Kabar si Calon Kakak dan Calon Adik

Haiiiii..... Apa kabar si calon kakak dan calon adik akhir-akhir ini??
Alhamdulillah semua sehat. Udah lama juga nggak nulis tentang milestone nya Kyara nih. Ini dia sekilas kabar kami :)

Si calon kakak

Kyara 39 months

Ini dia Kyara di umur 39 bulan. Alhamdulillah makin pinter tapi makin ngeyel juga hehe...
Yang jelas milestone makin banyak dong ya.. Beberapa milestone si kakak:
  • Soal toilet training, dari 2,5 tahun kalo siang udah free diaper. Kalo pipis dan pup siang hari udah ga pernah kebablasan lagi. Tapiiii ini berlaku hanya kalo di rumah dan pergi ke tempat yang deket-deket aja ya. Kalo pergi jauh/jalan-jalan kmana gitu, aku masih pakein diaper. Aku masih suka kuatir kalo di tempat yang di tuju nggak ada toilet yang memadai ato bersih. Kan ntar malah jadinya rempong dan gak higienis. Gimana kalo malam hari? Untuk tidur malam hari, kadang pakai diaper kadang nggak. Kalo cuaca kayanya lagi dingin banget, aku pakein diaper. Sebelum hamil kemarin hampir tiap hari nggak pake diaper kalo malem, tapi sejak hamil dan lagi masa mual muntah, aku sering pakein diaper kalo malam karena gak kuat kalo mesti bersihin sprei kalo ternyata Kyara kebablasan ngompol. Demi kenyamanan si bumil juga, makanya kalo malam kadang masih suka pake diaper. Aku sih santai aja ya, nggak terlalu kuatir juga kalo di umur 3 th nya ini kyara kadang masih pake diaper karena pada dasarnya dia udh ngerti pipis dan pup di toilet kok. Karena meski lagi pake diaper, seringnya dia minta pipis nya tetep di kamar mandi, atau kalaupun pipis di diaper dia pasti bilang dan izin "ma boleh ngga pipis di pempis". Jadi diaper aku pakein sebagai jaga2 aja kalo pergi rada jauh dan malam kalo pas lagi dingin banget aja, sewdangkan kalo di rumah siang hari ato pergi ke tempat yang dekat udah free diaper.
  • Kalo siang sudah bisa pipis sendiri ke kamar mandi. Ini salah satu hikmah pas aku mual munti kemarin dan nggak ada ART di rumah. Ceritanya aku ajak ngobrol Kyara kalo mamanya lemes banget kalo harus bolak balik meladeni Kyara ke kamar mandi. Karena kalo aku makin banyak gerak makin mendorong buat mutah. Eh ternyata Kyara malah kesenengan di suruh belajar pipis sendiri. Kyara nyalain lampu kamar mandi dengan cara naik ke kursi plastik. Terus copot celana dan pipis jongkok di lantai kamar mandi. Habis itu cebok pakai shower kecil. Setelah selesai matiin lampu kamar mandi lagi, terus pake celana sendiri. Jadi milestone ini sangat meringankan mama nya banget kalo siang. Kadang dia bener2 mau sendiri pipis di kamar mandi, kadang meski semua2nya sendiri tapi aku harus ngikutin dia ke kamar mandi. Mamanya di suruh ngeliatin dari pintu aja, nggak mbantuin dia. Kalo pengen diliat kaya gini, kupikir kayanya karena dia mau "pamer" kemampuannya. Nggak masalah aku tetep ngeliatin dia dari pintu, habis itu kasih pujian ke kyara atas kemampuannya. Pasti ini salah satu yang bikin dia semangat juga. Kalo pup belum bisa sendiri ya, masih harus di temenin dan dicebokin. Biasanya Kyara pup di potty nya, aku nunggu di pintu aja. Kalo lagi pup gitu dia gak mau diajak ngobrol atau ketawan kita liatin. Jadi biasanya aku biarin dia menikmati waktu pup nya, aku tunggu di deket pintu sambil baca-baca (pokoknya nggak ngeliatin kyara). Tar kao udah selesai Kyara akan bilang dan tinggal kita cebokin aja.
