Sunday, April 18, 2010

Short Holiday: Puncak 10-11 April 2010

Seperti yang udah aku ceritain di posting ulang tahun mama, jadilah rencana liburan terealisasi kemarin ini. Liburannya nggak jauh-jauh, cuma ke Puncak aja. Itung-itung pengen refreshing sejenak dan menyenangkan keluarga juga karena kita nggak berangkat cuma bertiga, tapi mama ajak keluarga mama juga. Kayaknya udah lumayan lama nggak pergi bareng keluarga rame2 keluar kota (jiah puncak aja dibilang luar kota wakakaka...), jadi pengen ikut berbagi kesenangan juga sama orangtua dan adek2ku meski ke puncak aja.

Misi utama sebenernya pengen ngajak Kyara ke Taman Safari liat real animal. Selama ini kan taunya cuma dari TV atau buku cerita aja. Nah, aku udah nggak tahan pengen banget ajak si bocah liat binatang yang sesungguhnya. Terakhir ke sea World pas Kyara ulang tahun dia nampak udah ngerti banget. Jadi kali ini pasti lebih ngerti dong... Udah lama aku ngajakin ayahnya Kyara main ke Ragunan aja yang deket dan murah meriah, tapi si ayah pengennya ke taman safari karena udah ngebayangin riweuh nya ragunan kalo liat di tv. Dan karena Taman Safari itu ada di Puncak, ayah bilang tanggung kalo tek tok pergi pulang, mendingan sekalian nginep ajah. Mama sih setuju2 aja, malah kesenengan kalo pake nginep huahaha... Jiahhh mau liat binatang aja susah benerrr. Ini mah orangtuanya kecentilan pengan pake nginep segala hehe...

Jadilah dari bulan maret aku udah booking villa untuk kita nginep bulan April. Pokoknya aku yang atur semuanya, si ayah tinggal terima beres dan siapin duitnya wakakakkkakakk..... :D Pokoke seksi repot biarlah ibu-ibu alias aku dan mamaku. Kita bener2 persiapin segala keperluan dan kebutuhan untuk disana untuk meminimalisir beli-beli disana. Jadi kayak p*p mie, makanan kecil, alat makan-minum sekali pakai, dan segala hal printil-printil itu urusan ibu-ibu. ayah sempet heran kok mau ke Puncak yang cuma 1 jam dari Jakarta aja pake repot bawa macem2. Lahhh ntar juga yang menikmati kemudahannya kita2 juga. Kalo pengen apa2 nggak perlu bingung beli sana sini, apalagi bawa balita yang tiap saat bisa aja minta cemilan ini itu jadi memang harus prepare tho...

Sabtu, 10 April 2010

Udah diniatin berangkat dar rumah abis subuh supaya nggak kena macet di puncak. Pengalaman terakhir ke Puncak, berangkat dari rumah jam 7.30 am, sampe tujuan jam 12 siang. Begitu lamanya karena pake acara kena giliran buka tutup di jalur puncak. Jadi kita bela2in deh bangun jam 4 pagi supaya berangkat sepagi mungkin. Rencana berangkat jam 5 pagi jadi molor akhirnya berangkat jam 6. Ini mah udah biasa ya, apalagi punya anak kecil ribet ini itu dulu pasti jadinya molor. Tapi tetep masih pagi kok jadi tenang aja berangkat jam 6. Oiya, Kyara nggak mandi lho hehe... Sengaja soalnya kalo pake acara mandi bisa molor brangkat jadi jam 7 deh pasti. Lah si bocah kalo mandi pake acara berendem dulu lah di ember, main tuang air dulu lah, belum lagi pakai bajunya udah berapa menit sendiri. Jadi begitu semua udah siap mau berangkat terakhir tinggal bangunin Kyara dan gantiin baju pergi aja plus semprot2 baby cologne biar wangi. Biar nggak mandi anak kecil mah tetep baunya enak hihihi.... Alhamdulillah Kyara kooperatif banget karena dia udah tau mau pergi naik elephant jadi nurut banget ganti bajunya cepet dan kita langsung berangkat.

