Tuesday, November 30, 2010

Weekend @Taman Mini Indonesia Indah

Waktu posting tentang ultahnya Kyara, aku sempet bilang minta dikasih kesehatan biar rencanaku dan ayah bisa terlaksana. Alhamdulillah kita bertiga dikasih kesehatan, tapi ternyata rencana kita untuk melipir ke pinggir Jakarta dan nginap 1 malam batal terlaksana hehe... Padahal hotel udah di booking dari 1 bulan sebelumnya, udah bikin list mau kemana aja khususnya wiskul nya *ya ampoooonnn yg dipikirin kuliner muluk!*, apa daya akhirnya ngga jadi. Kita lagi riweuh dan hectic banget, jadi kayanya semangat liburannya memudar karena lagi cape. Ya udahlah kita batalin aja dulu, Insya Allah lain kali ada kesempatan lagi. Maap yeee Novotel Bogor, kite ga jadi nginep :)

Nah karena sudah kadung janji ke Kyara dari jauh hari sebelumnya kalo kita mau ajak dia jalan-jalan, jadi pas bangun tidur hari sabtu timbul ide mendadak dari ayah untuk ajak Kyara jalan-jalan ke TMII aja. Meski janji ke anak kecil, tapi kita tetep menghargai Kyara. Kalo udah janji ngajak jalan-jalan, ya kita berusaha menepati janji kita. Kalo seenaknya ingkar, ntar takutnya si anak juga ngegampangin, ingkar janji seenaknya. Apalagi udah sebulan kemarin Kyara ngga jalan-jalan pas mobil masuk bengkel. Jadi kita pilih rekreasi dalam kota aja tapi bukan ke mall! Bosen ngemall mulu dan sekali-kali anak harus rekreasi outdoor kan.

Jadi setelah ayah, mama, dan Kyara siap-siap (enaknya anak umur segini kalo mau pergi dadakan udah nggak rempong bawa macem-macem), kita capcus berangkat dari rumah jam 9.30. Bawaan juga gak rempong, yang utama cuma bawa makanan kecil, air minum, baju ganti Kyara, tisubasah, diaper dan kamera pastinya yang semuanya cukup masuk tas mama. Meski kalo di rumah kyara udah free diaper siang malam, tapi kalo pergi-pergi jauh aku masih bergantung sama diaper, ngga PD nih..

gaya banget nih anak mama :)

Jalanan lancar, ciledug-TMII lewat tol bintaro akhirnya sampe TMII jam 10.30. Berhubung Kyara tidur selama perjalanan, jadi sengaja nggak kita bangunin pas udah sampe TMII. Si ayah muter-muter dulu aja sambil liat-liat kayak apa TMII sekarang sambil nunggu Kyara bangun. Harga tiket masuk TMII untuk mobil 10 ribu. 2 orang dewasa @9ribu. Kyara nggak dihitung, gak tau kenapa. Jadi total bayar tiket masuk 28 ribu. Sambil muter-muter kita mikir mau ngunjungin apa aja di TMII. Listnya sih banyak, kita pengen naik skylift, ke taman burung, naik monorail, ke museum air tawar, pp iptek, nonton di teater imax, istana anak, lahhhhh bayak amat list nya kayak sempet aja. Akhirnya karena liat cuaca yang mendung-mendung cerah, kita coret aja kunjungan ke taman burung karena khawatir tiba-tiba hujan. Ke museum air tawar juga kita coret karena tahun lalu udah ke seaworld, jadi rasanya ga beda jauh liat-liat ikan gitu. Museum iptek juga kita coret karena meski seru banyak percobaan gitu kayanya Kyara masih kekecilan buat ngerti.

Jadi pas Kyara bangun, tujuan pertama adalah nail kereta gantung/skylift. Naik skylift pasti jadi pengalaman seru nih karena Kyara belum pernah dan jarang-jarang ada kan. Harga tiket skylift untuk dewasa @25ribu. Lagi-lagi Kyara ngga dihitung *asikkk*, jadi kita bayar 50ribu untuk 2 orang dewasa. Bener aja, Kyara antusias banget dan alhamdulillah nggak takut ketinggian. Dia asik-asik aja liat ke bawah dan tanya segala macem yang dia liat dari atas.

