Tahu-Siomay Homemade

Kyara ternyata suka siomay.

Waktu kita jalan2 di mall beli siomay bandung yang enak banget karena tiba2 aja kelaparan. Buat ganjel perut, siomay bandung dulu cukup lah...
Supaya Kyara nggak bengong, kita beliin kentang dan tahunya, diiris kecil, dipakein kecap deh. Mama agak nakal, iseng2 tambahin siomay beberapa iris. Ternyata semua lahap tandas dimakan.
Lain waktu pas beli siomay lagi, Kyara ikutan icip2 lagi. Dan seperti sebelumnya, siomay beserta tahu dan kentang kukusnya habis dimakan pakai kecap.

Karena itulah mama kepikiran untuk bikinin Kyara siomay homemade supaya kebersihannya lebih terjaga. Kebetulan beberapa waktu lalu mama beli buku resep khusus balita. Buku resep karya Tuti Soenardi yang best seller ini rada beda, kenapa? Karena buku resep bayi/balita biasanya kan isinya macam nasi/sayur/apalah yang dimasak sedemikian rupa untuk balita. Kalo ini isinya resep2 sederhana aneka makanan padat gizi yang bentuknya bukan nasi/sayur, tapi padat gizi. Pas banget buat type seperti Kyara yang nggak terlalu favorit sama nasi. Doyan sih doyan sama nasi, kalo mood makannya lagi bagus pasti nasi seporsi habis bahkan tambah. Tapi karena Kyara juga doyan ngemil, buku resep ini membantu mama banget. Jadi kalo makan nasi nya lagi mogok, buku ini membantu mama banget bikin makanan bergizi yang bentuknya bukan nasi-sayur.

Jadi menu2 di buku resep ini bisa dimakan sebagai cemilan atau untuk makanan berat pun oke. Semua resep bikinnya nggak pake ribet, gampang banget, dibikin untuk porsi kecil. Dari cemilan, makanan berat, puding sampe minuman sehat ada. Dari buku resep inilah banyak timbul ide buat mama untuk bikin makanan sederhana tapi gizinya tinggi. Beberapa resep udah kucoba dan Alhamdulillah Kyara suka.

Pas banget salah satu resep didalamnya adalah tahu siomay. Langsung deh dipraktekin untuk makanan/cemilan Kyara. Ini dia.....

Tahu Siomay

Bahan:
5 potong tahu putih, kerok bagian tengahnya

Bahan Isi:
50 gr udang kupas
50 gr daging ayam giling
1 sdm bawang putih cincang
sedikit garam dan merica
1 sdt seledri cincang
1 sdm tepung maizena

Cara Membuat:
1. Campur semua bahan isi dengan tahu yang sudah dikeluarkan, aduk rata. Bagi menjadi 5 bagian.
2. Masukkan adonan isi ke bagian tengah tahu yang sudah di kerok, padatkan.
3. Kukus selama +/- 30 menit sampai matang.
4. Hidangkan

gambar diambil dari buku resep ya.... karena pas bikin siomay nggak sempet difoto udah habis duluan :)

Gampang segampang-gampangnya kaaaann....

Keterangan tambahan (dari mama):
Kebetulan untuk ukuran aku nggak plek ngikutin resep. Biasanya selalu pake feeling aja.
Kemarin jadinya juga ternyata lebih banyak, jadi nggak mesti dibagi 5.
Selain untuk tahu, aku bikin juga bentuk bulat2 sebagai siomay nya.
Kalau nggak ada tepung maizena bisa diganti pakai tepung kanji. kalo hasilnya mau lebih liat (seperti siomay yang biasa dijual), tepungnya bisa dibanyakin.
Supaya ada unsur sayurnya, adonan siomay bisa kita tambahkan wortel parut, jadi si wortel nggak keliatan karena kecampur sama adonan.
Untuk udang, kemarin aku pake udang peci kupas (udang yang kecil banget), jadi tanpa digiling pun sudah cukup kecil. Jangan lupa meski kecil urat di belakan punggung udang dibersihkan ya..karena dari artikel yang pernah kubaca, urat di punggung udang yang berisi kotoran udang itu bisa jadi pemicu alergi.
Untuk pelengkap bisa tambahin kentang kukus supaya formasi siomay lengkap :)