  • Semakin lancar pakai baju dan celana sendiri. Dari sebelum umur 3 tahun, sebetulnya udah bisa pakai baju dan celan sendiri, tapi masih baju dan celana tertentu alias yang longgar-longgar kayak kaos singlet dan celana rumahan yang longgar. Nah sekarang udah makin lancar pakai baju apapun. Tetep masih di bantu dikit dan diawasin sih, karena dia jadinya suka kesel sendiri kalo pas nggak nemu lobang tangannya hehe...
  • Ngancingin baju sendiri. Nah ini salah satu yang membanggakan buat aku dan ayah. Sebulan terakhir ini, Kyara udah bisa pasang kancing. Daaaannn kita nggak tau belajar dari mana dia. Kayanya dia belajar sendiri deh dengan merhatiin kalo kita lagi kancingin baju. Karena suatu saat tiba-tiba dia pamer ke kita kalo udah bisa pasang kancing sendiri. Emang sih awalnya masang 1 kancing tuh lamaaa banget, 1 kancing bisa 5 menit sendiri. But heiiii... namanya juga belajar jadi gpp :) Sekarang hobinya masang segala kancing. Kancing bajunya sendiri, kancing bajuku, kancing baju kerja ayahnya, bahkan baju-baju yang belom di gosok diambilin Kyara dipilih yang ada kancingnya, terus dia duduk santai di kursi masang-masangin kancing baju-baju itu. Saking lagi senengnya masang kancing, kemarin sempet merengek minta dibeliin baju tidur yang model piyama berkancing depan. Baju tidur Kyara kan kebanyakan modelnya setelan kaos, yang berkancing depan cuma ada 2. Jadi kemarin kita beliin lagi aja 2 setel piyama kancing depan, lumayan buat nambah koleksi baju berkancingnya hehe... Nah sekarang masang kancingnya udah lumayan lihai dan sama sekali nggak mau dibantu. Kalo kancing besar kayak di baju si ayah, dia bisa cepet, hanya beberapa detik. Justru kancing bajunya yang kecil-kecil yang agak lama. Tapi kancing baju bagian bawah biasanya llumayan cepet, yang agak lama tuh bagian atas karena kan harus extra nunduk. Biasanya kalo udah lama banget gak berhasil baru deh minta dibantuin :)
  • Lagi belajar mandi sendiri. Kalo ini sih belum lulus ya sebenernya. Tapi mama seneng karena Kyara udah mulai belajar mandi sendiri atas kemauannya sendiri. Untuk mandi tetep sampe sekarang aku mandiin, karena untuk pake sabun di bagian badan belakang jelas belum bisa banget. Kalopun nyabunin badan belakang ya seadanya aja nggak bersih sampe ke punggung. Tapi untuk bagian depan, tangan, kaki, dan ketek Kyara maunya sendiri. Tar aku tinggal bantu nyabunin badan belakang nya dia aja. Ngguyur badan juga maunya sendiri pake gayung kecilnya Kyara atau kadang pake shower kecil. Tapi ya mesih belom bersih lah, pastinya aku guyur ulang biar bersih.
Si calon adik