Jalanan masih sepi dan lancar jaya. Pokoknya semua mulus tanpa hambatan dan Kyara tidur lagi selama perjalanan. Sampe Puncak jam 7.15 dan kita registrasi dulu di hotel supaya pihak hotel tau kalo kita jadi nginep. Setelah acara registrasi selesai langsung lanjut jalan menuju Taman Safari Indonesia (TSI). TSI nya padahal nggak jauh2 amat dari hotel tapi jadi lama karena kena macet di pasar cisarua (iya kan pasar cisarua, lupa hoho...).

Taman Safari Indonesia

sampai di TSI, sambil nunggu loket dibuka

Sampai di Taman Safari jam 8 am, dan sebelumnya kita juga udah beli wortel utnuk kasih makan binatang di dalam, Rp 10.000 dapat 4 ikat wortel. Kalo beli di dalam TSI, 10.000 dapat 1 ember kecil yang kalo aku liat isi embernya kira2 sama dengan 1,5 - 2 ikat wortel. Karena loket belum buka, kita parkir dulu dan sarapan di mobil. Sarapannya mantap dong, nasi putih+ayam presto goreng+sambal tempe+sambal terasi+tahu tempe goreng+lalapan. Tuh hasil repot dari rumah, yang ngerasain enaknya kan sekeluarga tho... Sarapan beres, pas banget loket dibuka jam 8.30. Oiya, Loket TSI buka jam 9.00 untuk weekdays, dan jam 8.30 untuk weekend. Pas loket dibuka mobil2 langsung pada antri lumayan panjang juga. Langsung deh beli tiket, sama orang TSI dihitung dewasa 7 orang + mobil totalnya Rp. 435.000. Kyara nggak dihitung, padahal di papan ditulis anak kecil dibawah 5 tahun pun dihitung harga tiket anak2. hehehe alhamdulillah deh lumayan korting 1 orang hehe...

Harga tiket TSI: dewasa Rp. 60.000, anak2 dibawah 5 tahun Rp. 50.000, mobil Rp. 15.000

Acara liat binatang lancarrr.... Kyara seneng banget dan makin menambah pengetahuan kosakata binatang nya. Selama ini Kyara udah khatam nyebutin binatang di buku barney, udah tau juga kalo liat binatang di tv atau di sekitar rumah. Tapi keliatan banget dia amaze liat binatang dalam ukuran yang sebenarnya dan nggak takut waktu sama2 ayahnya ngasih makan wortel ke zebra dkk. Malah saking lamanya muterin itu hutan lama2 Kyara nguap juga, mungkin pengaruh suasana kali ya.

Nah akhirnya sampe juga di arena rekreasinya dan masih sepii... Kita muter2 dulu naik mobil sampe ke ujung, ke tempat air terjun. Setelah parkir, naiklah kita menuju air terjun. Kata tukang parkirnya, cuma 100m kok bu, deket. Ayo dah kita kesana. Dan ternyata jalannya nanjak dan entah karena emang faktor umur ato gw nya yang jarang olahraga ato emang gw aja yang loyo nggak kuat, kok ya sampe atas gw langsung pucet dan ngos2an susah nafas. Kyara yang naik stroller sih santai aja, lha iya lah enak si bocah tinggal duduk manis hehe... Kalo suruh jalan sendiri kasian banget dia, atau kita gendong dia juga pasti ngos2an malah takut kehilangan keseimbangan deh soalnya tanjakannya lumayan curam (lebay...). Tapi bener deh, aku kayak orang yang nafasnya tinggal setengah kemaren itu hehe... Sampe atas ketemu pondokan tanya lagi dimana curug nya, si petugas cowok bilang 50m lagi, sedangkan petugas cewek bilang 100m lagi. Lha mana yang bener inih??? karena gak mau ambil resiko liat aku udah napas 1-1, akhirnya kita sudahi aja niat untuk liat curug. Balik lagi deh ke parkiran... yeuk...

gbr kiri atas, saling mendorong selama tanjakan yang kondisi sebenarnya lebih curam drpd di gambar
meski ngos-ngosan, sampe atas foto dulu di hutan safari :)

