Rembesan Pagi ini... Alhamdulillah Bukan Bocor Ketuban

Another diary of my pregnancy...

Pagi ini gw bangun dengan terkaget-kaget. Kenapa? karena celana ku basah. emang sih ngga sampe tembus ke sprei, tapi cukup basah kaya ngompol. Pas berdiri, kerasa cairan itu masih netes-netes beberapa menit. Ya Allah ini kenapa?? Karena berasa masih netes-netes, gw rebahan lagi sambil membasuh bagian bawah pake tissue supaya tetesannya berhenti dan gw sempet nggak berani liat ada apa di tissue itu. Komat kamit gw berdoa supaya yang kliatan di tissue jangan noda merah. Oiyah, yang jelas ini bukan kep*tihan ya, karena gw tau bedanya kep*tihan dan bukan.

Alhamdulillah... tissue nya bersih, ngga ada ada noda sama sekali, cuma basah aja. Abis rebahan beberapa saat dan ngerasa udah nggak ada tetesan lagi, gw beraktifitas seperti biasa karena perut juga ngga sakit sama sekali. Nyiap-nyiapin bekal si ayah buat dibawa ke kantor, sarapan, abis itu leyeh2 sebentar. Nggak lama kemudian gw telpon ayah soal kejadian tadi pagi karena tadi emang belom sempet cerita ke ayah yang buru-buru mau ngantor. Abis di ceritain, ayah minta gw langsung sms pak dokter, ceritain tentang kejadian pagi ini.

Gw sms pak dokter dan cerita dengan lengkap pagi ini.Karena gw bilang cairan yang kluar tidak berbau sama sekali, pak dokter langsung bales mohon segera kontrol karena kuatir kalo itu cairan ketuban yang bocor. Aduh gw yang terlalu panik ato gimana ya, tapi gw langsung lemes. Gw pikir yang namanya ketuban bocor itu berlaku buat bumil yang hamil besar aja. Lha ini kan belum 3 bulan, ketuban juga masih seuprit kok bisa bocor... Gw langsung mandi dan telpon RS untuk daftar.

Sampe RS langsung di tensi dan ditimbang. Baru duduk sedetik langsung dipanggil masuk. Ternyata gw pasien terakhir siang itu, jadi emang udah sepi. Begitu masuk pak dokter udah tau kalo td gw yang sms dia dan ga pake lama gw langsung di USG. Pas di USG, jreng jreng... Alhamdulillah ketubannya masih banyak, kliatan kantong hamil makin besar dan ketuban sangat cukup. Diliat-liat ngga ada kebocoran. Mulut rahim juga rapat, insya allah ngga ada kebocoran. Kata pak dokter dia ikut deg2an waktu gw sms tadi pagi. Soalnya ada pasiennya yang hamil 3bulan yang kasusnya ciri-cirinya sama kaya yg gw. Tapi pasienyya itu ternyata beneran bocor ketubannya. Si pasien nggak menyadari sampe akhirnya ketubannya kering.

Jadi, apaan tadi itu basah-basah kaya ngompol? Insya Allah kata pak dokter itu lendir kehamilan yang kebetulan produksinya sedang berlebih. Kalo keluar cairan bening kaya air tidak berbau, ada kemungkinan itu ketuban atau lendir kehamilan aja. Penampakkan emang hampir sama, sama-sama cair kaya air. Tapi kalo diperhatiin lebih lanjut, sebetulnya ada perbedaan. Ketawannya yah harus di USG. Kalo kliata di USG ngga ada kebocoran, Insya Allah itu lendir kehamilan aja. Tapi gw harus tetep waspada. Kalo kejadian ini berulang lagi, harus segera kontrol lagi dan harus diperiksa dari bawah supaya keliatan ada apa sebenernya sampe bisa banyak cairan bening keluar gitu.

Berat badan gw ternyata tambah turun :( Tapi yang membahagiakan, janin di dalam tambah ndut :) Minggu lalu kan gw baru kontrol bulanan, usia kehamilan sekitar 9w. Nah tadi kata pak dokter berdasarkan USG usia kandungan 10w4d, dan dibandingin sama minggu lalu ukurannya membesar dengan pesat, alhamdulillah... Minggu lalu masih mungil banget, selang seminggu kayanya cepet besarnya. Kepala, tangan, kaki makin terbentuk. Lucu banget tadi goyang2 terus dan dokternya bilang "liat tuh bu tangannya aktif banget dadah-dadah ke mamanya".
Subhanallah nak... kamu kangen pengen mama tengok apa gimana sih ya... bikin mama deg-deg an aja. Ya udah ngga apa-apa kalo kamu kangen mama tengok, tapi baik-baik ya di dalam jangan bikin mama deg-deg an lagi.

