Kyara Suka Melukis, Ma...

2 bulan terakhir ceritanya Kyara mulai mama kenalin sama cat air.
Udah lama sebenernya pengen mama ajak main cat air, tapi belum sempet beli alatnya dan sampe akhirnya si bocah yang minta sendiri.
Jadi ceritanya meskipun saat ini belum bersekolah dimanapun, mama juga sediain media belajar yang mungkin di ajarin di sekolah. Kalo mama perhatiin emang Kyara seneng hal2 berbau prakarya gini, seperti menggambar, menempel, menggunting, ya semacam itulah. Dan memang udah saatnya juga kali ya dikenalin sama melukis gini. Hasil cora-coret nya mama kumpulin buat kenang2an, kayanya hasil karyanya mau dijilid aja biar rapi dan nggak tercecer.

Seperti biasa Kyara terinspirasi dari tokoh kesukaannya yaitu Barney. Dari beberapa episode DVD nya dan dari buku cerita Barney yang judulnya "Barney Pergi ke Sekolah", Kyara mulai deh terinspirasi kepengen "nge-cat". Nge-cat ini bahasa Kyara untuk nyebutin melukis. Di beberapa DVD Barney yang Kyara punya ada beberapa episode yang ada adegan melukis baik pake kuas maupun pake tangan. Sama seperti waktu Kyara heboh pengen makan Pizza karena terinspirasi dari buku Barney, kegiatan nge-cat ini juga termotivasi dari tokoh kesukaannya itu.

Untuk nge-cat ini mama persiapin alat2 perangnya dulu. Ini dia...


Perlengkapan melukis Kyara:
1. Cat air ---> Untuk cat air mama kasih yang termurah aja. Cat air ini untuk ukuran kecil harga Rp. 7.000-an, dan ukuran besar Rp. 8.000-an, beli di Gramedia. Lumayanlah untuk pemula buat corat coret pakai cat air ini aja. Mama liat untuk range harga cat air 1 pack setelah 8ribu an ada lagi yang 30ribu keatas. Kok kayanya sayang aja beli yang 30ribu buat dimain2in dan pastinya bakal cepet abis hehe...

2. Palet ---> Banyak palet berbagai bentuk yang dijual. Palet untuk tempat cat ini mama beli di Gramedia, harga sekitar Rp. 3.000-an.

3. Kuas ---> Kuas ini macem2 ukurannya. Mama beli di Gramedia harga Rp.2000-an. Beli kuasnya 2 supaya mama nya bisa ngajarin nggak rebutan sama anaknya :) Baiknya sih punya beberapa macem ukuran ya. Tapi untuk permulaan mama beli 1 ukuran aja.

4. Jubah melukis ---> Nah kalo ini mamanya yang terinspirasi dari si Barney. Mama liat di buku cerita dan DVD barney, anak2 yang melukis pada pakai jubah lukis dari bahan plastik supaya baju nggak kotor. Nah males dong ngucek2 baju yang kena cat jadi diusahain deh nyari jubah lukis ini. Cari di Online Shop adanya yang bentuk BIB bahan plastik yang seperti celemek untuk makan bayi yang harganya rata2 diatas 35ribu. Bisa aja sih pakai model ini tapi masih bisa kena samping baju. Mama maunya jubah seperti anak2 di DVD barney hehehe.
Akhirnya malah nemu di Mae Bebe Bintaro, baby shop favorit mama, harganya Rp. 25.000 aja. Oiya celemek plastik untuk makan yang mama liat di OL shop 35ribu, di sini cuma 17ribu ternyata.
Puas banget pake jubah untuk melukis ini karena ternyata kalo lagi melukis cat airnya sampe kena bagian dada, samping, dan lengan segala. Tapi karena pake jubah lukis jadinya baju Kyara bersih tanpa noda.

Ini dia gaya melukis Kyara...


Gambar baris atas Kyara coba melukis pake kuas, yang gambar baris bawah coba melukis pake tangan.
Kyara seneng banget diajak melukis. Nggak Kyara aja, mamanya pun seneng. Kayak kembali ke jaman sekolah, mama juga ikutan melukis sambil ngajarin Kyara. Kalo udah nge-cat Kyara bisa anteng banget. Segala teknik yang lagi mama coba dia liatin serius terus di praktekin di kertasnya. Oiya mama pakenya kertas A4 yang dibagi 2 supaya gak terlalu ngabisin kertas banget karena sekali ngelukis si bocah bisa habis beberapa kertas. Kadang baru dilukis dikit udah minta ganti kertas baru. Kalo menggambar pakai crayon atau pinsil warna mama sediain buku gambar, tapi kalo ngelukis pake buku gambar kayanya rada susah. Karena habis ngelukis kan lukisannya harus dikeringin dulu, nah Kyara mana betah nunggu cat kering baru ngelukis lagi di lembar berikutnya. Padahal kalo pake buku gambar enak ya nggak perlu di kumpulin jadi 1 biar nggak tercecer lukisannya.

ini dia hasil corat-coret Kyara dan mama...


