Cerita Seputar Lebaran 1430 H

Halooooo Apa kabarrrr..... Gimana lebarannya kemarin????

Sebelumnya, AyahMamaKyara sekeluarga mengucapkan:
- Selamat Idul Fitri 1430H, mohon maaf lahir dan batin -

Gimana lebarannya kami tahun ini? Seperti tahun2 sebelumnya, lebaran di Jakarta aja gak pake mudik. Kebetulan orang tuaku dan ayah ada di Jakarta semua jadi gak ada acara mudik lagi kayak waktu ku kecil. Kalo dulu hampir tiap tahun diusahakan mudik ngunjungi kakek nenek di Yogya-Solo, tapi sekarang mereka udah nggak ada semua jadinya kalo mau ke Yogya palingan di luar hari lebaran. Lebih lenggang, gak penuh sesak, lebih santai, dan lebih hemat tentunya karena ongkosnya harga normal hehe...

Biar nggak mudik, Alhamdulillah lebaran kali ini menyenangkan kok. Dari hari pertama lebaran sampe hari terakhir ayah libur hari minggu kemarin ini kita pergi terus, bener2 memanfaatkan kondisi jalan Jakarta yang super lancar :)

Sebelum Lebaran

H-3 lebaran anak mama tersyang sakit :(. Nggak tau kecapekan ato gimana, soalnya beberapa hari sebelumnya kita pergi terus. Semalaman nggak bisa tidur rewel banget karena hidungnya mampett. Akhirnya besoknya mama nggak puasa dulu karena Kyara maunya nenen terussss, sampe rasanya badan ini kering (haha lebay...). Hari berikutnya pileknya udah nggak meler lagi, udah kental dan gak bikin rewel lagi, tapi berganti jadi batuk berdahak. Mama minumin Lo Han Kuo (mama pernah posting sebelumnya), Alhamdulillah manjur lagi. Yang tadinya kalo tidur kebangun karena batuk, habis minum 1 gelas Kyara tidurnya bisa tenang gak keganggu batuk lagi. Jadi sakitnya Alhmadulillah 2 hari aja abis itu Alhamdulillah sehat2. Kyara udah sehat, malah mama yang ngerasa mulai ketularan Kyara, tapi langsung doping pake Vit.C dan buah yang banyak Alhamdulillah gak jadi sakit.

H-1 Lebaran Kita gotong royong masak buat hidangan lebaran. Aku yang racik2 dan ngiris2 bahan, terus eyangnya Kyara yang masak. Kyara ngapain? Dia pastinya selalu pengen ikut bantuin kalo liat orang masak (baca: ngerecokin). Jadi daripada direcokin, Kyara dikasih talenan, pisau roti yang nggak tajam sama sekali, dan buncis. Biar dia ikutan motong2 lesehan di tiker bareng2 supaya nggak ngerecokin. Kyara seneng banget liat banyak makanan dan kue2. Masak ketupat, opor, rendang, sambal goreng kentang, sambal goreng ati, kerupuk, bawang goreng, dari mulai racik2 sampe jadi makan waktu sampe malem. Kyara juga jadi ikutan semangat liat orang masak sambil ngemilin kue lebaran, jadinya dia tidur larut banget.

Lebaran Day

Karena tidurnya larut banget, bener aja besok paginya jadi bangun lebih siang. Aku putusin untuk di rumah aja nggak ikut sholat Ied, kasian kalo harus bangunin Kyara. Kalo tidurnya kurang terus dibangunin ntar dia malah uring2an. Habis pada sholat Ied kita saling minta maaf sekeluarga. Eyangnya Kyara lanjut silaturahmi sama tetangga yang berpusat di mushola kompleks dilanjut makan2 disitu. Tradisi di komplekku, di mushola ada makan ketupat dkk bareng2. Siapa aja boleh makan disitu sambil silaturahmi, jadi maksudnya supaya seluruh warga bisa ikut ngerasain makan ketupat lebaran. Ya siapa tau aja ada warga yang memang lagi nggak bisa masak untuk lebaran jadi bisa ikut menikmati juga. Kalo aku, ayah n kyara nggak ikutan karena habis makan ketupat di rumah langsung lanjut berangkat ke rumah orangtuanya ayah. Mesti berangkat pagi karena takut keburu macet dan jadwalnya hari pertama lebaran ini memang kita bakal muter2 sama keluarga nya ayah.

