Menjawab Pertanyaan Ajaib si Anak

  • Mama, adik bayi keluar dari mana?
  • Kenapa laki-laki tidak bisa hamil?
  • Ayah, apa itu 'porno'?
  • Kok kakak pipisnya berdiri?
  • Kenapa aku nggak boleh pakai lipstik?
  • Ayah, siapakah Tuhan itu?
  • Tuhan tinggal dimana, ma?
  • Neraka itu apa sih ma?
  • Setan itu apa sih ma?
  • Kenapa orang bisa meninggal?
  • Kok zebra badannya belang-belang?
  • Kenapa ular ganti kulit?
  • Katanya mama sayang aku, tapi kok mama marah-marah?
Suatu saat, mungkin pertanyaan-pertanyaan diatas bakal keluar dari mulut anak-anak kita. Siap nggak siap, kita harus siap sama jawaban-jawaban yang tidak membohongi tapi bisa dicerna oleh otak si anak.

Dulu Kyara seringnya tanya: Ini apa ma? itu apa ma? Kalo ini apa?
Pokoknya saat itu seumur Kyara lagi pengen tau nama2 benda disekitarnya. Jadi pertanyaannya hanya seputar itu aja yang ditanya berulang-ulang. Kadang mama coba jawab asal2an eh malah di benerin jawabannya sama Kyara. Berarti pada saat itu dia sebenernya sudah tau, hanya mencari kepastian, make sure bahwa itu namanya buku, misalnya.

Semakin kesini, jelas rasa ingin tahu anak kita bertambah. Nggak cuma sekedar apa ini apa itu, tapi Kyara mulai tanya "kenapa begini", "kenapa begitu", "ini gimana ma", dll... Nanti makin besar pasti pertanyaannya tambah bikin kita mesti kreatif ngejawabnya. Kata artikel yang pernah saya baca, menjawab pertanyaan itu sebaiknya tidak asal-asalan atau berbohong. Jawablah dengan sederhana tapi bisa dicerna oleh otak anak. Nahhhh ini kan yang gampang-gampang susah kan...

Bulan lalu ceritanya pas lagi belanja bulanan di C4 eh kok ada book sale dari gramedia, sampe 70%. Liat barang diskonan gitu naluri emak-emak langsung nyala hahaha.... Ternyata nemu buku serial nakita yang menurut ku bagus banget buat pegangan, persiapan mengahadapi pertanyaan anak yang udah mulai cerewet tanya segala macem. Ini nih bukunya...


Dari harga Rp.40.000, diskon jadi cuma Rp.16.000 aja hahaha... mama senang!!!!
Buku ini menurut ku bagus banget dan berguna deh. Kadang kalo otak kita lagi on, kita bisa aja kreatif bikin jawaban. Tapi kalo otak kita lagi oon, bisa2 jawabannya bisa asal2an dan nggak memuaskan anak.

Buku ini ada 5 bab:
1. Pertanyaan tentang seks
2. Tentang Tuhan dan hal-hal gaib
3. Tentang alam/bencana dan kekerasan
4. Konsep diri
5. Menyikapi protes anak

Mungkin aja kita punya jawaban yang berbeda sama contoh jawaban yang ditulis di buku ini. Ya nggak apa-apa juga, setidaknya abis baca contoh pertanyaan dan jawaban di buku ini, kita jadi punya bayangan oh kira-kira jawaban seperti ini lah yang bisa jadi jawaban pertanyaan si kecil. Jadi kan bisa buat ide kita juga, ya nggak...

Kadang abis nanya, si anak nanya lagi kaya nggak pernah puas. Nah di buku ini juga ada jawabannya kalo pertanyaan anak ternyata bersambung. Hayooo untuk ngetes, coba mau jawab apa ke anak kalo anak kita nanya pertanyaan-pertanyaan di atas?

Saya kasih contoh ya... (berdasarkan serial nakita, saya edit dikit bahasanya)
Q: "Ayah, apa itu porno?"
A: Porno adalah sesuatu yang nggak pantas, misalnya kalo adek kluar rumah nggak pakai baju
Bila anak melanjutkan pertanyaan "Kenapa kalo kluar rumah harus pakai baju?"
A: Karena di luar banyak debu. Kalo nggak pakai baju nanti debunya nempel di badan adek. Kalo pakai baju kan debunya nempel dibaju, jadi bajunya tinggal dicuci aja.
Bila anak melanjutkan pertanyaan "kan adek bisa mandi?"
A: Kalo nggak pake baju badan adek jadi kotor banget. Jadi mandinya harus lebih lama deh supaya bersih. Padahal kamar mandi kan bukan cuma buat dipake adek. Mama papa juga perlu mandi, jadi adek mandinya ngga boleh terlalu lama.

