Wednesday, December 15, 2010

Perawatan Gigi Kyara di Dokter Gigi

Gara-gara baca postingan Indah mommy Ganesh yang ini, aku kok tiba-tiba jadi merasa jadi ibu yang dudul banget :(
Udah tau gigi Kyara itu bermasalah sejak Kyara umur 1,5 tahun (mulai terlihat gerepes), dan Kyara udah pernah ngerasain sakit gigi sampe bengkak besar pertengahan tahun ini seperti yang pernah aku ceritain disini, kok ya gue tetep aja nggak bertindak memberi perawatan apa gitu kek ke Kyara, supaya meminimaisir kerusakannya. Harusnya waktu sakit gigi bulan Juni kemarin jadi teguran bahwa gue harus segera memberi Kyara perawatan, tapi setelah sembuh kok gue malah ngga melanjutkan merawat gigi Kyara. Padahal harusnya begitu gigi terlihat grepes, mulai karies, bisa segera dilakukan perawatan fluor ke dokter gigi sehingga gigi ngga jadi karies dan tetep utuh. Bener-bener deh abis baca postingannya Indah jadi down :(

Nah daripada mewek terus-terusan, lebih baik gue mencari tau secepatnya tentang perawatan gigi anak ini. Sebenernya perawatan gigi anak nggak harus di dokter gigi spesialis anak, bisa aja kok di dokter gigi biasa karena pada dasarnya semua dokter gigi mampu memberi perawatan ini. Tapi namanya dokter gigi spesialis anak (pedodontist), pasti punya "ilmu" tersendiri tentang pendekatan terhadap anak. emang sih pengalamanku bawa Kyara ke dokter gigi kemarin ya meski perlakuan dokter giginya baik, tapi ya biasa aja ngga terlalu pintar membujuk dsb. Waktu Kyara ogah buka mulut lebar, si dokter cukup puas dengan Kyara yang buka mulut cuma sedikit. Tapi dipikir-pikir mungkin karena dokternya dulu kasian nyuruh Kyara buka mulut lebar, kan lagi bengkak gede. Tapi aku makin penasaran kayak apa sih pendekatan si dokter gigi anak kalo ngadepin pasien ciliknya, Jadi aku browsing2 tentang pedodontist ini.

Tadinya pengen bawa ke dokter gigi langgananku waktu kecil. Emang sih bukan dokter gigi khusus anak, tapi dia yang menangani perawatan gigi aku dan adek-adekku waktu kecil, jadi aku tau banget gimana sabarmya dia. Apalagi karena udah kenal jadi suka ngasih diskon *ini penting hahaha*
Tapi setelah browsing sana-sini, aku tertarik sama klinik gigi nya klinik pela 9. Aku nyari yang biayanya nggak terlalu mahal karena nggak ada penggantian dari kantor ayah untuk ini. Dan karena bakal bulak balik (khasnya kalo perawatan gigi), jadi soal biaya ini bener-bener aku perhatiin juga hehe...

Kalo di RS jelas lebih mahal karena waktu aku nganter adekku yang lagi perawatan gigi ke RS, dokternya sendiri bilang karena perawatannya lama, mendingan dateng ke praktek pribadi si dokter di rumahnya langsung karena bisa beda 200-300ribuan. Dan memang bener sih, bolak balik 3-4 kali dan tiap kedatangan selisihnya 200-300ribuan kan amat sangat lumayan. Contoh lain lagi, pembersihan karang gigi untuk dewasa kalo di RS bisa 300-500ribuan, bahkan lebih. Tapi kemarin si ayah ke klinik praktek pribadi dokternya cuma habis 150ribu untuk pembersihan karang gigi. Klinik gigi pun bukan berarti semua lebih murah dari RS. Salah satu klinik gigi anak di daerah bintaro katanya penambalan 1 gigi nya 350ribu. mihil....

