Update Seputar Kyara

Pengen update seputar Kyara ah...

Insya Allah tanggal 12 April nanti Kyara tepat 29 bulan alias 2 tahun 5 bulan. Ya Allah... time flies... Bulan depan Kyara udah 2,5 tahun dong berarti, setengah tahun lagi menuju 3 tahun. Kayanya belum lama mama nimang-nimang bayi tak berdaya dan sekarang bayi mungil itu udah pinter macem-macem, banyak maunya, sok tau, udah bisa melawan pula. Kalo masalah nggak nurut kayanya emang udah hukum alam ya. Biasanya kan anak suka nggak nurut kalo dibilangin sama orangtua hehe... Tapi emang harus ngerasain jatuh dulu sih baru tau rasanya sakit, itu ibaratnya ya...
Kemampuan aku dan ayahnya Kyara sebagai orangtua pun semakin diasah, karena dengan adanya Kyara lah kami belajar banyak hal terutama kesabaran dan cinta kasih tak berbatas.... *jiaahhh si mama bahasanya ah*


@ Masih mik ASI (nenen). entah samapai kapan Kyara akan nenen ASI mama. Kalo dulu orang2 pada ngedukung mama, kali ini mulai ada aja orang yang agak sinis ke mama, khususnya ibu2 yang masih berpikiran jadul. Biasanya golongan ibu2 yang berumur jadul dan berpikiran jadul yang memandang bahwa Kyara udah gak pantes nenen lagi. Oke, Saran menyusui selama 2 tahun udah mama penuhi. Tapi tidak semudah membalik telapak tangan kalo ingin menyapih, apalagi full time mommy kayak mama yang 24 jam sama Kyara terus. Buat aku pribadi, jujur aku nggak keberatan sama sekali sampe sekarang masih menyusui anakku. Beberapa saudara dan temen juga ada kok yang menyusui anaknya sampe umur mereka 3 tahun bahkan lebih. Akupun masih menikmati banget masa2 menyusui Kyara. Kalo sekarang sih nyusuin Kyara bukan untuk kasih makan seperti waktu bayi. Mama liat menyusui Kyara sekarang ini sebagai pengobat kangen dan pemberi rasa aman dan nyaman aja, karena frekuensi menyusu pun udah sangat jarang. Paling kalo mau tidur, lagi pengen kangen2an, atau lagi sakit. Kegiatan menyusui ini amat sangat menguntungkan mama dan Kyara kalo anak mama ini lagi sakit, misalnya saat dia nggak mau makan minum, Kyara cuma mau nenen mama aja, bisa tenang dan merasa nyaman kalo nenen sama mama karena jadi nggak terlalu uring2an.
Kadang jadi berpikir apa aku yang nggak siap disapih ya. Rasanya hati ini masih seneng dan ikhlas nenenin Kyara, gak pengen pisah. Jadi sekarang mama gak kasih tenggat waktu untuk menyusui Kyara, semaunya kamu aja deh sayang...

@ Lancar berhitung 1-10 bahasa Indonesia. Lancar berhitung ini sebetulnya udah bisa dari umur 22 bulan.Makin kesini si bocah malah seneng isengin kita jadinya angkanya malah sengaja di bulak-balik jadi ngaco. Alhamdulillah sekarang udah back to normal berhitungnya. Mama belum nambahin lagi pelajaran berhitungnya nih, takut keberatan. Biar 1-10 aja deh sementara ini.
Untuk berhitung dalam bahasa Inggris, kalo ngitungnya dipandu dikit2 sama mama bisa juga one to ten. Paling hafal sih one, two, three, langsung loncat ke eight, nine, ten. Tengahnya ketinggalan hahaha.... Kalo dipandu dikit2 baru deh bisa one to ten. Untuk berhitung dalam bahasa inggris belum terlalu lancar lah, tapi it's ok ya nak, kita belajar lagi pelan-pelan.
Siapa/apa yang cukup banyak berperan dalam membantu kemampuan berhitung Kyara? Jawabnya: Barney!!! hohoho.... untuk bahasa inggris karena Kyara suka denger dan liat adegan menghitung di DVD barney, jadi dia suka ikutin dan lama2 bisa dikit-dikit. Untuk menghitung dalam bahasa indo, thanks to buku barney yang judulnya "barney pergi ke dokter gigi". Di situ ada cerita kalo si anak yang lagi diperiksa sama pak dokter lagi menghitung jumlah giginya. Dibuku sih cuma 1-4, tapi mama kalo bacain buku cerita sekalian di terusin 1-10 menghitung giginya, jadi lama-lama Kyara hafal. Tiap halaman cerita menghitung gigi dibuka, Kyara langsung aja menghitung 1-10. Meskipun kadang suka sengaja disalah2in deh. Nih anak seneng dan ketawa puas kalo liat mamanya kesel deh.  Pas dibilang kalo mama gak mau bacain buku lagi deh kalo disalah2in gitu baru deh dia menghitung yang bener. Jadi biar kata emaknya blenger liat dino ungu dan bolak balik baca buku barney sampe mama hafal di luar kepala ceritanya, ternyata ada efek bagus juga dari si dino ungu ini :)

