KB atau TK?

Juli nanti Kyara rencananya mulai sekolah. Kalo dihitung berdasarkan umur, Bulan Juli 2011 ini Kyara akan berumur 3 tahun 8 bulan. Setelah hunting sana sini, ternyata batasan umur untuk anak TK tuh beda-beda ya. Di beberapa sekolah, untuk masuk KB/playgroup minimal 2,5 tahun dan TK min. 3,5 tahun dan di sekolah ini hanya ada 1 jenis playgoup. Ada juga sekolah yang punya 2 jenis playgroup, yaitu KB kecil dengan usia masuk min 2 tahun dan KB besar dengan usia masuk minimal 3 tahun, dan untuk TK nya usia masuk minimal 4 tahun. Dan ada juga nih yang hanya punya 1 jenis KB dengan usia masuk minimal 3 tahun dan untuk TK usia masuk minimal 4 tahun.

Sekarang Kyara pilih yang mana dong? Yah tergantung mana sekolah yang dipilih emaknya hehehe *ya iyalah...*
Kita ngomongin KB-TK beneran ya, yang resmi. Lho, emang ada sekolah ngga resmi? Bukan itu maksudnya... Kan ada tuh kelas toddler, kelas bayi, kelas balita dll yang banyak bertebaran sekarang ini. Ada yang sekolahnya di mall atau ada yang punya bangunan sendiri. Nah yang aku omongin disini adalah KB-TK beneran, yang memang mempersiapkan untuk anak masuk ke jenjang selanjutnya yaitu SD.

Kebetulan emang Kyara nggak aku ikutkan sekolah-sekolah seperti kelas bayi, toddler dan sejenisnya. PAUD pun nggak. kenapa? ya karena mamanya kebetulan ngurus full Kyara di rumah, jadi selama ini yang jadi bu guru ya mamanya aja dulu. Terus di sekitar rumah nggak ada PAUD, jadi aku ngga masukin ke PAUD. Emang dari awal udah berniat mau nyekolahin langsung KB atau TK sekalian aja. Nah menjelang umur 3 tahun, bocahnya kebetulan udah nagih kepengen sekolah. jadi ayah dan mama memutuskan untuk masukin Kyara ke playgroup tahun ini.

Nah salah satu yang jadi bahan pemikiran aku belakangan adalah soal umur Kyara. Nasib anak-anak yang lahir di bulan setelah Juli, umurnya jadi nanggung. Kalo masuk sekolah A, Kyara bisa langsung masuk TK. Tapi kalo pilih sekolah B, bisanya masuk playgroup. Setelah googling kesana kemari, banyak artikel yang menyebutkan bahwa lebih baik anak telat masuk sekolah (menjadi paling tua) daripada anak kecepetan masuk sekolah (menjadi paling muda). Kenapa? Karena ini berhubungan dengan mental anak. Bayi dan balita dengan beda umur 3 bulan itu punya perbedaan perkembangan yang signifikan lho. Belom lagi dari segi fisik. Kalo anak terlalu mungil diantara temen-temennya, dikuatirkan si anak akan minder. Secara mental juga begitu. Makin dewasa anak biasanya makin siap. Kemarin itu aku banyak nemu artikel di mbah google yang membicarakan soal ini. Dan banyak juga orangtua yang nyesel masukin anaknya ke TK terlalu muda. Ada yang akhirnya susah masuk SD karena umurnya kekecilan sehingga pilihan SD jadi terbatas banget, ada yang anaknya terlalu muda jadi minder karena kalah mental sama temen sebayanya padahal beda usia mereka hanya 6 bulanan, dll.

