Review Playground: Rumah MainMain dan Giant Playground SCP

Anak mana yang nggak suka main di playground? Semua anak pasti suka main playground.
Jaman dulu playground masih sederhana ala playground TK yang terbuat dari besi warna-warni. Yang seringnya karatan terus di cat ulang kalo yang punya playground bermodal hehe... Kalo kejedot mainan itu rasanya lumayan keras karena membentur besi. Termasuk saya, yang waktu kecil dibeliin ayunan yang ditaro di halaman rumah. Bibir ini pernah jadi korban terbentur ayunan besi sampe monyong dan berdarah :D
Sekarang, playground lucu-lucu dengan bahan yang lebih kids friendly. Kalo kejedot playground pun rasanya nggak sekeras kejedot mainan playground yang terbuat dari besi.

Waktu aku kecil, tinggal di komplek yang kebetulan ada arena bermainnya, gratis pula. Ada perosotan, gelantungan, njot-njotan, ayunan, yang semuanya terbuat dari besi. Kena panas hujan lama-lama jadi karatan. Tapi namanya anak kecil, biar karatan juga enjoy aja. Tempat tinggal yang sekarang kebetulan nggak ada fasilitas playground buat Kyara main. Jadi kalo mau main playground kemana? Ya palingan ke mall atau tempat khusus playground atau resaurant yang ada playgroundnya.

Di mall deket rumah ada beberapa pengusaha playground kecil2an yang buka lapak. Dulu kalo pas wiken mati gaya dan males pergi jauh-jauh, kita suka ajak Kyara main playground disana. Ada 4 playground berbeda tempat yang harganya cukup murah, 7 ribu perak sepuasnya. Playground kayak gini udah menjamur deh. Kayaknya bisnis yang cukup menguntungkan. Waktu baru buka dulu, playgroundnya masih bersih banget, Kyara dan kami pun cukup enjoy apalagi murah meriah! Dari 4 playground itu, ada 1 playground favorit karena paling luas dan bersih. Tapi entah kenapa kok malah tutup duluan. Nyoba playground lain, ternyata keadaannya sudah sangat tidak ok. Karena murah jadi terlalu banyak anak yang main dan sayangnya mereka sangat tidak menjaga kebersihan. Ibu2nya pada ndeso! nyuapin anak sambil main padahal jelas tertulis nggak boleh bawa makanan&minuman ke area playground. Jadilah kami sering nginjak nasi dan aneka minuman yang tumpah di lantai playground. Petugasnya pun nggak negor, takut kehilangan pelanggan kali ya. Akhirnya sejak itu kita nggak pernah ajak Kyara main playground di sana lagi.

Setelah itu kita jadi lebih seneng main playground di Pondok Indah Mall. Di PIM kan bertebaran playground gratisan di tiap sudut tuh. Dateng pagi biar masih sepi, puas deh main perosotan dan ayunan gratis dan bersih pula. Pengunjungnya lebih beradab hehehe... Resikonya, meski playgroundnya gratis, tapi kantong sering jebol karena kalo ke PIM ngga mungkin cuma ngajak Kyara main perosotan doang terus pulang. Pasti ada jalan2nya, cuci mata, window shopping, makan siang, beli printilan kecil2 yang lucu pas kebetulan lewat, atau Kyara minta naik kereta yang muter2 itu, yang kalo ditotalin habisnya jadi banyak juga :D Tapi kan nggak tiap minggu, jadi ya gpp juga sih sebenernya.
Playground gratisan yg kami suka ada juga di Puri Indah Mall, di dalam ACE hardware nya dan di dalam Galeri bagian pakaian anak2. Yang di Puri mall ini perosotannya lebih menantang buat toddler karena lumayan tinggi. Kalo yang di PIM kan pendek2, buat toddler perosotannya kurang nampol. Ya iyalah gratisan moso minta yang aneh2 hihihi... Abisnya Kyara udah nggak mau naik perosotan yang pendek, kurang menantang kali ya...

Sampe akhirnya baca review di the urban mama tentang playground rumah main-main di daerah bintaro, langsung deh tertarik karena nggak terlalu jauh dari rumah. Tadinya kan taunya playground itu selain ada di mall-mall (baik gratisan dan berbayar), ada juga di kemang seperti prefere 72, kemang playground, bondies playground, dll... atau cari resto yang ada playgroundnya. Si ayah ogah ke daerah kemang kalo ngga ada perlu karena jauh+macet. Jadi seneng banget pas tau ada playground di daerah bintaro. Ada juga playground di daerah serpong, yaitu giant playground Serpong Dream Land yang adanya di dalam perumahan serpong city paradise. Yang ini tau dari Cicha mamanya Shaina. Kali ini saya mau review 2 tempat ini.

