke di sapih umur 2,5 th. Nai malah hpr 3 thn). akhirnya sy pilih cara u/ tega sm mereka..
    Gak lama sih mbak, mereka rewelnya cuma 1 hari 1 malem..
    Tp emang sekeluarga hrs kompak dulu.. hrs sama2 tega.. trus hrs mau kerja sama.. krn kl anak rewel pasti susah tidur, maunya di gendong terus. Kl sy yg hrs kerjain sendiri pasti bakalan cape bgt mbak.. Makanya sy juga nungguin suami libur dulu.. Biar bs gantian ngasuhnya.. :D

    ReplyDelete
  7. kyara.. met ulang bulan ya..
    sehat terus ya sayang..
    kyara sama nih sama tania lagi suka bener sama lagunya saykoji.. tania klo denger lagu itu langsung joget2..hehehhee..

    btw aku juga mau di share cara weaning with lovenya

    ReplyDelete
  8. Kyara,
    met ulang bulan yaahhh.... telat seminggu gpp lah ya... :)

    Skrg Vaya jg mau dibiasakan mandi air dingin, pelan-pelan sih, biar gak kaget. Soalnya belakangan ini agak malas berenang, pdhl biasa nyemplung bareng maminya mau aha. mgkn krn air kolamnya dingin banged jd dia ga nyaman, jd ya berarti mandinya yg hrs ganti jd air dingin, hehehe...

    Klo soal menyapih, maafkan daku, daku soalnya udah disapih sendiri sama vaya sejak dia umur 10bln, hiks! Dan asipnya cuma sampe 1thn.
    Tp klo pake cara kejam kayaknya kasian yah... ga tega bayangin wajahnya yg kecewa.

    ReplyDelete
  9. met ulang bulan kyara..wah udah gede ya anak mama, bentar lagi udah bisa minta dede hehehe....

    ina jg lagi seneng lagu saykoji, emang enak seh ya musiknya, emaknya juga seneng kalo ada iklan itu hehehe.....

    utk nyapih aku gak bisa ngasih saran secara ina udah gak mau ASI dr umur 5 bulan hiks..soale waktu itu aku kerjanya jauhh...nyampe rumah kadang jam 8 malam, pagi2 udah berangkat...alhasil ina udah terbiasa dgn botol susunya, jadinya kalo dikasih nenen malah jerit2....

    ReplyDelete
  10. Ibu2.. Iya nih jangan sampe si anak jadi malah trauma sama nenen karena disapih pake cara extrim. Buat apa dong bonding yang udah terjalin 2th kalo ending nya gak indah. Nanti saling share ya moms..

    Mbak Chi, makasih ya sharing menyapihnya. Aku juga merasa kayanya bakalan sampe lbh dr 2th kaya ke2nai hehe..

    ReplyDelete
  11. Senengnya ya mandi bareng ma anak the baby, kalo aku belom pernah, soalnya agak-agak gimana gitu ya kalo sama anak cowo, padahal kan masih balita, tapi tetep aja ada perasaan sungkan, mandi bareng cowok. hehe..

    Soal weaning, aku juga belom pengalaman nich. Agak ketar-ketir juga sich liat nenen nya sekarang, makin hari malah makin rakus. Yah mudah-mudahan pada waktunya nanti bisa berjalan dengan mudah.

    ReplyDelete
  12. wah, dah tambah pinter nih Kyara. Gak enak emang kalo tumbuh gigi graham ya Kyara, tante aja yang dah tua, waktu grahamnya tumbuh rasanya gak nyaman.
    Tole sekarang dah berhenti nenen nih tante. Terakhir nenen dah 2 minggu lalu deh, pas liburan. Kalo Tole malah, pernah putingku dikasih obat merah, minyak kemiri, temulawak, kunyit, yang ada dia sih cuek ajah, sampe akhirnya aku biarin aja dia nenen, kalo emang susuku cukup tuk 2 orang, secara emang masih belum rela juga sih, ehhehe
    setelah umur 2th 6 bulan, Tole mulai berkurang nenennya, aku kasih penjelasan ke dia terus menerus kalo "jatah" nenennya dah mo selesai. Alhamdulillah, dia ngerti, malah suka nyuruh adeknya nenen walaupun bukan waktunya nenen. hehehe
    smoga acara nyapihnya lancar aja yah jeng ..

    ReplyDelete
  13. wah kyara dah 20 bulan, dah pinter gosok gigi ya? kebiasaan yang bagus tuh mom..

    aku ga punya pengalaman nyapih dengan susah payah, abis ikhsannya sendiri yang ga mau nenen. Aku ga ngelarang dia nenen, eh malah ga mau sendiri sebelum 2 taon. Padahal aku sendiri masih pengen kasih ASI ampe 2 taon hiks2x, jadi gagal deh

    ReplyDelete

Powered by Blogger.