Alhamdulillah ya Allah semuanya baik-baik aja. Cuma dipesen nggak bolek kecapekan aja dan tetep waspada. Udah seminggu nggak mual muntah, mama mau kasih makan kamu yang enak-enak deh. Tapi baik-baik di dalem ya sayang... :-*

Eh eh mau cerita out of topic dulu nih...
Tadi ketemu ibu-ibu beranak 4, kita ngobrol-ngobrol sambil ngantri pas bayar. Pertama dia sangka gw belom punya anak. Pas tau gw abis dari dokter kandungan, dia pikir gw baru hamil pertama kali. Pas gw bilang anak pertama saya umur 3 tahun 2 bulan, dia bilang "oh anaknya udah 3 tahun tho...udah gede juga ya" "kok masih muda banget ya". Bagian bergaris diucapkan seperti berbisik hampir tak terdengar. Terus dia bilang, enak amat sih masih muda, hamil masih seger, ngga kaya saya udah tua. Yah bu... jangan bandingin dong, situ kan anaknya udah 4. dulu waktu anaknya 2 juga pasti masih muda... Sekarang anaknya 4, anak terakhir udah besar pula, udah SD. Jangan bandingin sama saya yg masih imut-imut hehe...

Pas di kantin RS ada ibu-ibu lain yang nyangka Kyara anaknya ibu saya. Ibu saya bilang kyara cucunya, dan bilang "itu lho mamanya" (sambil nunjuk saya), si ibu-ibu melongo, "hah muda amat". Lucunya si ibu itu kepo kita ngapain ke RS, siapa yang sakit. Ibu saya bilang nggak ada yang sakit, abis periksa kandungan. Si ibu kok kaya kaget gitu ya, emang kliatan kemudaan ya saya jadi ibu hamil hehe... Kayanya ibu-ibu itu emang udh agak berumur tapi anaknya masih kecil. Hmmm ya sudahlah...

Hahahaha ini saya nyombong amat yak.... bukan itu maksudnya. Saya malah mikir, apa ngga pantes ya penampakan saya kaya ibu-ibu yang udah punya anak, malah udah mau ngasi adek buat anak pertama, padahal secara umur wajar lho... nggak terlalu muda banget.

Another example, pernah waktu nunggu giliran priksa di DSOG, saya disamperin sama sales representative yang juga lagi nunggu giliran pasien abis sebelum mereka nawarin obat-obatan ke dokternya. Waktu itu emang pas saya belom hamil lagi. Dateng sendiri tanpa suami, Kyara lagi makan di kantin sama ibu saya. Saya pake kemeja santai rok selutut. Di mata cowok itu saya kaya temennya dia yang sesama sales representative kali ya. Padahal saya pake rok karena persiapan kalo perlu periksa dalam biar gampang hihihi... Dia ngajak kenalan, tanya ini itu dikirain sesama sales representative. Pas saya bilang kalo saya pasien dokter kandungan dan mau cek kandungan, dia kaget dan temennya di belakang saya ngetawain sambil bilang "makanya kalo ngajak kenalan cewek liat dulu ada cincin kawinnya nggak". hahaha.... eh tapi cowok itu cakep bangeddd *ya ampun emak emak centil, malu sama anak woiii*

hahah out of topic nih jadinya. Tapi itu bikin saya jadi ketawa-ketawa hari ini :) Jadi mikir apa harus berpakaian kaya ibu-ibu banget ya biar kliatan udh punya anak?? haha nggak deh, be my self aja. Malah bagus dong ya kliatan muda terus *nyengir lebar*

Ya udah happy weekend ya....

23 Comments:

  1. dulu pas esther hamil andrew juga pernah gitu lho. tapi pas udah 7 bulan. jadi keluarnya air bening, sampe dikira air ketuban. tapi ternyata bukan. ditestnya pake kertas lakmus. jadi itu emang v*ginal discharge yang ternyata emang bisa berupa air bening. sampe 2 kali tuh begitu dulu, kita sampe takut aja. hahaha.

    moga2 kehamilannya sehat2 dan lancar2 terus yaaa.. :)

    btw seneng dong dibilang muda... hehe

    ReplyDelete
  2. Wah, Mbak...begitu yah...tercengang dan berdebar-debar dech tadi bacanya...saya selama ini nggak gitu ngeh kalau ternyata orang hamil itu begitu banyak yg dikhawatirkan....