Jadi..... Setelah dipikir, dihitung dan dipertimbangkan, walau sebetulnya ada sekolah yang bisa terima Kyara masuk TK di umur 3 tahun 8 bulan, aku memilih untuk masukin Kyara ke playgroup aja dulu. Jadi nanti masuk KB umur 3y8m, masuk TK A umur 4y8m, masuk TK B umur 5y8m, dan masuk SD kelas 1 umur 6y8m. Batasan minimal usia masuk SD pada umumnya kalo ngga salah 6 tahun kan ya? Untuk negeri setauku 6 tahun, susah untuk nego umur kecuali lahirnya bulan agustus mungkin masih bisa nego. Nah kalo swasta setauku lebih longgar, kalo gak salah minimal 5y8m sudah bisa masuk, itupun kalo test nya lulus ya. Ada juga yang maksa 5,5 tahun masuk SD, nah ini mungkin effort nya harus lebih ya. Salah satu saudaraku ada yang anaknya kecepetan masuk TK, jadi usia 5,5th dia udah lulus TK. Cari SD yang mau terima anak 5,5 thn ternyata terbatas banget. Pada akhirnya bisa sih cari SD yang mau terima, tapi dengan serangkaian test dan you know lah, dengan uang sumbangan yang "dilebihin" juga. Nah setelah dipikir-pikir, ngga masalah lah Kyara masuk playgroup dulu, biar nggak kaget, biar mental nya makin kuat, biar belajar sekolah dulu hehe...

Pilah Pilih Sekolah

Nah dari tahun lalu aku udah hunting sekolah beserta harganya. Buatku, salah satu syarat penting untuk sekolah Kyara  ini adalah jarak. bukan berarti mutu ngga penting ya. Tapi buatku, rasanya akan cukup stress deh kalo pilih sekolah jauh-jauh yang kena macet di segala arah. Apalagi ini anak masih sekolah-sekolahan, masih playgroup, jangan sampe Kyara tua di jalan hihihi.... Jadi aku emang hunting sekolah yang deket-deket aja.

Beberapa sekolah yang aku gali infonya kemarin, biaya masuknya beragam. Untuk playgroup kisaran harga dari 2 jutaan, sampe ada yang 6 jutaan *fiuh,,,*. Untuk TK, kemarin itu dapet harga dari 3 jutaan, sampe 8 jutaan. Harga ini bukan berarti mewakili semua sekolah ya.... Ini harga rata2 dari sekolah yang aku hunting kemarin di daerahku. Mau yang lebih murah? ada banyak kok.... Mau yang lebih mahal? banyak banged...... Untuk TK yang masuknya puluhan juta juga ada kok. Nih di Alazhar deket sini masuk KB-TK nya kalo ga salah di atas 10 juta. Saya sih jujur gak sanggup ah kalo buat TK hihihi.....

TK tuh ngga bakal dipamerin di CV. Mendingan uangnya di save/diinvestasikan supaya bisa masuk perguruan tinggi yang oke punya. TK mewah juga gak menjamin anaknya enjoy. Ada cerita seorang temen, anaknya dimasukin ke salah satu TK mewah di jakarta yang jam belajarnya dari pagi sampe siang menjelang sore. Si anak nggak betah, rewel dan jadi suka ngelawan. Akhirnya sekolahnya di stop terus dimasukkin ke sekolah mungil di komplek perumahan, eh anaknya malah enjoy banget dan ketagihan sekolah. Mungkin karena nggak cape di jalan ya. Karena kalo soal mainan
anak kecil kan belom ngerti banget mana yg mahal dan murah, yang penting ada banyak mainan dan suasana ceria udah bisa bikin anak happy.

Nah setelah tahun lalu dapet kisaran harga segitu, jadi mulailah kami siap-siap biayanya. Tapi pencarian sekolah belom berhenti, karena aku masih nggak sreg sama lokasi nya yang menurutku masih terlalu jauh untuk ukuran anak playgroup. Padahal sih naik mobil 10 menit aja, tapi masih penasaran ada gak ya yang lebih deket lagi dan mutunya baik, yang kalo bisa ditempuh dengan jalan kaki ato naik sepeda/motor. Aku inget kalo di komplek kayanya banyak anaknya yang sekolah di komplek seberang. Kebetulan tetangga sebelah rumah juga anaknya waktu TK sekolah disana, tapi sekarang dia udah SD kelas 1.