Nah... kalo si anak masih nanya terus, paling tidak pertanyaannya udah bukan fokus di "porno" lagi. Tapi udah mengenai mandi dan menjawabnya udah lebih gampang :)

Contoh satu lagi ya....
Q: "Meninggal itu apa sih ma?"
A: Meninggal itu artinya berpisah karena dipanggil Tuhan untuk ketemu
Si anak tanya lagi "kenapa tuhan memanggil untuk ketemu?"
A: Karena waktu hidupnya di dunia udah selesai. Tiap orang punya waktu masing-masing untuk ketemu Tuhan, yang kita nggak tau kapan waktunya.

Menurut buku ini, sebaiknya jangan membohongi anak dengan menjawab meninggal itu artinya lagi pergi jauh atau lagi tidur nyenyak. Jadi sebaiknya jawab dengan apa adanya tentu aja dengan bahasa yang mudah dimengerti anak.

Memang sih, kadang apa yang tertulis di buku itu sepertinya gampang dilakuin. Teorinya gampang. Pas ada di kondisi yang sebenernya bisa jadi kita spontan jawabnya.

Aku bukan ngiklan dan nggak dibayar sama nakita, tapi skrg bacaan saya ya lagi buku ini dan bener-bener nambah ide dan pengetahuan kalo-kalo suatu saat Kyara tanya pertanyaan ajaib ke mamanya :)

11 Comments:

  1. TFS dan masuk ke dlm list pembelian buku nih.

    ReplyDelete
  2. wah iya nice sharing nih... good info!

    boleh dong ntar dishare lagi pertanyaan2 dan jawaban2 yang lainnya lagi... hehehe

    ReplyDelete
  3. wah..nice sharing neh bun..ok lah mo nyari buku ntu di gramedia nih..

    ReplyDelete
  4. waah..bagus nie dah siap2 yach..aku punya cerita ttg hal2 kayak gini..kapan2 aku sharing dech...

    ReplyDelete
  5. Yups... betul itu mam, jadi ingat Rasulullah pernah bersabda 'Bicaralah sesuai dg kemampuan otak yg diajak berbicara' (kurleb seperti itu). Mungkin ini nyambung dg maksud hadist diatas ya mam. So, kalo kita bicara dengan anak kecil, ga mungkin kan pake jawaban seorang mahasiswa, hehehe... But... kadang menyesuaikan jawaban dg pertanyaan si anak itu yg agak sulit.

    Makasih mam infonya, kayaknya mesti dicari nih utk pegangan nantinya, hehehe...

    ReplyDelete
  6. Wah..TFS. Rekomendasi Buku yang bagus nih. Emang bener, anak2 sekarang makin kritis kalau bertanya. Kalau kita ngeles, terus dikejar sampai dapat jawaban yang memuaskan hehehe

    ReplyDelete
  7. Motik,
    TFS dan mau cari buku ini ah. Masih diskon gak ya? *emak irit*

    ReplyDelete
  8. bunda fisa: sama2 bund :)

    arman: haha pengennya nulis banyak contoh pertanyaan dan jawaban yg ada di buku sih. apa gw update aja yak postingan ini, nambahin contoh pertanyaan dan jawabannya. banyak banget..lbh seru bc bukunya hihihi..

    bunda azzam: sama2 bund.. cb aja cr ke gramedia ato malah hub serial nakita nya langsung. soale aku kok jarang ya liat di gramed.

    ibudazakyfai: monggo mbak dishare pengalamannya. kan ibu'e dzakyfai pasti lbh byk pengalaman nih udh dpt prtnyaan macem2 hehe.. ditunggu share nya di blog ya mba..

    ReplyDelete
  9. herien: iyo mbak bener banget soal sabda rasulullah itu. meski sama anak kecil, kita nggak boleh kasih jawaban asal2an ya. kita hrs kreatif ngatur kata2 nih hehe.. monggo mbak dicari, bukunya bener2 berguna bng deh

    bundit: bener bund. semakin kita ngeles, smakin bikin mrk penasaran. lha kita aja kl dpt jwbn yg kayanya ditutupi juga pasti penasaran trs kan hehe..

    indah: coba ndah cari di C4 moga2 msh ada. kl di gramed gw malah jarang liat. justru serial nakita sering gw liat di C4. kmrn di 2 C4 yg berbeda ada sih. kt mbaknya sampe oktober msh diskon. smoga aja msh ada ya..

    ReplyDelete
  10. waaaaaaaaah bukunya bagus nih
    harus punya
    siap siap kalo Dija udah bisa ngomong tanya ini itu

    ReplyDelete

Powered by Blogger.