Kolam Plastik Kyara dan Efek Positifnya

Ini tentang kolam plastik nya Kyara.

Pertama kali punya kolam plastik waktu umur Kyara sekitar 5-6 bulanan (lupa persisnya). Si kolam biru ini diameternya 120cm. Niatnya pengen kenalin Kyara sama air, tapi berhubung nggak punya kolam renang pribadi dan belum berani bawa ke kolam renang umum, jadinya kita beli deh si kolam palstik ini sekalian dengan bola plastik warna-warni sekantong yang isinya 100 bola. Karena waktu itu baru bisa duduk seimbang, kita belum berani isi air di kolamnya. Jadilah si kolam berfungsi untuk kolam mandi bola dan mainannya Kyara. Di dalam kolam kyara nggak banyak gaya, kayaknya belum ngerti dan belum bisa menikmati. Cuma fokus ke mainannya dan pegangan terus ke pinggir kolam seperti takut jatuh dari duduknya (baru bisa duduk seimbang jadi masih suka kelepasan miring ke kanan kiri hihihi). Setelah seminggu, kok kita perhatiin Kyara kurang memeberi respon ke kolam plastik ini. Yang ada malah menuh2in ruang tengah aja (kita taruh di runag tengah supaya bisa sambil ngawasin). Jadilah si kolam plastik di kempesin dan masuk ke kotaknya lagi. Bola2 plastik juga di pensiunkan dulu, disisain sekitar 10 biji aja buat mainan.

Umur 7 bulan, kita coba lagi kenalin Kyara ke kolam plastik ini. Keliatannya udah mulai tertarik nih. Diisi air sedikit, Kyara dan mama main air berdua di dalam kolam plastik. Tetep masih ada rasa takut buat lepas tangan, jadi Kyara pegangan terus ke pinggir kolam. Lagi2 karena responnya gitu2 aja jadi kita pensiunkan dulu si kolam plastik ini.

Umur 9 bulan, kita coba lagi ketemuin Kyara sama si kolam biru ini. Sejak diajak pertama kali berenang ke kolam renang beneran pas umur 8 bulan, keliatan banget kalo Kyara ternyata suka berenang. Bener aja, pas umur 9 bulan, dia udah mulai bisa menikmati main air di kolam biru nya. Kalo kolamnya di keluarin, udah mulai ketawa2 seneng. Jadi kolam biru ini kita taruh aja di ruang tengah untuk tempat mainnya dia, dan kalo weekend si kolam kita pindahin ke taman belakang buat main air. Liat aja fotonya, Kyara ketawa seneng ada di dalam kolam.

kolam platik pertamaku yang sekarang udah pensiun karena bocor dicakar kucing

Umur 11 bulan, Kyara makin menikmati main di kolam birunya. Dan sekarang udah bisa nagih minta main terus. Karena belum bisa ngomong, jadi waktu itu nagihnya dengan cara nunjuk ke kolam, terus nunjuk ke taman belakang, yang maksudnya minta main air di kolam birunya di taman belakang. Lama2 kita nya yang repot. Bolak balik minta main terus dan jadi berasa ngabisin air aja hehehe. Akhirnya si kolam kita keringin di taman belakang supaya besoknya kering dan bisa masuk ke kotak. Kyara juga kayaknya lagi bosen jadi nggak terlalu nyariin kolamnya. Karena nggak ditagih main di kolam sama Kyara, kita keenakan jemur kolam di taman belakang berhari2 nggak dipindahin ke dalam. Akhirnya suatu hari liat kekolam kok mengempes ya. Ternyata kolamnya dicakarin kucing tak diundang dan banyak bikin bocor. Sejak saat itu pensiunlah si kolam. Kalo mau renang ya ke kolam renang umum aja deh.

Naaaahhhhh Beberapa bulan terakhir ini, Kyara hobby banget nonton barney yang judulnya 'songs from the park'. Tema barney kali ini tentang macam2 kegiatan yang bisa dilakuin di taman, termasuk berenang di kolam plastik (kolamnya barney mah gede dong...). Si bocah yang lagi barney minded ini jadi terinspirasi deh. Bolak balik bilang "mau ma, mau enang". Biasanya Kita usahain 1 bulan sekali berenang ke komplek sebelah. Tapi udah beberapa bulan terakhir absen renang jadi mungkin Kyara kangen juga.