Akhirnya oktober tahun lalu aku iseng-iseng main ke TK yang ada di komplek seberang komplekku. Dihitung-hitung, jarak rumah-sekolah bisa banget ditempuh dengan jalan kaki, kira-kira jaraknya cuma 300-400meter-an, atau kalo males jalan bisa naik becak/ojek. Kesan pertama masuk gerbang sekolahnya, sekolahnya teduh, adem, bersih, rapi, dan nyaman. Waktu itu udah sepi karena jam sekolah udah selesai. Setelah liat-liat situasi, kita masuk ke bagian tata usaha nya dan kayanya diterima langsung sama bu kepala sekolahnya. Di ruangan itu juga gurunya lagi pada ngumpul dan ramah-ramah banget. Mereka langsung sapa Kyara dan ngajak ngobrol Kyara. Setelah tanya-tanya seperlunya dan segala macem, kita dikasih brosurnya, gw kaget dan terbelalak liat harganya. Kagetnya kaget seneng ya, karena ternyata dengan fasilitas yang ada harganya murce deh! Sempet bertanya-tanya dalam hati kenapa harganya murah  gitu. Kalo tebakan saya sih, mungkin karena ada subsidi juga dari yayasan nya dan dikelola oleh dharma wanita peruri (karena letaknya di komplek peruri), ruang kelas ngga full AC seperti kebanyakan sekolah sekarang, dan mainannya bukan model playground mewah berbahan plastik seperti sekolah-sekolah mahal itu. Hmmm its oke buat aku. AC? ngga perlu lah. Kan di rumah udah pakai AC dikamar, hampir full dr siang-malam-pagi bangun tidur dinyalain non-stop ketemu AC. Jadi biar anak kenal keringat, biar sehat, toh sekolahnya cuma sebentar sekitar 2-3 jam aja. Mainan juga gak perlu seperti playground mewah, yang penting mainannya banyak, lengkap, bersih. Lagi pula sekolahnya juga teduh kok.

Pulang dari situ dan liat reaksi Kyara yang seneng banget sama sekolahannya langsung bikin aku mantap ngedaftarin Kyara sekolah di KB-TK Teruna Ria. Setelah keliling sekolahnya dan baca-baca brosurnya, fasilitasnya emang nggak kalah dengan sekolah mahal lainnya.
  • Untuk ukuran KB-TK, sekolahnya bisa dibilang lumayan luas. Cuma ada 1 lantai, tapi lumayan luas. Ada kolam renang, playground luas, lengkap dan ada bak pasir juga, ada lapangan olahraga/lapangan hijau untuk anak berkatifitas lari-larian (ngga semua sekolah ternyata punya lapangan hijau lho sekarang ini), ada UKS, musholla, ruang multimedia, dan ruang serbaguna.
  • Untuk kegiatan intrakulikuler (wajib): bahasa inggris, TPA (taman pendidikan alquran), dan berenang. Kegiatan ekstrakurikuler (tidak wajib): melukis, menari, dan drumband
  • Ada kunjungan dokter berkala
Meski bukan menamakan dirinya sebagai sekolah islam, tapi semua pengajarnya pakai seragam berjilbab dan salah satu kegiatan di sekolah adalah TPA, jadi aku cukup yakin kalo sekolah ini bernafaskan islam.

 ruang kelasnya besar-besar dan adem. Ada bagian untuk meja kursi, dan disisi lain ada bagian berkarpet untuk aktifitas lesehan lengkap dengan alat aktifitas di tiap kelas.

 playgroundnya cukup luas, tiap jenis mainan jumlahnya lebih dari satu. Jadi diharapkan nggak terlalu rebutan mainnya.

