Kyara Sakit Gigi :(

Duhh banyak yg pengen di posting sebetulnya. Tapi akhir2 ini keadaan tak memungkinkan (sok sibuk banget :D ) Penyebabnya, karena lagi konsen ke Kyara tersayang yg abis sakit gigi. Smoga sharing mama Kya ini bisa memberika informasi buat para ibu2 cantik diluar sana...

Awalnya, sekitar 2minggu lalu kyara suka ngeluh gigi depannya sakit. Karena Kyara suka becanda bilang ada yg sakit pdhl nggak, jd mamanya santei ngga ambil pusing laporan si anak. Yup, kyara tuh doyan becandain kita dengan bilang misalnya: ''tangan yaya (baca: kyara) acit ma.. dikasih apa ya..'' kalo udah kaya gini berarti minta dipakein betadine. Yak demen banget dia pake betadine setetes trs ditiup2 bagian yg pura2 sakit itu. Jadilah pas kyara lapor gigi depannya sakit, aku cuek. Karena biasanya kalo lapor giginya sakit artinya bisa juga minta gosok gigi. Lagian si bocah juga masih tenang, ngga rewel, santai seperti bisa, jd aku semakin yakin kalo Kyara iseng aja bilang giginya sakit.

Weekend 19-20 Juni, kami sempet nginap semalam di puncak yang diadain sm kantornya mertua dalam rangka pelepasan karyawan yg pensiun. Nah di puncak itu lagi-lagi Kyara ngeluh giginya sakit. Aku cek ngga ada apa2 (sariawan, gusi bengkak) di giginya.

Hari senin, kyara mulai rewel. Aku berpikir kalo Kyara kecapekan berat karena pas pulang dari puncak kemarinnya itu macet banget. Bayangin, berangkat dari penginapan di daerah Cipanas kota bunga jam 9.30, sampai bawah masuk gerbang tol menuju Jakarta jam 4! Sampe rumah jam 6 sore. Gila bayangin aja dari Cipanas ke Ciawi moso 6jam, udah kek dari Jakarta ke Cirebon tuh! Ngga jelas macetnya kenapa. Aku simpulkan penyebab macet adalah perpaduan antara buka tutup jalur puncak, ada menteri lewat, dan parkir semrawut taman wisata matahari yang berimbas macet mengular sampe atas grrrrrr......... Nightmare banget di mobil, rewelnya bikin stress.
Back to topic, jd hari senin Kyara mulai rewel yang awalnya kukira karena kecapekan. Hari Senin itu sebetulnya masih dibilang ceria, makan juga banyak seperti biasa (malah cenderung ngemil terus gak brenti2), tapi mulai agak cranky, sensitif, maunya digendong terus dan gampang nangis.

Karena hari senin itu Kyara mulai cranky dan maunya digendong seharian, malamnya mamanya mulai lelah jiwa raga (lebay...) karena sejak di puncak udah kurang tidur dan sampe jakarta pun kalo malem cuma dapet tidur 1 jam karena tidur malamnya Kyara gelisah dan nggak tenang banget. Karena itulah aku jadi ikutan sensitif sampe2 karena masalah sepele jadi berantem sama ayahnya Kyara :(

Selasa pagi, bangun tidur Kyara langsung rewel. Aku juga masih kurang tidur dan masih kesel berat sama si ayah. Kebetulan hari itu ayah ada dinas ke luar kota 3 hari dan berangkat dinas dengan kondisi kita masih diem2an hehehe... Nah selasa pagi itu Kyara bolak balik ngeluh giginya sakit. Nggak mau sarapan dan hanya mau susu UHT 1 kotak. Yak salahkan saya, si ibu yang nggak percaya  sama laporan anaknya dan meyepelekan keluhan anaknya. Andai saat itu aku lebih tanggap, aku pasti akan minta Kyara untuk kumur air garam supaya sakitnya berkurang. Tapi dipikir2 Kyara pasti ogah kumur juga karena mulutnya mulai nggak mau kemasukan apa-apa.

