Tuesday, February 08, 2011

Kehamilan Dengan siklus Haid Tidak Teratur

Kok judul postingan ini nampak kayak pakar aja deh. Nggak, bukan pakar kok, cuma mau berbagi cerita aja. Semenjak hamil, ada beberapa temen deket yang tanya-tanya soal kehamilan kedua saya ini. Lha ngapain mereka tanya-tanya? Tanya cara bikinnya kah? Kalo itu sih ngga perlu diajarin juga udah pada pinter kan ya.... ;) Kebetulan beberapa temen deket ada yang tau sejarah siklus haid saya. Dan wajar aja kalo mereka tanya kok bisa, gimana treatment nya? suatu pertanyaan yang wajar buat para cewe yang juga lagi merencanakan kehamilan dengan masalah siklus haid. Terus kenapa mereka bisa segitu taunya kalo siklus haid saya kacau, apa tiap bulan gw cerita? Ya nggak lah... Biasa obrolan ibu-ibu, kan kadang kita suka ngomongin masalah PMS, siklus haid, apalagi yang habis melahirkan banyak juga yg siklus haidnya jadi berubah. Gw cukup lama tidak dapat haid sehabis melahirkan, dan ternyata ada beberapa yang senasib juga.

Nah, makanya pengen sharing disini juga, siapa tau ada yang lagi merencanakan kehamilan tapi siklus haidnya kacau balau kayak saya. Beberapa kali dicolek temen di FB, YM, yang tanya2 soal masalah siklus ini, jadi aku mau share disini juga siapa tau berguna.

Oiyah, ini hanya sharing aja ya. Bukan berarti ini adalah tips supaya bisa hamil atau semacamnya. Gimanapun juga, sekuat apapun usaha kita, kehamilan hanya terjadi atas izin Allah SWT. Ada kok orang sehat tanpa masalah yang belum berhasil hamil, atau ada juga orang yang ada masalah tapi tidak susah untuk hamil. Jadi semua terjadi atas izin dan amanat dari Allah. Kita manusia hanya berusaha aja, approval hamil/nggak tetep haknya Allah SWT :)

lanjoood...
Jadi, waktu kehamilan pertama dulu alhamdulillah gak ada masalah. Ngga menunggu terlalu lama, aku hanya kosong 6 bulan. Siklus haid sebelum married lancar, tiap bulan cenderung mundur seminggu dari tanggal bulan sebelumnya. Setelah nikah, siklus haid malah jadi lancar jaya. Paling hanya mundur 1-3 hari dari tanggal bulan sebelumnya. Makanya pas hamil Kyara dulu, ketawannya ya dari telatnya haid. Begitu haid telat seminggu, udah ada kecurigaan deh kalo bulan itu hamil.

Setelah melahirkan Kyara, seminggu setelah masa nifas selesai aku udah langsung dpt haid tapi cuma 3 hari aja. Setelah itu 3 bulanan nggak dapet haid, akhirnya haid lagi tapi cuma sedikit sekitar 3-4 hari an aja. 3 bulan kemudian baru dapet lagi dan keluarnya juga sedikit aja. Begitu terus sampe akhirnya aku ngga haid sekitar 6 bulan. Pas Kyara umur 1,5th, akhirnya untuk pertama kalinya sejak melahirkan dapet haid yang banyak lagi. Saking banyaknya, 3 minggu bleeding nggak berhenti bok! Lha malah jadi panik ini kenapa bleeding ngocor terus 3 minggu nggak berhenti. Sempet berhenti, tapi paling cuma 1 hari abis itu kluar lagi, begitu terus selama 3 minggu. Akhirnya daripada kenapa-kenapa aku periksa ke dokter, ceritanya ada di postingan ini.

Setelah urusan bleeding 3 minggu itu beres, setelah itu siklus haid ku kembali normal tapi hanya 2 bulan aja. Setelah itu, siklusnya kacau balau lagi. Yak dari pertengahan 2009 sampe oktober 2010 siklus haid kacau balau, dapetnya bisa 2 bulan sekali. Pas tau siklus kacau lagi, pengen balik lagi ke dokter tapi kupikir ya udah lah emang belom rencana hamil juga, lagian aku males juga kalo terlalu banyak konsumsi obat/hormon pelancar siklus haid. Jadi aku biarkanlah si haid dateng sesukanya, biar telat yang penting pada akhirnya dateng juga karena emang belum berencana hamil lagi.