    Berguna banget buat saya kelak nie...

    Salam kenal ya Mbak :)

    ReplyDelete
  3. Makanan harus dijaga ya Mbak?
    Dan artinya aktivitas juga nggak boleh sembarangan...

    ReplyDelete
  4. alhamdulillah kalo baik2 aja ya mbak.. Uhui asik dong kl selalu dianggap muda :)

    ReplyDelete
  5. Allhamdulillah ga ada yg harus dikhawatirkan ya semoga sehat trus sampai melahirkan

    ReplyDelete
  6. Hihi... asik dong jadi berasa muda trus... Jadi tar pas anak udah SMA, biar di sangka kakaknya, hehe...

    ReplyDelete
  7. alhamdulillah baik2 sajah ya...moga terus sampe lahir dech..

    wah ngiri dibilang mudaaaaa..........mau jg dunk...(hrsnya kalo yang ngajak kenalan co cakep jgn ngaku mau periksa hamil mom..he he he he

    ReplyDelete
  8. Alhamdulillah sehat dan baek aja ya baby inside.

    Woow...asyik nih masi dikira lajang, emg masi cocok jd mahasiswi, tik hihihi...

    ReplyDelete
  9. Alhamdulillah kalo kandungannya baik2 aja...moga2 sehat trs smpe melahirkan nanti....eh perasaan waktu hamil ina dulu, aku juga pernah begitu dech...mana kejadiannya di kantor, aku sempet panik, trs lagsung tanya2 di forum info bunda....pulang kerja lgsung ke dokter, trnyata bukan pecah ketuban.

    Mungkin Motik keturunan baby face kali yach, soale emaknya aja masih kelihatan muda banget....jadi kalo jalan berdua serasa adek kakak, nnati kyara sm mamanya juga begitu hehehe......

    ReplyDelete
  10. wah alhamdulillah ya bukan ketuban, mudah2an dedeknya kyara ini sehat2 terus sampai waktunya keluar nanti, aminnn...

    cie... ada yg Ge-eR nih kayaknya... hahaha

    ReplyDelete
  11. Jeng Motik, ayam kaming!! Huhuy, akhirnya gw eksis kembali setelah ampir 3 minggu berpupa.

    Alhamdulillah yah Say semuanya baik2 ajah. Gw baca sms lo waktu itu jadi ikutan parno, secara dulu pengalaman Zahia berojol cepet juga kan gara2 air ketuban bocor.

    Ya sutra, sehat selalu Say. Sesama Bu Butning yuks maree saling mendoakan hehehe

    Tar kalo mual2 lagi gw sms lo *ngadu boooo ceritanya*

    NB: Deuh yang dibilang muda, jadi ikutan GR hihihi

    ReplyDelete
  12. Lupa gw ngasih tau, ada lomba Tik di blog gw. Kalo lo kaga mabok & minta, ikutan yah Say :-)

    ReplyDelete
  13. Alhamdulillah kalau baik2 aja mam. Sehat2 terus ya calon dedeknya Kyara, biar mama gak khawatir. Btw, mama Kyara ini kan emang masih kayak anak kuliahan sih, jd pd gak percaya kalau udh mau berbuntut 2 hehehe. Hmm.. sayang juga ya ketemu2 yg ganteng tp status sudah gak boleh ngelaba lagi hahahaha :D

    ReplyDelete
  14. Syukurlah kandungannya baik-baik aja yah mom, sehat terus yah sampe lahiran nanti :)

    Hehehe...pengen ketawa deh pas baca yang cowok2 sales itu pake ngajak kenalan...xixixi....memang mamanya Kyara masih terlihat muda kok, apalagi lagi hamil gini kata orang sih jadi tambah terlihat bercahaya *lampu kaleeee* :D :D

    ReplyDelete
  15. Halooo Mba Motik..I'M Coming,yeay udah lama ga nengokin temen2 semua tau tau mba Motik ge hamil yah..wah selamat yah mba,ikut seneng deh :P ..waduh baca postingan jadi parno tapi Alhamdulillah yah ga da apa2 ama kandungannya,moga sehat sellau sampe lahir nanti..

