Wednesday, May 26, 2010

Kue Cubit Sederhana

Siapa tak suka kue cubit??? Tau dong kue cubit yang bisasanya jadi jajanan anak SD yang dijual sama abang2. Apalagi kalo kue cubit nya masih 1/2 mateng, melted gitu, nyammmm....

Terakhir makan kue cubit kapan ya, kayanya pas jaman baheula, pas SD dulu (hyakkk tuwir banget kesannya). Nah beberapa waktu lalu entah kenapa tiba2 pengen kue cubit sangat! Kayanya sih gara-gara pas jalan-jalan sore nemenin Kyara naik sepeda di komplek ada tukang jualan kue cubit. Pengen beli tapi malu lawannya bocah2 gitu :D

Sampe rumah langsung browsing resep kue cubit. Banyak banget, tinggal pilih deh mau yang mana. Yang original persis kaya kue cubit abang2 juga ada karena resepnya bener-bener dr abang2nya langsung. Nah rata2 resepnya melalui proses mencampur pake mixer. Hah berhubung malas pake acara ngluarin mixer cuma buat bikin kue seuprit gini aku ngga mau pake resep yg ribet. Sebenernya sih ngga ribet, saya aja yang malas :D Jadi dipilihlah resep kue cubit paling sederhana, gak pake nge-mixer,tinggal aduk2 doang :D
Resepnya lupa diambil dr situs mana, tp resep ini udah aku modifikasi sedikit. Resep ini super gampil, tinggal aduk, dan enak tentunya. Sekarang dijadiin cemilan buat Kyara juga deh dan dia suka banget!

Bahan:
125 gr gula pasir
125 gr tepung terigu
2 butir telur
3 sdm susu bubuk
80 ml air matang
3/4 sdt baking powder
1/2 sdt vanila
1/2 sdt TBM
meises dan keju untuk taburan

Cara Membuat:
1. Campur gula, terigu, susu bubuk, baking powder, TBM dan vanila, aduk hingga tercampur rata
2. Masukkan telur, air matang sedikit demi sedikit, kemudian aduk terus hingga tercampur rata
3. Diamkan sebentar
4. Masak, tuang ke atas cetakan kue cubit. Saat kue cubit mulai 1/2 matang (sudah muncul lubang2) taburi dengan meises atau keju sesuai selera, lalu tunggu hingga tingkat kematangan sesuai selera.

Sebaiknya dimasak diatas kompor api kecil supaya ngga cepet gosong, dan cetakan kue cubit jangan langsung bersentuhan sama api. Aku udah nyoba jadinya bagian bawah cepet gosong padahal dalamnya belum mateng. Kalo di rumah aku kebetulan punya alat untuk bakar masakan diatas kompor, nah besinya kan berkaki tuh, jadi cetakan aku taruh diatas si besi aja jd agak ada jaraknya antara api dan cetakan. Kalo masalah ini sebenernya gimana seninya masak kita aja. Pinter2 aja ngakalin gimana biar ngga cepat gosong.

Untuk cetakan kue cubit, beli di pasar senen pas eyangnya kyara kebetulan kesana. Dimana-mana sih banyak kok paling beda harga aja. Di pasar senen dapet harga 5000 rupiah saja! Awalnya 15rb, krn eyangnya Kyara abis ngeborong alat rumah tangga disitu, jd dikasi harga 5ribu saja untuk cetakan kue cubit. Ini cetakan versi murah ya. ada yang versi mahal, harga sekitar 60-70rb, dari besi hitam yang kuat banget itu lho, tapi bukan teflon ya. Mungkin bahannya kayak yang untuk bikin martabak manis kali ya, tebel dan kuat. Nah karena buat iseng aja jd saya yg amatir ini pilih yang murah aja.

Kyara doyan! Sekali hap, langsung abis 3 biji. Lumayan lah untuk cemilan Kyara dan mamanya :) Kalo bikin sendiri terjamin pula kebersihannya.

Selamat mendoba.....


13 comments:

  1. Kakak Kyara, D'Luna boleh minta kue cubitnya gak?

    Wah, emang camilan yang dibikin sang mama pasti langsung dilahap... Enggak heran, kalo Kyara langsung mkn 3 kue heheee....

    ReplyDelete
  2. Wah wuenak neh kue cubitnya...boleh di coba untuk cemilan azam dirumah..makasih mama kyara resepnya

    ReplyDelete
  3. Huwaa.. kayaknya enak nih.. mau donk kaka kyara. Aku copas ya mam resepnya buat coba dirumah nanti pas liburan.. makasih..

    ReplyDelete
  4. mau ah nyontek reseppnya..

    ReplyDelete
  5. cocok bener nih buat cuaca hujan gini, salam kenal ya bun. btw gambar di blognya sama kaya blog lama ku :)

    ReplyDelete
  6. mau dooong kue cubitnya, yg anget yaaaa hehehe...

    ReplyDelete
  7. Baca resep & lihat fotonya jadi pengen banget, nih mbak.

    ReplyDelete
  8. Pasti enak ya Kyara kue cubit buatan mama :-)

    Mbak Motik rajin banget ya bikin2 kue gak kayak aq niy pemalas mau nya terima beres hehehe....

    ReplyDelete
  9. Wah jeng Motz emang jempolan neh dalam hal mengeksplor dapurnya. Tar tak coba yah Jeng, kalo udah hasilnya gw laporkan kepadamyu :-)

    Kiss buat Ka Kyara yang cantik

    ReplyDelete
  10. Mau dong kue cubitnyaaa... :)

    ReplyDelete
  11. hmm... kayaknya yummy deh.
    Bagi kue cubitnya dunk kyara...

    ReplyDelete
  12. nanya doong... adonannya harus dikocok pakai mixer atau cukup pake tangan aja....

    ReplyDelete
  13. nanya doong... adonannya harus dikocok pakai mixer atau cukup pake tangan aja....

    ReplyDelete