Tahun 2010, aku punya resolusi untuk hamil lagi. Tapi si ayah masih gak mau kalo aku hamilnya di awal tahun. Ayah kepengennya aku hamil setelah bulan agustus karena si ayah masih ada beban nyelesaiin thesis dan nggak mau terganggu kalo-kalo istrinya hamil lagi terus jadi agak rempong. Mengingat riwayat kehamilan pertama ku yang mabok parah sampe tengah malem sampai bulan ke 3, jadi si ayah kuatir kalo dia nggak bisa konsen ngerjain thesis sambil denger istrinya hoek hoek hahaha...
Jadi, kami berdoa aja supaya Allah mendengar keinginan si ayah, dan aku juga nggak ambil pusing sama siklus haid yang baru nongol 2 bulan sekali itu. Dari hasil baca2, siklus haid terlalu panjang bisa berarti ngga terjadi ovulasi. Kalo nggak terjadi ovulasi, kecil kemungkinan untuk hamil. Atau bisa juga terjadi ovulasi, tapi waktunya nggak jelas kapan masa suburnya.

Akhrinya bulan Agustus 2010 si ayah di wisuda. Bulan September setelah lebaran, baru deh perbincangan soal nambah anak dimulai lagi. Suami istri ini akhirnya pikirannya udah sejalan, sama-sama pengen tambah anak. Berhubung saya sadar ada yang gak beres sama siklus haid, jadi pas awal oktober begitu haid yang lama tak muncul itu dateng lagi, aku buru-buru ke dokter pas hari pertama haid. Jadi kalo ada yang perlu dibenerin, bisa dimulai secepatnya. Karena kalo nunggu siklus haid berikutnya bisa nunggu lama lagi buat nongol haidnya.

Pas ke dokter, ceritalah aku ke pak dokter kalo ada rencana mau hamil lagi tapi siklus haid nya kacau balau, jadi nggak jelas kapan masa suburnya. Dikirain dokternya telatnya paling 1-2 minggu, pas aku bilang dapet haid nya 2 bulan sekali kaget juga deh tuh pak dokter hihihi...

dokter: Hah dapat haid 2 bulan sekali? Kenapa baru periksa sekarang bu motik????
gue: Yah abisnya baru rencana hamil sekarang dok. Kalo saya ke dokternya dari dulu, lha kalo hamil gimana kan kami belum pengen :D *sambil nyengir*
dokter: wah si ibu nih... hmmm gini lho bu, ya kalo pengobatannya ternyata cocok dan berhasil hamil dalam waktu dekat ya syukur alhamdulillah ya. Nah kalo pengobatannya gak langsung cocok dan siklusnya agak lama sampe jadi teratur, gimana....  Padahal kita akan menormalkan 3 siklus haid dulu lho bu... Tapi ngga usah kuatir bu, Insya allah doa ibu didengar Allah ya, siapa tau bulan depan siklus nya kacau lagi tapi kacau nya karena ternyata beneran hamil :)
gue: amin dok.... yah saya pasrah aja dok, kapan aja di kasih kesempatan berarti itu yang terbaik  *sok bijak padahal nyesel juga kenapa nggak periksa dari dulu hehe*

Habis itu di usg, bla bla bla ternyata rahim ok dan bersih nggak ada masalah. Setelah selesai usg ngobrol-ngobrol lagi sama dokternya.