Lebaran ke-2 sodara pada dateng ke rumah. Hari ke-2 lebaran mulai bosen dan blenger sama yang namanya ketupat, jadi menunya ganti ayam bakar madu dan mulai jalan keluar cari makanan non ketupat.

Setelah Lebaran

Setelah Lebaran, tiap hari selalu pergi. Ya jalan2 ke mall, berenang, belanja, atau cuma sekedar cari makan kalo lagi bosen sama makanan rumah. Pokoknya menikmati sepinya jalanan Jakarta deh... nikmatnyaaaa..... misal yang biasanya ke daerah A lamanya 1/2jam, kemarin cuma 10 menit udah sampe padahal nggak pake ngebut, kecepatan mobil biasa aja. Pokoknya kemana-mana jadi cepet banget. Jadi merasa sebetulnya kalo gak ada macet sama sekali, di Jakarta tuh mau kemana aja deket. Beda sama di daerah, 15 menit di daerah itu rasanya jauh dan panjang banget, mungkin karena pemandangannya banyakan sawah hihihi....
Tapi tetep ya, meski jalanan sepi sampe di mall rame aja. Pasti pada cari makan di luar tuh karena ditinggal pembantu hehehe.... Kalo kita sih bukan karena ditinggal pembantu jadinya nge-mall terus (lha emang nggak punya pembantu kok, jadi lebaran gak lebaran ya sama aja hehehe), kita emang pengen nikmatin jalanan sepi dan mau nyenengin Kyara yang terutama :)

hmmm apa lagi ya... Oiya angpau hihihi.... Alhamdulillah pendapatan angpau Kyara tahun ini meningkat dibanding tahun lalu hahahah... Kecil2 gini udah ngerti duit lho Kyara :)
Tahun lalu kalo gak salah Kyara dapet sekitar 100 ribuan. Tahun ini alhamdulillah dapet sekitar 250 ribuan. Jumlah yang menurutku cukup besar untuk anak seusia Kyara. Uang ini kepake untuk beliin Kyara mainan (yang murah2 aja, asal dia seneng) dan beli DVD teletubbies. Kyara mulai keranjingan teletubbies. Kalo Kyara tiba2 pengen nonton teletubbies tapi cbeebies lagi gak jam nya siarin teletubbies, bisa ngerengek2. Jadilah kemarin beli DVD nya buat jaga2 kalo dia tiba2 pengen nonton. Sisa angpau nya disimpen di tabungan Kyara aja. Dirumah aku punya celengan kotak kecil bikin sendiri dari karton gitu dan bisa dibuka tutup, dan yang dari plastik permanen gak bisa dibongkar buat celengan koin. Supaya ngelatih Kyara nabung juga. Mau beli celengan kaleng yang ada kuncinya kelupaan terus.

Ngomong2 soal angpau, aku dan ayah nya Kyara sempet ngobrolin soal ini kemarin. Amaze aja liat jumlah angpao anak jaman sekarang. Perasaan dulu aku dapet angpao total 30ribu aja udah seneng banget bisa buat beli macem2 sampe lama banget habisnya. Kalo sekarang, ada sepupu ayah yang masih SD, dapet angpao sampe 800ribu. Ponakannya temennya ayah malah sampe 1,5juta. Pas ditanya, "angpaonya mau buat apa?" dijawab si anak "mau buat ganti HP". ya ampyuuunnnn.... anak sekarang yakkkk.... HP gw aja udah lama gak ganti2!!!!
Sebetulnya masalah jumlah relatif ya. Ada yang jumlah segitu udah besar banget, ada juga yang jumlah segitu biasa aja. Tapi buat aku pribadi, angpao jumlah segitu buat anak2 mah udah sangat besar nominal nya. Yah semoga aja anak2 itu bisa bijak deh gunain nya.
Dudududu.... jadi kangen dapet angpao lagi :)

gak ada foto lebaran nih, udah gak kepikiran kemarin hehehe.... Foto ini aja deh...


ket foto:
Kyara dan mainan stroller yang dibeli pake angpaonya :) Seneng banget di dorong terus sampe stroller kecilnya mau didudukin juga. Untung ketawan mamanya, kalo nggak langsung ambruk tuh mainan :)
foto yang lagi naik sepeda tuh waktu Kyara nyoba sepeda di carefour. Seneng banget dia gak mau turun pas nyoba sepeda roda 4 itu. Jadi pengen beli tapi kakinya belum sampe untuk genjot sepeda, ya sama aja... Sabar ya nak, tunggu kakinya sampe dulu...