@ Another milestone, Kyara udah bisa pakai sepatu sendiri di umur 28 bulan. Waktu itu baru mama beliin sepatu baru model sepatu sandal, dan tau2 siang2 Kyara nunjukin kalo dia udah bisa pakai sepatunya dan nggak kebalik. Tadinya mama pikir cuma kebetulan aja, tapi pas disuruh coba lagi ternyata memang bisa. Kalo sepatu model lain kayanya belum bisa sempurna ya, kaki masih suka nyangkut nggak pas masuknya. Tapi kalo model sepatu sandal udah lancar. Hari itu sepatunya dipake terus bahkan di pake naik ke tempat tidur (karena sepatunya baru dan masih bersih jadi diijinin naik ke tempat tidur deh). Sepatu dilepas, terus dipake lagi, bolak balik begitu terus. Alhamdulillah ya nak...

Nih dia gayanya yang abis pake sepatu sendiri terus nangkring di tempat tidur

@ Kyara lebih antusias kalo dibeliin buku daripada mainan. Ini sebenernya udah keliatan dari umur menjelang 2 tahun. Menjelang 2 tahun Kyara mulai seneng banget minta dibacain buku cerita, jadilah mama mulai banyakin koleksi bukunya. Yang paling favorit sih buku cerita barney. Buku cerita lain sekedar dibaca aja tapi gak sampe bikin kyara ketagihan minta dibacain berulang2. Kalo buku barney ini dia sampe hafal judul dan isi ceritanya. Jadi baru di buka halamannya eh udah langsung cerita adegan di halaman itu apa. Pernah isi ceritanya mama sengaja salah2in nggak seperti cerita biasanya, eh Kyara langsung benerin ceritanya. Emang ya anak umur segini daya ingatnya luar biasa. Jadi kalo diajak ke toko mainan, dia seneng aja pegang2 mainan, peluk boneka, tapi gak sampe minta dibeliin. Kalopun minta ya gitu2 aja, gak sampe merengek. Tapi kalo buku, wah bisa inget terus minta cariin buku ke rak barney. Kalo minta bacain juga nggak 1 buku aja. Punya 10 buku ya 10 itu yang dia bawa ke hadapan mama minta dibacain semuanya. Selama ini sih mama ceritain pake versi mama, nggak plek pake dialog buku supaya nggak kaku, bisa dimengerti dan tercapai tujuan2 tersembunyi nya hehehe.... Kadang kalo mama lagi cape dan ngantuk banget ya ampunnn rasanya malas banget bacain buku. Kalo cuma 1 buku sih gpp, tapi ini mesti semua buku yang dia punya. Duh nak, tapi demi kamu mama rela deh bacain kamu buku banyak2 biar tambah pinter ya...
Oiya, kadang kyara kalo dibacain buku dia sambil peluk mamanya kenceng lho, terus ketawa bareng, pokoknya mesra banget :) i love this moment so much...

@ Kyara ini type nya kalo sama orang yang belum dia kenal atau ada di tempat baru dia bakal kalem, malu2, sampe merasa nyaman baru deh bersuara dan bertingkah seperti sehari-hari di rumah. Sekalinya dia nyaman, dia bakal nempel banget sama orang itu. Ada yang 5 menit dia bisa langsung deket, ada juga yang sampe berjam2 baru deket.

@ Kyara seneng banget liat iklan susu hamil. Biasanya sambil denger lagu iklannya dia ikutan elus-elus perut sambil perutnya dibusungkan. Nah mama sambil kasih tau kalo di perut itu ada dedek. Jadinya sekarang Kyara masukin bonekanya ke dalem kaos supaya kayak orang hamil. Bilangnya "eyut yaya ada teddy", artinya: perut kyara ada dedek teddy *boneka teddy bear maksudnya*
Ah lucu banget sih sayang... Mama nggak kebayang suatu saat kamu tanya "ma, gimana kok bisa ada adek di dalem perut mama". wah kalo ini masih lama kan ya nanya nya. Mama mikir jawabannya dulu ya nak... :)

 aku udah seperti orang di iklan susu hamil kan ma...