Ini beberapa pemandangan diliat dari atas

yang di tengah nama sebenernya apa ya, danau yang ada propinsi-propinsi di indonesia. Aku sebut danau nusantara aja ya hehe...

Setelah naik skylift lanjut cari stasiun kereta untuk naik kereta monorail. Kita pilih naik dari stasiun taman bunga. Harga tiket kereta monorail untuk dewasa @15ribu. Lagi-lagi Kyara nggak dihitung, bayar untuk 2 dewasa aja. Nunggunya kebeneran nggak lama, ngga sampe 5 menit keretanya dateng.
Kyara girang banget naik kereta monorail ini karena dia suka banget nonton tayangan chuggington di playhouse disney. Dia berasa ada di dunia chuggington :D

Naik kereta ini dari stasiun taman bunga sampe balik lagi ke stasiun taman bunga asik juga. Keliling TMII sambil liat pemandangan dari atas, total perjalanan sekitar 30 menit. Pas sampai di stasiun taman bunga lagi, pas mulai gerimis.Karena udah jam makan siang, kita cari resto untuk tempat makan siang. Pengalaman ke TMII jaman dulu, kalo makan di tempat makan yang gak jelas/gak ada merk nya malah harganya mahal gila2an. Tapi udah keliling ga ada tempat makan yang menarik. Paling banyak CFC tapi gak napsuin. Ternyata di sebelah stasiun taman bunga tempat kita naik kereta ada cafe tringin. Berhubung mulai hujan dan kita males muter-muter lagi, kita makan di situ aja dan berharap makanannya enak dengan harga yang terjangkau.

Ternyata, liat seragam pelayannya resto ini dikelola sama wina catering kalo ga salah. Ada tulisannya wina catering & wedding consultant. Mungkin catering ini ngurusin yang kawinan di TMII kali ya. Soalnya di anjungan rumah adat banyak banget yang kondangan. Dulu kayanya kalo kawinan cuma di gedung sasono nya, kemarin itu banyak banged rumah adat di buat acara resepsi dengan konsep outdoor. Menunya menarik dan harganya ternyata sangat terjangkau. Ayah pesen nasi goreng, aku pesen chicken cordon bleu. Kyara makan mix 2 menu tadi aja. Minumnya es coklat. Tringin ini tempatnya di pinggir danau, silir (adem), bersih, pokoknya enak deh. Pas bayar, jumlahnya nggak bikin melotot. Dengan tempat secozy itu dan kualitas makanan juga enak kita cuma ngeluarin 49.500. Kenyang... :) tempat ini recommended deh, daripada makan di tempat gak jelas yang harganya juga gak jelas digetok gila2an.

Pas makan hujan deres banget. Tapi kita santai aja sambil makan. Selesai makan dan bayar, lha kok pas banget hujannya berhenti dan langsung panas. Kita lanjut ke istana anak. Masuk ke istana anak bayar tiket dewasa @5ribu. Lagi-lagi Kyara ngga dihitung padahal aku bilang 2 dewasa dan 1 anak.
Karena abis hujan, jadi istana anak nya lumayan becek, bikin gampang kepleset aja. Mau main-main di taman dan playground outdoor nya juga males karena becek. Akhirnya foto-foto aja dan muterin istana anak. Di bagian belakang istana anak aku baru tau ternyata ada kolam renang versi murah. Kalo snowbay waterpark kan masuknya sampe 100ribu an ya kalo ga salah. Nah kolam renang di istana anak ini kalo ga salah cuma 3000 perak. Tapi ya gitu deh... nampak lagi berenang di tengah hutan, malah serem hehehe...