Apa kabar si calon adik? Ini dia foto si adek waktu mamanya kontrol minggu lalu. Minggu lalu usia kandungan sekitar 14 minggu dan panjang si adek dari kepala sampai tulang ekor sekitar 8.7cm. Foto di atas keliatan si adek lagi membelakangi/memunggungi kita nih, jadi tangan kakinya nggak keliatan dari sini. Kalo diliat dari foto di atas, alhamdulillah plasenta letaknya di atas dan nggak menutupi jalan lahir. Jadi insya Allah kalo ngga ada halangan bisa melahirkan natural birth lagi seperti melahirkan Kyara dulu. Tangan ada dua, kaki ada dua, tulang belakang bagus, jantung bagus, Alhamdulillah so far kondisi normal dan baik.

Mengutip dari www.bayisehat.com,
Minggu 14
Tiga bulan setelah pembuahan, panjangnya 80-110 mm dan beratnya 25 gram. Lehernya semakin panjang dan kuat. Lanugo, rambut halus yang tumbuh di seluruh tubuh dan melindungi kulit mulai tumbuh pada minggu ini. Kelenjar prostat bayi laki-laki berkembang dan ovarium turun dari rongga perut menuju panggul.
Kalo si adek panjangnya 8,7cm dari kepala sampai tulang ekor berarti masuk dalam perekembangan yang normal ya. Sampai saat ini sih aku belum ngerasain gerakan si adek ya karena kan baru 14 minggu juga. Nanti mulai usia kandungan 4 bulanan ya insya allah baru terasa. Kalo dulu bisa ngerasain gerakan Kyara kalo ga salah 17-18mingguan deh. Hmmm nggak sabar ditendang-tendang sama si adek dari dalem perut :)

Si mama
Haha si mama gak mau kalah ngasih kabar :D *padahal nggak ada yang tanya kabarku yak, GR aja si mama*
Alhamdulillah aku sehat. Kehamilan sekarang sekitar 15 minggu. Masa mual munti sepertinya sudah berakhir di minggu ke 14. Dulu hamil Kyara mual munti sampe minggu ke 12 aja. Sekarang extend sampe minggu ke 14. Sebetulnya pas minggu 12 udah mulai berkurang dan stop ngga munti lagi. eh cuma beberapa hari gak munti abis itu seminggu penuh munti lagi hanya kalo maghrib aja, entah kenapa. Sampe kontrol ke dokter minggu lalu, hari sebelumnya masih munti-munti. Pas kontrol minggu lalu pun berat badanku masih stuck, total turun dari awal sampai minggu lalu berarti 4kg lebih, hampir 5kg. Tapiii alhamdulillah bayinya tambah besar dan perkembangan normal, nah berarti emang bawaan aku aja nih kalo hamil pasti turun banyak berat badannya, jadi asupan makanan banyak kemakan si janin. Dulu hamil Kyara juga gitu, tapi total turun hanya 3,5kg, kalo sekarang turun sampai hampir 5kg.

Nah sejak seminggu lalu alhamdulillah sepertinya masa mual munti mulai berakhir. Tiba-tiba nafsu makanku jadi menggila, tiap 1-2 jam maunya makan sesuatu, ngga ada mual munti lagi, dan mulai bisa kemasukan makanan apapun tanpa pantangan. Ah syenangnya sekarang masuk dapur udah nggak pusing bau bawang :D Dan dalam 1 minggu berat badan naik 1 kg. Wuah malah ngeri kebanyakan nih kalo seminggu naik sekilo hehe... Moga2 sih kenaikannya standar aja nggak terlalu banyak. Kayak pas hamil Kyara kemarin total naik sekitar 9kg aja, dan bb si kyara lahir 3kg, smoga kali ini juga sekitar segitu aja total kenaikan bb ku biar bawa badan gak berat banget hehe.. Alhamdulillah mama udah nggak mual nih sayang, nanti kita makan yang enak-enak dan bergizi ya dek...
Pokoknya si mama sudah merasakan nikmatnya masa trimester kedua. No mual munti, bisa makan apa aja, badan masih ringan belum begah, dan badan kerasa lebih seger nggak seperti kemarin-kemarin. Hei ayah... kalo mau liburan sekarang saatnya nih mumpung badan belom berat dan ngos-ngosan hihihi...

Kaya apa penampakan bumil di kehamilan 15 minggu? Ini dia...


Gambar kiri, penampakan perut waktu kehamilan 12 minggu. Perutnya aja yak..., saat itu bumil lagi kuyu berat :D
Gambar kanan, penampakan terbaru. Mumpung habis mandi (biar gak kuyu banget gitu...xixixi), minta fotoin si ayah bentar. Ternyata perutnya udah keliatan kaya orang hamil ya :)
Ini buktinya kalo makanan sebagian besar diambil sama si adek. Biar berat emaknya stuck, tapi perutnya nyembul hihihi....

Kalo sebelumnya kan perut rada membuncit karena baby fat masih belom tuntas hilang hueheheh....  Tapi kalo sekarang senangnya melihat perut ini kembali membuncit karena ada makhluk hidup di dalamnya... :)

Terus terus gimana kabar si ayah? Alhamdulillah baik dan sehat... Si ayah no photo yakkk.... Ayah kebagian jadi tukang foto aja deh hehe...  :)

23 Comments:

  1. wah mbak udah kelihatan gitu ya perutnya, ga kaya aku hamil hehehe.btw foto usg nya lengkap ya info nya,ditanya kedokter gitu ya. sehat selalu ya

    ReplyDelete
  2. selamat ya buat calon kakak, calon adik, calon ayah ibu dua anak ... semoga sehat semuanya amin. salam kenal ...

