Lo Han Kuo dan Weekend ke MnB Fair

Lo Han Kuo

Sekitar 3-4 minggu lalu Kyara sempet batuk semingguan dan dibarengi tumbuh gigi, yang akhirnya ke dokter juga (nyerah 5 hari home treatment ga ada perubahan sama sekali malah makin parah) karena mama kasian banget liat Kyara gak pernah nyenyak tidur karena kesakitan sama batuk berdahaknya. Baru 5 hari home treatment kok udah dibawa ke dokter, karena aku gak mau kejadian kayak tahun lalu yang keukeh hampir 3 minggu home treatment gak sembuh2 ternyata pas ke dokter dahaknya dah mulai menumpuk di paru2 sehingga harus di terapi uap/nebulizer berkali2. Jadi karena kliatannya batuknya ini lumayan parah, mending aku putusin untuk ke dokter aja.

Baru 2 minggu sembuh, eh minggu lalu kena batpil lagi dan ini kayaknya hasil pingpong sama si ayah. Selang seling aja gitu sakitnya, Kyara-ayah-Kyara-ayah. Alhamdulillah si mama dikasih kekuatan lebih sehingga gak tertular virus2 itu. Trimakasih ya Allah atas anugrah sehat yang Kau beri untukku, karena dipikir2 hampir sebulan sekamar sama 2 orang yang bolak balik sakit pingpong apalagi kalo Kyara sakit hampir tiap saat disemprot bersin nya Kyara dan Alhamdulillah mama sehat2 aja bisa mengurus mereka berdua meski cukup nguras tenaga kalo pas yang sakit si kecil (tentunya dengan doping vitamin C dan makan banyak hihi).

Nah batuk yang terakhir ini agak2 horor buatku dan ayahnya Kyara. Sebenernya tiap anak lagi sakit adalah horor ya buat orang tua, tapi kondisinya kali ini karena virusnya pingpong terus jadi akunya lelah banget hampir 1 bulan menghadapi anak dan suami yg gantian sakit, dan si ayah yang gak bisa bantu maksimal karena kondisi belum fit. Kebetulannya, sakit biasanya dimulai hari senin dan sembuh pas weekend, gitu aja selama sebulan ini (kalo weekend dibawa jalan2 baru deh sembuh hahaha).

Dari hari Senin minggu lalu Kyara tidurnya udah nggak tenang, beberapa kali mengigau. 2 hari dikasih home treatment akhirnya mama kasih obat juga. Kasian liat Kyara gak bisa tidur karena batuk terus, rewel berkepanjangan karena ngantuk dan sakit tapi susah buat tidur, minta di gendong sepanjang hari sepanjang malam, hampir seharian nangisss terus kalo mau minta apa2. Yang biasanya mau minta sesuatu tinggal ngomong, ini selalu dengan tangisan sambil marah2. Sebetulnya anak batuk sih biasa ya, tapi kadang gak kuat sama rewelnya, apalagi kitanya juga dah cape banget gak tidur nyenyak beberapa hari.

Dikasi obat 2 hari, tau2 tantenya Kyara (adikku) kasih saran untuk minumin lo han kuo. Apa sih lo han kuo itu? mungkin sebagian udah ada yang tau ya. Kalo aku terus terang baru tau sekarang hehe.. Jadi adikku tuh kebetulan anggota paduan suara di kampusnya. Pada saat harus latihan tiap hari untuk pertunjukan dan suara dah mulai serak2 basah alias fals, pelatihnya nyaranin untuk minum lo han kuo ini supaya batuknya ilang dan suara kembali normal. Jadi si pelatih sama skali nggak menyarankan minum obat, tapi cukup minum seduhan lo han kuo.

Nah aku gak percaya gitu aja dong. Cari tau sama mbah google, ternyata lo han kuo ini disebut juga magic fruit. Tanaman buah yang biasa tumbuh di China dan terkenal banget sebagai natural sweetener (pemanis alami) yang no sugar dan no calories.
selain untuk pemanis alami yang bagus banget untuk penderita diabetes, lo han kuo ini khasiatnya banyak banget, dan dari dulu terkenal untuk menyembuhkan batuk, radang tenggorokan, melancarkan dahak dan asma. Lo han kuo bagus di konsumsi secara rutin dan cocok untuk penyanyi karena menjaga suara agar tidak serak. Banyak juga kok manfaat lainnya, infonya bisa diliat disini. Kalo cari di google banyak juga info tentang lo han kuo, aku ambil salah satunya aja.