Akhirnya memutuskan parkir di arena rekreasi aja, mewujudkan niat awal yaitu ajak Kyara naik gajah :)
Untuk gajah tunggang yang rute panjang (keliling arena rekreasi TSI) untuk sekitar 20-30 menit, 1 gajah harganya Rp. 100.000 terserah yang mau naik berapa orang secukupnya. Mungkin bisa sekitar 3-4 orang plus petugasnya ikut naik juga.
Kalu gajah tunggang rute pendek alias cuma keliling arena taman deket kandangnya dia, harganya per orang Rp. 10.000. Gajah tunggang di rute pendek ini keliatannya lebih kecil daripada gajah tunggang rute panjang dan dibatasi 1 gajah untuk dinaiki 2-3 orang aja, tanpa petugas yang ikutan naik karena petugasnya mendampingi sambil jalan. Akhirnya kita pilih rute pendek aja lah, Kyara dan ayahnya aja yang naik gajah sedangkan mamanya jadi tukang poto aja :) Naik gajah rute pendek ini cuma sekitar 5 menit ternyata.

Setelah naik gajah, selanjutnya naik kereta api keliling baby zoo. Kereta api juga harga per orang Rp 10.000. Lagi2 Kyara dan ayahnya aja yang naik, emaknya jadi seksi dokumentasi. Setelah naik kereta, di sekitar juga ada naik kuda poni. Tapi ayahnya nggak mau, kurang tertarik katanya lagipula antri. Jadi kita keliling baby zoo aja. Abis puter2 baby zoo tanpa foto2 sama para baby zoo seperti singa, macan, dan monyet akhirnya kita balik ke parkiran dan memutuskan untuk makan siang di luar TSI aja karena perut udah laper berat. Sebenernya sayang banget udah bayar segitu mahal cuma main 3 jam lebih di TSI. Atraksi seperti dolphin, cowboy, dll itu mulainya lumayan siang sekitar jam 3-an dan kita ogah nunggu berlama-lama. Dan karena kita emang niatnya pengen makan sate maranggi di Pacet jadilah kita sudahi aja keliling TSI, lagian Kyara udah keliatan mulai ngantuk. so, jam 12 lewat bye bye Taman Safari....

Sate Marangi - Pacet, Cipanas

Sempet khwatir bakalan macet menuju Pacet ternyata oh ternyata jalanan Puncak lancar selancar-lancarnya. Mulus tanpa hambatan sama sekali. Kita sempet mikir, ini bener weekend kan, kok sepi amat. Tebakan kita sih orang2 Jakarta udah pada ke Puncak pas long weekend awal April minggu lalu, jadi hari itu orang Jakarta pada weekend-an di Jakarta aja :)

Karena belum pernah ke sate maranggi pacet, jadi kita meraba-raba aja sambil tanya sana-sini. Tau sate maranggi Pacet ini dari mana lagi kalo bukan dari internet. Baca2 pengalaman kuliner orang-orang yang ke Puncak, katanya ada sate maranggi enak di daerah Pacet Cipanas. Setelah 2x tanya sama tukang parkir, sampelah kita di sate maranggi Sari Asih, Pacet. Pantesan aja sempet keterusan, lha wong tempatnya emang mungil di pinggir jalan, cuma cukup buat parkir mobil beberapa mobil aja, tanpa plang nama, sederhana banget tempatnya, tapi jangan salah yang dateng nggak berhenti2 dan mobil2 ber plat B udah pada parkir panjang di pinggiran jalan. Buat yang mau kesana, sate maranggi ini adanya tidak jauh setelah pertigaan tugu pacet, kira2 100-200m dari tugu pacet lah. dari arah cisarua adanya di kanan jalan. Berhubung menunya seperti ini, Kyara nggak makan, cuma icip2 satenya aja 1 tusuk. Kyara makan di hotel aja ya nak...

