Kyara kok Takut Sama Bunga...

Kita orang dewasa ada yang punya phobia/ketakutan yang amat sangat pada hal2 tertentu. Takut ketinggian, takut air, takut ular, bahkan yang ekstrem takut liat pisang, takut bau pepaya, takut karet gelang, takut balon, dll. Mungkin mereka punya trauma tertentu di masa lalu ya makanya berbekas sampe dewasa.

Kalo anak2 gimana? Waktu kecil sih mereka belum punya rasa takut ya. Semuanya diterjang, dicoba, dieksplor, belum tau mana yang bahaya dan mana yang nggak bahaya. Makin lama si anak mulai timbul rasa takut sama hal2 tertentu. Menurut artikel yang aku baca, memang itulah bagian dari perkembangan karena kesadaran akan rasa takut terhadap sesuatu mulai tumbuh pada anak. Sekarang Kyara kalo liat film horor di TV masih santai aja, diliatin tanpa rasa takut sama sekali. Malah cekikikan nonton TV. Tapi anak temenku yang umur 3-4 tahunan udah bisa sadar kalo film horor itu serem. Gara2 ikutan nonton film horor tau-tau anak temenku jadi kenal apa itu hantu, setan, dsb dan bikin dia takut masuk kamar sendiri, takut ke kamar mandi, takut gelap, dll. Sebisa mungkin aku nggak nonton tayangan horor atau yang aneh2 kalo Kyara ikutan nonton. Tapi kalo lagi ganti2 channel kadang kan suka kelepasan juga ketemu tayangan aneh. Sekarang sih belum ada efeknya karena dia belum ngerti apa itu serem, nggak tau juga deh nanti kalo udah umur 3-4 tahun seperti anak temenku.

Kalo Kyara sekarang gimana? Anak mama ini entah kenapa jadi takut sama bunga. Padahal nggak ada kejadian yang bikin dia trauma sama bunga deh kayaknya. Dulu malah sering minta petik bunga di depan rumah terus di selipin di kuping supaya kayak putri bali hehehe.... Nah menjelang 2 tahun entah kenapa Kyara jadi sebel sama bunga. Kalo dari jauh sih dia gak apa2 liat bunga sambil nunjuk-nunjuk "ma, bunga ma...". Tapi begitu mama petik dan kasih ke Kyara, si bocah malah teriak-teriak bilang nggak mau sambil kesel marah2. Dikira cuma saat itu aja lagi nggak mau dikasih bunga, ternyata lain waktu dikasih bunga juga marah2. Pernah di coba minta tolong kyara ambilin bunga buat mama, eh dia nggak mau tuh. Pokoknya ogah pegang bunga. Pernah akhirnya kepegang bunganya terus langsung dikasih ke mama sambil kesel kayak jijik gitu. hmmmhhh kenapa anak mama sebel sama bunga??? Ntar kalo punya pacar mau di kasih bunga nggak nak?? Atau maunya bunga bank aja?? wakakakkkkk....

Kalo pergi kondangan, mama iseng ambil bunga dekorasinya 1 kuntum aja. Dulu sih Kyara malah seneng dikasih bunga sampe disayang2 bunganya. Tapi sekarang kalo kondangan terus mama tawarin ambil bunga, beuhhh Kyara nggak mau tuh. Pernah mama ambil tapi nggak di kasih ke Kyara, mama aja yang pegang bunga, eh tetep aja nggak boleh sama Kyara jadi mama balikin lagi deh.

Tapi sepertinya ini wajar ya. Semoga nggak berlangsung permanen deh. Mungkin ini lagi masanya aja. Sama seperti anak lain yang jadi takut sama balon gara2 balon yang dia mainin pecah dan suaranya bikin kaget, jadinya trauma. Atau takut sama air karena pernah kecebur/tenggelam. Ya macem2lah ketakutan anak. Semoga seiring waktu lama-lama takutnya hilang.

Palingan sebagai orangtua mama berusaha menyamankan Kyara aja. Misalnya sengaja mama pegang2 bunga sambil ajak ngobrol Kyara kalo pegang bunga itu nggak kenapa2 kok. Bunga itu bagus banyak warnanya. Mama nggak paksa Kyara untuk pegang bunganya, biar dia liat sendiri kalo mamanya pegang bunga dengan santai nggak kenapa2, nggak perlu jijik. Mudah2an lama-lama Kyara mau pegang bunga lagi.

