Irrigation & Toilet Ear

Ini tentang kesehatan telinga ya, jadi maaf bukan bermaksud bikin jijik :)

Dulu pernah baca postingan Alissa mamanya Raja yang ini dan terpikir untuk membersihkan telinga Kyara di dokter spesialis THT juga. Rancana tinggal rencana, lama-lama kelupaan hehe...

Biasanya mama bersihin telinga Kyara 3-4 hari sekali atau paling banter 1 minggu sekali. Dalam kurun waktu itu kotoran telinga udah banyak banget deh. bingung juga sama kuping anak kecil kok bisa segitu kotornya padahal dibersihinnya rutin. Kalo kuping mama dan si ayah kayanya biar ngga dibersihin 1 minggu juga keliatannya bersih2 aja karena si cutton bud tetep putih bersih setelah selesai digunain. Kami bersihin telinga Kyara juga nggak berani sampe dalem. Palingan biasanya kita bersihkan daun telinga luar, bagian deket anting karena disitu rawan kotoran banget, liang kuping bagian luar yang terlihat mata, dan kalopun aga dalam sedikit menurutku masih termasuk luar karena bagian cutton bud yang putih (kapasnya) masih keliatan dari luar kok. Puas kalo bersihin kuping Kyara karena cutton bud nya selalu kuning dan kotor. Kayanya habis bersihin kuping Kyara dan liat dia jadi lega jadinya ikutan plong :)

Nak hari Rabu malam kita bersihin kuping Kyara sambil dia nonton TV. Setelah cutton bud dipakein baby oil supaya licin nggak bikin lecet mulai deh ritual kuping Kyara dibersihin. Yang kanan selesai, lanjut ke kuping kiri. Baru masuk sedikit cutton bud nya tiba2 Kyara nangis kejer :( Kebetulan kuping kanan yang bersihin mama dan kuping kiri yang bersihin si ayah. Si ayah jadi agak ketakutan juga karena dia yang bersihin kuping kiri. Kata si ayah cutton bud belum masuk, baru nempel liang luar tapi Kyara langsung nangis kejer. Akhirnya kita stop acara pembersihan kuping. Sebelum tidur ditanya lagi masih sakit nggak kupingnya, katanya udah nggak.

Kamis siang, eyangnya Kyara (mama ku) lapor kalo tadi malem pas Kyara keluar kamar sendiri sempet 'ngadu' ke eyangnya kalo kuping Kyara sakit abis di bersihin sama ayah. Dan aku benarkan kalo memang Kyara nangis pas dibersihin kupingnya. Jadi kutanya lagi ke Kyara masih sakit nggak kupingnya. Kyara bilang masih sakit. Aku pegang area dekat liang kupingnya dan tanya sakit nggak kalo dipegang, Kyara jawab sakit.
Abis maghrib tiba2 Kyara bilang "kuping yaya sakit gak bisa denger suara ma". Jreng... duh langsung kuatir deh, untung anak segini udah bisa laporan apa yang dia rasakan. Pas mama bilang mau liat kuping Kyara dia nggak mau. Katanya "mama jangan pegang kuping Kyara, sakit ma..." Ya udah akhirnya langsung telpon RS daftar untuk periksa ke spesialis THT malam itu juga.

Dari rumah kami bilang mau bawa Kyara ke dokter. Alhamdulillah Kyara mau karena udah biasa liat DVD barney dan baca buku cerita barney yang pergi ke dokter. Karena barney salah satu tokoh kesukaan Kyara jadi lumayan gampang juga ngajak Kyara ke dokter karena role model nya (si barney) juga nggak takut pergi ke dokter.

Sampai RS kita cuma nunggu sebentar karena udah daftar via telpon. Pas masuk ke ruang dokter dan cerita keluhan Kyara, Kyara diperiksa ke kursi periksa sambil dipangku mama. eh dokternya masih muda dan ganteng euy... ( hahaha yang ini laporan yang gak penting ya :D )
Diperiksa sama pak dokter ternyata liang dalam telinga kiri Kyara ada yang lecet, nah itu dia yang bikin Kyara kesakitan pas cutton bud masuk kupingnya. Telinga kanan juga diperiksa Alhamdulillah gak ada yang lecet tapi kotorannya udah mengeras. Jadilah kemarin itu pak dokter melakukan irrigation dan toilet ear pembersihan telinga) ke Kyara.