Yakk kembali ke dokter gigi anak. Akhirnya setelah browsing sana sini dan coba telpon-telponin beberapa klinik gigi anak sekalian tanya-tanya kisaran harga, aku pilih ke klinik giginya klinik pela di daerah radio dalam. Klinik pela ini sebenernya ada klinik untuk anak berkebutuhan khusus seperti hiper aktif, autis, telat perkembangan, dll. Selain di radio dalam, ada cabangnya juga di tomang dan bekasi. Tadinya mereka ngga punya klinik gigi, tapi karena banyak permintaan khususnya dari orangtua dengan anak berkebutuhan khusus, jadi diadakan klinik gigi ini. Makanya aku yakin dokternya pasti super canggih menangani anak-anak karena mereka biasa menghadapi anak berkebutuhan khusus yang lebih susah diatur. Tapi klinik ini terbuka untuk umum kok, bukan cuma untuk anak berkebutuhan khusus aja.

Telpon klinik pela, kita disuruh langsung menghubungi asisten dokternya untuk bikin appointment. Jadi aku telpon lah suster Yati untuk bikin janji. Suster Yati ini ramah banget dan mau ditanyain macem-macem hehe... Dia juga aktif ngingetin aku via sms kapan aja jadwal dokternya. Jadilah hari sabtu 2 minggu lalu kita dateng ke klinik pela. Karena pasiennya anak-anak, jadi Kyara dikasih jadwal paling pagi supaya duluan.

Klinik gigi nya klinik pela tuh nggak besar2 amat, tapi suasananya cukup menyenangkan dan drg. Linda yang cantik bener-bener lembut dan ramah luar biasa dan amat sangat lihai menghadapi pasien ciliknya. Begitu dateng Kyara disapa dan diajak ngobrol dulu sama tante dokter sambil ditunjukin 1 kotak isinya mainan-mainan kecil. Pas dokternya ngobrol sama kyara, aku biarin aja mereka, biar pada saling klik dulu :) Pas Kyara udh mulai nyaman, baru aku ceritain keluhan tentang kondisi gigi kyara. Oiya sebelum naik ke kursi periksa, Kyara disuruh pilih salah satu mainan di kotak kecil tadi dan minannya boleh untuk Kyara. Bu dokter bilang, kalo Kyara mangap nya lebar, setelah selesai nanti bakal dikasih hadiah lagi hehe...

Ini dia gayanya si anak mama sebelum giginya diutak atik bu dokter :) udah gak mau dipangku lho... :p


hari itu kata bu dokter harusnya baru pengenalan dan pendekatan dulu, sambil diajak ngobrol. Tapi liat Kyara yang ready banget, nggak rewel sama sekali dan nggak takut, jadi hari itu udah bisa dimulai perawatannya. Lubang gigi ada 2, di geraham dan taring. jadi hari itu dilakuin penambalan di gigi geraham dulu, yang gigi taring nanti dikunjungan selanjutnya. Selain penambalan, dilakukan pembersihan dan perawatan fluor di seluruh gigi karena kasus karies nya gigi kyara. Harusnya kalo waktu mulai karies aku langsung bawa ke dokter untuk perawatan fluor, gigi nya bisa tetep utuh ga jadi karies. Tapi ya sudahlah udah terlanjur, yang penting sekarang gimana merawat gigi kyara lainnya supaya ngga ikutan karies. Kata bu dokter sih, gigi kyara yang lainnya masih sehat dan bagus banget, nggak banyak plak dan karang gigi. Aku bilang, ah masa dok, pengen nyenengin saya aja kali... Tapi kata dokternya memang gigi kyara lainnya masih termasuk bagus meski gigi seri depannya sudah mau habis. Beruntungnya, gigi seri yang karies masih ada sisa sedikit, jadi belum hilang sama sekali. Nah ini yang harus dirawat supaya jangan hilang untuk menjaga space tempat tumbuhnya gigi seri dewasa nanti. Kalo gigi seri susu nya sampe hilang sama sekali, nanti giginya jadi bergeser-geser dan ruang untuk tumbuh gigi dewasanya jadi ngga beraturan.
Si gigi seri itu nantinya bakal di tambal juga untuk menutup gigi dari kotoran supaya gigi serinya nggak habis dan copot pada saatnya nanti. Tapi ngga bisa langsung ditambal karena harus steril dulu dari segala kotoran. Jadi sekarang perawatannya dengan fluor dulu.