Bikinnya gampang banget tinggal diseduh air panas aja dan diminum hangat2. Rasanya manis kayak minum teh aja. Pertama kali Kyara minum lo han kuo, itu batuk langsung lenyap dan untuk pertama kalinya setelah beberapa hari gak bisa nyenyak tidur akhirnya dia bisa tidur nyenyak dan panjang karena gak keganggu sama batuk. Sebelum tidur malam aku minumin lagi dan Kyara bisa nyenyak sampe pagi. Besoknya dia udah ceria banget dan tinggal sisa batuk dikit banget jadi aku terus kasih lo han kuo dan akhirnya tuh batuk dan dahak bener2 lenyapppp... :)

Si ayah juga heran dan ikutan minum juga karena berasa virusnya mulai pindah lagi ke ayah. Si ayah ini sama segala obat batuk banyak yang gak mempan (udah kebal kali ya sama obatnya), jadi biasanya cuma cocok sama Sanadryl. Untuk kali ini aku paksa supaya gak minum obat batuk, jadi cukup lo han kuo aja yang lebih alami dan nggak mengandung kimia. sekali minum ajaib batuknya ayah juga ilang. Seneng banget si ayah gak perlu kemasukan obat dan jadi minta dibikinin tiap hari sampe bener2 sembuh. Jadi sekarang banyak stok lo han kuo tuh di rumah.

Lo han kuo ini dulu bisa di beli di Indomaret gitu kata adikku. Tapi sekarang cari di beberapa Indomaret gak nemu, mereka dah gak jual lagi. Mungkin di supermarket besar ada kali ya, tapi aku belum pernah cek. Di apotik juga gak semua apotik jual lo han kuo. Eh taunya di toko obat deket komplekku malah jual. Udah cari kemana2 ternyata ada yang jual deket rumah. Eyangnya Kyara juga ada gejala mau batuk karena leher udah gatel banget, langsung minum lo han kuo nggak jadi batuk deh.

Ini sekedar berbagi info aja, siapa tau ada yang lagi batuk coba deh minum lo han kuo siapa tau cocok. Daripada minum obat yang banyak kimia nya kan lebih sehat minum seduhan buah gini. Buat yang jadi penyanyi atau yang butuh suara triak2 tiap hari (kaya si ayah yang merangkap jadi dosen gini hihihi), juga bagus minum lo han kuo untuk menjaga stamina suara.

Silakan dicoba ya... :)

Mother and Baby Fair

Pas weekend si ayah dan Kyara dah sehat, jadinya Minggu 2 Agustus kita jalan2 deh ke MnB Fair. Tahun lalu udah ke MnB fair dan seru juga sekalian cuci mata liat baby stuff lucu2. Sayangnya, kalo tahun lalu kita para pengunjung dapet goodiebag MnB dan produk2 sponsor, nah tahun ini gak dapet apa2 tuh :(
Berdasarkan pengalaman tahun lalu, aku sebenernya gak utamain belanjanya, tapi aku pengen foto untuk kenang2an. Kalo tahun lalu kita beli produk Cerelac dapet goodie bag dari cerelac dan fofo berbingkai Cerelac yang sampe sekarang fotonya masih kupajang tuh diatas TV di kamar.
Ini dia foto di MnB Fair 2008:

foto di booth cerelac -MnB Fair 2008-, Kyara umur 8 bulan

Nah tahun ini aku udah booking si ayah dari sebulan lalu supaya mau nganterin ke MnB fair lagi. Ayah sih ok ok aja. Ada temenku yang pengen banget ke acara beginian tapi suaminya paling ogah nganter liat pameran gini jadinya dia gak dateng. Kalo ayah untungnya seneng2 aja diajak ke acara ginian asalkan perginya pagi supaya gak macet dan belum terlalu rame disana.

