The Power of Story Book: I Love Pizza, Ayah...!!

Ya ampyunnn udah berapa lama nih nggak nyentuh blog???
Biasanya ngeblog malam buta saat bidadari kecil udah lelap. Kalo siang nggak bakal bisa konsen, baru buka kompi 2 menit langsung dipaksa Kyara buka situs tokoh2 kesenengan dia. Cuma malam diriku ini bisa tenang. Nah sebulan terakhir ini, si ayah lagi sibuk2nya sama tugas kuliahnya yang sebentar lagi mau thesis. Jadilah tiap malam laptop dikuasai ayah sampe dini hari. Ya mending tidurr aja deh kalo gitu :)
Mumpung ada kesempatan posting ahhh...

Beberapa waktu lalu Kyara lagi keranjingan pizza banget. Sebenernya kenal pizza udah lama, dari umur 1 tahun lebih juga udah mulai kenal pizza (tepatnya spageti sih). Kalo kita makan ke pizza, biasanya kyara lebih pilih spageti daripada pizza.

Nah 2 minggu lalu, gara2 liat selebaran delivery pizza hut, bocah ini tiba2 'memaksa' orangtuanya untuk ngajak dia makan pizza. Tadinya kita cuekin aja, iya iya-in aja, paling ntar lupa sendiri. Kami bukan tipe yang selalu mengabulkan keinginan anak, supaya dia belajar nggak semuanya yang dia inginkan bisa terwujud. Alhamdulillah Kyara tipe yang lumayan bisa dibilangin. Kalo kepingin sesuatu dan rasanya nggak kita turutin, kita akan bilang pelan2 kasih pengertian ke Kyara. Kadang ada ngamuknya juga sih, misalnya maksa minta ikutan minum cocacola dan kita larang. Biar maksa sampe nangis juga nggak akan kita bolehin. Jadilah nangis kejer. Kalo di rumah biasanya kita biarin aja nangis sampe tenang sendiri, baru abis itu dideketin pelan2 diajak ngomong dan dikasi pengertian. Entah dia ngerti bener sama omongan kita atau nggak, tapi kalo habis nangis terus kita peluk pelan2 sambil diajak ngomong jadinya lebih tenang dan terkendali.

Tapi ada hal2 tertentu yang rasanya dia pengen banget nggak bisa nggak, dan akan diinget terus sampe dapet. Contohnya cerita si ketok-ketok yang sampe ngigau-ngigau segala. Nah kemarin ini Kyara sampe memohon, merayu, merajuk minta makan pizza. Kuatir sampe kebawa mimpi lagi ya ayo deh nak kita makan pizza hut yang kebetulan ada di deket rumah. Padahal saat itu ayah dan mamanya lagi kekenyangan banget. Bener aja, tandas, Kyara makannya banyakkk.

Setelah puas Kyara nggak pernah minta2 pizza lagi. Beberapa hari kemudian, mulailah keinginan makan pizza itu nagih lagi. Kayaknya makan pizza kemarin belum puas kali ya (cuma pesen paket ber2 habisnya kita lg nggak laper juga). Jadi sejak hari kamis Kyara membujuk ayahnya untuk makan pizza lagi. Si ayah bilang "Ok, tapi hari sabtu ya tunggu ayah libur. Sekarang ayah kerja dulu cari duit biar bisa beli pizza". kata Kyara "OK..."
Sejak dibilangin seperti itu, kalo ditanya
mama: Kyara, Ayah kemana?
kyara: ayah keja
mama: kerja buat apa, Kyara?
kyara: beli pizza (biasanya jawaban beli pizza dijawab dengan beli susu).

Sampe akhirnya hari sabtu kemarin kita makan pizza lagi, kali ini ke mall puri indah supaya nggak bosen sambil jalan2. Kali ini kita pesen lumayan banyak macamnya dan tau2 kyara minta dipesenin semangka sambil nunjuk2 ke salad bar. tau aja deh kamu nakkkkk.... Ya udah sekalian deh akhirnya ambil salad buah. Kirain bakal dimakan gitu2 aja cuma kepingin doang. Ternyata salad buah dan sausnya habis banyak banget dimakan Kyara, 1 slice pizza, 3 piggiran chessy bites, 1/2 porsi es krim happy melody, 1 slice melon yang ada di pinggiran es krim. Alhamdulillah... nggak sia2 ayah mama ajak kesini ya nak. Kamu bertanggung jawab dengan cara makan lahap di tempat makan pilihanmu.


Setelah itu Kyara nggak pernah lagi membahas minta pizza sampe sekarang. Kepinginannya sudah terpuaskan hehehe... Dan kalo ditanya "ayah kerja buat apa", jawabannya udah seperti dulu lagi "buat beli susu".