Pokoknya umur2 segini emang lagi menggemaskan banget liat tingkah dan ocehannya yang bikin kita takjub ya... Sampe malu sendiri kalo ada hal yang kita lakuin nggak sesuai sama yang biasa kita ajarin ke anak, eh malah di benerin sama anak kita.

Ya udah ah, masih banyak sih hal2 amazing yang bikin mama kagum kalo liat milestone Kyara. Namanya juga orangtua jadi gpp ya  ngefans sama anak sendiri hehehe... Segini dulu aja ya cerita updatenya, ntar nggak habis2 ceritanya :)

nggak bisa foto ber3 sekaligus karena harus gantian pegang kamera nih...
we love u so much, Kyara Alifia Syarizka...

14 Comments:

  1. Hihihi, hayo Kyara tanya ke Mama gimana cara bikin dedek? :-) Btw udah mulai belum Jeng program bikin adiknya Kyara?

    iya yah seneng deh kalo anak dah pinter macem2. Kita sbagai emaknya buanggaaaaaa bukan main.

    Btw gw dah beliin Zahia vcd Barney yang judulnya Songs in The Park kalo ga salah (hehehe lupa), tapi yang bajakan bo soale yang asli mehong 25 RM. Trial dulu bo, kalo Zahia suka tar dibeliin lagi. Eh alhamdulillah pas gw pasang Zahia suka, langsung joged2. Hihihi, tengkiu yah Jeng atas infonya.

    Oya, gw juga sependapat amal lo. Kalo Zahia tar 2 taun belom mau berhenti nenen ya sud bakalan gw terusin ajah. Prinsip gw & Abang biarlah anak berhenti nenen dengan sendirinya.

    Heheheh mangap neh Jeng komennya kepanjangan :-)

    ReplyDelete
  2. duh, kyara hebat nih udah bisa pake sepatu sendiri. suka amazing ya, mbak, klo liat perkembangan anak, dari yg ga bisa ngapa2in jd makin pinter.

    ngakak liat foto kyara pura2 hamil hehehe...lucu

    ReplyDelete
  3. @susan: kyara jg punya tuh yg songs from the park. Yang ada adegan renang nya kan? Kalo minta nonton yg itu dia bilangnya 'nonton barney renang ma'. Gara2 barney songs from the park itu kyara minta main bubble, minta diajak main ayunan, minta renang, minta dibeliin payung ngikutin adegan yg lagi hujan pake payung hahaha..
    Kalo bajakannya bagus sih gpp san, tp kalo ga bagus malah pusing liat gambarnya :D
    Moga2 suka trs ya, tar sharing judul2 lain deh

    @vera: ah aku malu dipanggil mbak nih mbak vera..panggil motik aja ah mbak ver :)
    Iya mbak vera, gak pernah berhenti mengagumi anak sendiri ya. Tp sah kan.. Wong anak sendiri hehehe..
    Aku jg geli sendiri mbak kalo liat foto pura2 hamil nya kyara :D

    ReplyDelete
  4. Aduuuh..ka kyara ni pinter sekali ya, semoga kayla ngikutin kakak nya ini :D

    ReplyDelete
  5. ayo kapan nih mau kasih kyara adek? hehehe... Kl masalah sapih jgn dipaksa apalagi kita kan FTM. Santai aja lah. Sy juga gitu kok bun :)

    ReplyDelete
  6. Raja juga seneng banget lho.. Dr ant semua koleksinya, Raja paling seneng sama Sing n Dance, 123, sama Hear n See. Mmg si purple Dino ini dampaknya baek banget ya mbak buat anak.

    Btw, Kyara lucu bgt wkt lg maen pura2 ada adek di perut..xixixi...tar lama2 bakal minta dedek beneran tuuhhhh....

    ReplyDelete
  7. @smile: hehe dedek kay udh bisa apa aja sayang? Ntar kyara ajarin gimana caranya berantakin rumah ya, seru lho xixixi..

    @ke2nai: amin doain aja ya bund.. Iya nih aku juga santai kok mbak, kan FTM ini.terseah anaknya aja sampe kapan. Nah yang kayak mbak myra ini salah satu penyemangat. Nggak kayak ibu2 berpikiran jadul yg malah sinis itu.