Kalo tahun lalu kita sampe pameran pas baru buka jadi masih sepi banget kayak bukan di pameran, nah kemarin ini agak molor dikit, sampe sana jam 10 (buka dari jam 8). Aku kira masih pagi belum terlalu rame, ternyata udah penuh banget deh. Kalo tahun lalu Kyara masih digendong karena umurnya 8bulan, nah sekarang dia maunya jalan padahal aku sempet kuatir juga karena rame banget takutnya Kyara kedempet-dempet sama orang banyak gitu. Kadang gak mau digandeng kalo pas liat yang lucu2 dan menarik menurut dia, langsung disamperin. Aku ngeri banget Kyara lepas dari pandangan aja nih. Akhirnya lama2 mau juga digendong karena udah mulai ngantuk juga. Kita disana cuma cuci mata gak blanja macem2, cuma beli kaos barney dari 'tease me tees' nya Nadya Mulya, yang packaging nya lucu banget bentuk kotak susu gitu. Dari rumah emang udah niat cari kaos Barney ini karena aku inget tahun lalu 'tease me tees' jual kaos barney, tapi Kyara saat itu kan belum tau Barney. Nah sekarang Kyara sebagai Barney mania jadinya aku dan ayahnya niat ke MnB fair cari kaos Barney ini. Kyara langsung triak2 liat kaos barney sambil bilang "baba baba" (nyebut barney dengan sebutan baba), dan di rumah kaosnya di peluk terus. Sisanya sih jalan2 cuci mata liat produk, makan and foto ala cover juga. Jam 12 pulang karena Kyara dah ngantuk dan pameran makin rameeee.

MnB Fair 2009, Kyara umur 20 bulan

Oiya, di MnB fair pas lagi liat2 di salah satu booth, aku liat para badut bergelimpangan tidur kecapekan dengan masih memakai kostum badut yang gede itu cuma bagian kepala aja yang dilepas. Beberapa badut pada tidur kecapekan padahal itu di booth yang terbuka dan bisa diliat orang2 (kok gak bobo di backstage ato diruang istirahat gitu, mungkin gak disediain kali ya). Cuma aku liatnya kasian aja, cepet terenyuh nih hehehe... Kayanya mereka cape banget jadi badut produk seharian pake kostum yang pengap gitu sampe tidur seadanya padahal itu jam pameran lagi rame2nya dan kliatan banyak orang.

hmmm....Moga2 tahun depan diadain lagi dan bisa dateng lagi deh.

Yang terpenting semoga para kesayangan mama pada sehat2, sakit pingpong nya stop, supaya fit menyambut bulan Ramadhan (eh tau2 udah mau puasa aja nih hehehe....)

18 Comments:

  1. Mom, aku juga baru tau ada lo han kuo...kayaknya cukup mujarab yaa, nanti aku mau coba ahh kalo batuk, btw harganya brp?

    Emang paling capek ya kalo anak sama suami sakit, untungsekarang dua2nya udah sembuh, mdh2an sehat trs yaaa...jgn sakit2 lagi....

    ReplyDelete
  2. Wah jd tambah info tentang obat nih! thx ya mom....
    Sekarang Kyara dan ayahnya dah sembuh kan??? untuk seterusnya semoga sehat selalu ya...

    ReplyDelete
  3. Alhamudulillah, sudah nemuin obat yang mujarab ya mbak. Mudah-2an semuanya sehat dan dijauhkan dari penyakit yaaa, amiin.

    Wah, boleh juga nih lo han kuo, thanks ya utk infonya...

    ReplyDelete
  4. Hmm Boleh juga nich, lo han kuo nya. Zaheer kan sebelum-sebelumnya gampang banget kena virus batuk, terutama yang berdahak, uh.. menggganggu banget kalo lagi tidur. thanks banget mbak infonya.

    duuuh seru banget tuc kayaknya ada MnB fair. coba kalo di tempatku ada yah.. Btw itu emang tiap tahun ada ya?

    ReplyDelete
  5. Wah, ada info obat herbal lagi. Makasi ya udah dishare, boleh dicoba nih klo Ez batuk. Klo sekarang ini masih meler meler aja, tau resepnya juga ngga mam? HEhehe..

    ReplyDelete
  6. wah nice info nih mba.. aku juga mau coba ah biar batuknya tania lenyap..

    aduh ngiri deh liat liputan ke acara MnB fair.. pengen banget kesana udah nungguin dari tahun kemarin.. tahun kemrin ga bisa dateng krn tania masih kecil banget.. eh tahun ini udh rencana banget mau dateng tapi tania sakit... nasib..nasib...mudah2an tahun depan bisa dateng..

    ReplyDelete
  7. Iya ibu2.. Silakan dicoba ya.. Seneng kalo bisa share info yang berguna gini :)
    Buat aku skluarga yg minum ini sih cocok, yg batuk pada sembuh and yang mau batuk jadinya ngga jadi batuk. Insya Allah pd cocok juga ya..