Mama udah deg2an aja kalo pas tindakan tiba-tiba aja Kyara nangis. Tapi Alhamdulillah banget Kyara kooperatif, nururt dan nggak nangis sama sekali pas pak dokter ngutak ngatik kuping Kyara. Kalo liat keberanian anak seperti ini, selalu bikin bangga orang tua deh nak :)

Irrigation & toilet ear. Dari namanya aja, irigasi, udah ketawan kalo ini berhubungan sama pengairan ( bukan pengairan sawah ya :p ). Jadi kuping Kyara disemprot air hangat pakai alat yang bentuknya kayak suntikan tapi lebih besar.air yang di semprot lembut itu keluar lagi dan keliatan kalo kotorannya pada rontok bercucuran ketampung di alat penampung. hiiii air yang keluar dari kuping kuning beserta kerak2 hitam pada berjatuhan. Nah setelah selesai di irigasi, selanjutnya toilet ear. Toilet ear ini pakai alat panjang penhisap berkekuatan tinggi, kayak vacum cleaner aja hehe... dimasukkin kekuping dan dalam beberapa detik, voila!!! kotoran kuping yang keras segede gaban terhisap. Yaiks di kuping mungil Kyara ada kotoran sebesar itu. Mama bayangin pasti Kyara kupingnya langsung plong banget :)
Kuping kanan juga dapat perlakuan yang sama, tapi ternyata yang kanan kotorannya lebih keras. Kalo kotoran keras dan nggak berhasil di sedot, biasanya dokter akan melunakkan kotoran kuping nya dulu pakai obat dan balik lagi seminggu kemudian. Tapi kemarin dicoba ternyata nggak perlu dilunakkan dulu akhirnya bisa kesedot semua kotoran kupingnya. Setelah itu kuping kiri yang luka di oles salep supaya luka lecetnya kering dan sembuh. dan... selesai!

Pak dokter bilang, jangan lagi membersihkan liang dalam kuping si anak karena justru cutton bud akan bikin kotoran kuping tambah masuk ke dalam. Jadi yang dibersihkan daun telinga nya aja dan liang kuping bagian luar. Kotoran kuping dengan sendirinya akan keluar sedikit demi sedikit dibantu oleh gerakan mengunyah si anak. Jadi, tiap anak makan/mengunyah, gerakan mengunyah akan dengan otomatis membuat/membantu mendorong kotoran kuping keluar dari telinga sedikit demi sedikit. Itu adalah proses yang alami, jadi jangan menggunakan cutton bud untuk mengambil kotoran kuping bagian dalam. Selanjutnya, kunjungan ke spesialis THT untuk toilet ear. Jadi sekarang mama menjadwalkan Kyara untuk toilet ear tiap 6 bulan sekali biar kupingnya bersih bebas kotoran ya nak... Ini nggak hanya untuk anak2 aja, kita orang dewasa juga sebaiknya toilet ear 6 bulan sekali. Kemarin ayah mama pengen sekalian toilet ear tapi nggak jadi, lain kali aja hehe...
Kata pak dokter, kalo kita korek kuping dan cutton bud nya tetep bersih bukan berarti kuping kita bersih gak ada kotoran. Bisa jadi itu karena kotorannya udah keras dan menumpuk makanya nggak kebawa oleh cutton bud. Insya allah next mama ayah juga pengen toilet ear juga deh :)
Biaya irigasi dan toilet ear di RS tempat Kyara kemarin, irigasi untuk 2 telinga Rp. 35.000 dan toilet ear untuk 2 telinga Rp. 35.000, belum termasuk biaya dokter.

Ayo ibu-ibu, bapak-bapak, kita bersihkan kuping anak kita teratur di dokter THT supaya telinga si kecil bersih. Bapak ibunya juga ya... :)


pak dokter pelan2 ya... :)

ps. si ayah sempet2nya ngambil foto kyara lagi toilet ear. kok nampak mamanya yang cengegesan ya hahaha.... itu sebenernya karena kita (mama dan suster) lagi menenagkan kyara sambil ketawa2 biar Kyara nggak gerakin kepalanya dan tetep tenang selama toilet ear. Jadi nampak mamanya kayak cengegesan wakakakakkk :D dan emang kita diruangan itu sambil ketawa2 sama suster dan pak dokter abis liat kotoran kuping segede gaban haha...

16 Comments:

  1. he he kotoran kuping segede gaban, jadi ngebayangin nih....

    ReplyDelete
  2. waaah asyik ya Kyara, skrg kupingnya plong. Emang betul, Tik, dokter ngelarang kita ngebersiin kuping pake cotton bud. Makanya aku ga pernah bersiin kuping pake itu, emang enakan langsung ke dokter THT aja yah hehhee...

    ReplyDelete
  3. Bener...bener...mmg sebaiknya bersihin telinga lgs ke dokter THT aja, aman dan jelas hasilnya jauuuuhhhh lebih bersih. Syukurlah ya mom telinga kak Kyara gak knp2, skrg ud gak berasa lg sakitnya kan?

    Ayo kak Kyara, bareng adek Raja (ortunya jg perlu yak??? :D ), kita rajin bersihin telinga ke dokter THT yaaa....