Kok malah lebih banyak hasil corat-coret mamanya daripada Kyara nih hahaha... Hasil corat-coret Kyara sebetulnya udah banyak banget, bertumpuk-tumpuk. Ini kebetulan lukisan perdana, Kyara berhasil corat-coret 1 lembar, mamanya berhasil corat-coret 3 lembar di waktu yang sama hehehe... Jadi ya di foto yang ada dulu aja. Kalo sekarang sih hasil corat-coret Kyara udah banyak, mama jadi penggembira aja sambil ngajarin warna2. Makanya kayanya mama mau jilid jadi 1 aja biar nggak tercecer dan bisa buat kenangan.

Sekarang kalo Kyara udah ngomong "ma, ayo nge-cat..." , mamanya yang kadang males2 an hehehe. Soalnya sehari bisa berkali2 dan seringnya mama harus ikutan ngecat juga. Pengennya mama kan pas Kyara ngecat, mama bisa kerjain yang lain. Tapi ternyata justru Kyara pengen liat mamanya ngecat terus dia ikutin teknik nya mama, mulai dari pilih warna yang sama kaya yang mama pilih, nyampur warnanya, sampe cara nyapuin kuas. Yo wes lah emang bu guru TK nya mesti nemenin belajar anaknya ya.

Jadinya sekarang Kyara pun udah ngerti 'tahapan' nge-cat ini.
1. Minta pakein baju cat-nya
2. Ambil kertas di tempat biasa mama simpen kertas.
3. Pilih warna cat untuk di taro di palet
4. Ngingetin mama untuk ambil air di gelas kecil untuk nyuci kuas
5. Tambahin 1-2 tetes air di cat yang ada di palet supaya nggak terlalu kental
6. Tiap habis ngecat, kuasnya pasti di celupin ke gelas isi air sebelum ganti warna lain dan begitu seterusnya.
7. Kalo udah selesai, Hasil lukisannya di jejerin di meja untuk di jemur. Ntar kalau udah beberapa lama dia akan ngecek hasil lukisannya udah kering atau belum. Kalo udah kering bakal dipamerin ke orang di rumah termasuk laporan ke ayahnya pas pulang kerja tentang hasil ngecat nya hari itu.

Oiya ada keuntungan lain juga dari kegiatan melukis ini nih. Kalo pas jamnya makan, bisa sambil disuapin deh. Perhatian si anak teralih ke melukis jadinya sambil disuapin nggak terasa tau2 habis banyak :)

Yah itulah belajar melukis ala bu guru Motik hehe... Mudah2an aja ntar udah besar pinter gambar dan punya sense of art ya anakku...

12 Comments:

  1. Wah Bu Guru Motik, bagus banget gambarnya. Kalo gw neh bingung Tik ngajarin Zahia ngegambar secara gw parahhh banget dalam hal ini. Jman SD dulu ajah kalo menggambar paling dapet nilai 6 ato 7. Mo gambar bebek keliatan kaya ayam. Pokonya parahhh eh!!

    Btw gw jadi terinspirasi neh mo beliin Zahia cat air (tar nunggu 1,5 taun lah, sekarang mah cukup pake spidol ajah).

    Eh Tik, gw mo tanya neh soalnya gw ndeso banget. Kalo VCD Barney tuh banyak lagu2nya ga? Zahia tuh ga suka sama VCD yang isinya cerita2 mulu, dia lebih suka kalo banyak lagunya. Karena harga VCD Barney disini lumayan mehong (15-20 RM), makanya gw mo tanya2 dulu sama ahlinya, yaitu lo :-). Thanks yah infonya.

    Kiss buat Ka Kyara yah. Ga sabar pengen liat hasil karyaa selanjutnya.

    ReplyDelete
  2. Kiara pinter ya, udah ketauan nih suka melukis. Asyik bisa diarahkan nanti, biar waktu senggangnya lebih bermanfaat ya kan.
    Kalo vaya belum begitu tertarik sih, di sekolah diajarin main cat air tp dia jijikan, ga mau tangannya kotor, langsung dilap ke bajunya, jadilah bajunya yang kotor... kekekee....