Selesai ngelilingin istanan anak sebentar karena udah cape, kita keluar aja. eh ada badut, foto-foto dulu deh... Abis foto tau2 di colek si badut, minta jatah se-rela kita. lhaaaaa baru kali ini gw foto sama badut terus di suruh bayar. Ya sutralah dah terlanjur. Kasian juga sih, mungkin pengganti pemasukan tambahan tukang foto polaroid kali ya. Sekarang tukang foto instan kan udah ga kepake, jadi badut nya minta bayaran deh...

Abis itu rencananya pengen nonton di teater imax. Tapi jam pertunjukan berikutnya masih lama banget dan rencananya dari TMII kita masih ada rencana mampir ke tempat lain. Ya disudahi aja deh jalan-jalan di TMII nya, kita juga dah cape banget. Padahal cuma ke 3 tempat aja, jalan segitu doang, rasanya kok cape ya *faktor usia hehe..*

Perjalanan singkat ke TMII minggu lalu bener-bener berkesan. Aku ngga inget kapan terakhir ksana. Dan kemarin ke TMII bawa anak sendiri ternyata rasanya beda. Liat anak terkagum-kagum jadi ikutan antusias. Yak selama di TMII Kyara selalu terkagum-kagum. Semua di komentarin dan di tanya apa ini apa itu. Emang beda ya bawa anak ke TMII sama ke mall hehe... Keliatan dari raut muka kyara yang seneng terus dan excited. Sampe rumah pun semua orang rumah diceritain ngapain aja dia selama di TMII. Berkali-kali Kyara bilang ke aku, "ma, kiyaya seneng!" Sebelom tidur pun kyara bilang, "ma, kapan-kapan ke tadi (tempat tadi) lagi ya... naik kereta". Berarti jalan-jalan hari itu berkesan ya nak...

Tapiiii kok ngga ada foto full kita bertiga ya Ayah??? Ah nasib kalo pergi bertigaan ya saling gantian jadi tukang poto =D

1. iya dong kalo janji harus tetep ditepati ya... supaya si anak juga nantinya tau kalo dia janji2 juga harus ditepati... :)

asik ya jalan2 di TMII... emang kalo pergi bertigaan gitu susah mau foto bertiga ya. kudu minta tolong orang buat motretin. hehe

2. asyik ya naik skylify. foto sama badut ternyata ditagih bayar ya,aku juga ga tau awalnya.kalau didufan kan badutnya free hehehe

3. seru banget nih acara jalan2nya mam. Emang harus gitu ya kalo janji sm anak, biar mereka pun menghargai janji mereka sendiri, aku sm ayahnya shishil jg gitu, kalo dah bilang nanti pulang kerja jalan2, ya berarti jalan2 walaupun cm keliling2 aja, heehe...

Duhhh jadi iri pengen ikut kesana juga nih, cm shishil dah ngerti blm ya kalo diajak kesana *bingung*. Oleh2nya apa nih ka kyara buat dek shishil?? ^_^

4. wuih seru juga jalan2 ke TMII.
    Kyara juga seneng ya?

5. Ikutan seneng liat wajah bahagianya Kyara yang abis jalan2 ke TMII........

6. Kyara,,,kenapa ga kabar2i Fadly..sapa tau aja bisa barengan.Rumah Fadly deket kok ma TMII. Klo hari minggu masuk TMII sebelum jam 7 HTMnya diskon 50%.Udah gitu banyak yg dagang alias pasar kaget di sekitaran taman burung :)

Kapan2 yuk piknik di TMII :D

7. wahhh taman mini....jadi inget dulu waktu belum merid, waktu ibuku masih ada...tiap lebaran pasti jalan2nya ke taman mini hehehhe......

yang Tringin cafe itu, kalo ngga salah aku pernah kondangan dsitu waktu tetanggaku merid....emang masakannya enak2...oh ya, skrang di anjungan daerah emang banyak dipake untuk acara resepsi pernikahan....unik juga yach, kalo tau begitu kan...dulu aku kawinnya di anjungan NTT aja biar suami berasa pulang kampung ehhehe.....

Rasanya pengen juga dech ngajak ina main ke TMII, nanti dech nunggu dd walu nya udah bisa jalan....