Pendaftaran udah di buka di bulan Januari ini. Kemarin aku udah ambil formulir pendaftaran. Pas kesana, katanya sebetulnya pendaftaran belom resmi di buka, baru akhir januari nanti di bukanya. Karena kasian kalo kitanya bolak balik, jadi dibolehin ambil formulir pendaftaran, tapi harga uang pangkal belum update karena belum ada keputusan resmi dari yayasan. Yang jelas kenaikannya sih nggak banyak katanya.

Nah kemarin ambil map isi formulir pendaftaran seperti disamping, bayar Rp. 40ribu. Pengembalian formulir mulai bulan februari dilengkapai dengan kelengkapan syarat-syarat seperti akte kelahiran dll.
Untuk uang pangkal (harga tahun 2010. untuk tahun 2011 katanya ada kenaikan sedikit palingan sekitar 10%):
TK: Rp. 1.600.000 sudah termasuk uang gedung, seragam 5 setel, buku paket untuk 1 tahun, SPP bulan juli.
KB: Rp. 600.000

Untuk SPP tiap bulan, TK Rp. 125ribu, KB Rp. 100ribu.

Untuk TK masuk tiap hari dari senin-jumat. Untuk KB, masuk 3 kali dalam seminggu.
TK sudah full pakai seragam tiap hari. Kalo KB hanya dapat seragam olahraga, dan yang 2 hari lainnya pakai seragam bebas.

Tanya-tanya ke tetangga yang anaknya alumni TK teruna ria, katanya sih kurikulum KB-TK nya bagus. Kegiatannya pun bagus. Yang perlu diinget, TK ini tidak ada kurikulum pelajaran membaca. Mereka memang mengenalkan angka dan huruf, tapi mereka tidak memberikan jaminan lulusannya lancar membaca karena memang gak ada di kurikulum mereka. Untuk membaca ini, emang sebenernya kan pelajaran SD ya. TK ini nggak salah karena emang kurikulum sebenernya seperti itu. Tapi di Indonesia sekarang ini banyak SD yang mewajibkan anak yang mau masuk kelas 1 SD udah pintar membaca. walah-walah kasian ya anak jaman sekarang, bebannya berat... Kalo SD negeri ngga ada aturan harus pintar baca pas masuk kelas 1, tapi kalo SD swasta ada yang mengharuskan si anak sudah lancar baca. Nah sekarang tinggal kita orang tuanya aja. Kalo tetanggaku bilang, meski di TK nya ngga diajarin baca sampe lancar, ya di rumah agak di genjot pelajaran bacanya karena kebetulan SD yang dipilih tetanggaku mewajibkan si anak udah lancar baca pas masuk sekolah. Kalo kita pilih SD yang test nya nggak wajib lancar baca, ya tenang aja, pelajaran baca akan diajarkan guru SD nya. Nah sekarang aku mau coba dulu gimana KB nya kyara nanti sambil hunting-hunting SD mana yang nantinya bakal jadi sekolahnya Kyara, apakah wajib lancar baca ato ngga. Kalo nanti kuliat KB nya oke, ya aku bakal lanjut TK disini aja karena deket dari rumah. Kalo kurang memuaskan menurutku, ya nanti kita hunting TK lagi. Tapi dari review ibu-ibu sini sih katanya KB-TK teruna ria oke-oke aja. Smoga sih beneran oke dan kyara juga seneng sekolah disini. Mama yang seneng deh gak perlu hunting TK lagi dan secara harga juga oke banget hihihi....

Buat yang anaknya lahir setelah bulan agustus boleh kalo mau share mending masukkin sekolah kecepetan atau tunggu umurnya bener-bener cukup...?

17 Comments:

  1. Wah2 ..bagus bener pilihan skulnya mama yach Kyara...Mmhhh, anakku gak ada yang lhr setelah bulan agustus, tapi sama nanggung juga, dzaky masuk TK Kecil pas 3 taun 5 bulan..dan Fai baru mau masuk TK kecil pas 4 taun 4 bulan..nampaknya better gak usah terlalu muda karena mentalnya masih belum siap kalo kemudaan mam.