Kalau takut sama sesuatu yang menjijikkan misalnya kecoa dan tikus sih wajar banget ya. Tapi kalo takut sama hal yang biasa aja seperti bunga, hmmmhhh moga2 lama-lama nggak takut bunga lagi ya nak...
Anak2 lain kira2 ada yang takut sama sesuatu nggak ya...

15 Comments:

  1. Hai Kyara, anak cantik kok takut bunga sih sayang? Kan bunga baunya harum, hehehe.

    Kalo Danis dulu takut banget ma suara petir (walopun ga terlalu keras, petasan dan kembang api. Tapi lama-lama ya ga takut lagi meskipun ditakut-takutin sama budhenya :D biar nurut(kadang-2 orang tua gak sadar ya klo nakut-nakutin anak adalah tdk baik krn ditakutkan malah menimbulkan pobhia kpd sang anak).

    Mungkin lagi masanya aja sih mom dan mudah2an lama-lama Kyara mau pegang bunga lagi.

    ReplyDelete
  2. kalo ina masih takut naik mobil neh, dan sampai sekarng belum pernah di coba lagi...mudah2an bener kata mom kyara, ini ngga permanen, dan satu waktu nanti bisa hilang rasa takutnya.....

    eh tapi lucu juga yach kyara takut sama bunga, kalo ina malah lagi seneng petik2 bunga nech, bahkan bunga tetangga sampai gundul karena dipetikin ina terus heheheh....

    ReplyDelete
  3. Menurut yang pernah saya baca, ketakutan pada batita adalah wajar. Cara mengatasinya sih ya pelan-pelan anak dibuat mengerti bahwa benda yang dia takutkan gak berbahaya..Semoga pelan2 nanti gedenya gak takut sama bunga ya Kak Kyara :-)

    Kalau Dita takutnya sama badut. Saya yang kalau ada ulet aja teriak2 eh cerita Ayahnya Dita pas ketemu kaki seribu di jalan, Dita malah ngelus2 kaki seribu! Trus kalau saya ngusir kecoa, Dita seneng banget, malah ngejar2 tuh kecoa hehehe

    ReplyDelete
  4. kyara kok takut sama bunga nak?? kenapa? pernah liat bunga ada uletnya ya...semoga aja takutnya sebentar aja ya, kalo keterusan kan repot :D

    ReplyDelete
  5. pernah ga sengaja megang bunga yg ada durinya kali mba motik jd dia takut megang bunga.
    kl sabine takut sama suara petir. hihihi lumayan tp kl ada yg ditakutin jd punya senjata kl dia gak mau nurut hehehe...

    ReplyDelete
  6. hehe..baru tau ada anak cewe gak suka bunga. atau mungkin pernah ketusuk duri bunga kali mom?

    barangkali hanya ketakutan sesaat aja, yang mungkin akan hilang seiring tambahnya usia dan kedewasaan. apalagi kan kalo udah jadi anak gadis biasanya suka bunga.

    ReplyDelete
  7. dulu sy pernah gak suka sm mawar. Takut sih enggak, tp gak tau knp y kayaknya ada rasa2 gak enak kl deket bunga mawar. Gak suka aja.. puyeng rasanya.. Kalo bisa sih jauh2 deh dr mawar. Tapi sy juga bingung tuh penyebabnya apa..

    Mungkin krn sy gak mau terlalu musingin. Lama2 sy malah suka sm mawar. Malahan pas sy nikah, dimana biasanya kan bungan melati yg mendominasi y. Tp di pernikahan sy malah gak ada melati sm sekali diganti sm mawar & lily :D

    ReplyDelete
  8. Hemm..sepertinya hanya bunga bank yang tdk akan membuat Kyara takut :D

    ReplyDelete
  9. Wah, knapa yah Kyara takut sama bunga? Pernah ketusuk duri ato kecium sama lebah yang lagi nongkrong disitu kali Tik? (sotoy yah gw!). Tapi apapun ituh, moga2 rasa takutnya perlahan2 hilang yah. Ayo Ka Kyara, jangan takut lagi! Tar kalo ada cowo yang mo kasih bunga deposito masa ditolak seh gara2 takut ama bunga?? :-)

    ReplyDelete
  10. Kalo Zalfa takut sama suara tukang jualan yang lewat depan rumah kayak tukang bakso bunyinya 'tok tok tok', tukang somay 'tet tot tet tot' sampe suara motor yang bunyinya aneh. Padahal kalo di Jakarta kan rame banget. Mudah2an Zalfa bisa cepet adaptasi dan gak takut lagi. Kyara juga mudah2an nanti ilang takutnya sama bunga ya....