    Cari di toko obat aja, kalo apotik malah gak semua jual. 1 kotak hrgnya 12rb. 1 kotak itu isinya ada 12 ato 15 kotak kecil gitu (sorry lupa, gak ngitung). Nah tiap kotak kecil isinya ada 2 block lo han kuo. Tiap minum seduh 1 block lo han kuo. Aku biasanya minumin 2x, pagi dan malam. Jadinya 1 kotak kecil itu untuk 1 hari (hihi ngerti kan..)

    @mom ezra: kmrn itu kyara juga hidungnya meler terus sampe ga bisa nafas krn mampet. Dikasih breathy gak mau malah ngamuk. Abis minum lo han kuo selain batuknya ilang ternyata pileknya juga kering lho, Yu. Jd coba aja :)

    @mama tania: tania masih sakit ya, dicobain lo han kuo aja bu, siapa tau cocok :) moga2 thn dpn pas MnB fair pas tania sehat ya jd bs dtng :)

    ReplyDelete
  8. klo saya andalan untuk sakit batpil dan pencegahannya adalah dengan memberi madu atau sari kurma rutin tipa hari.. insyaALlah fit terus!

    ReplyDelete
  9. Aku juga ke MB fair hari minggu tik kok gak ketemu ya...aku datengnya udah siangs ih jam 2 an...trus gak lama jam 4 udah pulang :D males banget crowded gak kayak taun lalu

    ReplyDelete
  10. @Woro2: sama mbak, kami skluarga juga mengkonsumsi sari kurma kok. Madu juga, tp madunya nggak tiap hari. Yah gmn lagi akhirnya anakku tumbang juga..

    @Ocha: aku dateng jam 10-12 cha. Itu aja dah penuh banget, puyeng deh liatnya. Gak kayak tahun lalu yang longgar bisa santai nikmatin pamerannya. Mana thn ini gak dapet goodiebag+produk kayak thn lalu ya hehehe..

    ReplyDelete
  11. Wah..thanks banget sharing nya. Sampai saat ini sih Dita belum pernah sakit batuk sampai parah sih (Alhamdulillah, kalau bisa jangan sampai deh), jadi ya cukup HT aja.

    Hehehe enak mbak kalau suami mau antar ke acara spt MnB fair kayak gitu. Ayahnya Dita gak begitu suka. Apalagi sampai diajak foto2 kayak model gitu hehehe. Tapi saya maklum aja, gak pernah maksain hal yang beginian (menghiburdiri.com hahaha) .

    ReplyDelete
  12. yah.. selamat ya sudah sembuh
    wah.. makasih infonya..
    sangat bermanfaat.. :)

    ohya.. komen di blog saya ya..
    thanks :)

    ReplyDelete
  13. Tik, tadinya mau ikutan dateng sabtu atau minggu Lah kesana. Tapi aku pikir pasti pengunjung membludak. Aku pusing klo mau ajak alika kesana kesian klo harus desek2an.

    ReplyDelete
  14. wah baru denger lo han kuo.
    kayaknya perlu juga nih utk cadangan di rumah sapa tau vaya batuk lagi...

    kemarin ga ikutan wiken kopdar yaa.... next kopdar ikutan kali ya...

    ReplyDelete
  15. Bundit: wah alhamdulillah mbak kalo dita belum pernah batuk parah. Smoga sehat terus ya dita..
    Hihi ayahnya dita malu2 yah :) btw aku juga msh penasaran lho sama bundit, gak pernah nongol fotonya deh. Liatin penampakannya bundit dong di blognya :)

    Fathin: makasih mas dah mampir.. Salam kenal ya..

    Shinta: yup bu, emang agak desek2an. Gpp gak dtg lagian pameran gitu2 aja kok.

    Mami vaya: iya mam kmrn ga bisa ikut kopdar wiken. Suami lg dines kluar kota br balik sabtu sore, n dirumah mesti nunggu sodara yg mau dtg. Smoga next kopdar kita bs ketemuan yaa :)

    ReplyDelete
  16. wah thanks banget infonya tik. aku juga lebih cendrung ke hometreatment sama obat2an alami daripada minum obat kimia semua gak tau efek sampingnya apaan ke depannya. sip deh, moga kyara jauh2 deh ya dari sakit2 apapun juga. emang paling pusing kalo anak gak sehat:(

    aku juga mau ke MB fair hari minggu itu, tapi karna ayahnya zikra ada kerjaan, gak jadi deh. untung gak jadi kesana setelah baca ceritanya disni hehe:p

    ReplyDelete
  17. Silakan dibaca ya, sangat berguna.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.