Seharian itu Kyara rewel berat, nggak mau turun dari gendongan dan yang paling sedih dia nggak mau kemasukan makanan maupun minuman apapun. Aku tau Kyara laper atau haus karena tiap disodorin makanan dan minuman dia ambil dan berusaha masukin ke mulutnya. Tapi baru mau mangap langsung nangis kejer kesakitan. Menjelang siang, tantenya Kyara (adekku) menyadari kalo bibir atas Kyara membengkak. Aku masih menyangkal kalo itu bukan bengkak. Yak lagi-lagi kok dodol banget ya gw :(
Selang 1 jam aku perhatiin dan mulai percaya kalo bibir atas Kyara emang bengkak. Perkembangan bengkaknya pesat banget karena hanya dalam hitungan 1-2 jam bibirnya jadi bengkak gede banget. Saking besarnya sampe untuk mangap pun mulai nggak bisa dan bibir bawahnya yang mungil jadi nggak keliatan ketutupan si bibir atas :(
Langsung aku kasih paracetamol untuk meredakan nyeri nya. Pake di cekokin pula karena Kyara nolak minum obat. Ya Allah maafin ya nak, pasti kamu buat mangap aja sakit banget :( dan akhirnya abis minum obat bisa tidur deh. Mungkin karena pengaruh obat jadi tidurnya enak banget dan lumayan lama. Nah pas Kyara tidur inilah aku sempet tulis di twitter tentang keadaan Kyara. Kepengen meluapkan perasaan (abisnya mau meluapkan perasaan ke ayah tp lagi diem2an hehehe), tapi ternyata di respon sama ibu2 tercinta. Dari sekedar ngucapin semoga cepet sembuh, sampe menyarankan ini itu. Dan karena saran dari ibu yang baik hati itulah akhirnya aku berencana bawa Kyara ke dokter gigi, bukan ke dokter anak. Yak tadinya rencana mau aku bawa ke dokter anak, karena menduga bengkaknya gara2 alergi. Kyara emang punya boneka baru dan suka cium2in bonekanya, jadi aku sangka karena bulu bonekanya itu yang bikin alergi sampe bibirnya bengkak. Padahal setelah dipikir2 Kyara nggak ada alergi sama debu. Tapi pikiran berubah karena saran dari temenku. Ah emang deh kalo lagi stress nggak bisa mikir, jadi terimakasih banget buat temen2 yang udah kasih support dan nemenin mikir via twitter dan facebook :)

Bangun tidur Kyara rewel lagi dan tetep nggak bisa makan minum :( Bengkak semakin besar udah kek abis ditonjok. Menjelang sore, mungkin karena udah nggak tahan kelapaeran banget akhirnya bisa masuk juga susu UHT 1 kotak. Habis itu berangkatlah kita ke dentist. Alhamdulillah Kyara kooperatif  banget dibawa ke dentist. Thanks to buku cerita Barney yang judulnya 'pergi ke dokter gigi', jadi Kyara cukup tenang pas diajak ke dokter gigi :) Karena kejadian ini jugalah, akhirnya jadi baikan sama si ayah. Mana tahan menghadapi anak sakit sendirian, jadi lupakan berantem nggak jelas karena lagi sensitif semalam dan saling menyemangati dari jauh :)

Pas di periksa dokternya bilang hanya ada 2 kemungkinan penyebab bengkak bibirnya itu. Yang pertama, karena jatuh atau membentur sesuatu sampai bibirnya bengkak. Yang kedua, karena infeksi pada syaraf giginya. Kalo karena jatuh jelas nggak mungkin karena Kyara memang nggak jatuh sampe bikin bibirnya jontor, jadi bisa dipastikan ini karena infeksi di syaraf giginya. Kenapa bisa sampe infeksi? biang keroknya adalah karies gigi. Yak memang gigi seri bagian atas Kyara ini udah keropos dan siap2 hilang karena habis terkikis :( Kata bu dokter disebut bottle caries. Kenapa namanya bottle caries, ini maksudnya adalah caries yang disebabkan kebiasaan minum susu pakai botol sampai si anak tertidur sehingga banyak sisa susu yang mengendap di mulut. Sisa susu yang nempel di gigi inilah yang akhirnya jadi sarang bakteri yang kemudian menggerogoti si gigi sampai habis. Lho tapi Kyara kan nggak ngedot, nggak mimik susu pakai botol, kok bisa kena juga? Ya bisa karena dari dulu Kyara biasa menyusu ke mamanya alias nenen sampai tertidur. Tengah malam kadang masih kebangun minta nenen pula. Sejak disapih 2 bulan lalu kebiasaan nyusu sampai tertidur itu udah nggak ada lagi dan sejak disapih Kyara bukan tipe yang bangun malam minta susu, jadi tidurnya nggak kebangun-bangun, bablas sampai pagi.  Jadi sekarang kalo tidur mulutnya bebas susu tapi udah telat karena kariesnya kan terjadi udah lama. Jadi mau dari media botol ataupun nenen langsung ke gentong emaknya sama2 kebiasaan inilah yang mengundang bakteri bersarang dan menggerogoti si gigi. Jadi biasanya korban bottle caries itu adalah gigi bagian atas.