    Hehehhhe GR neh di bilang ibu ibu muda masih cantik lagi hahahhaa

    ReplyDelete
  16. Tik,saya mampir di postingan yg bermanfaat baru tau gw ada kebocoran air ketuban. Bisa gw waspadai segera nih yaa.

    Btw pake daster aja mak, tanpa model yg lurss aja trus rambut di untel2 bisa jd penampakan emak-emak gak yaa hihihi


    Sehat-sehat trus yaa bumil

    ReplyDelete
  17. Duh, sempet deg2an gw bacanya...sukurlah ga ada masalah dgn kehamilan loe ya Tiq,,,


    Kangen dirimu dan Kyara,

    ReplyDelete
  18. umur sich boleh bertambah terus.. anak juga boleh bertambah banyak.. penampilan mah mesti fresh terus donk.. tetep awet muda.. yes..yes.. salah satu trik nyenengin suami.

    Syukurlah dirimu baik-baik aja. semoga seterusnya lancar yaa..

    ReplyDelete
  19. arman: amin.... berarti hampir sama kaya yg pernah dialamin esther ya kayanya. sehat2 trs juga ya buat kejamilan esther :)

    Hani: hai hani salam kenal juga :)
    hehe kalo hamil sih sebenernya dijalani dan dinikmati aja... kalo ngga ada halangan, nikmat banget kok :) akupun sebenernya so far ngga bermasalah. tp kalo ada kejadan spt ini ya hrs waspada juga krn kan menyangkut nyawa lain. stlh di cek trnyt ga knp2 ya alhamdulillah. asal jgn didiemin aja drpd nyesel belakangan hehe..

    cahaya bali: iya ngga boleh kecapekan katanya :)

    ke2nai: hihi mbak myra,,,, *blushing*

    lidya: makasih mbak lid :)

    anggie: hihihi amin...kalo bisa keliatan muda terus :) tp kulit ngga bisa bohong sih mbak, kalo diperhatiin dr deket, dibagian tertentu kliatan ada kriput dikit juga hihihi...

    ReplyDelete
  20. ibudzakyfai: iya yah bu lain kali sok single aja ya.. *malu sama anak hehe*

    vera: huahaha mbak ver bisa aja. ya kalo main ke kampusnya ayah kyara dan melenggang sendirian, kayanya masih cocok ya mbak hahaha

    nia: iya mbak ternyata ibu hamil banyak jugayg ngalamin, tp hrs waspada aja bisa ngebedain mana ketuban dan mana bukan. biar aman sih mending cek ke dokter ya. hehehe baby face ya mbak :) asal jangan babi face aja ya haha..

    bunda shisil: amin bunda... :)

    susan: hiahaha lo udh tau duluan ya malahan krn gw sms hihihi... maap san blm sempet blogwalking, gw seminggu ini munti2 lagi hiks :(

    ReplyDelete
  21. bundit: ahaha... bundit nih jadi malu say :p ada untungnya sih bund kliatan muda, tp kadang ada ngga enaknya juga. orang jd ngga percayaan dan pernah juga diremehin hehe...makasih bund doanya :)

    alissa: huaaa mama raja bisa aja nih *nutupin mata yang kesilauan lampu sorot* hihihihi
    eh mama raja juga klitan muda selalu lho. kulitmu itu lho mom, bagus banget :)

    kiky: hehe makasih mama azzam... aku juga udh agak lama nggak mampir blogwalking nih. masih blm stabil suka munti2..

    nta: pake daster? itu mah di kamar aja shin hahaha.... dirimu juga ya, sehat terus ya bumil cantik...

    sally: samaaa kangen dirimu dan fadli juga.... tunggu ada undangan bday lagi br ketemuan lagi nih kita kayanya hehe...

    desy: amin mama zaheer... dirimu juga ya bu, sehat terus kehamilannya... :)

    ReplyDelete
  22. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  23. Mau nanya dong mbak, tadi pagi pas bngun tdur ad kluar cairan gtu,gak terlalu bnyak juga gak sdikit, gak kyak biasanya, gak bisa dthan kluarny, saya mau kontrol tpi tadi gak sempet, sampai skrang masih kluar airnya mbak, tapi pegerakanbayinya masih aktif kya bianya

    ReplyDelete

Powered by Blogger.