Kunjungan selanjutnya bulan depan perawatan fluor lagi dan penambalan gigi taring. Kalo sudah ok, baru nanti gigi serinya di tambal di kunjungan berikutnya lagi dan tinggal perawatan 6 bulan sekali.
Dokternya cerita, biasanya dia baru berhasil nambal gigi anak pada kunjungan ke 2 atau 3 karena anak pada takut atau nangis terus. Tapi Kyara ini gampang banged hihihi.... Proud of you, nak... :)

Abis perawatan fluor, gak boleh makan minum dulu selama 1 jam kedepan supaya fluor nya terserap dulu. Kalo terpaksa ya boleh minum air putih selang 1/2jam drpd kehausan kata bu dokter. Habis itu Kyara dapet hadiah lagi boleh pilih di kotak mainan hihhii...

Total biaya perawatan kemarin, 400 ribu. Itu udah termasuk admin untuk pasien baru 50ribu, konsultasi, tambal 1 gigi, dan perawatan fluor. Kalo kunjungan selanjutnya udh ngga pakai admin pasien baru lagi. Jumlah ini masuk budget kami. soalnya dibandingn klinik gigi anak di bintaro aja tambal 1 gigi hrgnya 350ribu. Kalo diganti kantor sih gpp, tp karena kita gak ada penggantian harus pake biaya sendiri jadi berusaha cari yang bagus dan terjangkau hihihi...

Di perjalanan pulang, Kyara tiba2 nagih makan di pizza hut. Oke lah nak, buat reward kita nurut deh kyara mau makan dimana. Dan bener aja, makannya banyak :)
Jadi inget, Pas di rumah Kyara pesen, nanti yaya ngga mau dipangku mama. Yaya mau duduk sendiri, nggak takut sama bu dokter. Dan bener aja sampai sana Kyara berani banget. Mama mesti makasih nih sama barney, karena untuk urusan gigi ini barney banyak berperan. Alhamdulillah juga dari dulu sampe sekarang Kyara rajin sikat gigi. Si karies itu jadi parah karena habit nenen sebelum bobo nya dulu. Tapi sekarang aku udah tenang karena dokternya juga nyemangatin kita banget :)

Sekarang Kyara suka nanya, kapan ke dokter gigi lagi ma??? Tunggu bulan depan ya nak... Kalo sering-sering tekor nih hihihihi....

18 comments:

  1. haaiiihh pinter nya kyara .. gak takut sama dr gigi .. bis cantik sih ya dokternya heheh.. cukup terjangkau juga ya mam di banding dr gigi yang lain .

    ReplyDelete
  2. wah ketinggalan sama kyara nih, aku belum sempat bawa pascal ke dokter gigi

    ReplyDelete
  3. wah pinternya kyara... :)

    ReplyDelete
  4. wah heunbat Kyara gak takut ke drg, jadi malu nie ibunya Dzakyfai dari pertengahan Okt lalu disuruh balik, gak balik 2 lagi ke drg sampe skrg....

    ReplyDelete
  5. Wah...Kyara hebat deh gak takut ke pedodontist. Saya juga berencana ngajak Dita periksa gigi nih walau tidak ada keluhan gigi sih. Ini tiap hari lagi "brainwash" ke Dita bahwa ke dokter gigi itu tidak menakutkan hehehe.

    ReplyDelete
  6. Tiiiikkk, gw tar kirim imel lewat FB yah. Konsul dulu ah ke lo amsalah gigi hehehe

    Btw gigi Zahia 3 buji yang bagian depan udah keropos2. Ngeri gw Tik.

    Duuuuhhh, moga2 kaga kenapa2 yah Zahia.

    Btw Kyara hebat banget ga takut ke Dokter Gigi. Lah gw ajah udah segede gini masih suka gemeter kalo disuruh duduk di kursinya + disuruh buka mulut *jadi malyu sama Kyara*

    ReplyDelete
  7. ikhsan belum pernah aku ajak ke dokter gigi.
    kyara hebat euy, ga takut ke dokter gigi...