Kemarin itu ada juga temen yang tanya, Kyara rajin sikat gigi nggak kok bisa sampe karies gigi. Yak Kyara rajin sikat gigi kok. Tapi apa gunanya kalo sebelum tidur gigi udah bersih disikat tapi habis itu nyusu sampai tertidur. Nah sama aja kan berarti sisa2 susu tetep aja tinggal di mulut. Aku juga baru tau kalo karies ini ada hubungannya dengan gen/bakat. Kalo punya bakat gampang kena karies, mau rajin gosok gigi kayak apapun ya bisa kena karies juga, contohnya ya Kyara ini. Tapi ada juga yang nggak bakat karies, contohnya seperti anak tetanggaku. Kata ibunya, anaknya itu (3th) nggak pernah mau gosok gigi sama sekali tapi aku liat giginya rapi banget nggak ada yang keropos. Jadi memang bakat-bakatan juga soal karies ini. Kebetulan kata mamaku, aku dulu juga karies parah. Lebih parah dari Kyara malah hehe... Mungkin itu juga kenapa jadinya Kyara gampang kena karies selain karena penyebab utama si kebiasaan nyusu sampai tertidur tadi.

Akhirnya sama bu dokter di kasih antibiotik untuk infeksi syaraf giginya, ibuprofen untuk penurun demam dan obat nyeri, dan salep untuk bengkaknya. Kyara ini tipe anak yang suka obat, maksudnya gampang disuruh minum obat atau vitamin. Tapi kalo lagi sakit kemudahan itu hilang. Ngasih obatnya pake acara berantem dan nggak bisa sendirian karena ngamuk parah. Nggak tega tapi itu semua demi sembuh ya nak... Tiap menit yang aku perhatiin bengkak di bibirnya apa udah berkurang atau belum. Kasian banget liatnya :(

Rabu paginya bengkak udah mulai berkurang meski masih kategori bengkak. Yang terpenting Kyara udah bisa mangap dan mau kemasukan makanan minuman. Sarapan pakai cream soup dimakannya pake sedotan karena belum bisa mangap lebar. Ngemilnya pun apel yang di kukus supaya empuk dan puding roti. susunya juga udah mulai banyak. Pokoknya hari itu seperti balas dendam karena dia nggak makan seharian kemarin. Rasanya mau nangis bahagia!!! Aku takut banget kalo sampe masih nggak mau makan nanti jadi dehidrasi dan harus diinfus. Alhamdulillah meski masih bengkak hari itu Kyara udah mulai ceria dan mau makan banyak.. Bengkaknya makin lama makin kempes dan bibirnya mulai mungil lagi. Minum obatnya pun udah gampang karena udah nggak terlalu bengkak.

Kamis pagi bengkaknya bisa dibilang udah hilang. Rasanya keliatan masih agak tebel sedikit bibirnya, tapi udah bisa dibilang nggak bengkak. Kamis sorenya pun udah bisa diajak jalan2 belanja bahan makanan sebentar. Alhamdulillah penyembuhannya cepet banget dan Kyara tetep doyan makan. Karena sebetulnya badannya sehat, hanya giginya yang sakit, jadi nafsu makannya Alhamdulillah tetep besar. Tapi yang namanya sakit gigi kan hubungannya ke syaraf, jadi pasti kepala juga ikutan sakit. Lha kita aja kalo sakit gigi rasanya pengen marah2 dan sakitnya bisa sampe ke kepala. Jadi nggak kebayang deh kalo yang ngalamin anak sekecil ini.