Mbak Selly bener yach kalo masuk TMII sebelum jam 7 diskon 50%....kayaknya enak juga nech kalo kumpul blogger lagi disana heheh.....

8. arman: iya pastinaya dong. meski janji sm anak kecil kita ga boleh asal batalin :)

lidya: mba lid, ini juga aku br kali ini foto badut abis itu disuruh bayar. gak cuma di dufan, kayanya dmana-mana selama ini foto sm badut mah gratis. di TMII dulu jg gitu. knp baru skrg ya.

herien: iya bund, seruuuuu.... kapan-kaoan harus ajak shisil deh. Tapi mungkin diatas 1 tahun ato 1,5th ya baru mulai agak ngerti. enaknya kalo seumur kyara ato udh 2thn lah, ini udah ngerti banget dan cerewet pengen tau ini itu :)

9. entik: iya mbak seneng banget dia. ini aja suka nagih minta naik kereta lagi hehe.. moga2 kapan2 sekalian naik kereta beneran aja hehe...

ibudzakyfai: makasih tante :)

sally: ini aja dadakan sal, baru tercetus paginya kalo mau ke TMII. fadly deket ya rumahnya sm TMII, enak dong pagi2 bngt bs ksana. kalo aku kan ujung ke ujung sal, jd jarang2 ksana dan males juga kalo sebelum jam 7 udh sampe sana hehehe... moga2 next time ada kesempatan bs ketemuan di tmii yaaaa

nia: iya mba mengingat masa lalau ya kalo ke TMII :)
    tringin cafe itu resto baru atolama sih mba? kayanya bisa kubilang hanya tringin cafe yang paling recommmended deh dibanding tempat makan lainnya. Tempat akan di TMII kan gak ada yang jelas setauku, baik rasa dan harga. Tapi ternyata ada tringin cafe yang menurutku paling recommended dibanding yg lain. bersih, buat bw anak enak pula dan tempatnya enak, ada 2 tingkat.
    buat pemasukan juga makanya anjungan sekarang boleh buat resepsi kali ya. kemarin itu kalo ga salah aku liat 4-5 anjungan dibuat resepsi outdoor

10. Aku terakhir ke TMII jaman SD kelas 2, jeng, dah gak tau lagi bentuknya kayak apa sekarang :D :D

Iyah, betul, janji harus ditepati biarpun berjanjinya sama anak kecil.

Kyara seneng banget yah, sampe berkesan banget gitu di hatinya. Btw, mam, Kyara senyumnya ngikut siapa yah? Senyumnya beda sama mama dan ayahnya, hehe... Aku perhatiin, Kyara kalo foto gaya senyum dan kepalanya khas banget, kayak malu-malu tapi narsis gitu, hehe.... *kalo soal narsisnya keknya aku tau deh ngikut sapa :D :D*

11. Selamat pagi sahabat tercinta
    Saya datang untuk mengokoh-kuatkan tali silaturahmi sambil menyerap ilmu yang bermanfaat. Teriring doa semoga kesehatan,kesejahteraan,kesuksesan dan kebahagiaan senantiasa tercurahkan kepada anda .
    Semoga pula hari ini lebih baik dari kemarin.Amin

Dengan bangga saya mengundang anda untuk mengikuti K.U.M.A.T ( Kontes Unggulan Muhasabah Akhir Tahun ) di BlogCamp. Tali asihnya sih tidak seberapa tetapi sensasinya sungguh ruaaaaaarrrrrrrr biasa.
    Silahkan simak artikel pengantarnya dengan meng-klik.