Kemarin jadi sekalian untuk cemilan sekeluarga sore2 soalnya jadinya lumayan banyak juga.
Next kalau bikin siomay lagi aku pengen eksperimen tambahin keju ke adonan isi atau didalam siomay nya ditambahin keju yang diiris kotak kecil baru deh siomaynya dibuletin. Kira2 enak gak ya...

20 Comments:

  1. Wah mama satu ini emang ok. Saya nih seneng ya baca cerita ibu2 yang suka masak karena saya gak bisa masak. Apalagi yang "ribet" kayak siomay :D .Thanks infonya mam. Buku resepnya kayak ok deh... :-)

    ReplyDelete
  2. wah seneng ya kalo mamanya suka masak, jadi dapet cemilan sehat deh :D

    ReplyDelete
  3. Jadi pengen kemall beli bukunya jugaa. Thanks for sharing ya mam..:)

    ReplyDelete
  4. klo masakan bikinan mama pasti anak2 seneng yaaaa, masaknya pake bumbu cinta :)

    ReplyDelete
  5. Mbak, resepnya langsung tak contek yah. Hehehe, hari Sabtu mo nyoba bikin ah. Thanks loh :-)

    ReplyDelete
  6. cobain bikin ah... thx buat resepnya :)

    ReplyDelete
  7. @bundit: walah bund,masih blajar kok. Mamaku bisa ketawa ngakak kalo tau ada yg bilang pinter masak hahaha. Aku dulu ngga prnh bisa masak dan jarang menyentuh dapur. Waktu mau nikah papaku ribut nyuruh aku blajar masak, tp mamaku santai aja katanya gak perlu disuruh nanti jg ada saatnya bisa sendiri.Memang hukum alam dan naluri keibuan kali ya bund, otomatis bgitu punya anak yg tdnya gak pernah masak jd mau gak mau dibisa2in demi anak hehe.. Itulah gunanya sharing sm para emak2, smg pengetahuan kita makin bertambah ya :)
    Siomay asli memang ribet bund, tp siomay utk balita gak boleh pake ribet dong, harus praktis. Tar kalo ribet kburu anaknya nangis hihihi..

    @rita: seneng masak kalo pas nggak males mbak hehehe.. Niat masak cemilan yg unik2 kaya di resep sebetulnya slalu ada, tp kadang nggak sinkron sm otak dan tangan. Niat ada tp otak-tangan males ngerjainnya :D

    @mommyEzra: ayo beli, buat cemilan kita emaknya juga enak lho :) bisa buat ide bekal Ez kalo sekolah nanti.

    @vera: pastinya slalu pake bumbu cinta mbak vera.. Tapi sayangnya meski bumbu cinta nya udah 1 galon kok gak selalu disukai kyara hiks :( tp gpp gak boleh nyerah hehe..

    @susan: silakan dicontek mbak.. Wong aku juga nyontek dari buku kok hehe.. Nanti hasilnya boleh dong disisain dikirim ke jakarta :)

    @ke2nai: silakan bunda.. :)

    ReplyDelete
  8. asik, ntar kapan2 aku bikin juga ah. aku mah tipe yang masak kalo lagi pengen aja, which is palingan sebulan skali haha:D pengen lebih sering masak deh biar anak dan bapaknya seneng:)

    ReplyDelete
  9. nyammmmmiiiii ... tik, kalo bikin lagi aku mau dong bagian yang icip2, somay tuh slalu bikin aku ngiler deh, hehehhe
    Kyara bantuin mama bikin ndak ?