Jadi selanjutnya treatment apa yang harus dilakukan? Ya rajin gosok gigi aja seperti biasa karena sekarang kan Kyara udah ngga pernah nyusu sampai tertidur sejak disapih. Mungkin karies ini juga bisa terjadi sama anak yang doyan permen. Tapi untuk kasus Kyara, aku nggak pernah kasih permen ke Kyara kok. Jadi tersangka utamanya adalah kebiasaan nyusu sampe tertidur itu dan didukung adanya bakat karies. Untuk pelajaran, nantinya kalo hamil anak kedua aku harus konsumsi kalsium lebih extra untuk mengantisipasi hal2 kayak gini. Dari artikel yang aku baca hasil googling, kalo kita ada bakat karies, pas hamil harus konsumsi kalsium/vitamin kalsium lebih extra untuk meminimalisir hal kayak gini., jadi gigi si anak lebih kuat. Karena kita nggak tau nantinya pas lahir kebiasaan si anak seperti apa menjelang tidur. Ada anak yang bisa tidur sendiri, ada yang nayaman kalo sambil menyusu, ada yang bisa tidur hanya dengan di tepuk-tepuk. Kalo Kyara, waktu bayi bisa tidur di gendong atau di tepuk2. Di atas 3 bulan lebih suka tidur di tempat tidur tapi nggak mau hanya di pokpok, mesti pake nyusu juga sampe tertidur. Sejak disapih, tidurnya hanya di elus2 atau di pokpok atau tidur dengan sendirinya sambil peluk guling dan nggak pernah bangun malam minta minum. Jadi ini adalah pelajaran berharga buatku juga. Mungkin nanti adiknya Kyara akan aku tegaskan no nenen sebagai pengantar tidur. Tapi biasanya prakteknya lebih sulit dari niat dan teori *sigh* . yah let see....

Oiya setelah dari dokter kan aku tulis di twitter gimana perkembangan Kyara. Terharu banget karena banyak banget temen2 yang merespon dan kasih semangat :) Berasa ditemenin pada saat suami lagi dines nggak bisa nemenin. Semua perhatian dan support amat sangat berarti dan bikin aku semangat. Meski cuma ketemu di dunia maya dan nggak semuanya pernah ketemu, tapi perhatiannya besar banget seperti sahabat. Alhamdulillah punya temen ibu-ibu muda yang penuh perhatian yang ngga bisa aku sebutin satu persatu disini. Love you mamaks.....

So, buat para mama, kalo anaknya sekarang masih punya kebiasaan nyusu sampai tertidur, mungkin bisa mulai dikurangi dan dihilangkan supaya nggak kejadian seperti Kyara.

aku sudah sembuh ma... siap main kecoa plastik, mau aku cium kecoa nya :)

21 Comments:

  1. Alhamdulillah Kyara udah sembuh ya mam. TFS. Masalah tidur sambil nenen itu kayaknya yg susah dihilangkan nih mam. Sampai skr meski ASI saya sudah sak-uprit Dita masih nyari2 kalau malem hehehe. Bener mam, ibu hamil harus banyak mengonsumsi kalsium. Jadi kapan mau hamil lagi? hehehe. Saya belum "goal" nih :D

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah ka kyara udah sembuh sekarang.. Wah ternyata begitu ya.. sama nih mam problemnya shishil juga susah tidur kalo ga sambil nenen, walaupun bangun malem ga mesti nenen, paling minum air putih abis itu tidur sendiri. Hmm.. mungkin harus lebih di intensifkan lg sikat gigi malamnya. Salam untuk ka kyara ya dari dek shishil..

    ReplyDelete
  3. Allhamdulillah udah gak sakit ya gigi nya sayang, btw Pascal suka foto nya nih yang monyong katanya :)

    ReplyDelete
  4. Kyara kompakan nih sm Naima. Nai juga lagi pengobatan di dokter gigi krn giginya bolong & jadinya sakit gigi. Bibirnya sp bengkak krn yg sakit kan gigi bagian depan :)

    ReplyDelete
  5. Duh ... kasian sekali ... iya ya mbak. Binbin suka minum susu sebelum tidur & ga kumur ma air. Gimana kalo giginya sakit, ya? hiks ... musti ingat tipsnya deh. Trims ya

    ReplyDelete
  6. infonya menarik nih. Luna jg masih minum susu malem2, tp giginya blm nongol hehehee...bisa kena karies gak?