Akhirnya karena kasian, kita beli lagi kolam plastik kedua. Kali ini beli yang lebih kecil aja supaya nyimpennya gampang, nggak sumpek, dan ngirit air :)
Kolam ini diameternya 102 cm aja. Mungil, tapi emang sengaja karena kita gak mau terlalu besar biar perawatannya gampang (jiah.. kolam begini aja pake perawatan :D)
Kyara nggak tau kita beliin kolam ini. Tau2 sore abis jalan2 ayahnya mompa kolam ini dan si bocah diamankan dulu sama mama di kamar supaya nggak heboh. Begitu keluar kamar, histerisnya dan hebohnya minta ampun deh. Langsung teriak2 kegirangan dan gak sabar masuk ke kolam. Keliatan banget kali ini Kyara sudah bener2 bisa menikmati main air di kolam plastiknya. Bener aja, nggak mau udahan hehehe. Berbagai gaya dari senderan, ciprat2, tiduran, miring, tengkurep, lompat, dicoba semua. Karena kolamnya kecil, jadi ngepas banget sama badannya. Tapi malah aman, Kyara jadi bisa kita tinggal main sendiri karena kolamnya kecil dan dia menguasai banget medannya.

kolam plastik kesayanganku... habis main air, tidur enak makanpun banyak :)

Sampe saat ini, hampir tiap hari si bocah minta main di kolam plastiknya. Okelah, tak apa, sekalian mandi. Lagian karena kolamnya kecil jadi gampang nyimpennya tanpa perlu dikempesin. Kalo mau pake tinggal diisi air aja dan gak perlu terlalu banyak air seperti kolam sebelumnya. Setiap main, bisa 30 menit sampe 1 jam. Nggak mau disuruh udahan, jadi secapenya Kyara aja. Selagi Kyara main, mamanya bisa sambil ngerjain yang lain tanpa khawatir. Kalo udah cape ntar Kyara bilang sendiri minta udahan.

Nah sesuai judul, apa efek positifnya? Kalo abis main air di kolam plastik, Kyara jadi gampang banget tidurnya dan banyak banget makannya :)
Kalo mainnya pagi, tidur siangnya gampang, pules, dan lamaaa. Kalo mainnya sore, tidur malamnya gampang dan nyenyak banget. Makan pun begitu. Ini bocah kan makannya agak pemilih. sebetulnya bukannya susah makan, karena pada dasarnya Kyara seneng banget ngunyah/ngemil. Tapi memang mood2an makannya. Penampilan makanan nggak perlu dihias sampe cantik seperti di buku resep. Kalo lagi mood, tampilan sedanya juga bakal dilahap sampe nambah2. Tapi kalo lagi nggak mood, biar makanannya dihias cantik ya dia tetep gak mau. Nah setelah renang ini, jadi minta makan terus dan banyak makannya :)
Mungkn moodnya lagi bagus ya. Tapi mama perhatiin, setiap main air di kolam pasti tidur dan makannya jadi okeh banget, alhamdulillah... Contohnya kemarin habis main air minta makan banana oatmeal nambah 2x, berarti makan 3 porsi sekaligus tuh :)
Mungkin karena cape ya main air lumayan lama gitu. Hmmm senangnya....
Untuk orangtua yang anaknya gampang banget makan sih mungkin nggak ngaruh ya. Tapi mungkin kalo ada yang toddler nya lagi susah makan/makannya sedikit bisa dicoba cara ini. Main air di kolam platik di rumah sampe si anak cape dan minta udahan dengan sendirinya. Yah siapa tau berhasil juga, setelah itu si kecil jadi lahap makan :)

17 Comments:

  1. Wah sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui yah Mba....maksud ekye olahraga ok, mamam pun ok. Kalo Zahia mah emoh banget pake kolam renang plastiknya (padahal Uti nya heboh2 mbawain dari Indonesia). Mungkin karna dah hepi renang di kolam renang umum yang gede & aernya banyak. Btw beberapa hari menghilang ternyata mempercantik lay-out toh. Tambah sweet deh blognya :-)

    ReplyDelete
  2. Wah.. jadi pengin mbeliin kolam plastik buat Dita nih. Merk nya apa dan harganya berapa ya Mam? (hehehe biar gak nyari2 dan tahu ancer2 harganya?. Soalnya rencana emang mau mbeliin yang kecil aja :-)

    ReplyDelete
  3. wah senangnya,,aq dr dulu mo mbeliin buat Azki tp belum kesampaian juga. hehe, bundit, nek tuku, laporan ya di blog :)