    ReplyDelete
  2. Wah2 ..bagus bener pilihan skulnya mama yach Kyara...Mmhhh, anakku gak ada yang lhr setelah bulan agustus, tapi sama nanggung juga, dzaky masuk TK Kecil pas 3 taun 5 bulan..dan Fai baru mau masuk TK kecil pas 4 taun 4 bulan..nampaknya better gak usah terlalu muda karena mentalnya masih belum siap kalo kemudaan mam.

    ReplyDelete
  3. wah bagus tuh mam pilihan skulnya, semoga kyara senang dan nyaman disana, apalagi tempatnya dekat dr rumah. Aku juga kalo saatnya shishil sekolah nanti, ga mau cari yang jauh, kasian anaknya.

    ReplyDelete
  4. Azka masuk plegrup umur 2 th 8 bln, tk a 3 th 8 bln. Jd thn ini sd 5th 8 bln. Krn emg aku mo daftarin azka di sd swasta, ga ada masalah ma umurnya. Januari ini azka mau tes di sdit darusalam ma sdi al azhar. Tesnya calistung ma psikotes. Ntar maret, mau daftar juga di madrasah. Aku bingung milih sekolah buat azka di antara 3 sekolah itu hahahah...

    Klo masalah umur muda ato tua, klo mnrtku beda-beda tiap anak, azka walopun paling muda di kelasnya, tp mnrt gurunya nih yaaa...secara akademik azka paling pinter dan menonjol. Dia juga udah bisa mandiri, mgkn krn anak tertua ya, dulu waktu blom punya adek siy manjaaa banget, sekolah maunya ditemenin. Sejak punya adik, sekolah tiap hari sendiri, naik mobil jemputan sekolah. Adikku dulu masuk sd umur 5 th 5 bulan juga lancar aja, selalu 3 besar di kelas. Bundanya nayla juga tuh masuk sdnya umur 5 th hihihi...*lirik bundanay*

    ReplyDelete
  5. Mbak Motik, kalo dari pengalaman aku dulu yang lahir di bulan Oktober, pas sekolah memang usiaku kesannya jadi lebih tua dari temen2 yang laen tapi terus terang, jadi lebih pede juga, hehe... Trus ada pengalaman beberapa temanku yang masuk sekolahnya termasuk muda usianya. Awal-awal sekolah sampe kelas 2-3 SD oke, tapi kemudian selepas itu orangtuanya bilang anak-anaknya seperti jadi bosen sekolah dan ujung-ujungnya prestasinya menurun. Orangtua temen-temen ku itu cerita sendiri lho mbak sama orangtuaku, jadi katanya nyesel juga anaknya masuk SD di usia yang baru 5 tahunan.

    Yah, pengalaman orang bisa saja berbeda-beda, tapi kalau aku dengan melihat pengalaman ku dan teman-temanku dulu, aku mantap masukin Raja playgroup di usia lewat 3 tahun, TK lewat 4 tahun, dan SD lewat 6 tahun (soalnya Raja lahir di bulan Februari jadi pake judul lewat-lewat gitu, hehe)

    Btw, sekolahnya bagus banget, mbak. Aku juga nyari sekolah buat Raja yang playgroudnya outdoor gitu. Di sini ada juga sih sekolah swasta mahal (belajarnya pake 3 bahasa: Indonesia, Inggris, Mandarin...gubrraakkk!!!), tapi playgroundnya indoor kayak di mall-mall jadi aku kurang tertarik di situ, hehe

    ReplyDelete
  6. aku aja sreg sama sekolahnya, hehe.. selamat belajar (dan bermain) Kyara :)
    Maap belom bisa share banyak, kan Tanaya msh 1.5 tahun.. :D

    ReplyDelete
  7. Alhamdulillah Dita lahirnya di bulan yang strategis (Juni) hahaha. Saya setuju mending anak "ketua-an" drpd 'Kemuda-an" saat masuk sekolah. Dulu awalnya saya kan pengin Dita mulai sekolah umur 2 tahun. Tapi pas nanya2 anak yg sekolah disitu rata2 umur min 3 tahun, jadinya saya memutuskan gak jadi. Kasihan Dita kalau paling mungil disitu. Ayahnya Dita juga bilang sekolah umur 2 tahun mah terlalu kecil. Masih saatnya bermain di rumah aja.