    ReplyDelete
  4. hehehe emang bunda seneng skali pas kotoran kuping si anak keluar...n si anak kooperatif.. klo yg berontak haduuuhhh..capek deh ;D

    ReplyDelete
  5. woaaa bisa gitu ya... serem juga ya. hehehe.

    kalo kita (termasuk andrew) kalo bersihin kuping gak pake cotton bud tapi pake korek kupik yang cekung gitu. kalo yang buat andrew bahannya dari plastik jadi lentur dan instead of cekungan, dia bolong. gimana jelasinnya ya. hahaa bingung. itu ngambil dari rumah sakit. soalnya dokter2 kalo ngorekin juga pake begitu.

    ReplyDelete
  6. ibudzakyfai: haha jgn dibayangin ;p

    vera: iya mbak ver enak lgsg ke tht, bersih dan aman :)

    alisa: iya nih kyara toilet ear ke tht kan terinpirasi dr postingan mama raja :) aku bayangin abis itu pasti plong ya

    aishy: hihi iya untungnya kooperatif. mamanya deg2an kl sampe si anak berontak,alhamdulillah lancarr

    arman: iya man gw tau kok alat itu. udh pernah liat. mertua punya tuh jd gw tau bentuknya. tp mertua punya nya bukan yg dr plastik, tp dr besi gitu ya kl ga salah. jd pgn cb punya yg dr plastik buat kyara nih,tp gw nya yg msh ngeri ngubek2 kupingnya dia :)

    ReplyDelete
  7. Boleh tau dirumah sakit mana ga tempat kyara dibersihakan telinganya?

    ReplyDelete
  8. wah makasih banget share nya bun.. mulai sekarang aku mesti lebih hati-hati lagi ngebersihin kupingnya zaheer

    ReplyDelete
  9. Mbak Motik, ada award yg ku teruskan buat mbak, monggo dicek di blog ku ya mbak :D

    ReplyDelete
  10. Harus hati2 ya pake cotton bud, anak saya suka dibeshin pake cotton bud, makasih reviewnya bun

    ReplyDelete
  11. wuah, useful info nih.
    baru tau gerakan mengunyah bs bikin kotoran telinga keluar secara alami. taunya cuma sampe bakalan keluar aja.

    akunya malah pengen toilet irrgation buat aku nih. hihihi.

    ReplyDelete
  12. lidya: di RS sari asih ciledug mbak lid..deket sm rumah tinggal ngesot hehe.. jauh kan dr bekasi ;)

    desy: sama2..kan berbagi info :)

    allisa: thanks mama raja, udh aku ambil ya awardnya :)

    dina: sama2 mbak.. iya ati2 deh kl bersihin kuping pk cuttonbud. bagian luarnya aja ya..

    ietoh: akupun br tau bund. slama ini cm tau bakal kluar sndiri,trnyta dibantu sm gerakan mengunyah. kata pak dokter itu mekanisme alami.

    ReplyDelete
  13. wah, ternyata cotton bud gak 100% aman buat mbersihin telinga ya?

    ikhsan juga ga mau kalao telinganya dibersihin pake cotton bud. Akhirnya aku tunggu ampe kotorannya kliatan di liang telinga baru aku tempelin cotton bud-nya. Ga berani ngurek2 ampe jauh..

    ReplyDelete
  14. So glad Kyara's ok...

    Karena aku udah sering baca kalo telinga anak ga usah dibersihin dan kotoran seharusnya keluar dengan alami, makanya telinga Adriel malah ga pernah aku bersihin...

    Eh, one day it got infected and I had to bring him to the ENT too. Ternyata ya itu, dokternya bilang memang iya, tapi tetep harus ke THT untuk bersihin secara berkala... hahaha... ternyata info yang aku baca kurang lengkap!!

    I'm glad you shared... sekarang info sudah lebih lengkap. :D

    ReplyDelete
  15. Mam...TFS. Akhirnya Dita minggu kemarin sudah mengikuti jejak Kak Kyara buat bersihin telinga di THT hehehe. Alhamdulilah telinga Kyara gak kenapa2 ya mom :-)

    ReplyDelete
  16. entik: iyo mbak hati2 pake cutton bud. kl mbersihin bagian luarnya aja drpd kotorannya malah tambah masuk ke dalem

    martha: iya ms.martha, aku pun dr dulu baca kl telinga anak ga perlu dibersihin krn kotorannya akan kluar alami. tapiiiii.. sama ky ms.martha,aku pun ngga tau kelanjutannya bahwa sebaiknya telinga perlu jg dibersihkan ke THT. info yg ita dapet kurang lengkap ya berarti hihihi..
    alhamdulillah everything is ok. skrg ngga ada keluhan lg dr kyara. kejadian kmrn ada hikmahnya trnyata :)

    bundit: horee dita juga udah ya. gmn dita, skrg jd plong kan hehe.. alhamdulillah bund kyara gpp. lecet aja makanya smp nangis krn perih. abis dari THT udh ok ga pernh ada keluhan lagi :)

    ReplyDelete

Powered by Blogger.