Happy 21 Months Kyara dan Sekilas Update

Tanggal 12 Agustus 2009 Kyara tepat 21 bulan. Yippie... 3 bulan menuju tiup lilin yang ke-2 nich...

Setelah bulan lalu sempet sakit batpil pingpong sama si ayah, Alhamdulillah sekarang Kyara sehat2. Semoga sehat terus ya nak, dah mau masuk bulan puasa nih... Jangan kayak tahun lalu, pas bulan puasa Kyara sakit sampe dirawat di rumah sakit.

Gimana perkembangan anak mama?

Alhamdulillah makin cerewet ngikutin apa yang kita ucapin. Kita ngomong apa diikutin sama Kyara meski kadang ada kata2 yang belum sempurna banget tapi kita tau maksudnya. Memang sih belum bisa menyambung kata jadi kalimat panjang, palingan baru bisa nyambung 2 kata aja, tapi alhamdulillah dah lumayanlah kita semakin bisa ngerti maksudnya apa. Nggak usah ditulis satu2 apa aja kata2nya, soalnya banyak hehehe... Alhamdulillah tiap hari ada aja kosa kata baru.

Udah tau konsep habis, kosong, nggak ada, susah, bisa, gatel, sakit, enak, manis, pahit, panas, dingin, dll. yah pokoknya konsep sifat seperti itulah. Kalo dia merasakan hal2 itu, langsung diungkapin. Udah mulai ngerti juga sama rasa takut. Kita punya mainan kecoa karet yang dulunya suka dimainin Kyara. Dulu dia gak ngerti apa itu kecoa dan belum punya rasa takut. Sekarang kalo liat kecoa karet itu langsung bilang takut dan bikin bahasa tubuh kayak ketakutan ato jijik. Waktu lagi nyari mainannya, di keranjang mainan Kyara nemu kecoa karet itu. Tiba2 aja langsung lari nyamperin mama sambil bilang coa takut dan gak mau balik nyari mainan. Mamanya yang disuruh ngambil mainan dia deh.

Udah bisa sayang sama binatang. Di rumah ada kucing kampung yang suka mangkal di teras rumah. Kyara seneng banget sama kucing ini. Kalo bosen di dalem rumah pasti minta liat puss. Kalo makan sambil liat puss ini juga jadinya lahap. Pernah disuruh megang dan berani. Dideketin kucing pun gak takut. Sama ikan juga gitu, seneng banget liat ikan dirumah sambil senyum2.

Perkembangan yang agak bikin mama kesel, Kyara masuk ke tahap susah disuruh mandi. Pada gitu juga gak sih?? Aku pernah baca di buku perkembangan balita, katanya anak mulai umur 1 tahun masuk ke tahap susah diajak mandi, takut diajak keramas, takut air, dan semacam itulah. Jadi yang tadinya seneng mandi dan gak takut keramas jadi paling ogah disuruh mandi dan keramas. Yang tadinya seneng renang jadi takut air. Nah udah 2 minggu ini Kyara ogah banget disuruh mandi dan keramas. Perjuangannya kalo mau ngajak dia mandi butuh effort lebih. Kalo kita ajak mandi, mulai deh cari alesan dan pengalihan macem2. Yang minta susu lah, minta mamam lah, minta nyiram bunga lah, pokoknya udah bisa bikin alesan macem2 supaya gak jadi mandi. Tapi kalo diajak renang sih seneng banget gak takut air. Jadi dia ogahnya mandi dan keramas aja, padahal udah segala macem mainan ikut nemenin di kamar mandi ya tetep aja nangis kejer kalo mandi. Sekarang kuping dah biasa denger dia nangis2 di kamar mandi.
Tadinya mama udah happy aja sampe umur segini Kyara gak masalah kalo diajak mandi, karena ada anak temenku dari umur 1 tahun udah nangis kejer tiap mandi. Si eyang juga gitu, baru mikir kalo kyara ternyata anaknya gampang mandi, ehhhhh malah kejadian sekarang jadi ogah disuruh mandi. Kata ibuku, dulu aku juga sempet masuk ke fase ini, tapi pas umur 1 tahunan, gak kayak kyara yang udah mau 2 tahun ini. Apa nurun mamanya nih?? aduhhh pusying... yah nikmati aja deh tangisan kala mandi nya, itung2 musik hahaha.....