    Untung Kyara udh sembuh yach... hmm, tp jg nyium kecoa plastik dong, cium mama aja....

    ReplyDelete
  7. syukurlah kyara dah sembuh lagi na dah mau maen ma kecoa lagi.

    thanks infonya, sebelum disapih zaheer juga termasuk yang bisa tidur sambil nenen. tapi untungnya sampe sekarang giginya oke-oke aja walopun gosok giginya agak ogah-ogahan. mungkin emang pengaruh gen juga kali ya jeng. duh aku masih harus menggalakan gosok gigi nya zaheer nich. kyara ajarin donk...

    ReplyDelete
  8. Alhamdulillah yah Tik Kyara udah ga sakit gigi lagi. Kebayang deh mana laki dinas, mana anak sakit. Hadoooohhh!!

    Duh gw juga ngeri banget neh coz Zahia males2an sikat giginya. Gw yang nyikatin eh tu anak ogah2an bka mulutnya. Mana gw dan laki ada bakat gigi keropos pula. Musti ekstar hati2 neh untuk kesehatan gigi Zahia.

    Tapi sama ama lo Say gw juga kaga pernah kasih Zahia permen.

    Hihihi Ka Kyara sekseh pisan tuh bibirnya yang mo nyium kecoa :-)

    ReplyDelete
  9. alhamdulilah udah sembuh,
    sabine kan juga nyusu dan pasti suka sampe tidur, tp gmn ya? masa udah tidur kita bangunin dulu, yg ada ntar malah rewel :(

    ReplyDelete
  10. Ah gw telat bacanya,...sukur deh Tik Kyara udah sehat en ceria lagi.

    Pengalaman loe ini jadi referensi gw nih. Soalnya FAdly rada susah sikat gigi (diajak mau, tapi mangap beneran kek kita rada ribet), udah gitu klo malam kadang masih suka minta minum susu lagi. Tapi...hehehehe kok masih pembelaan pake tapi....Fadly doyan banget minum air putih. Dan setiap kali abis nyusu pasti teriak2 minta air putih lagi...


    Duh semoga Fadly ga ikutan ngalamin ya secara dia klo minum obat susah bangettt

    ReplyDelete
  11. Syukur ya udah baikan.
    Pastilah berat rasanya kalo anak sakit trus suami gak di samping, serasa kehilangan tempat bernaung. Aku ikutan deg2an bacanya, soalnya vaya kan suka ngedot juga sambil tidur, duh takut juga nih, mudah2an gak ada masalah2 sama gigi. Dia blm pernah k dokter gigi, takut aja...

    ReplyDelete
  12. weh ikutan sedih membayangkan kyara sakit gigi ampe bibirnya bengkak kayak gitu.
    syukur deh kalau sekarang dah ok lagi

    ReplyDelete
  13. ayo kyara, abis ini rajin sikat gigi yaaa..duh itu kecoa plastiknya bikin tante geli...takuutt

    ReplyDelete
  14. Alhamdulillah Kyara sudah sembuh....mmmh info yang bagus, thanks a lot ya mom

    ReplyDelete
  15. Mbak,betapa bersyukur nya aku bisa ketemu mbak motik walopun cuma di dunia maya. Anak kita seumuran jadi perkembangan (dan permasalahan nya) hampir sama. Jadi berasa ada temen senasib Gigi seri naya juga karies, sekarang tinggal setengahnya. Naya emang sempet minum pake botol sampe umur 30 bulan. Aku juga sempet curiga gr2 minum botol sebelum tidur itu yg jadi penyebabnya. Kl minum uht plain sebelum tidur, bisa karies juga gak ya? TFS ya mbak ;)

    ReplyDelete
  16. @bundit: meski dita bobo sambil nenen, semoga aja giginya lebih kuat ya biar nggak kejadian kayak kyara. ayo bun jangan patah semangat, nanti pasti 'gol' juga :)

    @herien: makasih tante, kyara udah sembuh sekarang :) shisil yang rajin ya sikat giginya...