Grand Ussu Hotel

Kebiasaan keluargaku kalo nginep di Puncak biasanya kita pilih  Royal Safari Garden Hotel. Kami kalo ke Puncak selalu pilih hotel dengan konsep model villa karena perginya pasti rame-rame dan lebih enak model villa. Dari aku kecil hampir selalu pilih nginep disana kalau nginep di Puncak karena fasilitasnya lengkap, apalagi untuk anak2, lengkap selengkap-lengkapnya sampe ada taman burung mini segala. Pokoke buat anak2 pasti nyenengin banget dan tamu hotel juga dapet disc. 50% tiket TSI. Pas mau booking, kebetulan tanggal yang aku mau udah penuh dan kebetulan juga swimming pool nya lagi di renovasi. Emang sih belum tentu berenang kan airnya dingin, tapi khawatir aja Kyara kepengen nyobain celap celup berenang di Puncak dan kecewa karena kolam renagnya lagi di renovasi. Akhirnya inget ada temen yang pernah nginep di Grand Ussu hotel dan kasih testimoni bagus tentang hotel ini karena baru tahun 2009 di renovasi total. Karena Termasuk masih baru makanya Hotelnya masih bagus banget. Kebetulan Grand Ussu juga nggak jauh letaknya dari Royal Safari Garden, jadi masih di sekitar Cisarua. Kami memang pilih nginep di Cisarua yang masih termasuk belum terlalu Puncak, soalnya males bermacet2 ria kalo memang kebetulan macet hehehe...

Grand Ussu Hotel, Cisarua

Grand Ussu hotel ini bertema modern minimalis. Begitu masuk gerbangnya, kita berasa masuk ke komplek perumahan model townhouse minimalis yang sekarang lagi ngetrend itu lho. bangunannya bagus, bersih banget, modern, pokoknya aku suka :) Kolam renangnya pun sangat menggiurkan untuk anak2 karena mini waterboom dan banyak bola2 plastik. Villanya pun semua ber-AC. Tau sendiri Puncak kan udah mulai panas hehe... Kemarin kita ambil villa tulip yang isinya 3 bedrooms, biar semua kebagian tidur di kamar, nggak perlu ada yang pake extra bed tidur di living room nya.

Setelah Check in, kita dikasih kartu welcome drink, dinner, dan breakfast. Hah free dinner?? Yak memang liburan kemarin ini menyenangkan dan dimudahkan banget. Tau2 pihak hotel bilang kita dapet free dinner karena kebetulan saat itu tingkat hunian hotel full dan pas hari Sabtu. Kalo keadaan seperti itu, mereka biasanya ngadain free dinner untuk para tamu nya. ahhh Alhamdulillah ya Allah, lumayan ngirit nggak perlu keluar biaya makan malam sama sekali :)
Jadi hari itu kegiatannya renang dan leyeh-leyeh di hotel pastinya. Malamnya dinner, abis itu menikmati malam di villa aja. Mau beli jagung bakar keluar pada malas udah kecapekan.

Minggu, 11 April 2010

Minggu paginya Kyara bangun siang. Kayaknya si bocah keenakan nih. Bangun2 langsung main di playground nggak mau udahan. Abis itu tanpa pada mandi dulu, kita semua langsung aja sarapan buffet ke restoran. Kita lumayan lama sarapannya, maksudnya aku dan si ayah hehee... Nggak mau rugi dong semua menu sarapan dicobain sampe perut kenyang banget. Padahal biasanya si ayah kalo sarapan nggak pernah bisa banyak2.
Abis sarapan lanjut bereneng lagi, puas2in sebelum balik ke Jakarta. Oiya enaknya disini kolam renangnya airnya nggak terlalu dingin kayak di Puncak atas. Jadi untuk anak2 seperti Kyara pun masih sanggup berenang agak lamaan, nggak sampe bikin menggigil.

swimming pool & playground Grand Ussu Hotel

Akhirnya jam 10.30 kita check out karena masih mau mampir ke Bogor dulu, supaya sampe Jakarta nggak terlalu sore biar pada bisa istirahat buat yang senin pada ngantor. Dengan pengalaman menginap yang menyenangkan di grand ussu hotel, Insya allah next time pengen balik lagi nginep disana ah...

Cimory

Perjalanan pulang, kita mampir ke Cimory sebentar untuk beli oleh-oleh: susu, yoghurt dan teman2nya. Sampe Cimory Kyara kegatelan lagi minta main di playground nya. Kita nggak lama di Cimory, ambil ini itu yang nggak terasa troly jadi penuh oleh2 karena kalap ngiler kepengen semuanya. Abis itu cabcusss...