    ReplyDelete
  3. @susan: Hahaha.. Bu guru motik mah gak pinter2 banget kok gambarnya,tapi memang suka sih. Mudah2an deh kyara bisa diarahain kalo emang dia suka gambar, sapa tau bs nurun emaknya yg gini-gini prnh juara 1 kaligrafi lho haha bangga bener emaknya kyara nih :D
    Coba aja ntar zahia 1,5th dikenalin cat air. Biasanya kalo ada role model, contohnya kyara liat dari barney, si anak bakal penasaran kepengen juga. Tapi kalo belum ngerti dan blm suka ya jgn dipaksa juga. Kyara jg br gw kenalin umur 2th, soalnya umur 2th kyara gw anggap sudah mengerti banget komunikasi 2 arah, diajak ngobrol, jd bisa sambil diajarin. Tp kalo zahia 1,5th udah suka sih go ahead aja,kenalin aja say..

    Soal barney, iya barney itukan temanya musical ya. Cerita dibalut lagu2 yang nyambung sama ceritanya. Sama,kyara juga ga terlalu betah kalo full cerita.dia seneng yg ada musiknya. Kalo mau, pilih judul barney yg lbh byk musik. Kalo yang barney biasa rata2 1judul jumlah lagunya palingan 10judul. Coba pilih yg edisi lbh byk lagunya,nih gw kasih judul DVD barney yg byk lagunya ya: more barney songs, sing and dance, rhyme time rhythm, dll. Judul2 ini jumlah lagunya bisa sampe 25. Kalo yg standar palingan lagunya 10-15. Tapi mau yg standar atau lbh byk lagunya kyara tetep suka soalnya barney trmasuk tontonan yg byk lagunya menurut gw.
    Gw punya dvd asli dan bajakan,tp lbh byk punya yg asli kok :) Kalo asli 29rb, yg bajakan 7rb. Kalo pas dpt bajakan yg gambarnya mulus sih ok, tp tetep enakan asli lah.kalo yg asli kan ada versi inggris dan indonesianya tinggal pilih di menu. Nah kalo disetelin versi indo nya,kyara bisa cepet banget nyerap kata2 yg diucapin sama barney dkk,jd banyak nambah kosakata. Sampe gaya nari nya aja dia hapal nih. Gw juga jd ikutan hapal lagu2 barney saking blenger tiap hari nyetel haha..

    Penjelasan gw panjang ya San hehehe..

    ReplyDelete
  4. Hihi iya mami vaya, alhamdulillah kyara kayanya doyan main cat nih. Malah lbh excited kalo pake tangan,trs bikin cap2 bentuk tangan. Mungkin vaya blm suka kali ya, atau emang ketertrikannya bukan ke melukis. Soalnya aku jg baru kenalin ngecat ke kyara umur 2th nih. Itu juga setelah dia minta sendiri gara2 liat kakak2 di dvd barney pd ngecat :p

    ReplyDelete
  5. waaah hebat nih mama kreatif bgt ngajarinnya. bagus banget tuh udah dikenalin mewarnai, menempel ma menggunting. ajarin azka dong hehehe....

    ReplyDelete
  6. wah jeung motik kreatip banget deh, jadi pengen nyontek cara jeung motik ngajarin nglukis ikhsan ah..., boleh ya jeung??

    kalau ikhsan belum aku kenalin cat air, dia lagi seneng gambar pake spidol or pastel.

    ReplyDelete
  7. Wah..mama satu ini emang kreatif ngajarin Kyara. Seru banget ya. kak Kyara jadi makin pinter aja nih. Saya jadi pengin juga deh :-)

    ReplyDelete
  8. Hi Motik, you should be a real teacher... :D But anyway, I think Kyara is real lucky to have you all day...

    Happy to see you are still enthusiastic about blogging. It reminds me to keep updating mine! hehehehe...

    ReplyDelete
  9. @vera: hehe kan biar kyara pinter kaya azka tante :)

    @entik: ikhsan suka menggambar juga ya mbak. Ayo iksan main cat air sm kyara. Kalo spidol/crayon/pinsil warna juga kyara suka kok, biasanya gambarnya di buku gambar.