Rumah Main-Main, Bintaro sektor 1

Main kesini karena nazar pas Kyara sakit gigi beberapa minggu lalu. Kita janji, kalo Kyara sembuh mau ngajak Kyara main playground :)
Rumah main-main ini beberapa kali kita lewatin pas ke bintaro, tapi nggak ngeh kalo ini arena playground. Adanya di Bintaro sektor 1, sederet sama masjid bintaro. Rumah yang disulap jadi arena bermain ini amat sangat nyaman buat anak-anak daripada playground di mall yang riweuh rame plus berisik. Kemarin kita dateng sampe sana jam 10 dan jadi pengunjung pertama hari itu. Nggak lama kemudian pengunjung lainnya dateng. Bayar untuk anaknya aja, yang nganter nggak bayar. Tiketnya berlaku sehari penuh. Jadi kalau cape atau bosen boleh pulang dulu terus silakan kalo mau balik lagi untuk main asal tiketmya jangan hilang dan hanya berlaku di hari yang sama.
Karena adanya di dalem komplek bintaro, jadi mungkin target mereka adalah penghuni sekitaran bintaro. Makanya silakan kalo anaknya cape bisa pulang bobo siang dulu trus ntar bisa balik lagi main sampe tutup.

Di rumah main-main ada 2 area, outdoor dan indoor. Bagian outdoor ada jaring2 penahan panas di atasnya, jadi kita nggak terlalu silau dan kepanasan kalo mainnya siang hari.
Indoor nya cozy banget! Buat orang tua juga disediain internet gratis sambil nunggu anaknya main. Semua mainannya bersih banget. Ruangan harum, berAC dan full music anak berbahasa inggris. Pokoknya masuk ke dalam suasananya ceria banget karena kita jadi ikutan nyanyi2. Kemarin itu enak banget pas pagi cuma ada Kyara dan 1 anak setengah bule (indo) yang main.

Hmmm... Melenceng dikit ya, btw, si anak indo itu ditemenin mbaknya main, sedangkan ortu nya ngedrop aja. Mbaknya disuruh main disana sama anaknya sampai dijemput bapak ibunya lagi. Selama main sempet ngobrol dikit2 sama si mbak karena mbaknya ramah banget dan setelah gw perhatiin si mbak selalu nyanyi ngikutin music bahasa inggris yang di setel. Kalah deh gw, si mbak hampir hapal semua lagu bhs inggrisnya. Mamanya Kyara tau lagunya tapi nggak semuanya hapal hahaha... Si anak indo itu keliatan sayang banget sama mbaknya, main cekikikan, guling2an, peluk2an, kejar2an, mandi bola bareng, seperti anak-ibu. Just wondering, anak itu begitu juga ke orang tuanya nggak ya. Aku liat ortunya cuma ninggal mereka aja dan si anak sejak awal nempel aja sama si mbak. Nggak negatif thinking sih, mungkin ortunya lagi ada urusan penting makanya anaknya dititipin sama mbaknya di playground. Tapi melihat kemesraan mereka dan si mbaknya keliatan sayang banget sampe dipeluk2in dan dicium2in terus si anak itu, aku sama ayah sempet berpikir sepertinya anak ini sangat dekat dan mesra sama mbaknya. Andai aku nggak tau mereka di drop, pasti aku mikir mbaknya ini ya ibunya, karena mesranya bukan main. Karena jujur, kalo aku jadi ortu si anak itu, pasti aku bakal cemburu berat liat anak kita lari dari jauh terus peluk cium mesra banget si mbak. Sedangkan pas ayahnya si anak sempet balik lagi nganter kaos kaki, si anak cuek aja tuh, ignore aja kalo ayahnya dateng. *udah ah kok jadi ngurusin mereka sih*

Menjelang siang baru berdatangan sekitar 5 anak lagi. Tetep aja enak nggak crowded kayak di mall yang mainnya kadang rebutan.
Karena tempatnya indoor dan luasnya juga terjangkau mata, jadi aku bener2 nggak khawatir membiarkan Kyara main sendirian. Tapi pas bagian panjat2 tetep emaknya ikutan. Pokoknya asik, orang tua juga jadi ikutan main :)

HTM:
Senin - Selasa                            Rp. 25.000
Rabu - Jumat                             Rp. 35.000
Sabtu, Minggu, hari libur           Rp. 45.000