Kuntum Nursery, Tajur - Bogor

Kuntum Nursery ini adalah wisata argo. Isinya tanaman2 yang dijual juga beserta perlengkapannya. Kalo di Jakarta mungkin semacam toko Trubus. Di Kuntum ini ada fasilitas kasih makan ikan, ada toko ikannya juga, ada restorannya juga yang asri banget karena dikelilingi tanaman dan kolam. Kesini sebenrnya iseng aja. Dulu aku sama ayah pernah kesini sebelumnya, dan pengen tunjukin orangtua ku karena mereka suka tanaman. Niatnya sih beli sesuatu, tanaman apa gitu kek untuk dibawa ke Jakarta. Tapi mobil udah penuh sama2 barang2, gak muat kalo mesti nambah  bawa tanaman jadi ya di Kuntum sebentar aja jalan2 keliling kebun nya aja terus pulang.

Gepuk dan Ikan Balita Karuhun

Dari awal emang niat beli oleh2 bogor gepuk karuhun aja deh. Kalo biasanya kan aple pie, macaroni dll, kok kita lagi nggak pengen ya. Jadi beli gepuk karuhun aja supaya bisa untuk makan sampe rumah nanti karena aku yakin kita pasti capek banget dan malas masak buat makan malam ntar :)

Abis dari gepuk karuhun harusnya mau makan siang ayam penyet langganan aku dan ayahnya kyara jaman pacaran dulu dan sebelum punya anak hehe... Tapi apa daya Kyara tidur dan aku nggak tega bangunin dia. Aku minta semuanya tetep makan siang aja dan bungkusin buat ku, tapi si ayah nggak mau. Katanya daripada aku nggak ikutan makan mendingan bablas pulang aja. hahaha si ayah nggak tega kalo istrinya gak ikutan makan *wink-wink*

Kembali ke Jakarta

Akhirnya dari bogor bablas ke Jakarta dan perjalanan lancar jaya nggak ada macet sama sekali. Sampe rumah baru jam 12.30 dan Kyara bangun pas udah di depan rumah. Cepet kan.... dan akhirnya makan siang pakai gepuk karuhun aja di rumah. Makan siang cuma pake nasi panas, gepuk, sambel rasanya udah nikmat banget :)

Gimana kesan Kyara? Aku yakin liburan ini sangat berkesan untuk Kyara karena dia nggak berhenti2 cerita  ngapain aja Kyara selama disana. Ceritanya detail dan inget banget ngapa2in aja dia. Pokoknya ngoceh terus tentang kegiatan selama di puncak.

Oiya, waktu di Puncak, ada sedikit percakapan:
Kyara : "mana ruma yaya?" (kyara kalo nyebut namanya dengan 'yaya').
Mama : "rumah yaya ada di jakarta, ntar kita pulang ke rumah yaya ya..."
Mama : "Kyara pilih rumah ini (hotel maksudnya) atau rumah yaya di jakarta?"
Kyara : "rumah sana" (rumah jakarta maksudnya)
Mama : "emang kenapa pilih rumah jakarta?"
Kyara : "ada baney nya"
kebetulan malamnya pas mau tidur Kyara sempet bingung minta nonton barney. Biasanya kan sebelum tidur suka minta di setelin DVD barney, nah di Puncak dia agak2 bingung pas mau tidur. Tapi akhirnya bisa tidur dengan gampang juga karena mungkin kecapekan banget.

Setelah di Jakarta (eh pinggiran jakarta ding, kan rumahku di ciledug hehe), ini dia percakapannya:
Kyara : "ma, mana rumah yaya?"
Mama : "lho kan ini rumah yaya..."
Kyara : "bukan. rumah yaya renang, ayunan, osot" (maksudnya rumah kyara yang ada kolam renangnya, ayunan, dan perosotan)
Mama : "itu kan hotel di puncak sayang, rumah yaya yang ini yang ada film barney nya, oke..."
Kyara : "oke... apan-apan ke rumah yaya ucak ya..." (maksudnya kapan-kapan ke rumah kyara di puncak ya)