Dokter: Kalo ibu perhatiin, cukup banyak juga lho wanita yang hamil pertamanya gampang, tapi pas mau hamil kedua agak susah. Penyebabnya banyak, salah satunya karena selang beberapa tahun tubuh kita banyak terpapar sama zat-zat tertentu. Misal karena banyak makan-makanan yang diawetkan kayak sosis, bakso, mi instan, kornet, dll. Nah kalo mau hamil, badan kita harus bersih dulu, bergaya hidup sehat, supaya mempermudah pembuahan, jadi nanti janinnya juga sehat.
gue: *manggut-manggut sambil mikir kalo itu makanan yang sering gw makan...*
Dokter: jadi, sekarang kita benerin dulu siklus haid nya untuk 3 bulan, saya kasih cyclo progynova nya untuk 1 bulan dulu ya bu. Nanti bisa ditebus lagi untuk keperluan 3 bulan ke depan. Ditambah satu lagi, saya kasih semacam multivitamin, isinya anti oksidan untuk ngeluarin racun dari dalam tubuh supaya racun-racun yang ada sekarang pelan-pelan hilang. Stop dulu makan-makanan yang saya sebut tadi ya, kalo nggak racunnya bakal numpuk terus. Insya Allah kalo nanti terjadi pembuahan bisa menghasilkan kehamilan yang sehat.
hmmm ibu mau saya resepin penyubur nggak supaya telurnya besar-besar dan kemungkinan hamil lebih besar? tapi ada efeknya bu...
gue: hah apa efeknya dok?
dokter: efeknya bisa terjadi kehamilan kembar. Gak perlu ada gen kembar tetep bisa terjadi lho bu. Kalo ternyata dalam waktu yang bersamaan sama-sama ada telur yang ukurannya besar dan berhasil dibuahi dua2nya, ya bisa kejadian kembar. Gimana bu.... Kalo siap ya nggak masalah :D
gue: ahhhhhh nggak mau dok..... satu aja kadang ribet dok, nggak kebayang kalo punya anak kembar...
dokter: hehehe ya sudah, kita coba alami aja dulu tanpa penyubur ya. Kan waktu hamil pertama dulu juga alami, gak ada masalah, gampang hamilnya juga kan bu. Insya Allah yang kali ini juga nggak lama ya... Siapa tau bulan depan ibu dateng ke saya lagi tapi sudah dalam keadaan hamil ya bu. Jangan lupa berdoa ya bu, kan gimanapun semua atas izin Allah :)
gue: oke deh dok.... amin.... smoga ya dok... :)

Itulah kira-kira sebagian percakapan saya dan pak dokter waktu itu.
Akhirnya saya konsumsi cyclo progynova untuk pelancar siklus dan glisodin untuk anti oksidannya setiap hari. Eh nggak tiap hari ding,,,, saya bandel, nggak disiplin, minumnya selang seling eh seingetnya hahaha... Pas si cyclo belum habis, sisa 4-5 butir, eh si haid sudah dateng. Yeah haidnya jadi maju beberapa hari. Kalo saya minum cyclo nya teratur mungkin pas obatnya habis pas dateng tuh si haid persis seperti tanggal bulan sebelumnya. Tapi karena minumnya rada ngaco ya dateng duluan deh. Setelah haid kali itu, harusnya saya tebus lagi tuh resep cyclo untuk bulan berikutnya, tapi dasar gue payah kebanyakan malesnya jadi nggak gue tebus lagi deh. Duh niat ngebenerin siklus gak seeeh? Akhirnya bulan berikutnya gue nggak konsumsi cyclo karena kemalesan nebus resep.

Nah november 2010 akhir, harusnya aku haid lagi. Tapiii tamu yang ditunggu tak kunjung datang. Berhubung udah kebiasaan telat, jadi nggak kepikir tuh buat ngecek pake testpack. Yang ada gue nyesel banget kenapa tuh resep nggak gue tebus, jadinya siklus haid kacau lagi. Tunggu punya tunggu yang ditunggu gak dateng-dateng, tau-tau suatu malam gue bermimpi kalo gue hamil. Pas bangun cuma mikir ah hanya mimpi... Mulai hari itu, gue perhatiin ada yang berubah sama salah satu bagian tubuh gue, yaitu p*yud*ra. Sebagai wanita kita pasti tau banget detail bentuk kepunyaan kita kan... Nah mulai hari itu gue perhatiin bentuk p*yud*ra gue beda banget, dan gue inget banget bentuknya mirip waktu gue hamil dan menyusui. Pantesan undies juga pada sempit rasanya. Tapi gue nggak mikir kalo gue hamil karena saat itu perut bawah juga rada kram persis kayak mau haid. Jadi gue yakin kalo itu adalah tanda mau haid aja. Tapiiii entah kenapa, feeling yang bicara. ciehhhh.... Kalo nggendong Kyara ato jongkok2, perut juga rasanya aneh banget.

Akhirnya, suatu pagi, dengan sisa 1 biji testpack di lemari dan berbekal keyakinan sama feeling gue dan perubahan bentuk p*yud*ra gue, gue tes deh pagi itu. Kalo biasanya abis testpack dicelup mesti nunggu dulu 1 menit buat kliatan garis positifnya, kemarin ini cuma dalam hitungan detik garis positifnya udh muncul tebel. Karena gak percaya sama 1 testpack, akhirnya pake 3 merk yang berbeda dan 3 testpack itu yang muncul garis positifnya duluan hanya dalam beberapa detik. Alhamdulillah....