    Wah, calon sekolah KB nya Kyara ok banget kayaknya. Sekolah yang didekat rumah saya kebanyakan lahannya gak luas sih :-( . Ntar mau survey lagi deh. Syarat pertama yang penting, dekat dr rumah juga.

    Thanks sharingnya ya mam :-)

    ReplyDelete
  8. pilihan mamanya pasti baik untuk anaknya ya

    ReplyDelete
  9. ibudzakyfai: makasih sharingnya mom... 3th5bulan sih masih cukupan kalo kubilang ya, bukan umur nanggung. yang nanggung biasanya 3y8m, 3y9m, 3y10m. kalo 3y11m biasanya bisa nego ya dikit2. tp tergantung sekolahnya juga sih. sip deh masukannya :)

    herien: amien bund.. semoga emang bener bagus ya, ngga tau juga nih kalo ngga dicoba hehe... dan semoga kyara juga betah :)

    vera: eh azka tuh mirip kyara ya mbak ver, sama-sama lahir bulan november. iya di beberapa sekolah kyara bisa dimasukin TK, di sekolah lainnya hrs KB dulu. sekolah yg kupilih ini mesti KB dulu, TK min.4th. Ok thanks sharingnya mbak, nanti kupikir2 lagi baiknya gimana hehe...

    ReplyDelete
  10. allisa: wah mama raja lahir bulan oktober ya, nasibnya sama kaya kyara umurnya nanggung hehe... kalo raja sih pas ya mam, lahir februari.
    hmmm bagus banget mom masukannya, makasih ya. itu juga yg jadi pertimbanganku mom. kata temenku yg psikolog juga persis kaya yg mama raja bilang tentang temennya itu, persis banget. tapi emang semua anak ngga bisa disamaratakan. ada juga yang emang mentalnya udh siap.
    ok mam makasih banyak y masukannya, berguna banget :)

    KB-TK nya ini kebetulan deket rumah ada yang besar dan kulihat emang bersih. Ya kalo dibandingin sama sekolah mahal yang modern jelas kalah mungkin ya dari bahan mainan, desain dsb. Tapi emang fasilitasnya kebetulan ngga kalah dengan sekolah yg udh terkenal itu hehe... Jadi drpd jauh2 aku coba pilih yg deket aja krn review dr ibu2 sini uga katanya bagus :)

    amel: hehe makasih tante amel... masa mel liat gambarnya aja sreg? hehe mudah2an aku gak salah pilih deh ya. soalnya ini sekolah ada di kompleks tp lumayan besar dan luas :) moga2 nanti kyara betah deh :)

    bundit: waaaaa bundit curang dita bisa pas banget lahirnya. bikinnya pinter brarti, bisa pas gitu hihihi :p
    iya lah bund kalo 2th mah menurutku juga kekeilan deh, biar puas dulu main di rumah. apalagi beban sekolah anak sekarang tuh berat lho, gak kaya jaman kita dulu. berart tahun ini dita samaan kaya kyara dong masuk KB :)
    alhamdulillah deket rumah nemu sekolah yang luas gini dan fasilitasnya lengkap bund. jadi kayanya untuk KB mah mau disini aja krn deket dan nggak bikin anaknya cape. ayo bund survey... biasanya udh pd mulai buka pendaftaran tuh..

    lidya: amin, insya allah pilihan terbaik mbak :)

    ReplyDelete
  11. Wah, sekolahnya bagus Tik, bersih dan kayaknya gede juga ya dan yang penting Affordable!! :)