Hmmmm ternyata anak umur segini udah bisa bedain mana rumahnya dan mana bukan, udah mulai bisa homesick. Lha gimana kalo suatu saat kita punya rumah sendiri misah dari rumah yang sekarang? Pasti nyariin terus deh :)

ahhh sutralah.... cerita ke puncak nya udah panjang. Insya Allah next time kita naik elephant lagi ya nak...

sampai jumpa di liburan selanjutnya... :)

Oiya, buat yang lagi cari-cari hotel di daerah Puncak, bisa klik http://www.agoda.web.id/asia/indonesia/puncak.html untuk menambah referensi dan info-info seputar hotel di Puncak ya...

1. bener2 puas tuh liburannya y. Asik bgt keliatannya :)

2. Asyiiikkkk euy liburannya. Jadi pengen ke zoo. Gw dah niat dari jaman dulu pengen ngajak Zahia ke zoo tapi Ayahnya sibuk wae neh jadi gagal maning gagal maning.

Ka Kyara, ajak Zahia dunks ke rumah Kaka yang di Jakarta (biar bisa pijem kaset2 Barney nya) sama rumah di Puncak (biar bisa ngerasain kolam renangnya) :-)

3. Asyik banget deh liburannya, bener2 puas ya palagi rame2 ma kluarga besar pasti seru banget.

Dulu waktu aku belom punya anak dan masi tinggal di kaltim(aku 3 th kosong), tiap ke jkt pasti abis lebaran liburan ke puncak nginep di Villa punya kantor yg deket TSI, di Mega Mendung. Villany asyik banget, ada kolam renangnya, ada pembantu yg masakin, pokoknya asyik deh.Kita kesana rame2 ma kluarga besar karena 1 villa itu kamarnya buanyak. Sempet ngebayangin betapa asyiknya klo udah punya anak liburan kyk gitu. eeeh setelah punya anak malah belom kesampean lagi karena kita dipindah ke jkt, jd ga dapat jatah lg nginep di villa kantor, itu jatahnya buat yg basenya di luar jkt wkwkwkwk...

Review hotelnya bermanfaat juga, Tik, sapa tau pengen jalan2 ke puncak dan nginep di sana, bisa jd bahan buat rekomendasi. Palagi klo dapet free dinner gitu asyik banget ya, ga usah cari-cari makan lg heheeh...

4. Halooo mbak Motik, aq baru mampir sini lagi niy coz link mu menghilang dari blog list ku (kok bisa ya???) hehehe.....
    Kangen deh sama Kyara dah banyak ketinggalan cerita jadi borongan niy aq baca semua.
    Ternyata Kyara dah besar & tambah pintar ya....
    Btw liburannya asik banget....jadi pingin dah lama gak jalan2 ke tempat2 wisata hehehe....

5. Subhanalloh, duuh..indah banget tik liburannya, bikin plan ah sama bundanya kayla ;)

6. @Ke2nai: iya mbak myra seneng banget :)

@susan: ayo dong zahia ke zoo juga, udh ngerti deh pastinya. Paling enak sih kalo anak udh bs ngomong san skalian ngajarin anam binatang hehe.. Di malaysia zoo nya model TSI juga ato ragunan?

@vera: hehe stlh ada anak malah blm kesampan ya. Aku juga terakhir ke puncak 2,5th lalu pas lg hamil kyara, makanya kmrn boar cuma deket dr jakarta tp seneng rasanya ke puncak lg. Apalgi dimudahkan banget dr mggak macet sampe dpt free dinner :p

@diyah? Oya?kok link ku bisa menghilang dr listnya umi hehe aneh ya. Di masukin lg ya umi link ku hehe.. Zalfa kayanya br2 ini ke jakarta kan ya

@smile: alhamdulillah Is kmrn smua dimudahkan hehe.. Sok atuh plan sama bundanya kayla. Tar kalo kayla udh setahunan ato sebesar kyara bakal lbh seru, udh bisa lari2an hirup udara segar,ngerti binatang dll. Dan udh bisa minta balik lagi ke puncak wakakakk :p

7. Motik,
    tgl 10-11 kemarin aku jg ke Cisarua lho. Tapi gak ke TSI sih, padahal nginapnya di Seruni Hotel yg berada di jalur masuk TSI itu.