    ReplyDelete
  3. selamat buat si kakak yang udah tambah pinter, buat si adek yang tambah gede, dan buat si mama yang tambah cantik dengan perut gendutnya, hehe...

    Btw, mbak, perutnya lumayan cepet juga gedenya yah, hehe bener seneng ya kalo perut gendut karena memang ada baby di dalam bukan karena masih banyak lemak yang betah adem ayem di dalam :D

    ReplyDelete
  4. selamat buat si kakak yang udah tambah pinter, buat si adek yang tambah gede, dan buat si mama yang tambah cantik dengan perut gendutnya, hehe...

    Btw, mbak, perutnya lumayan cepet juga gedenya yah, hehe bener seneng ya kalo perut gendut karena memang ada baby di dalam bukan karena masih banyak lemak yang betah adem ayem di dalam :D

    ReplyDelete
  5. iya kurang lengkap cerita tentang ayahnya. hahaha.

    udah tau belum babynya co/ce?

    ReplyDelete
  6. Untuk Kak Kyara kata Kayla hebat euy, tambah pinter terus pastinya, Kalo untuk dede, Kayla doakan agar terus sehat di dalam kandungan sampai terlahir du dunia. Sementara untuk tante Motik, makan yang banyak dong tantem biar dede nya juga sehat di dalem :D

    ReplyDelete
  7. wah si kakak udah tambah pintar ya, seneng deh bacanya, kayaknya kyara udah siap banget jadi kakak, asal ga jelouse aja ya nanti :)

    utk si adik, semoga sehat terus smp masa kelahiran tiba, aminn

    utk si ibu, seneng bacanya udah ga munti2 lagi, makan jg udah enjoy, smoga sehat terus, ga ada halangan apapun dan diberi kemudahan hingga persalinan kelak, aminn..

    untuk si ayah... ga usah ya, hehehe

    ReplyDelete
  8. Postingnya dirapel sekalian, mbak. Hehe...
    Semoga saja kehamilannya dan proses kelahirannya lancar. Amin.

    ReplyDelete
  9. wah kakanya makin pintar saja, semoga sehat selalu ya bayi dan ibunya

    ReplyDelete
  10. Wah wah Kyara tambah pinter ya..Mamanya tetep cantix dech, cuma perutnya doang yang ndut...

    ReplyDelete
  11. wahhh 15 minggu perutnya udah keliatan ndut yachhh...klo aku dulu hamil segitu blm kelihatan....makanya babynya begitu lahir cuma 2,7kg...emang turunan imut2 sech heheh.....

    kyara udah pinter mandi sndiri yachh....bagus dong, klo ina mandi sndiri ngga mau udahan, jadi seringnya masih dimandiin......

    ReplyDelete
  12. lidya: mba lid..haha jd malu nih. itu kliatan krn ketambahan baby fat yg blom tuntas kali ya. dulu pas hamil kyara jg lama kliatannya,4bulan aja blm kliatan. skrg sbtlnya blm kliatan bngt kok mbak, itu pas mancung aja.aku perhatiin kadang ini perut kliatan agak mancung, kadang kempes.haha kayal balon :D
    hasil usg itu tulisannya aku yg tambahin biar lbh kebaca.nyontek yg dijelasin pak dokter.dokternya sih njelasin lbh detai smp ke ukuran segala,tp aku lupa detainya hehe..

    ra-kun: salam kenal juga..

    isma: makasih doanya mbak isma.. salam kenal juga :)

    allisa: hihihi mom, itu krn ketambahan lemak tuh jd lbh kliatan hehe..itu efek baju jg kali mom,kalo aku jalan2 pake baju longgar belom kliatan kaya lg hamil kok. ini krn pake kaos ngepas aja :D

    ReplyDelete
  13. arman: sbtulnya mngg lalu itu dokter udh kasih hints, apa sex baby brdasar hasil usg. udh dikasi tau kemungkinan kelaminnya .... bu. tapiii berhubung msh 14mgg jd dokternya jg msh agak ragu. moga2 kontrol selanjutnya udh makin jelas :D kalo adenya andrew udh ketawan ce/co?

    smile: makasih om ismail.. eh mamanya udh makan mulu nih skrg, ga brenti ngunyah :D

    herien: hehe si kakak alhamdulillah mulai kliatan makin mandiri nih. insya allah makin siap jd kakak :) makasih ya tante..