Udah bisa berkumur. Ngajarinnya lumayan cepet menurut mama, sekitar 3 hari udah bisa kumur2. Pas sikat gigi kita kasih air mateng untuk kumur. Awalnya ya ditelen. Terus aja kita contohin, hari ke 2 bisa gaya ngebuang airnya tapi setelah airnya ditelen. Hari ketiga baru deh bisa kumur terus ngebuar air kumurnya dari mulutnya. hihihi lucu... Meski seneng gosok gigi, gigi seri atas nya sebagian mulai karies nih, sebelll.....

Udah bisa minum pegang sendiri pakai gelas orang dewasa (gelas beling). Udah lancar tau kapan airnya deketin mulut jadi gak kesedak lagi. Sekali2 masih kesedak juga kalo lai buru2 minumnya. Kyara mulai gak mau pake gelas khusus untuk dia. Sekarang maunya gelas beling kayak yang biasa kita pakai. Masih tetep harus dijagain sih karena takut pecah. Mama kasih aja gelas beling yang kecil banget kayak sloki gitu yang gak gampang pecah karena tebel. Tapi tetep kalo udah minum bareng ngotot maunya pake gelas beling kita.

Kyara seneng banget nulis dan coret2. Kalo ini sih sebenernya udah lama banget, mungkin sekitar umur 1 th. Tapi sekarang kayanya makin hafal sama gambar yang biasa mama gambarin untuk dia. Jadi suka nagih minta digambarin benda2 itu. Alhamdulillah dari dulu belum pernah pakai tembok untuk media gambarnya. Dari pertama seneng corat-coret kita udah kasih buku gambar, jadinya sekarang kalo mau nulis atau corat-coret Kyara pasti minta kertas dan pulpen atau pensil warnanya. Udah lama juga ayah beliin papan tulis Thomas n Friends jadi Kyara juga suka nulis di papan tulisnya dan main tempel magnet disitu. Buku gambarnya mau mama simpen ah buat kenang2an hasil karya Kyara :) Sekarang 1 buku gambar udah mau habis, segera ganti ke buku gambar yang ke-2. Kalo kayak gini kan bisa kliatan perkembangan gambarnya hehehe...
Moga2 seterusnya gak pake tembok untuk media gambarnya deh, kasian nanti si eyang rumahnya banyak coretan. Jadi sampe saat ini tembok rumah masih aman dan bersih hehe...

Sampe sekarang masih ASI. Due date untuk menyapih tinggal 3 bulan lagi. Tapi kau merasa makin kesini makin susah disapih nih. Sekarang nenen nya makin getol. Padahal minum UHT nya juga lagi meningkat. Dulu sempet mogok UHT, mungkin bosen ya. Sekarang mulai banyak lagi minum UHT nya. Kalo sufor cuma selingan aja untuk bikin milkshake. Bocahnya tau kali ya mamanya pengen mulai nyapih dia. Udah banyak cari referensi tentang weaning with love, tapi ya kalo akhirnya Kyara belum bisa disapih umur 2 tahun ya mau bagaimana lagi, diterima aja dulu.. Moga2 mama dikasih kemudahan dalam menyapih Kyara nanti...

Sekilas Update

Beberapa minggu lalu aku dan Kyara iseng2 ngumpul sama eyangnya Kyara dan tantenya Kyara (adikku). Lagi mati gaya sambil main laptop terus kita foto2 aja. Kyara paling seneng foto pake webcam gini soalnya dia bisa liat dirinya sendiri hihihi...
Ini dia penampakkannya...