    @bundit: ayo bund kalo dita mulai ngerti coba kenalin aja :)

    @mrs.martha: huaaa i miss u.... Long time no see.. Try to do my best as a mom for kyara aja kok, tp masih hrs byk belajar nih :)
    Hehe ayo dong ms.martha rajin update blognya lagi.skrg kayanya bisa bbrp mgg br update nih :p moga2 aku jg gak bosen update deh spy ada record dan kenang2an buat dibaca kyara :)

    ReplyDelete
  10. Ck..ck..ck, hebat euy mama yang satu ini. Setiap kali main kesini selalu aja ada inspirasi baru. Dari mulai masakan hingga cara utk ngajarin anak yg fun (bermain sambil belajar) Senengnya dah kenalan dgn dirimu walopun di dunia maya, hehehe.

    Soal menggambar, sebetulnya aku dah pernah ajarin Danis, tapi pakai crayon dan spidol. Danisnya suka sih, masih sebatas corat-coret kemudian dipatahin tuh crayonnya. Mamanya kurang telaten dan sabar, jadi banyak malesnya :D stlh baca postingan mama kyara jadi termotivasi lagi :D. Jadi pengen beli cat air, kuas, palet, buku gambar, dll. alhamdulillah lengkap banget deh review-nya disini. Aku jg jadi pengen juga beliin baju plastik spt punya Kyara, cuma belum tau where I can find it in Sby.

    Btw mba Motik, utk acara gambar-menggambarnya itu Kyara pake meja belajar ya? seperti apa sih? Klo Danis masih pake meja kayu lipat itu loh, pengennya sih aku beliin meja belajar & tempat duduk plastik, pls advisenya dong....

    ReplyDelete
  11. Naksir sama jubah melukisnya...kereeennn!!! Jadi kepikiran tar kapan2 pengen nyari, sapa tau ada juga dijual di palembang sini, he he

    Btw, Kyara hebat yah, bisa bikin lukisan abstrak gitu, he he...

    ReplyDelete
  12. @may: hehe jd seneng kalo dibilang bisa memberi inspirasi baru :p alhamdulillah kalo blogku bisa kasih inspirasi buat org lain :) biarpun cuma kenal di dunia maya tp kan tetep berasa deket ya hehe..

    Dulu aku jg awalnya ajarin gambar pake pensil warna n crayon aja. Lama2 kayanya kyara tertarik sama cat air jdlah aku coba kenalin.

    Utk acara menggambar, kyara pake meja kayu. Jd ceritanya kami punya meja pendek dr kayu (pesen) ukuran sekitar 1mx1m. Dulu meja ini jaman aku kecil dipake buat ngaji bareng2. Trs sekarang dilungsurin buat tempat kegiatannya kyara, ya main,menggambar,kadang makan dimeja ini juga. Atasnya pake perlak meteran sbg taplak, jd awet kalo kotor kena apapun gampang dibersihin tinggal di lap pake kain basah dan gak bikin rusak kayu. Segala perlengkapan main dan blajar dia ada di meja ini. Kebetulan mejanya pendek banget seperti meja buat lesehan gitu, tinggal tambahin kursi plastik buat kyara jadi deh pas banget. Dulu aku pake meja kayu lipet yg buat menggambar, tp rasanya kurang luas. Jd meja kayu lipet itu palingan buat menggambar di tempat tidur kl kyara lg pengen gambar di kamar.
    Kalo mau mendingan beliin meja blajar aja atau meja pendek trs pake kursi plastik,lucu kan kaya sekolah. Bisa kepake sampe usia sekolah drpd pake meja lipet kan sempit. Skrg byk mbak meja blajar buat anak seusia danis. Jd meja nya dan kursinya pendek. Di giant/carefour ada kok. Kl aku krn udh punya meja pendek nan luas itu jd gak beli meja belajar lg,pdhal pgn juga beli soalnya lucu warnanya. Jd aku Cuma nambahin kursi plastik aja buat meja kayu ku. Kalo kita ngajarin sambil lesehan dialasin bantal aja.
    Kalo jubah melukis mungkin di Sby ada yg jual mbak, kan kota besar juga ky jakarta. Kl yg jual onlen aku blm nemu sih. Coba cr di baby shop aja, soalnya pengalamanku di mall malah gak ada.

    @alissa: coba aja mbak siapa tau di palembang ada yg jual. Aku aja bela2in cari gara2 liat kalo di barney ato tayangan luar lainnya anak2 disana pada pake jubah melukis gini hehe..
    Kyara br bisa melukis abstrak tante, lukisan gak jelas xixixi..

    ReplyDelete

Powered by Blogger.