    susi: amin.. makasih doanya ya mbak susi :)

    dina: amin.. makasih doanya mba dina :)

    ibu dzakyfai: ahayy mamanya lg abis mandi aja tuh jd rada seger :D

    nia: dulu aku 4bln jg blm kliatan mbak. ini ketambahan lemak kali ya jd lbh kliatan hahaha *malu* eh gpp mbak imut2,nggedein bayi pas udh kluar aja kl didalem jgn gede2 hehe.. yg penting sehat ya.. eh kangen ngga mbak liat perut org hamil? tambah adek buat duo ina yuk kan blm dpt yg cowo hehe..

    ReplyDelete
  14. Wah Kyara kelihatan sudah gede ya di foto. Alhamulillah calon dedek bayi sehat, Mamanya juga sudah gak hoek2 lagi. Semoga kehamilannya selalu sehat dan lancar saat day-D nanti ya mam. Senengnya lihat foto bumil hehehe

    ReplyDelete
  15. sekarang lagi ngetren maternity photo , jadi kayak prewedding photos tapi yang difoto bumil-nya... hubungi fotografer profesional terdekat hahaha (misalnya si pepen)

    ReplyDelete
  16. Mpga kehamilannya lancarrr terus ya, seneng deh.

    Kyara makin pinter aja ya. Klo aku dulu jaman azka susah tuh nhelepas pampers malamnya, masi suka ngompol ampe umur 3 th....paliiing susah deh bagian ngajarin pipis dan pup. Nah, alisha malah sejak 1 th ga ngompol, jd malemnya juga ga pake pampers. Beda2 tiap anak ya

    ReplyDelete
  17. kangeeeen deh sama Kyara
    maaf baru mampir yaaaaa
    komputerku lagi tewas tuh

    hamilnya udah kelihatan ya Mbak,
    semoga sehat teruuus
    lancaaaar deh

    ReplyDelete
  18. wah perutnya udah keliatan ya tik. smoga sehat terus dirimu dan si baby. dan smoga babynya cowok hehe:)

    ReplyDelete
  19. Saaaayyy, maapkan ekye baru sempet mampir dimari. Semalem gw langsung tewas boo pas nidurin Zahia. Makanya abis sholat subuh ga bobo lagi supaya bisa namu ke tempat tetangga :-)

    Waaaahhh sama dunks Tik perut gw jug dah gede. Padahal pas hamdun Zahia dulu 6 bulan kecil amit. Sering dikira orang2 baru 3-4 bulan. Hadoooohhh!

    Seneng deh liat p;oto USG nya. Gw belom sempet scan mulu tuh

    ya sutra, saling mendoakan semoga kita sehat2 terus ampe melahirkan dan baaby juga sehat yah Say.

    Cup muach2 untuk Ka Kyara dari Zahia yang lagi belajar juga ngancingin baju :-)

    ReplyDelete
  20. Hai... salam kenal Bunda, wahh komplit bgt ya ceritanya, jd terinspirasi :)
    Pengen banget punya anak cewe biar bisa di dandanin :((
    btw blog nya aku taro di blog roll aku yah Tx :)

    ReplyDelete
  21. kayaknya Kyara udah makin siap jadi calon kakak nih.. Apalagi anak cewek biasanya lebih telaten ya :)

    ReplyDelete
  22. bundit: amin... maksaih bund :)

    sandy: haha iya san emang lagi ngetrent tuh. banyak kok skrg studio foto buat maternity photo. tp si pepen mah udh sibuk berat, gak ada waktu buat poto2an dia :D

    vera: hihihi uya ya mbak, tiap anak beda2. Kyara pagi siang malam sekrg udh free diaper alhamdulillah. di rumah udh ga pernah ngompol dan pup sembarangan. tp kalo pergi aku blm pede ngelepas diaper hehe..

    elsa: makasih mbak elsa... :)

    evy: hehe iya vi udh kliatan dikit nih :) amin doanya evy... :)

    susan: yah san ini kliatan krn masih ada lemak sisa jaman dulu kali ya hahaha....

    indri: hai mom... salam kenaljuga :) ayo abis ini puny aank cewe buat adeknya raka :) aku link balik ya blognya :)

    ReplyDelete

Powered by Blogger.