Jangan lupa bawa kaos kaki dari rumah karena anak dan ortu wajib pakai kaos kaki. Kalo nggak bawa mereka juga jual kok. Bawa minum dan makanan kecil karena disana nggak ada resto nya. Kalo nggak salah hanya jual minuman dingin aja, makanan nggak ada sama sekali. Makanya kita bebas keluar dulu dan balik lagi untuk main sepuasnya.

 area outdoor


area indoor
mainan balok nya terbuat dari bahan keras tapi empuk, apa namanya ya...


 area indoor
eh mama mandi bola berdua Kyara, tapi gak di poto ah, malu emak2 ikutan mandi bola :D
Kyara capek bisa makan di high cair
ayah asik main internet

Kapan2 kalo Kyara pengen main sepertinya enak disini. Fokus menghabiskan energi si anak tanpa takut kantong ortunya jebol karena bukan di mall hahaha... Kalo cape pengen lunch palingan makan siang di sekitar Bintaro atau kalo mau irit ya bablas pulang. Dompet pasti selamat... :)

Giant Playground Serpong Dream Land, Serpong City Paradise

Tau tempat ini dari Cicha mama Shaina. Waktu itu rencana kopdar sama emak2 blogger disini tapi akhirnya pada nggak jadi karena berhalangan. Kebetulan aku bisa kesana karena hari itu ada urusan dari pagi di daerah serpong, jadi pulangnya sekalian mampir. da sempet ketemu sama Cicha dan Ocha.

Giant playground ini emang gede banget! Di bagian pinggir ada permainan pasir juga. Jadi nggak perlu ke pantei kalo mau ngajak anak main pasir. Pasirnya bersih pula. Waktu kesana jamnya nggak pas banget, jam 2 siang. Pas lagi panas-panasnya karena playgroundnya outdoor dan nggak ada jaring-jaring penahan panasnya. Jadi bisa dipastikan bakal mateng kalo tetep dipaksakan main. Akhirnya kita cuma berenang aja di sport clubnya yang ada di sebelah playground. Sepertinya kelemahan playground ini adalah nggak ada penahan panas di atas playground nya. Kasian anak2 yang main pasti bakal kepanasan. Padahal playground ini sangat besar dan pasti bikin anak ngiler nyobain, tapi panasnya itu lho... Jadi kalo mau main disini mending pagi banget atau sore sekalian. Kemarin itu habis renang ternyata hujan, jadi tetep aja belum nyobain playgroundnya karena abis ujan basah gitu kan nggak enak.

HTM Palyground: Rp. 12.000
HTM Swimming Pool: Rp. 16.000



swimming pool dan giant playground

Oiya, di serpong dreamland ini belum ada resto nya. Jadi siap2 aja bawa bekal dari rumah daripada kelaparan.

Nah, ada playground lainnya nggak ibu-ibu yang bisa dijadikan rekomendasi? di komplek sebelah juga ada sih playground outdoor, gratis fasilitas komplek itu. Tapi saya nggak enak ah, malu sama satpam clusternya. Bukan penghuni situ tapi numpang main di playground :D

15 Comments:

  1. asiknya, playgroundnya keren2 nih, kyara pasti seneng bener yach..Kalo di sekitaran Jaktim gak ada nie yang kayak gini...

    ReplyDelete
  2. asyik bener ya bisa main2 di playground dekat rumah,sama nih kaya ibuDzakyFai disini ada nya di mall aja :)

    ReplyDelete
  3. Ibu dzakyfai, mbak lidya, iya seneng bener nih ada playground enak di daerah bintaro deket rumah. Kalo di jaktim belum ada ya mbak? Jadi emang tempat rekreasi terlengkap ya ngemall ya. Pengennya nggak ke mall biar anak ngga konsumtif, tp gmn lagi emang yg lengkap ya di mall :D

    ReplyDelete
  4. Nasib sy kayak ibu Faidzaky & mbak Lidya. Gak terlalu byk pilihan kl di bekasi. Jd kalo mau ke playground emang hrs agak jauhan dikit :D

    ReplyDelete
  5. Asyik yah Tik tempatnya, bagus banget. Disini banyak playgroung gretongan. Tapi standard ajah. Yang lengkap ada kolamnya yang di Taman Buletan.

