Vanila CupCake Pertamaku

Ceritanya ngidam pengen makan cupcake lucu dan enak hasil liat-liat bakul onlen. cuma bisa nelen ludah ngiler ngebayangin makan cupcake lucu nan enak *glek*

Eh pas banget ira-mama nadira yg salah satu maestro dibidang memasak posting artikel cupcake di mommiesdaily dan diliat-liat resepnya gampil, ya sudahlah mari kita nge-baking. Sekalian percobaan kali aja bulan depan bisa bikin kue sendiri buat ultahnya Kyara :)

Resep diambil dari artikel mommiesdaily disini ya...

Vanila Cupcake

Bahan:
  • 120 gr mentega/butter (boleh dicampur pake margarin, tapi usahakan jangan semuanya margarin ya)
  • 250 gr gula pasir (saya cuma pakai 150 gr supaya nggak terlalu manis)
  • 200 gr tepung terigu all purpose
  • 2 butir telur
  • 1/2 sdt vanilli
  • 1 sdt baking powder
  • 150 ml susu segar (boleh dilebihkan supaya lebih moist)
Cara Membuat:
  1. Kocok mentega, gula, vanilli hingga mengembang dan pucat.
  2. Masukkan telor, kocok lagi hingga tercampur rata dan mengembang.
  3. Masukkan tepung dan susu secara bergantian sambil diaduk hingga rata.
  4. Tuang ke dalam cetakan muffin/cupcake yang sudah dialasi papercup hingga kira-kira 2/3 penuh.
  5. Oven hingga matang.
  6. Angkat, dinginkan, baru hias sesuai selera.
Menghiasnya sebetulnya pakai buttercream, bisa beli yang udah jadi bagi yang malas bikin buttercream sendiri. Beli di toko bahan kue, rasanya enak, tinggal hias deh.

Nah berhubung saya nggak nemu buttercream yang udah jadi dan males bikin sendiri, jadilah kemarin itu menghias cupcake pakai whipcream aja karena kebetulan di supermarket adanya whipcream siap pakai. Kemarin itu beli whipcream bentuk bubuk yang tinggal dicampur air es dan di kocok dengan mixer selama 5menit. Setelah whipcream jadi, tinggal di kasih sedikit pewarna makanan sesuai selera dan siap untuk menghias si cupcake. Lebih cantik kalo dikasih butiran sprinkle warna-warni, tapi berhubung bahan terbatas ya dihiasnya seadanya aja deh.

Menghias pakai whipcream tampilannya sekilas sama dengan buttercream. Tapi tekstur whipcream lebih cepat lembek, jadi kalo udah kelamaan si whipcream ini akan keliatan lemas.

Gimana rasanya??? Wangi dan Enak!!!!!!!!!!!!!!!


Meski dihias seadanya karena menghiasnya sambil dirusuhin sama Kyara, cupcake ini asli enak deh! Kyara seneng banget diajakin menghias cupcake. Nggak diajak aja sebenernya udah ngerusuhin semangat 45 pengen tau, apalagi diajakin menghias langsung berbinar-binar matanya. Sampe belepotan kemana-mana tapi seru dong...

7 Comments:

  1. Motik,
    Mau dong lempar ke sini CupCakes nya. Aaah dari dulu saya selalu mengumpulkan semangat untuk bikin kapkeik tapi gak pernah berhasil...*berhasil ngumpulin semangatnya maksudnya*. Hiks hiks hiks

    ReplyDelete
  2. wah... asyiknya... kirim ke sini donk mam jadi ngiler nih, hehehe. Aku jg dah punya banyak resep cupcake kayak gini mam cm blm ada alat utk memanggangnya hehehe... masa di kukus...

    ReplyDelete
  3. Indah: nih ndah tangkep!!!! :D
    emberrr... ngumpulin semnagt nya itu yg susah. kalo gw malesnya kalo bikin kue tuh ngukur2 nya sama ngebersihin peralatan sesudahnya hahaha...

    bunda fisa: :)

    herien: bisa mbak, dikukus aja. cupcake ngga harus di panggang kok. ada buku resepnya aku pernah liat untuk cupcake kukus. googling aja juga pasti banyak resep cupcake kukus. ayo mbak semangat baking :)

    ReplyDelete
  4. Glekkkhhh...ngiler liat cupcake-nya.. Kak Kyara, bagi sama dek Raja boleh gak??? Hehe

    ReplyDelete
  5. wow, ijin contek resepnya yaaaa

    ReplyDelete
  6. Dija minta dong Tante,,,

    ReplyDelete

Powered by Blogger.