    ReplyDelete
  10. @bunda zikra: iyalah sama, aku juga kalo mau masak yang agak lain juga nunggu mood hehehe....

    @ary: mbak ariii... kalo bagian icip2 disini udah banyak sukarelawan nih mbak hihihi....
    bikin nya sengaja pas kyara tidur dong... kalo pas bangun pastinya kyara ikut bantuin (baca: ngerecokin) hehe :)

    ReplyDelete
  11. ina juga doyan sama somay, kebetulan tiap sore di depan rumah pasti lewat tukang somay bandung....tapi emaknya gak kepikiran utk bikin sndiri nech, kayaknya ribet dech bikinnya...udah gitu ina kalo dibikinin kue sama emaknya malah ngga mau makan....apa krna rasanya ngga enak yach hehehe.....dulu aku sering bikin pancake pake coklat keju, eh yang makan malah papahnya....jadi males dech mau bikin2 lagi nanti papahnya tambah gendut aja hahaha.....

    ReplyDelete
  12. Kayanya sedap Nich...JAdi LAper..hehhehe

    ReplyDelete
  13. @nia: hihihi yang makan malah papanya ina ya :)
    Kyara juga gak selalu mau makan bikinanku mam. kadang mau, kadang cuma ngicipin aja terus gak mau lagi jd kita juga yang habisin.

    @Fifit: :) :)

    ReplyDelete
  14. mba motikkk makasi ya. aku nyobain bikin nih sesuai bgt sm resep, sabine doyan lohhhh ^^
    kl ada resep posting lg yaaa :D

    ReplyDelete
  15. Aku tu kebeneran jarang masak ya, tp krn da puny anak ya hrs bisa bikin macam2... biar anak doyan makan.
    Ini kayaknya buatnya gampang ya, pengen coba ah mudah2an sih hasilnya enak...

    ReplyDelete
  16. wah thanks yaa info bukunya, kebetulan aku juga lagi nyari buku resep camilan sehat buat zaheer tapi sayangnya aku gak begitu pinter masak, hehe...

    Btw, boleh juga tuch bikin blog resep masakan juga mbak..

    ReplyDelete
  17. @della: waaa udah dicoba ya... Aku ikutan seneng banget della kalo sabine doyan :) :)
    Gampang banget kan bikinnya.. Oke della, ntar deh aku posting resep lainnya yang udah berhasil kucoba pastinya ya..

    @mami vaya: ayolah coba dibikin mami.. Gampang banget kok :) tuh buktinya udah dicoba sama della, sabine doyan. Bismillah mami, Insya Allah enak. Kata orang kalo mau enak masaknya hrs senyum, jgn lagi bete hehehe..

    @desy: wah aku juga ndak pinter masak kok. Maka itu aku beli buku resep hehe.. Mau gak mau dibisa-bisain, skalian blajar buat siapin bekal kalo nanti anak udh sekolah.
    Blog resep masakan? Seru juga kayanya. Walah aku belum pe-de ah mbak :) paling di posting disini aja krn kan nggak sering juga. Rencana sih pengen share resep cemilan lain yg ada dibuku yang tentunya udah aku coba.

    ReplyDelete
  18. tik...buku itu gue jg punya udah lamaaaa banget beli nya dan pernah gue posting juga disini http://ochantiques.com/2009/03/16/makanan-sehat-untuk-balita/ Gue seneng krn disitu banyak menu2 yg praktis buat bawa makan di luar

    ReplyDelete
  19. @ocha: iya betul cha, makannya praktis2 banget. Jangankan buat anak, buat kita org dewasa aja makannya menarik banget :)

    ReplyDelete
  20. Wah, senangnya punya mama kreatif ya Kyara :D, Emang enakan bikin sendiri ya mom, selain jadinya lebih banyak, lebih sehat juga karena kita sendiri yang mixin' bahan-2nya.

    Idenya boleh juga tuh mom, thanks 4 sharingnya yah ;-)

    ReplyDelete

Powered by Blogger.