Lagi berduaan ngobrol sama ayah, kita sadar bahwa Kyara ternyata sudah bisa meminta keinginannya. Meminta disini dalam artian meminta sesuatu yang diinginkan banget sampe bisa merayu segala dan dia inget terus keinginannya itu. Sekali kita janjiin, Kyara ingeeetttt terus.
Ada hal2 yang Kyara bisa terima kalo keinginannya gak dikabulkan oleh aku dan ayahnya. Tapi ada juga hal2 yang bakal Kyara ingettt dan tagih terus sampe dapet. Aku rasa ini sangat2 wajar, kita pun dulu waktu kecil kayak gini. Aku berharap aja semoga Kyara tetep manis dan bisa dikendalikan kayak gini kalo keinginannya nggak diturutin sama kami. Nggak pake acara ngamuk atau tantrum super parah. Karena dari yang aku baca, umur 2 tahun itu mulai masuk masa2 tantrum. Tapi nggak semua anak akan berkelakuan tantrum super parah. Pernah juga sih Kyara ngamuk2 dikit2 di rumah kalo kemauannya nggak diturutin atau kitanya nggak ngerti dia mau apa jadi Kyara stress sendiri. Tapi ya itu, aku dan ayahnya Kyara pake cara dibiarin aja dulu nangis sampe dia nya tenang baru deh diajak ngomong pelan2 sambil di peluk. Kalo nggak mempan juga, nada suara agak ditinggikan hehe. Yang penting aku dan ayahnya Kyara harus 1 suara. Meski dalam hati nggak setuju, itu bakal diomongin nanti. Pokoknya sebisa mungkin di depan anak harus kompak 1 suara.
Jadi ya kami harap2 aja supaya Kyara bisa tetep dikendaliin hehe..

Dan satu lagi, ternyata keinginan makan pizza ini juga gara2 buku cerita Barney nya yang judulnya 'Barney Pergi ke Restoran'. Kyara lagi seneng banget dibacain buku cerita. Tiap hari minta dibacain buku cerita berulang2 sampe kyara hafal ceritanya dan mamanya bosen sama ceritanya (maklum cuma punya beberapa buku cerita aja, belum nambah lagi koleksinya). Nah salah satunya ya cerita si barney pergi ke restoran yang kebetulan makannya ke restoran pizza. Jadilah Kyara latah ngikutin barney yang makan pizza itu. Bener2 the power of story book nih.


Ternyata sangat ampuh ngajarin anak/mencontohkan anak suatu kebaikan pake buku cerita. Contohnya gara2 buku cerita 'Barney Pergi ke Dokter Gigi' juga lah yang bikin Kyara sekarang rajin banget sikat gigi. Selanjutnya aku mau nambah koleksi buku cerita yang ada manfaatnya kayak gini deh. Misalnya aja kemarin di Gramedia ada buku cerita barney yang judulnya (kalo nggak salah) 'mengucap tolong dan terimakasih'. Aku rasa yang kayak gini bagus untuk sekalian ngajarin kebiasaan yang baik ke anak. Kenapa bukunya Kyara barney? Karena barney salah satu tokoh kesukaan Kyara. Jadi akan lebih mudah kalo role model nya si dino ungu itu :)
Target selanjutnya, pingin nambah koleksi buku cerita anak2 yang seri islami. Kemarin di Gramedia ada banyak juga buku cerita sederhana yang seri islami. Jadi bacain cerita sambil menyelipkan ajaran yang baik2 ke anak :)

13 Comments:

  1. Wuaa... kebayang deh mama sama Ayah happy banget lihat Kyara makannya buanyak hehehe. Emang hebat ya the power of story book. Dita belum bisa anteng nih dibacain buku hehehe :-) .Selalu sehat dan makin pinter ya Kak Kyara. Trus permintaan ke mama ayah yang make sense ya ..hahaha anak kecil belum tahu make sense ya :D

    ReplyDelete
  2. kyara...buku serial barney itu juga kesukaan azka loh..punya jg yg pergi ke restoran pizza ma yg ke dokter gigi. kpn2 baca bareng yaaaa

    ReplyDelete
  3. makan pizza? wah mau dong....ga tau nech aku jg lg pengen banget makan pizza, donat Jco, empek2....smoga terealisasi sbelum babynya lahir hehehe...

    kalo ina belum mau dibacain cerita, yg ada dia mondar mandir kesana kemari, tapi klo nonton vcdnya ina menyimak dengan serius, kadang mengikuti gerakan2 yg ada...

    kyara mo lihat ina nyanyi ngga? ntar nyanyi sama2 ina yachh...

    ReplyDelete
  4. Kalo Zalfa belum bisa makan pizza kayak Kyara tapi ummi nya yang seneng banget pizza hehehe....
    Pasti mama & papa seneng ya Kyara makannya banyak, sehat & tambah pinter terus ya Kyara.....sun jauh muaach.....