Terima kasih.
    Salam hangat dari Markas BlogCamp Surabaya

12. Wah..saya terakhir ke TMII kapan ya? Jadi pengin ngajak Dita ke sana nih. Ayahnya Dita paling gak suka jalan ke mall. Hihihi sempet dicolek badut minta bayar ya mam. Kyara memang kayaknya berkesan banget ya dengan jalan2 nya, sampai minta lagi naik kereta :-)

13. Taman Mini top abis emang ! Coba pecel Taman Mini dong, enak :D porsi cukup kecil jadi nggak kekenyangan.
    Keren2 fotonya, kayaknya kudu invest di tripod nih biar bisa poto bertiga ^^

14. enak sekali yah jalan2nya..seneng banget tuh liat kyara jalan2 ke TMII,ajak2 azam dong.. :D

15. allisa: hiyaaaaa jangankan dirimu jeung, aku aja mamanya suka mikir ini anak senyumnya ky siapa ya :D
    ngga cuma dirimu bu yg bilang senyum kyara khas. rata2 yg udh liat foto kyara berkali2 atau menyaksikan dia difoto pd bilang senyumnya khas,gitu aja gaya senyumnya tiap foto. haha gak kreatip yak senyumnya :D
    kuliat sih ada kemirpan sm senyum adekku wkt seumur kyara. senyum malu2 narsis *kata mama raja hahaha*
    narsisnya ngikut siapa? mau bilang kaya emaknya kannn xixixixi... =D

abdulcholik: trimakasih pakde atas kunjungannya :) saya sudah bbrp kali berkunjung ke tmpt pakde, tp blm pernah ikut kontesnya :)

16. bundit: eh bundit kan di bekasi, gak gitu jauh lah dr TMII.. ajak dita bund, pasti dita seneng banged deh! iya berkesan bngt bund, sampe skrg kalo ditanya mau naik kereta dimana, pasti jwbnya ditempat waktu itu (tmii maksudnya) hehe..

sandy: pecel taman mini sbelah mana sand? boleh jg kpn2 nyoba. tp pecel paling buat gw sm ayahnya kyara aja, si kyara kasian ga makan haha..
    kalo tripod, kita udh punya sand tp emang ga dibawa. krn kynya rada ribet kl mesti ngeberdiriin tripod dulu hehe *pemalas*

kiky: ayo azam main ke jakarta dong biar jalan2 ke taman mini :)

17. yup, emang menyenangkan jalan2 ma anak. Aku juga paling sering bawa azka yg outdoor tuh ke TMII palagi jaraknya ga gitu jauh dr rumah.

Kyara seneng banget dong yah, ke museum transportasi gak, klo azka tuh itu salah satu menu wajib klo ke TMII hehhee...

18. asik bgt yaaa.. sy yg deket rumah malah jarang bgt ke TMII. Tp ngomong2 ttg badut di istana anak, sy juga sempet kaget pas di mintain uang. Sy sempet gak mau bayar, eh malah di ikutin terus. Wkwkwkkw.... Ya udah akhirnya bayar deh :D

19. ka Kyaraaaaa.....ko ga ngajak2 Zahia seeehhhh. HIks hiks!!

Gw juga pengen banget tuh Tik ngajak Abang + Zahia ke TMII. Piknik disono seharian. daripada ngemall yah boo. Mana deket pula dari rumah ua gw, di Pd. Gede.

Iya nasib kalo jalan2 bertiga pasti kaga bisa berpoto secara komplit, kecuali minta tolong emang2 jualan balon tolong potoin hehee

20. vera: kemarin padahal udh sampe di tempat parkirnya museum transportasi mba ver.. tapi pas banget gerimis, jadi malas hehe...

ke2nai: mbak myra yg deket aja jarang ya ke TMII, apalagi aku nih jauh hihihi... tp pengen sih kapan2 main lagi ksana. loh ternyata mbak myra juga dimintain duit sama badut ya, kirain aku doang haha... beneran aneh bnaget mbak, suamiku juga kaget dicolek-colek mulu minta bayaran. mau ngga ngasih tapi dicolek2 terus. padahal itu harusnyakan bagian dari fasilitas ya. ah tau gitu gak poto bareng hahaha....

susan: kemarin pas mudik ke indo kenapa ngga sekalian san, kan deket tuh bu dari tempat nginep.. next time deh... makanya mudik lagi ke jakarta hehehe...

21. murah juga ya ternyata masuk TMII

menyenangkan sekali.
    [ingin banget kesana suatu saat nanti