    Bener banget, PG-TK itu mau mahal-mahal gimana juga gak masuk CV. Ini gw juga akhirnya memberhentikan Shaina dari sekolah dan baru mau mulai lagi entah tahun ini atau tahun depan pas TK.. Banyak pertimbangannya sih, kita liat aja nanti deh. Gw malah mau masukin sekolah main-main dulu tahun ini sebelom masuk TK nanti.. Gw lebih konsen untuk nabung SD dia nanti. SD di sekolah yang agak bagusan dan unggulan boleh lah, kalau PG-TK kayaknya yang penting dia biasa dulu dengan ritme sekolah n disiplinnya. Itu aja.

    Semoga nanti kyara seneng sekolah yaaa dan semuanya cocok :)

    ReplyDelete
  12. waah aku suka banget lihat sekolahnya..bagus,bersih,gede,lengkap fasilitasnya udah gitu yang paling penting harga nya murah dan deket rumah... iri euy cz deket rumah belum ada TK yg sebagus itu...aku sampe sekarang masih survey sana sini..

    masalah umur... ya menurut aku lebih baik agak ketuaan ya dibanding kemudaan... untungnya tania lahir di bulan strategis pas bulan Juni :D

    semoga kyara betah dan senang sama sekolahnya ya.. :)

    ReplyDelete
  13. Kaanay sekolahnya bagus yah Tik. Bersih, dan lenkap gituh fasilitasnya.

    Pokonya gw tunggu info selanjutnya mengenai persekolahan Kyara. Buat referensi gw boooo

    ReplyDelete
  14. ga kerasa mengikuti perkembangan blognya mama kiara (sbg silent reader)mulai dari postinga kyara msh berumur bebrapa bulan dan saat itu baby sy brumur 1 bulanan dan skrg my baby dah masuk 11bln. dah banyak cerita yg dipulish,,,, ikutan senang.. mengharu biru.. bahagia jg.. campur-campur..thx for your sharing.. byk yg bs sy pelajari mjd seorang Full Time Mom.. ^_^ dan met sekolah yah buat kyara (iyaya..). Moga dede yg ada dipeyut jg sehat-sehat aja yah... Salam hangat...

    ReplyDelete
  15. cicha: lhoooo shai udh brenti skul tho cha? wah baru tau aku. pantesan kok biasnya ada kabar apa gitu ttg skolah shai di twit, ini kok belakangan gak ada. kenapakah? shai msh bosen ya cha?
    puas2in aja dulu main dan belajar di rumah ya cha. gw pun puas2in biar kyara bisa bebas bangun siang, main sepuasnya dulu skrg ini. akan ada waktunya kalo anak sudah siap. Kyara sejak beberapa bulan lalu emang minta sekolah terus, makanya insya allah tahun ini mau coba sekolah main2 dulu alias playgroup. di beberapa skolah udh bisa masuk yk sih, tapi masih perang batin nih gw takut anaknya blm siap..
    amin cha... smoga kyara nanti betah deh ya. Kalo gw liat skolahnya sih emang udh sreg banget dr segi penampakan dan harganya plus review ibu2 disini. Tapi betah nggak nya kita liat nanti aja.. :)

    susan: ya gw sih sreg san sama skolahnya. kan masih playgroup juga, gak mau ambil sekolah yg terlalu jauh ah, kasian anaknya. ya smoga aja emang bener bagus dan kyara betah ya..

    ummu syamil: salam kenal juga ummu syamil... wah makasih ya udh jadi silent reader :)
    amin... makasih doanya ya ummu :)

    ReplyDelete
  16. Bunda motik,apa sudah bisa anak saya juli nanti usianya bru 2 thn 3 bln tapi saya mau coba untuk ikut kelompok bermain di teruna ria.
    Krna lokasinya jg dekat dgn rmh saya di jln sunan kali jaga. Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya belum bisa bu karena minimal 3 tahun atau 3 tahun kurang untuk KB.

      Delete

Powered by Blogger.