    ReplyDelete
  5. Wah hebat ya Kyara, tanggung jawab sama permintaannya. Kebanyang deh serunya Kyara makan Pizza di Puri :)

    ReplyDelete
  6. Hahhahaa...
    Kyara pinter yaa.... udah tahu aja dia makanan enak. Emg pizza mah enak banged ya, vaya sih baru dicobain cuilan dagingnya saja atau supnya, belum pernah kasih spaghetti.... nanti mo coba juga ah sapa tau doyan juga.

    Bener ya mom, saya mo cari buku si dino ungu itu deh. Si Vaya skrg ini lg malas sikat gigi, jd kudu dibujuk dulu dgn berbagai cara. Kadang2 udah ke gramed, trs butek sendiri krn begitu banyak buku, capek pilihna hahahaa... TFS ya mom.

    ReplyDelete
  7. Bundit: makasih bunda dita.. Wah dulu kyara juga gak oernah anteng dibacain buku kok. Sampe buku cerita pd nganggur. Kupikir dia gak suka buku. Ternyata baru akhir2 ini kyara keranjingan dibacain buku. Mungkin nanti dita suatu saat juga bakal seneng dibacain buku :)

    Vera: wah azka toss sama kyara.. Kapan2 baca buku barney bareng yaa :)

    Nia: wah kalo mama ina harus kesmpean tuh biar adenya ina nggak ileran hehehe..
    Kyara dulu juga gak betah dibacain buku mam, tauk nih akhir2 ini kyara mulai suka dibacain buku, malah ketagihan hehe.. Kalo ina pengen jd penyanyi nih kayanya :)

    ReplyDelete
  8. Diyah: makasih ummi.. Zalfa juga sehat terus ya, ntar belajar makan pizza sama ummi ya zalfa :)

    Yuliazmi: hihihi iya nih alhamdulillah kmrn kyara tanggung jawab sama pilihannya. Kalo nggak emakbabenya bakal kekenyangan banget :p

    Mami vaya: ayo vay cobain spageti.. Enak lho vay hehe..
    Iya mom kalo di gramed aku juga suka jd bingung sendiri mau beliin buku apa. Dulu udh beli buku cerita ternyata kyara blm suka dibacain. Buku dino ungu nya aja sempet dianggurin sama kyara meski kyara suka barney dr dulu.
    Tapi akhir2 ini dia jd keranjingan dibacain sampe buku barneynya mulai robek2 tuh. Jd skrg aku kalo ke gramed udh gak pusing, langsung menuju rak barney. Aku liat tema nya juga cukup mendidik kok. Nanti kalo udh bosen sm barney baru cari buku lain :)

    ReplyDelete
  9. duh keknya kyara seneng deh makan pizza, ikhsan belum pernah tuh nyobain pizza.

    ayo kyara baca bareng ikhsan, ntar dipinjemin buku-buku ikhsan deh.

    ReplyDelete
  10. waah, emang bener the power of story book neeh... Selama itu membawa pengaruh yang baik, wajib deh hukumnya utk diterapin ke anak ya mom ;-)

    Kyara, makan pizza bareng ma Danis yuk? hehehe....

    ReplyDelete
  11. setuju.. buku itu bagus buat anak2..

    Kalo naima itu suka bgt sm princess2.. Dan senengnya sekarang buku cerita islami juga ngeluarin cerita princess. Cerita & gambarnya juga bagus kok. Gak kalh deh sama cerita2nya disney princess. Bahkan kelebihannya ceritanya berbau islami :)

    ReplyDelete
  12. wah zikra punya tuh yang ucapkan tolong dan terimakasih. emang bagus banget ma, tapi sayang zikra sekarang gak tertarik lagi dibacain buku. lebih seneng nonton.
    kalo kayak kyara seneng banget pasti beliin buku ya ma. apalagi bisa langsung nyerep isinya. beliin buku yang banyak pasti tambah pinter banyak. keep learning dear kyara:)

    ReplyDelete
  13. entik: ikhsan suka bac juga ya. yuk baca bareng kyara :)

    may: ayuk danis kita mam pizza bareng :)

    bunda chi: wah iya ya bund. aku blm banyak hunting buku islami yg ada princes nya nih. tar deh coba hunting. iya aku pengen mulai kenalin ke buku islami juga ASAP. di gramed banyak yg bagus cerita dan gambarnya, tp blm pernah nemu yg princess. thx bund infonya :)

    bunda zikra: wah zikra juga punya yah. emang bund, anak mood2an. Kyara dulu juga ogah dibacain, sekarang aja lagi seneng2nya. kadang juga bosen lebih seneng nonton barney. tp tiba2 minta dibacain lagi. yah kita ikutin aja mood nya yang mana, yg penting sambil belajar :)

    ReplyDelete

Powered by Blogger.