3 generasi, ibu-anak-cucu

Kyara juga lagi seneng banget nyiram tanaman. Bisa susah disuruh berhenti kalo udah nyiram tanaman gini. Bete juga sih liat air jadi dibuang2 gitu, tapi ya gimana lagi...
Oiya, setelah sekian lama Kyara gak pernah mau yang namanya di kuncir, mulai bulan ini dia udah mulai mau dikuncir. Mungkin dia udah merasa mulai kepanasan hihi... Tapi yang dikuncir juga cuma seuprit soalnya rambutnya tipissss.... Tapi tetep aja kalo pergi belum mau dikuncir, jadi baru sebatas di rumah aja dikuncirnya. Kalo udah gak kepanasan langsung dilepas lagi sama dia hihihi....
Ini dia penampakkannya...

asyiknya nyiram tanaman

Kyara juga gak tahan ngerecokin ayahnya kalo lagi cuci mobil. Kalo lagi nyuci mobil gini seneng banget, tapi kenapa kalo diajak mandi nangis2 ya...

nyuci mobil sama ayah

Sehat selalu ya anakku sayang...
ayah Mama sayang banget Kyara, muachhh....

15 Comments:

  1. Met ulbul Kyara... Makin pinter aja ya...

    Bageur nich ga pake corat-coret di tembok. kalo Zaheer satu buku gambar bisa abis dalam waktu sehari aja. jadinya ujung-ujungnya ke tembok juga. kurang puas kayaknya.

    ReplyDelete
  2. Met ulbul ya Kyara....Smoga sehat & tambah pinter aja deh!

    ReplyDelete
  3. hmmgak tau ya tik knp bisa gak mau mandi gue pikir itu buat anak2 yg pada udah sekolah aja ya...heheheh kalo alma sih so far masih seneng tuh diajak mandi malah gak mau kalo udahan, maunya maenan semprot2an mulu sampe bajuku basah semua.

    Anyway, met ulbul ya kyara sama donk kayak alma suka banget nyiram tanaman :D

    ReplyDelete
  4. met ulbul kyara, wah konsepnya udah banyak banget ya penguasaannya. moga2 zikra sebelum 2 tahun juga kayak kyara, skrg mah perkembangan bahasanya masih jalan kayak keong:p

    bener zikra juga kemaren takut bagnet keramas. pas mulai mandi mulai deh tu nangis padahal belum jg disiramin air. skrg udah takut lagi sih tapi kadang nangis juga sesekali. mungkin emang masanya ya ma?

    wah kyara udah mau disapih dong ya bentar lagi? hayo mama udah siap belum ditinggal kyara hehe:) sehat selalu dan tambah pinter ya sayang:)

    ReplyDelete
  5. 'met ulbul ya kyara...

    iya deh kayaknya tiap anak ada masa2nya susah disuruh mandi atau takut keramas.. Kl sy sih dibujukin aja sama di kasih pengertian.. kl gak bisa juga, mau gak mau hrs di tegesin. Gak boleh main kalo blm mandi..

    Kl anak2 sy suka coret2 tembok. Sama sy di kasih. Krn sy pikir anak2 selalu pengen tau. Mereka pingin coret2 tembok, pasti krn pengen tau gimana sih rasanya.. Tp sy kasih syarat juga, cm boleh coret2 di tembok kamar.. Jadi win2 solution deh.. Mereka terpuaskan keinginan coret2 temboknya.. Sementara buat sy yang penting jgn di ruangan2 yang gampang di liat tamu.. Sejauh ini sih anak2 nurut :)

    ReplyDelete
  6. Wah...Kak Kyara makin pinter ya. Penguasaan konsep nya sudah mantap. Kalau soal mandi, sekarang Dita juga pakai menolak dulu kalau mau mandi. Tapi dibujuk pelan-pelan trus mau. Daan kalau sudah dicemplungin di ember, main air sampai Bunda basah kuyup. Kata tetehnya kalau yang mandiin tetehnya kok gak pakai protes ya? :-( .Trus anteng pas dimandiin, gak pakai cipak cipuk air. Manja kali ya sama Bunda nya :-)

    Met ulbul ya Kak Kyara. Semoga selalu sehat :-)