15 Comments:

  1. Mba Motik..
    minal aidin wal faizin ya.. mohon maaf lahir bathin..

    wah kyara dapet THR nya banyak juga ya.. hampir sama kya tania nih.. uang THR nya di beliin mainan..

    aku setuju tuh mba.. anak jaman sekarang THRnya gede2.. abis yg ngasih juga sekali ngasih sekarang 50ribu or seratus ribu kyanya gengsi kali ya ngasih 20 ribu kya jaman aku kecil dulu.. hehehhee..

    ReplyDelete
  2. Wadoh Kyara.. angpaonya buanyak ya, lumayan bisa buat beli mainan lucu-lucu, toss dulu ah buat mama kyara.

    Minal aidin wal faidzin ya mom... Mohon maaf lahir & batin. Send my best regards to your family... :)

    ReplyDelete
  3. wah kyara sama kayak alma kerajingan teletubies. Alma jg suka bgt tuh nonton di cbeebies. Wah kyara angpaonya banyak ya...alma aja cm 120an ribu, hehehe

    mohon maaf lahir batin ya...

    ReplyDelete
  4. Seru juga ya acara makan ketupat ramai-ramai begitu. Kebersamaannya benar2 terasa. Di tempatku sih belum pernah ada kayak gitu...

    Angpaunya banyak sekali ya Kyara. Klo Vaya ga ada angpau sama sekali, soalnya emg kita ga biasakan bagi2 angpau saat masih kecil. Tunggu gedean dikit aja, takutnya nanti dia kebiasan dapat angpau, pas misalnya ga dapat jd nagih hihihi...

    Vy jg makin suka teletubbies nih. Dr dulu selalu nonton ttubies, cuma skrg kan udah gede, jd da bisa sok2an ngerti acaranya hahahaa.... sama berarti ya sama Kyara...

    Cuma belom pernah ke dapur utk ikut masak kayak Kyara sih, soalnya maminya vaya ga pinter masak :D

    ReplyDelete
  5. wah kyara hebat banget bisa nemenin mama masak smpe kelar...kalo ina mana bisa begitu?? ina tuch anaknya gak bisa diem sekali...dikasih mainan antengnya cuma sebentar setelah itu ngerengek minta dendong (gendong).

    mainannya lucu jg yaa...belinya dimana mom? harganya brp? pengen jg beliin utk ina..kali aja kalo ada mainan kayak gtu ina anteng di rumah hehe....

    iya mom, enak ya jakarta lengang banget...kalo tiap hari kayak gitu enak juga gak buang2 waktu dijalan...

    eh iya waktu ina sakit sebenere aku mau sms nanya obat batuk cina itu, tp untungnya batuknya keburu sembuh....lgsung aku catat dech biar besok2 kalo batuk lg udah tau nama obatnya....

    Kalo ina lagi seneng vcd lagu2 nech...sampe cdnya rusak krna sering diputar hehehe...

    ReplyDelete
  6. Mama tania: iya sama2, maaf lahir batun juga :)
    Hehe iya mam jaman kita mah 20ribu udah gede banget ya bisa beli macem2 hehe

    May: sama2 ya.. Mohon maaf lahir batin juga :)

    Ocha: sama2 maaf lahir batin juga cha..
    Wah alma toss deh sama kyara penggemar teletubbies juga hihihi..

    Mami vaya: iya nih, makan ketupat rame2 baru ada 3th terakhir ini. Bagus juga jadi yang gak masak ketupat atau non muslim bisa ikut seneng makan ketupat juga.
    Kalo angpao kyara dikasih sama para om tantenya dan para eyang nih. Vaya suka teletubbies juga ya. Toss dong sama kyara n alma :)
    Kalo kyara seneng banget ngerecokin orang didapur nih, kadang jadi ribet banget..

