Mem-backup Blog

Mungkin para blogger udah pada melakukan backup blog untuk blognya masing-masing ya, gw aja yang telat hehe...

Kemarin itu kok tiba-tiba terlintas dipikiran, gimana seandainya suatu saat blog gw ini hilang. Entah karena gak sengaja meng-klik tombol remove blog, atau account gw tiba-tiba di suspend sama si blogspot, atau alasan lain yang bikin blog ini hilang. Huaaaaaaa gw bakal nangis pastinya :'(
Gw kan nulis blog tujuan utama awalnya adalah untuk pendokumentasian. Waktu itu belum kepikir akan make friends dari blog ini. Pokoknya gw pengen nulis dan mendokumentasikan milestone dan segala hal khususnya tentang anak, supaya kelak nantinya kalo anak-anak udah besar mereka bisa baca cerita tentang mereka. Yah siapa tau aja gw jadi pikun akut jadi ga bisa cerita secara detail kalau mereka tanya tentang perkembangan mereka hehe...

Termyata ngeblog udah kayak nulis diary online aja dan banyak memory yang tersimpan di blog ini. Dan... akhirnya punya banyak temen dari blog ini juga. Nah berhubung saat ini masih pakai fasilitas blogging yang gratisan, jadi namanya gratis ya gak menjamin kan si blogspot bakal ada selamanya atau gimana. Atau kalo gak sengaja kepencet tombol remove blog juga ya udah wassalam deh...

Ternyata dengan dudulnya gw baru tau bahwa si blogspot sendiri punya fasilitas export untuk membackup blog kita. Kalo backup template sih gw selalu membackup template tiap gw ganti template blog. Ini gara-gara pas baru-baru ngeblog dan utak-atik template, eh hasilnya ancur dan banyak widget yang hilang. Nggak bisa dibalikin lagi :( Untungnya waktu itu masih awal-awal, postingan juga baru 3 biji kalo ga salah. Jadi ya membenahi dari awal dan selanjutnya selalu membackup template dulu sebelum ngutak-ngatik template baru.

Nah kalo backup blog, malah baru tau kemarin ini. Jadi setelah tau cara backup blog itu ternyata gampil, saat itu juga gw langsung backup blog ini ke hard disk pakai fasilitas export yang ada di blogspot. Fasilitas ini ada di tab settings - tab basic - pilih export blog di bagian blog tools. Filenya nanti berextension .xml.
Di situ juga ada fasilitas impor nya untuk mengembalikan postingan blog ke blogspot. Kemarin trial pake blog yang emang dibikin buat trial n eror. Gw coba export blog dulu ke harddisk. Terus gw sengajain remove salah satu postingan sehingga udah nggak ada di list post yang kita punya. Terus postingan itu pengen gw kembalikan ke blog pakai fasilitas impor blog. tinggal pilih mana yang mau diimpor, dan dalam sekejap postingan itu ada lagi di blog lengkap beserta komentar nya.

Ada cara lain juga kalo kita mau backup blog, coba www.blogbackuponline.com.
Menurut hasil googling ada lagi cara backup yang lebih disarankan, yaitu pakai software BloggerBackupSetup yang disediakan oleh www.codeplex.com. Lebih rumit, tp paling disarankan. Karena belum pernah nyoba yang 2 cara ini, ya saya gak tau deh bedanya sama fasilitas ekspor-impor yang ada di blogspot tuh apa. Sekarang gw mem-backup blog pakai cara yang paling sederhana dan paling gampang aja dulu, yaitu fasilitas ekspor-impor dari si blogspot.

Mungkin ada yang berpikir "ih telat banged sih mama kyara baru tau....". Ya gpp, better late dan never kan hehehe.... Jadi buat yang belum mem-backup blognya, ayo backup secepatnya supaya kalo ada apa-apa sama si blog kita gak kelimpungan nangis darah menyesali hilangnya postingan yang udah kita buat bertahun-tahun :)

Kalo ada yang mau nambahin soal backup blog ini silakan lho... Siapa tau ada yang punya cara lebih canggih untuk mem-backup blog, boleh dong bagi-bagi tipsnya.... :)

17 Comments:

  1. wah selama ini gak pernah kepikir lho gua. tapi kalo iya sampe blog nya ilang (amit2 dah), bisa nangis bombay kali yaaa.... :((

    mesti nyari tau nih di wordpress ada gak ya function buat backup nya... gua gak pernah nyari tau soalnya. hehe

    ReplyDelete
  2. thanks info nya ya,aku juga belum memback up blog

    ReplyDelete
  3. arman: kl ga salah wordpress ada juga function nya,tp ga tau di bagian apa ya. ato bs backup pake situs yg gw kasih itu man, itu bs utk macem2 blog hosting gratisan.

    lidya: ayo mba lid, blognya di backup :)

    ReplyDelete
  4. iya, ayo sama2 kita back up biar gak ilang blog kita...