    ReplyDelete
  4. @susan: hehe iya mbak, bikin makan banyak dan tidur pules. Mamanya happy deh :) zahia toss dong sm kyara, seneng berenang apalagi di kolam beneran hehe. Tp beberapa bulan trakhir absen renang jd main air di kolam plastik aja dulu hehe :)

    @bundit: ayo bund beli untuk dita juga. Kalo kolam yg pertama (biru) aku lupa merk nya bund. Kotaknya udh dibuang soale kan belinya udh lama banget wkt kyara 5bln. Kolam biru diameter 120cm aku beli titip adikku yg lg ke asemka hrgnya 100rb. Kalo di mall deket rumah kolam biru ini hrgnya 115rb.
    Kolam ke-2 merk nya bestway. Diameter 102cm beli di mall deket rumah hrgnya 85rb.
    Di carefour ato giant gitu juga ada kok bund, tp memang lebih mahal. Kalo aku beli di mall deket rumah, semacam ITC gitu, ada kios khusus mainan anak.
    Di giant dkt rumah juga ada kios khusus jual kolam, ban dan segala alat renang. Mereka jual merk intex. Kolam seperti pny kyara yg ke-2 diameter 80cm hrgnya 67rb. Tp 80cm kayaknya trlalu kecil ya, sempit.
    Jgn lupa kalo beli kolam plastik yg dasarnya bs dipompa bun spy empuk buat anak kita.

    @mommy azki: ayo mbak beli juga untuk azki :) info kolamnya sudah ada di jawaban utk bundit yo..

    ReplyDelete
  5. Aiihhh serunya kk kyara main di kolem... Btw sma nih kolemnya tania rusak juga gara2 dicakar kucing huh sebelnya :(....
    Klo anak kita makan n tidurnya gampang,emaknya jadi seneng ya mba.... Ayo kyara makan yg banyak terus ya..

    ReplyDelete
  6. wah kalo aku mau beliin kolam beginian mau gelar dimana ya soale rumahnya mungil hahahha...wah efek positifnya bagus juga tuh ya bentar lg kyara gendut deeeeh...

    ReplyDelete
  7. ya betul tuh.. Nai juga tiap hari berendem di bath tub. Biasanya abis berendem pasti makan byk kl gak tidur nyenyak. Hehehe...

    ReplyDelete
  8. @nike: hihihi samaan ya tania, kolamnya kempes gara2 dicakar kucing :)

    @ocha: gelar di taman belakanh lo aja cha. Diameter 1m pasti cukup lah. Kecil kok kolamnya. Tapi ga ush pake main di kolam mah alma udh keren makannya. Berenangnya di kolam renang beneran aja alma ya :)

    @ke2nai: wah sama ya Nai.. Sayangnya aku nggak punya bathtub nih bund, jd mesti sedia kolam plastik deh :)

    ReplyDelete
  9. wahh senangnya kyara main dikolam plastik, dulu aku sempet kepikiran mau beliin juga buat ina, belum kesampaian smape sekarang ehehe....tp emang bener, waktu habis berenang kemarin, ina makannnya banyak dan tidurnya lelap....mo diajak berenang lg belum sempet soale cuacanya hujan terus....eh kapan2 ina ikutan dong main air dikolam palstiknya kyara...pasti seruu dech heheh

    ReplyDelete
  10. Si Vaya udah 2x beli kolam plastik krn kolam pertanya bocor kekekeke... Jadilah beli lagi yg lebih gede biar dia puas main airnya.
    Tp memang sih ngaruh juga ke tidurnya yg semakin lelap, tp klo ke makannya sih enggak hehehe...

    ReplyDelete
  11. Haluw Ka Kyara, met malem/. Dah bobo kah? Zahia dah kebo dari tadi, makanya Bundanya bisa kelayapan di internet hehehe....

    ReplyDelete
  12. @nia: ina minta kolam plastik sama mama aja... pasti ketagihan nggak mau udahan, abis itu bobonya enak + mam nya banyak :)

    @mami vaya: hehehe kalo mam nya gak ngaruh ya mami? Kyara alhamdulillah ngaruh sih ke makannya. Pernah sih makannya tetep ogah, tapi nyusunya banyak banget minta nambah terus. Jadi kalo nggak makannya, ya susunya yang banyak hehe...