    Nia: hah nggak kok mam.. Kyara mah nggak nemenin sampe slese masak. Yg ada di malah ngerecokin. Pas lagi racik2 dia maunya ikutan iris2, jd kita kasih talenan sama piso roti. Tar kalo bosen ya ngacir gak bisa diem kaya bola bekel juga. Kalo bosen minta gendong juga. Tar abis itu balik lagi main talenan. Pas eyangnya lagi masak aku kasih nonton barney di kamar biar gak ngerecokin. Paling bolak balik keluar masuk kamar tuh dia sampe tidur larut banget. Tau aja besoknya mau lebaran.
    Yang mainan stroller itu murah meriah mam. Aku beli di mall deket rumah sih, 30ribu. Sekarang kan banyak tuh toko mainan kaya popplay, happy toys, dll, mereka juga jual dan murah juga kok. Ada yang versi mothercare, ada boneka bayinya juga tp mahal banget harganya ratusan ribu. Aku pilih versi lokal aja yg murah meriah hehe..
    Kyara dikasih stroller ini seneng banget keliling rumah dorong bonekanya pura2 jadi ibu2 pake tas bahu segala hehe. Ayo ina juga beli aja :)

    ReplyDelete
  7. Mbak Motik, waduh maaf lama gak mampir ke sini. Minal Aizin Wal Faizin ya. Mohon maaf lahir dan batin. Hehehe suasana lebaran di Jakarta enak ya mbak, jalanan lega. Saya juga sudah 2X lebaran di Jakarta, waktu setelah menikah dan Dita masih bayi, jadi gak mudik. Menikmati Jakarta yg lengang..

    Wah, Kak Kyara kecil2 dapat angpao nya banyak. Dita dapet sedikit nih, gak ada 100rb. Tapi ya Alhamdulillah lah :-)

    ReplyDelete
  8. Bundit: hihi gapapa kok bund, mohon maaf lahir batin juga ya..
    Iya jakarta lengang banget, keculai pas lebaran. Pas lebaran tetep aja macet krn orang2 pada keliling silaturahmi. Aku ngerasa lengangnya mulai H+3 lebaran.
    Hehe dapat angpao berapapun udh Alhamdulillah ya bund, kan buat seru2an aja supaya buat kenangan juga untuk anak2 kalo tar udh gede :)

    ReplyDelete
  9. maap lahir batin ya jeng motik...

    weh.., lebaran emang ga komplit tanpa opor ayam hehe..
    kyara dapat angpao lumayan banyak tuh.., ikhsan malah ga dapet sama sekali karena aku emang ga ngebolehin orang kasih ikhsan angpao,wong anaknya belum ngerti duit kok.
    Kalau yang dikasih emaknya jelas langsung diterima xixi...

    ReplyDelete
  10. maaf lahir batin ya kyara..
    untung pas lebaran udah sehat ya, tfs lo han kuo nya.

    bikin ngiri nih cerita blenger ketupatnya, kita di gorontalo ga kebagian ketupat sayur kyk di jkarta soalnya.

    gw jg jadi kangen dapet angpao nih.. kyara seneng banget kliatannya dorong2 stroller. berasa kyk mama2 ya sayang? hrhehe

    ReplyDelete
  11. kyara....angpaonya bisa dipake beliin mainan yg boanyaaaaaaak deh. Asyik ya angpaonya byk.

    ReplyDelete
  12. Kyara...bagi dooonk angpaonya...

    Sama nich kayak aku bun, selama lebaran gak kepikiran buat jepret sana sini. blank ga da foto.

    ReplyDelete
  13. tradisi lebaran yg di musholanya itu asik ya... keliatan kl sesama tetangga di sana masih akrab..

    Kyara angpaonya banyak banget nih, asik dong.. :)

    ReplyDelete
  14. kyara mama ayah, met idul fitri ya. maap lahir batin:) maap baru mampir. baca ceritanya seru banget, makan ketupat bareng gitu hehe. kyara seneng ya sayang lebaran, makan kue dan dapet angpao:) trus jalan jakarta yang sepi, wahh kapan ya pas hari normal jalan2 kayak gitu? hehehe ngimpi..

    wah lo han kuo manjur banget ya ma. beli dimana sih ma? zikra juga kemaren batuk, karna udah berapa hari gak sembuh dikasih obat deh. lupa sama lo han kuonya mama yang waktu itu sempet baca. ada gak ya di apotik? hehe jadi curhat:p

    ReplyDelete
  15. maaf kalau telat ya tik..Minal Aidin Wal Faidzin ya, wah angpaonya kyara banyak bener.ada patokan harga nih buat beliin farissa stroller mainani ini,sun sayang buat kyara ya...

    ReplyDelete

Powered by Blogger.