    ReplyDelete
  7. Kalo ina dsuruh mandi masih mau, tapi kalo keramas jangan ditanya, pasti ngamuk2...akhirnya ina dikeramas-in kalo aku ada dirumah aja, soale yang lain pasti ngga sanggup manghadapi ina kalau lagi ngamuk heheheh....mungkin emmang masanya aja kali, mdh2an nanti anak2 kita mau kalau disuruh mandi dan keramas.

    met ulang bulan kyara...mdh2an nanti kalau mandi ngga nangis2 lagi yaaa

    ReplyDelete
  8. met ulbul kyara

    tambah pinter ajah. kalo urusan coret-coret di tembok keknya tiap anak bakal ngalamin masa itu deh. abisnya ikhsan juga paling hobi kalo coret2 tembok, padahal dah disediain papan tulis white board.

    ReplyDelete
  9. desy: wah zaheer sehari abis 1 buku gambar, mau jd pelukis nih kayanya hihi...

    diyah: makasih ummi...

    ocha: wah alma juga suka nyiram tanaman ya, moga2 rajin nyiram tanaman sampe gede yaaaa....
    sampe bajuku kuyup juga kyara tetep aja nangis2 cha :(

    evy: wah samaan ky zikra nih, kyara juga blm disiram udh nangis2 :(
    iya bund, rencana pgn sapih pas 2th, tp kayanya liat nenennya masih kuat gini agak pesimis bisa sapih pas 2th. kayanya bakal lewat 2th deh hehe....

    ke2nai: oh jd emang masanya ya bund. moga2 gak lama deh kyara kaya gini...
    iya bund di tembok juga gpp, tp untungnya smp saat ini kyara blm nyentuh tembok hehe.. gak tau nih nanti2 bakal coret2 tembok juga gak :)

    ReplyDelete
  10. bundit: wah kyara susah dibujuk pake cara apapun nih sekarang meski sampe mamanya basah kuyup juga tetep dia nangis. Apalagi udah lancar binang gak mau kalo nolak sesuatu. ya moga2 aja jgn lama2 deh ogah mandinya hehehe...

    nia: wah ina samaan nih. Kyara juga aku keramasin kalo pas ada eyangnya. jadi yang satu pegangin kyara, satunya lagi keramasin. kalo cuma sendiri gak bakal bisa keramasin deh hihi....

    entik: wah iksan seneng coret2 tembok juga ya. iya nih mbak, mungkin kyara suatu saat juga bakal coret2 tembok, tp smp saat ini belum sih hehe.. moga2 dia mau di buku gambar terus deh :)

    ReplyDelete
  11. selamat ulang bulan ya Kyara.. wah bentar lagi 2 tahun nih. Gak berasa ya?

    Kalau emang takut air tapi seneng nyuci mobil, gimana kalauuu... mandinya sambil nyuci mobil? kan gak berasa tuh heuheuheuhe.. just kidding. Tapi lucu juga kali ya hihi.

    ReplyDelete
  12. Cicha: thanks mama shaina..
    Mandi sambil cuci mobil? Udah pernah cha.. Tetep aja nangis, dingin kali y.. Mandi sambil nyiram taneman di taman belakang juga dah pernah, nangis juga hehehe..
    Kemarin sempet gak nangisa beberapa hari kalo mandi sambil main balon tiup sabun, eh cuma beberapa hari aja trs skrg mulai agak bosen kali jd nangis lagi.

    ReplyDelete
  13. uppsss,lucu skali rambutnya. Betah ya,kalau Kyara dikuncrit? BTW,met ulbul ya...He he he

    ReplyDelete
  14. wahh pinter banget nih, kecil2 udah bisa bantuin ayah nyuci mobil yaa..
    met ulbul ya kyara ;)

    ReplyDelete
  15. Wah lucunya ya klo punya anak cewek, bisa kuncir-kuciran deh rambutnya.

    Selamat ulbun ya anak cantik. Smg sehat selalu, tambah cantik, dan jadi kesayangan keluarga

    ReplyDelete

Powered by Blogger.