    Duuuhhhh, jadi inget dah 2 minggu ga ngajak Zahia ke playground. Nagih2 mulu tuh bocah, tapi Ayahnya dinas luar wae :-(

    ReplyDelete
  6. Asyiknya bisa main di sini,,apa Kyara ga ketagihan mbak?kalo saya pasti ketagihan internet gratis di Rumah Main,hehehe.kayanya daerah serpong ini berimbang ya proporsi main-mall nya.klo bahasa developer mah, konsep edutainment,hehe.lingkungannya jg ga se-riweuh Jakarta.
    *kpn yak bs main ke playground2 ini?*

    ReplyDelete
  7. @ke2nai: hihihi kayanya byk yg org bekasi ya :D

    @susan: disini sbnrnya ada aja sih yg gretongan. Biasanya di komplek2 suka ada, atau di taman rekreasi (eh tmpt rekreasi byr jg ya haha). Kepengennya gw, gratis dan harus bersih haha.. :D

    @mommy azki: hihihi kyara seneng pastinya. Tp Alhamdulillah kayanya ngga ketagihan. Contohnya, disaat anak2 pd ketagihan naik odong2, kyara ogah gak tau knp hehe..
    Saya kmrn sepakat gantian jagain kyara sama ayahnya. Jd kmrn ngerasain internetan juga.
    Kebetulan rumahku di ciledug, bukan serpong. Ke serpong tinggal lwt tol ato motong lwt alam sutera jd deket. emang sih kuliat serpong itu penataannya bagus ya.. Apa aja ada dan ngga se-riweuh jakarta :) mommy azki kl gak salah di tangerang jg kan ya..

    ReplyDelete
  8. Wah aku suka lihat yg Bintaro itu. Adem dan bersih ya. Emang yg penting itu kebersihan.

    Masa itu emak2 ndeso nyuapin anak kok di playground, emgnya main di kali apa? :))

    Pengen deh bawa vaya kesana. Soalnya kalau di mall kan muahal banget, ada yg sejam aja 40rb. Trs mo naik kereta-2an, emaknya jg ikutan bayar. Huu parah. Bangkrut lama2 :)).

    Hmm Tiq, aku tuh ga suka deh dgn model pengasuh yg berlebihan begitu. Aku selalu tekankan agar mereka tdk cium2 Vaya. Jd memang BS-nya ga berani cium2. Tp entah ya klo aku ga ada hahaa.. Tp untunglah Vaya tetap lebih cinta maminya drpd mbaknya. Biarpun aku 6 to 6, tp tetep sih cintanya hny u/ maminya, alhamdulillah. :)

    ReplyDelete
  9. @mami vaya: ayo mami kapan2 ajak vaya main di bintaro.. Enak banget krn homy kayak rumah sendiri :) vaya main, maminya bisa internetan. Kl aku disitu kelamaan jd ngantuk krn enak banget tempatnya hehe :D
    Iya mami, aku jg nggak suka kl si pengasuh berlebihan bgitu. Makanya aku heran itu kok dipeluk cium kayak anak sendiri ngelebihin ortu benerannya sampe2 bapaknya dateng si anak diem aja nempel sm mbak nya. Vaya pastinya paling cinta sama maminya dong.. :)

    ReplyDelete
  10. Wah Tik,...tempatnya bagus banget. Duh jauh sih dari rumah,...secara gw di timur, naik motor. Keburu Fadlynya bosen selama perjalanan.

    Klo tau ada yg di sekitaran jaktim kabar2i ya Tik....


    Gw juga suka bete ma BS/pengasuh yg terlalu berlebihan. Untung lah Fadly tetep cinta mati ma emaknya. Jadi gw ga merasa tersaingi deh :)

    ReplyDelete
  11. Terima Kasih atas apresiasi Ibu Motik kepada pihak Rumah MainMain Bintaro. Kami sangat senang apabila Ibu dan keluarga serta kerabat dapat kembali ke tempat Kami.
    Tanpa mengurangi rasa hormat.
    Kami ingin memohon ijin dari ibu agar dokumentasi ibu tentang Rumah MainMain dapat kami sertakan di Account Facebook Kami. Terima Kasih sebelumnya. Rumah MainMain Management.

    ReplyDelete
  12. rumah mainmain: halo... trimakasih udah berkunjung ke blog kami :)
    next time akan ajak anak kami untuk main ke rumah mainmain lagi :)
    untuk ijin dokumentasi, saya nggak keberatan asalkan gambar yg ada tidak di edit/dihilangkan sumber nya :)
    trimakasih...

    ReplyDelete
  13. Halo mom,
    Salam kenal. Jangan lupa weekend ini 25-26 Juni ada bazaar di Rumah MainMain. Kali aja bisa ketemuan :)

    ReplyDelete
  14. Aiiihhhh aku lagi gugling playground jadi kesini hihi...

    makasi infonya ^^ jadi pengen nyobain rumah main2 juga ^^

    ReplyDelete
  15. Playground giant kayanya boleh juga, murah.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.