    ReplyDelete
  5. haaa iyaya gw baru kepikiran juga nih, makasih looh menginspirasi. gw taunya wkt itu ngebackup template doang soalnya misal pas coba2 template baru trus gagal ato berantakan yaudah tinggal balikin lg. itu .xml juga sih jangan2 itu ke backup sama isinya juga yah ?

    ReplyDelete
  6. tik..gimana kalo gue mau back up template blog ya? TFS yaa saaay :*

    ReplyDelete
  7. Hadooooh Tik, kayanya gw kudu kursus lewat pesbuk neh ama lo tentang back up blog ini. Secara kemaren nyoba2 ganti template ajah ga berhasil2. Hiks!!

    Tar gw inbox yah Say. Thanks sebelomnya loh, Suhu :-)

    ReplyDelete
  8. Btw Tik, durennya ah dibawa pulang kan? Gimana, manis kaga?? :-)

    ReplyDelete
  9. Jeng Motik, tau gak slm ini gmn cara aku membackup isi blogku? Tiap selesai publish, halaman webnya ku save ke harddisk, nama file html nya ku bikin sama dengan nama judul postingan trus ku simpan dlm folder yg diatur per tahun dan per bulan, hehe...bener2 cara membackup yg primitif yah :D

    ReplyDelete
  10. Duhhh aku tuch pengen banget ganti template, secara udah 3 kali pindah kantor...templatenya masih itu2 aja heheheh. Tapi aku ngga berani ganti template sendiri, soale dulu pernah gagal akhirnya suami yang benerin.....

    Kalo back-up data aku udah tau, tapi ganti template sndiri masih belum berani hehehe.....

    ReplyDelete
  11. hahah... gw jg suka ga inget backup... thanks ya udah ngingetin ><

    ReplyDelete
  12. ibu dzakyfai: ayao....!!!! :)

    the syah family: ayo ayo di backup blognya... iya kalo backup template extension file nya .xml juga. Tapi kayanya itu backup template aja. Aku bandingin dari size nya, untuk backup template yang selama ini kusimpan di hard disk, palingan size nya 40-50 kb. Kalo kemarin backup blog, size nya sampe 2673 kb. tuh beda jauh banget kan... ayo bu, backup blog deh cepetan buat jaga2 aja :)

    ReplyDelete
  13. husnul: kalo mau backup template gampang banget nul...
    tab design - tab edit html - klik download full template. selesai deh...
    gw slalu download full tempate dulu sblm utak atik template. Dan bener sih, gw pernah beberapa kali bulak balik nyoba balikin ke templlate lama bisa kok, lengkap sama smua widget nya. Tinggal upload template aja, browse dimana kita simpan template itu. save template, beres deh... :)

    susan: ya ampunn malu nih gw dibilang suhu, template blog juga gini2 aja hehe... gampang kok san ganti template. okeh deh ditunggu inbox FB nya :D

    ReplyDelete
  14. alissa: kalo pake cara itu, seandainya postingan hilang dan mau dibalikin lagi bisa nggak mom raja? biar primitif yang penting udah ada tindakan backup buat jaga2 hehe...
    hmmm mama raja kan pake wordpress ya. ada function utk backup blog gak mom? kayanya aku baca2 sih ada. kalo ngga ada bisa pake software untuk membackup blog mom, salah 2 nya yang aku kasih diatas. yah moga2 aja blog kita ngga knapa2 deh sampe seterusnya hehe...

    nia: jangan takut ganti template mba nia. akupun dulu juga takut karena ngga tau gimana backupnya. tp gampang kok. kalo blogspot, ke tab design - tab edit html - download full template. kalo pengen ngembaliin. tinggal upload template aja. aku udah buktikan, baliknya full seperti sebelumnya :)

    Sandy: ayoooo back up.....!!! hahaha... :)

    ReplyDelete
  15. dari dulu kepikiran buat memback up blog
    tapi sampai sekarang belom dilaksanakan
    masih males...

    padahal penting banget yaa

    ReplyDelete
  16. Mam, laporan nih... untuk Wordpress ternyata bisa pake menu Tools >> Export. Kalo mo dibalikin lagi tinggal dibalikin pake menu Tools >> Import :D

    ReplyDelete
  17. allisa: thanks infonya mam...
    tuh untuk yg pake wordpress bisa dicoba info dari mama raja :)

    ReplyDelete

Powered by Blogger.