    ReplyDelete
  13. hi bu...
    seneng bgt baca blog nya. btw, farah juga suka bgt mandi di kolam. malah kdg kk sepupunya kl lg main k rumah suka ikut mandi di kolam, pdhl, uda kls 6 SD n bdnnya gemuk bgt. walhasil kolamnya luberrr..
    bener bgt tuh, kl lg main air, farah anteng bgt n makan nya jd gampang.
    kpn ya qita ketemu lagi... he he he

    ReplyDelete
  14. @yanti: Hai Yanti... ketemu di blog gw juga akhirnya :)
    thanks ya yan, udah main ke blog-ku.
    Y ampun farah lawan mandi di kolamnya anak kelas 6 SD hehe..
    iya nih, kapan ya farah-kyara ketemuan. Terakhir kita ketemuan waktu blm punya anak ya kalo gak salah :)
    Punya blog juga nggak Yanti?

    ReplyDelete
  15. Hemm, bisa di tiru nih tik, cara yang canggih bikin anak tidur nyenyak dan makan banyak, hehe..

    ReplyDelete
  16. smile: ismail..... seneng nya di mampirin bapak2 hehehe... iya ayahnya kayla, lumayan ampuh nih pake acara main di kolam gini :)

    ReplyDelete
  17. Guru Renang Belajar Kursus Les Privat Semua Gaya Berenang Pelatih Renang Profesional Jakarta 081286606678, 081286608678 GURU RENANG JAKARTA

    Anda pengen mahir berenang? Siap melatih renang bagi siapapun untuk umur berapapun. Team Pelatih Renang Kami siap memberikan Les Privat Renang Di Kolam Renang Apartemen Jakarta Pusat, Apartemen Jakarta Barat, Apartemen Jakarta Timur, Apartemen Jakarta Utara, Apartemen Jakarta Selatan.

    Bagi Anda yang memiliki Anak, segera pastikan Anak Anda dapat berenang. Dengan renang akan membuat stamina Anak kuat dan pertumbuhan badan meningkat pesat. Serta tentu akan melatih kepercayaan tinggi. www.gururenang.com
    Untuk Anda yang sudah dewasa atau beranjak tua. Jangan takut, tidak ada kata terlambat. Dengan melatih olahraga renang, otot otot tidak akan kaku dan mencegah Syaraf kejepit. Saya siap melatih renang bagi siapapun Anda dengan ketentuan sbb:

    - Paket Renang 6x Pertemuan Untuk 1 Bulan Rp 1 Juta atau Rp 150rb Per Pertemuan Di Kolam Renang Jakarta.
    - Satu sesi belajar renang kurang lebih 1,5 Jam.
    - Pembayaran dibayar dimuka.
    - Biaya belum termasuk Tiket masuk ke kolam renang.
    - Terima Kursus Private Satu orang, atau Semi Privat lebih dari satu orang.
    - Siap untuk melatih renang dimanapun Anda berada di Jakarta.
    - Kolam Renang bisa Anda yang pilih, atau bisa juga tempat kolam renang berdasarkan masukan dari saya.
    - Jadwal belajar Renang bisa ditentukan berdasarkan kesepakatan dua belah pihak.
    - Siap melatih bagi Anda yang belum bisa renang sama sekali, atau bagi Anda yang bermaksud untuk memperlancar setiap gaya renang.
    - Siap melatih Renang Gaya Dada/Breaststroke Swim, Renang Gaya Bebas/Freestyle Swim, Renang Gaya Kupu Kupu/Butterfly Swim, Renang Gaya Punggung/Backstroke Swimming. Tergantung minat Anda.

    Ayo, segera hubungi HP/WA di 081286606678. Saya sebagai perenang yang telah menguasai renang dari umur 5 tahun sampai sekarang aktif di Kompetisi Renang umur Senior, siap melatih Anda untuk dapat percaya diri berlatih olahraga renang.

    WWW.GURURENANG.COM siap juga menerima Kursus Belajar Renang untuk Pelajar Sekolah SD, SMP, SMU secara kelompok yang dapat dikerjasamakan dengan seluruh Sekolah baik Negeri/Swasta di Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Utara, Jakarta Pusat, Jakarta Timur.
    Team Guru Renang di www.gururenang.com siap memberikan Les Privat Kursus Renang dengan Pelatih Renang/Swim Coach Pria Wanita berpengalaman untuk di Kolam Renang Umum Jakarta seperti di Kolam Renang Jakarta Pusat, Kolam Renang Jakarta Barat,Kolam Renang Jakarta Selatan, Kolam Renang Jakarta Timur,Kolam Renang Jakarta Utara. PELATIH RENANG JAKARTA

    ReplyDelete

Powered by Blogger.