    @lidya: ya ampun pascal suka foto yang monyong ya :) biar bibirnya seksi nih makanya kyara monyong2 hehe...

    @ke2nai: ya ampun nai lagi pengobatan ya. cepet sembuh sayang...

    @susi: kalo udah ketiduran emang susah mbak buat dikumurin air. ya gimana lagi, saya kadang suka basuh giginya pakai air kalo kyara udah ketiduran. tp emang harus ati2 banget takut malah bikin bangun.

    @bunda fisa: justru sebelum gigi de' luna nongol dijaga ya bun... kalo lagi mandi di gosok pakai kain kassa aja. atau pas tidur gusinya di gosok pakai kain kassa yang dililit di jari kita. ya harus pelan banget biar nggak kebangun. sehat terus ya luna.. :)

    @desy: wah zaheer beruntung deh kalo gen nya bukan gen yang cepet keropos. Kayak anak tetanggaku mbak, kata ibunya nggak pernah gosok gigi dan jarang minum air putih. susunya kuat banget. tapi giginya rapiii banget. memang bakat nya nggak cepet keropos berarti. yuk sikat gigi bareng2 sini zaheer...

    ReplyDelete
  17. @susan: Dulu Kyara juga sempet susah sikat gigi, tapi akhirnya mau. Kl lagi rajin ya sikat gigi terus. kalo lagi males ya ogah2an hehe...

    @della: iya del, emang susah ya. kalo kita paksa minum air putih ato sikatan malah jadi kebangun. kata dokter giginya kemarin, paling nggak pas tidur dibasuh pake kain kassa aja yang di lilit di jari kita. kan kalo anak tidur suka sampe mangap tuh. tapi ati2 jgn sampe kebangun.

    @sally: sip kalo fadly doyan air putih. paling nggak dia kan jadi kumur2 tuh. semoga fadly gak cepet keropos ya giginya...

    @mami vaya: semoga vaya giginya kuat ya... kalo emang dasarnya giginya kuat, bisa aja giginya ngga cepet keropos kok mami

    @entik: makasih tante... Alhamdulillah Kyara udah sehat lagi :)

    @vera: tante, main kecoa plastik sama aku yuk... :)

    @ibuDzakyFai: makasih tante :)

    @Putri: halo put... ih masih manggil mbak aja deh :) ntar diketawain suamimu aku dipanggil mbak. kan kita cuma beda setahun tho heehe...
    wah naya juga karies ya. Kyara pun gigi seri depannya udah hampir habis lho. padahal taring atasnya putih bersih dan kuat. yah skrg aku terima nasib aja. mamaku dulu juga punya anak semuanya giginya kena karies hehe... jadi ya berbesar hati aja. yang udah keropos ya udah, skrg gimana merawat supaya gigi lain nggak ikut keropos. kata dokter gigi kmrn, minum yg plain atau manis, judulnya nyusu smp tertidur. jadi sisa susu itu kan numpuk di rongga mulut, lama2 jadi sarang bakteri. Nah kalo anaknya bakat karies, bisa cepet banget bereaksi deh tuh. Kalo nggak bakat karies, ya mungkin life time si gigi lebih lama hehe... Seneng kok put kalo bisa berbagi, keep sharing ya :)

    ReplyDelete
  18. Aduh Mak, gue jadi deg2an bacanya. Secara gue masih kecil sering bgt sakit gigi, sampe trauma deh skrg >_< Dan nyebelinnya, Nadira gak suka sikat gigi! Kudu berantem dulu pula, hiks. Padahal gue keukeuh ngebiasain dia sikat gigi supaya dia gak ngalamin sakit gigi yg gue alamin dulu.

    ReplyDelete
  19. wah ini sama banget ama anakku Bunda Monik...
    anakku sekarang juga lagi jontor bibir atasnya gara2 gigi atasnya caries :(

    ReplyDelete
  20. Anakku keknya jg lagi ngalamin nih mba, malem bilang sakit gigi,paginy dah komite:(

    ReplyDelete
  21. gigi Kyara skrg gimana bunda Motik? udah tumbuh gigi tetapnya donk ya? digimanain gigi susu depannya yg karies itu? soalnya anakku sekarang 3 tahun, giginya karies juga, beberapa udah tinggal akar2nya, rata sama gusi.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.