    ReplyDelete
  8. Duuhh...jadi kepengen deh memeriksakan gigi Raja ke dokter gigi khusus anak, tapi kayaknya di Palembang belum ada *atau akunya yang belum tau yak?? hehe*. Tapi Puji Tuhan sih, gigi Raja sejauh ini terlihat baik-baik aja, gak ada keropos atau karies, cm yah tetep aja pengen perawatan biar tetep cling! hehe...

    Btw, Kyara hebat yah, gak berasa takut sama sekali sama dokter gigi. Dokternya juga kayaknya ramah banget ya, mam, sampe bagi-bagi mainan gituh...ih, asiknya :D

    ReplyDelete
  9. ruangannnya asyik banget ya... warna warni gitu, bikin anak anak betah....

    waktu aku kecil, dentistnya nyeremin, makanya sampai sekarang aku agak takut sama dentist. hehehe

    coba kalo dentist nya menyenangkan kayak gini yaa

    ReplyDelete
  10. Motik
    Wah Kyara udah pulang dari pedodontist ya.
    Belum terlambat kok, Ma, yang penting sekarang kan gigi Kyara udah dirawat biar bisa senyum pepsodent. Hihihi
    Gw pernah baca tuh soal Klinik Pela, katanya juga ada di Bekesong.

    ReplyDelete
  11. bunda farras: yups itu yg penting bund, cukup terjangkau hihihi *ibu2 banget ya*

    lidya: ayo mbak ajak pascal ke dokter gigi :)

    arman: hehe makasih om arman :)

    ibudzakyfai: sama mbak, akupun dr dulu kalo ngerasa udh ga ada masalah sm gigi ya disuruh balik malah gak balik2 hehehe...

    ReplyDelete
  12. bundit: ayo bund meski ngga ada keluhan di periksain aja. kalo kyara sih udh jelas bermasalah hehe.. kalo ga salah dita suka baca barney kan, kyara sih mempan tuh pake itu. dia malah pengen balik lagi ke dokter gigi :D

    susan: kyara malah ketagihan nih san, nanya mulu kapan ketemu bu dokter lagi :D

    ikhsan: iya alhamdulillah dokternya ramah banget jadi gak takut deh :)

    ReplyDelete
  13. allisa: coba cr di RS besar mom, biasanya ada yg khusus anak. ato dokter gigi umum pun gpp kok sama aja. tinggal cari yg baik dan ramah biar anak2 gak tegang :)

    elsa: iya mba elsa, soalnya emang pasiennya banyak anak2 jd ruangannya meriah hehe..

    indah: iya ndah, thax ya postingan lo bikin hati gw terketuk hehe...
    sekarang lg perawatan, yah mesti bolak balik nih 2-3bulan ini krn kasus kariesnya kyara. tp abis itu cukup 6bulan sekali. iya betulll klinik pela ada cabang di tomang dan bekasi.

    ReplyDelete
  14. sy juga termasuk yg telat bw anak2 ke dokter gigi kok mbak. Itu juga krn anak2 sakit gigi duluan. Ya tp ada hikmahnya deh, jadinya giginya sekalian di rawat. Alhamdulillah mereka juga berani. Gak kayak bundanya yg penakut sm dokter gigi. Hehehe....

    ReplyDelete
  15. kayaknya saya harus ke pedodontist ini deh, kalo dokter gigi biasa takut :D hahaha... dia melayani pasien gede banget gini gak ya ?

    ReplyDelete
  16. Kyara hebbaaattt......kliniknya menyenangkan ya. Di bekasi di mn alamatnya

    ReplyDelete
  17. Di kelapa gading, ada ngga ya drg spesialis anak? Anak ku susah nih ke drg

    ReplyDelete
  18. assalamualaikum bunda motik, hai kyara cantik.., apa kabar? lama tak bersua, smoga sehat selalu. maaf sekali tempo hari sempat jeda dulu dari Pela9 karena melahirkan anak kedua, inshaalah mulai agustus nanti sdh kembali aktif di Pela9. Jika ada yg mendesak bisa juga datang ke praktik di apotik jatiwarna, setu, cipayung (dekat mabes TNI). salam hangat. wassalam. (drg. linda sutarjo)

    ReplyDelete