    ReplyDelete
  11. wah kenapa takut sama bunga kyara?
    apa pernah tertusuk atau mungkin ga suka liat bentuk bunga yg kembang2? mudah2an sih ga permanen... lama2 mungkin jd suka sama bunga :)

    ReplyDelete
  12. '@may: danis msh takut petir nggak.. Kayanya kyara lg masanya aja mam, aku yakin lama2 pasti gak takut lg :)

    @nia: ina lucu banget,takut naik mobil hehe. Trs kalo pergi2 gmn,slalu naik motor atau kalo naik bis gpp? Kalo kyara malah seneng banget diajak naik mobil :)

    @bundit: kyara jg dulu gak takut sm kecoa,malah dikejar2. Tp salah orang rumah juga, kita suka bilang ''hii kecoa jijik'' jdnya skrg kyara rada takut juga. Memang bund aku jg baca ketakutan ini hny sementara kok. Tiap jalan2 aku sengaja pegang bunga biar kyara berani. Kmrn ini akhirnya kyara mau juga pegang bunga sedikit :)

    @astien: hehe iya mbak insya allah cuma sementara aja takutnya :) rasanya gak pernah ketemu ulet, tp gak tau juga ya kalo tanpa sepengetahuanku kyara liat ulet di bunga.

    ReplyDelete
  13. @della: rasanya sih gak pernah del. Gak tau nih tdnya biasa2 aja pegang bunga, kok sekarang geli. Liat sih seneng, tp pegang masih takut2. Moga2 gak lama deh :)

    @dessy: iya mom moga2 sementara aja takutnya :) wah jgn sampe takut bunga sampe gede dong, ntar kalo dkasih bunga sama pacarnya masa bunganya buat mamanya hehe..

    @ke2nai: wak trnyt ada yg geli juga sama bunga hehe.. Moga2 bentar lagi kyara gak geli lagi sama bunga deh bund :)

    @smile: oh kalo bunga bank pastinya ga bakal bikin takut dong.. Jangankan kyara, mamanya juga suka hahaha..

    @susan: hehe iya ntar bunga dr cowonya buat mamanya ya :) moga2 takutnya sebentar aja kok..

    @diyah: wah lucu jg ya zalfa takut sama tukang jualan hehe.. Kyara malah seneng banget kalo diajak jajan tuh umi. Suka ikut blanja di tukang sayur yg lwt dpn rumah hehe

    @zee: moga2 gak lama takutnya. Skrg aku biasain pegang bunga depan dia. Kmrn ini dia mulai mau colek2 bunga sih.pelan2 deh hehe..

    ReplyDelete
  14. Sebelumnya, aku mau share pengalaman saya:

    Waktu kecil, aku suka nonton film Friday the 13th, salah satunya bercerita tentang monster bunga. Suatu hari (umur 6-7 tahun) aku digigit serangga saat memetik bunga melati. Sejak saat itu aku ga suka pegang bunga..

    Sekarang aku berumur 25 tahun dan phobia semua bunga meskipun aku tau persis bahwa bunga tidak akan menggigit..Aku berencana berobat ke psikolog.

    Aku sangat menyarankan agar mba tidak menyepelekan masalah ini, kalau perlu tanya ke ahlinya.

    Last but not least, bimbing anak2 saat menonton televisi. Program televisi yang salah dapat secara signifikan berpengaruh buruk terhadap perkembangan perilaku anak.

    Salam,
    MD.

    ReplyDelete
  15. @MD: makasih mbak atas pehatiannya :)
    Iya saya selalu dampingi anak nonton kok, kan kebetulan saya full di rumah. Wah bisa separah itu ya phobia bunganya mbak. Udah sebulan terakhir saya coba kenalin lg sama bunga. Gak pernah maksa, saya cuma biarkan kyara liat saya yg lg pegang bunga. Awalnya dia cuek aja, lama2 mulai berani pegang. Malah terakhir pernah minta jalan2 naik sepeda buat petik bunga. Alhamdulillah kayaknya pelan2 udh mulai gak takut mbak. Smg sih ketakutan kmrn hny sementara.. Thanks ya sharingnya :)

    ReplyDelete

Powered by Blogger.