    @alissa: iya lho.. Purple dino ini gak hanya bagus buat anaknya aja, emaknya kadang juga jd terinsiprasi buat ide ngajarin kyara dan jadi ikutan blajar kosakata baru juga haha
    Skrg kalo ditanya dia bilang blm mau pny adek,tp gak tau ntar2 deh hehehe..

    ReplyDelete
  8. Emmmm, emang seneng banget rasanya melihat kepinteran anak kita yg terus bertambah everyday ^_^.

    Karena Danis seumuran dgn Kyara, jadi baca postingan ini aku ngerasa happy dan jadi senyum-2 sendiri krn ngalamin hal serupa. Cuman sayangnya aku sampe skr belum apdet di blog mpe jamuran tuh si blog, kekeke

    Wah, jadi terinspirasi pengen juga bacain Danis buku cerita spt mamanya Kyara ah. *sampe skrg aku masih males-2an aja nih kayaknya, padahal pe-er masih banyak yaaaa, kan lagi masa-2 golden years nih*

    Thanks utk sharingnya ya mba, You're inspiring me much!

    ReplyDelete
  9. Sama nich kayak Zaheer kalo lagi bertamu ke rumah orang yang sebelumnya belum pernah, Zaheer akan bersikap kalem adem ayem. Kalo udah beberapa menit, pas udah ngerasa nyaman, baru dech bertingkah

    ReplyDelete
  10. @may: duh sama2 mbak..makasih juga ya.. Bertemen sama ibu2 blog emang bikin kita saling terinspirasi ya. Seneng deh kalo bisa menginspirasi mama danis :)
    Danis sama kyara kan seumuran ya,aku jg kalo baca blog danis kayak baca perkembangan kyara juga soalnya hmpr sama. Ayo mbak di apdet, lg sibuk ya hehe..
    Soal baca, jujur kl lg nggak mood aku juga ogah2an bacain kyara buku. Kadang aku suka nolak bacain sampe feel guilty juga sama kyara,kasian dia pgn baca buku akunya males krn cape. Soalnya kalo udh asik minta bacain buku, semua bukunya ditaro didepanku dan bisa minta bacain 2-3x tiap buku. Kalo ada 10buku kan berarti aku bisa 20x baca. Kalo ceritanya aku singkat biar cpt slese, dia tau lho dan minta ulang ceritain yg bener. Jadi ya dinikmati aja deh mumpung anaknya suka hehe..

    @desy: samaan ya sama zaheer. Jd kadang org pikir anakku gak aktif atau gimana kok diem aja. Mana nggak mau ngumbar senyum ke org asing. Kalo udh kenal dan nyaman baru deh cuwawa'an hehe.. Padahal kl di rumah sendiri ampun2an gak bisa diem ya hehe :p

    ReplyDelete
  11. Wuah..Kak Kyara makin pinter aja. Mamanya aktif banget ngajarinnya. Emang bener ya mam, umur2 segini anak susah banget dibilangin. Dita juga Masya Allah ngeyelnya minta ampun hahaha. Soal Kyara masih nenen dinikmatin aja mam. ASI masih banyak ini. Kalau aku sudah menipis nih.. Selalu sehat ya Kak Kyara :-)

    ReplyDelete
  12. hihihi... lucu liat poto kyara pura-pura punya dede di perut.
    yup semoga kyara tambah pinter dan sehat ya...

    ReplyDelete
  13. hahah PRmu dari kyara kok sama dengan PRku dari Tole ya Tik ? berat nih jelasinnya ....
    Aku nyusuin Tole sampe umur 2 taun 8 bulan n sama persis dengan kondisimu deh, mulai ada orang yang sinis waktu itu. Aku sih gak nyesel sama sekali, toh aku juga full time mom, ASIku mencukupi tuk 2 bocah n akuun juga gak lupa makan makanan yang bergizi. Masing2 anak kan beda, gak semuanya gampang disapih dengan halus atau kita juga ortunya ada alasan tertentu tuk gak stop kasih ASI ke si buah hati. Whenever you're ready bu ....

    ReplyDelete
  14. wah kyara masih nenen ya....ati2 lo bisa keterusan sampe gedhe, soale ada sodaraku dulu sampe SD ga mau lepas nenen...semoga aja kyara nggak ya :D

    kyara hebat deh...dah pinter pake sepatu sandal sendiri, dah pinter berhitung..seneng baca lagi..salut banget ma ketelatenanmu bun..

    oya hobi kyara yang suka nonton barney sama ma ki;...dia dah dari umur 6 bulan suka aku puterin barney, mpe sekarang masih seneng...

    ReplyDelete

Powered by Blogger.