Hahahaha bukan faktor U itu mah, itu sih memang karena jalannya aja yang tidak kooperatif. Kita kan bukan atlit, toh.. hehehe...

Tp yang penting liburannya menyenangkan ya motik.. :)

Salam buat Kyara ya..

8. Wuah seru banget liburannya mom. Ulasannya top banget hehehe. Kyara kelihatan happy banget ya. Dita juga barusan jalan2 ke TSI nih, udah sebulan lalu. Tapi belum sempet di posting nih. Selalu sehat ya Kak Kyara, biar sering jalan2 :-)

9. seru banget cerita liburannya nih... asik yah kak Kyara bisa ngerasain naek elephant :)

minggu lalu raja juga ke puncak, tp cm nyampe ke cipayung aja, itupun gak kemana2, soalnya agenda raja di sana cuma temenin mamanya dinas :D

10. wah liburannya seru banget, cerita liputannya juga lengkap....kalau aku ngga bisa cerita panjang-panjang...suka kehabisan kata-kata hehehe.....jadi pengen ke TSI juga nech, mudah2an bisa kesampain dalam waktu dekat. kasihan ina belum pernah ngelihat binatang dari dekat, yang dilihat dari dekat baru kambing sama sapi (itu juga pas mau lebaran haji, kan banyak yang jual hehehe...)

11. gara2 baca ini, jadi memutuskan long weekend may besok buat 2 hari nginep di Grand Ussu ini hehehehe... :)

semoga shaina juga bisa have fun kayak Kyara yaa

12. Wuaa, cerita liburannya komplit banget mom. Enaknya lagi Kyara cooperatif jadi bisa enjoy banget yah.

Sesekali asik juga yah liburan spt gini, walopun deket tp tetep nginep di hotel. Emmm jadi pengen nih, hehehe, salam buat Kyara yg cantik ya mom ;-)

13. @zee: hai kak apa kabar hehe.. Wah pas ya tanggalnya samaan. Iya aku tau tuh seruni, pas mau ke TSI liat plang nya.enak ya kak di seruni? Tdnya mau ambil seruni tp kynya ngga ada tipe villa ya,krn aku cari yg model villa. Cium buat vaya juga ya kak :)

@bundit: hehe seneng ya bund nhajak anak ke TSI, kayanya mereka kagum dgn ukuran binatang sebenernya. Abis di rumah palingan cuma bisa liat kucing hehe.. Ayo ditunggu postingannya bund..

@allisa: wah sayang dong raja ngga sekalian ke TSI. Coba mamanya kabur sebentar dr acara dinas biar skalian ke TSI mumpung ke puncak hehe..

@nia: ceritanya panjang smoga ga bosen ya :) haha aku ketawa baca ina liat binatang pas lebaran haji. Iya sih kyara juga tau kambing gara2 lebaran haji kok. Kayanya ke bonbin nya ditunda dulu ya mbak,adeknya ina udhahir. Selamat ya mbak..

@cicha: udah jd booking kah? Have fun ya shaina :) moga2 si grand ussu ini memuaskan buat kalian juga ya..

@may: iya alhamdulillah kmrn kyara kooperatif banget dan pas sehat jadi meski cuma liburan yg deket aja tp memuaskan :)

14. seru bener ya liburan kyara dan mama. pas kita ke TSI kemaren gak pake nginep, langsung cabut pulang ke rumah. sebenernya lebih asik nginep ya. ah kapan2 lagi, moga2 ada rejekinya:p hotelnya bole banget jadi rekomendasi nih:)

15. Iri iri irii.. Kmrn gue udh otw ke Puncak, eh macet gara2 Presiden & Menteri2 retreat di Istana Cipanas, hiks hiks hikss.. Pdhl gue udh yakin bgt, Nadira bakal seheboh Kyara kalo diajak ke TSI.

Oh well, tapi ada hikmahnya sih. Dgn baca blog-lo ini, gue jd tau apa2 aja yg bakal gue liat+naikin. TFS ya Mak! :-)