Jangan harap ada adegan kaya di film-film yang suami istri berpelukan pas aku ngasi tau si ayah. Karena masih subuh, nyawa belum ngumpul, ya kaget doang. Karena beberapa bulan sebelumnya punya pengalaman testpack muncul 2 garis tapi ternyata pake testpack merk lain hasilnya negatif, jadi yang sekarang juga gak mau terlalu percaya banget... Tapi setelah pake 3 merk semuanya nunjukin positif, baru deh percaya.

Beberapa hari kemudian kita ke dokter. Begitu ketemu pak dokter, dia udh nebak aja kalo gue beneran hamil hehe... Pas di usg dicari-cari belum keliatan. Setalah lama dicari karena dokternya juga penasaran, alhamdulillah akhirnya ketemu bulatan hitam 1 cm. Alhamdulillah...
Aku sempet tanya ke dokternya, kok bisa secepat itu. Oktober mulai minum obat pelancar siklus, awal desember ketawan hamil. Padahal dari hasil search di internet, cyclo itu efek sampingnya bikin kita nggak subur. Setelah siklus normal baru deh mulai subur lagi. Kata dokternya, "itulah kuasa Allah bu.... Kata teori, kalo kita konsumsi cyclo efeknya tidak subur selama perbaikan siklus. Tapi kalo allah mengijinkan ternyata hamil juga kan... Berarti setelah haid kemarin kesuburan ibu udah langsung terbentuk dan karena memang sudah dikasih amanah juga sama allah jadiya hamil deh.."

Kalo diinget-inget, nasehat dokter bulan oktober itu gue turutin banget. Sejak ke dokter bulan oktober, gue nurut nggak makan mie instan, sosis, bakso, nugget, makanan kaleng, dan menghindari makanan-makanan yang menurut gue tidak sehat. Selain minum kapsul antioksidan dari dokter, gue juga banyak makan buah sebagai anti oksidan alami. Sepertinyaaaa ini ada pengaruhnya kali ya.... Sejak oktober gak makan mie instan ternyata kuat juga hihihi... Tapi minggu lalu jebol juga, gue ngiler banget liat ayah makan indomi. Yah gpp deh sekali aja abisnya pengen buanget hehe...

Nah mungkin ibu-ibu ada yang pengen hamil lagi tapi siklusnya nggak teratur, monggo periksa ke dokter deh supaya siklusnya lancar. Boleh juga diperbaiki asupan makanannya, kurangin mie instan dan segala makanan berpengawet. Kalo sudah ikhtiar, tinggal tunggu approval dari Yang Maha Kuasa :)

Sekarang saya bisa bilang ke dokternya, untung ajaa saya nggak periksa dari dulu kalo ternyata bisa langsung hamil. dan untuung aja saya cuma konsumsi cyclo nya 1 bulan aja. Kalo saya tebus resep cyclo untuk bulan berikutnya, mungkin haidnya keluar lagi ya. hehehe nggak ding.... Saya yakin kok, semua nggak ada yang kebetulan, semua udah ada skenario nya. Allah mendengar doa si ayah yang pengen istrinya hamil akhir tahun, ternyata hanya selang sebulan setelah usaha ngebenerin siklus eh amanah itu datang. Allah tau saya pasti pusing kalo si kakak masih terlalu kecil udah dikasih hamil lagi, kan saya urus sendiri Kyara. Makanya pas si kakak udah 3tahun, mulai ngerti tentang adek, dan mulai minta adek, amanah itu dateng. Pas ayah selesai S2, dapet kenaikan gaji, dapet promosi, pas amanah ini datang juga. Aku yakin ini semua udah skenario Allah, rejekinya anak kecil di perut :)
Karena di usia ini Kyara juga udah ngerti, jadi selama ini Kyara cukup pengertian bahkan sangat pengertian sama keadaan mamanya.

Buat yang kepengen hamil lagi, aku doain juga sebentar lagi dapet giliran ya....
Hmmm tulisan ini sebenernya juga ditujukan buat sahabat baikku. Sabar ya sayang, kesempatan itu akan tiba kok... keep trying and praying :)

21 comments:

  1. wah aku doyan banget bakso ,tapi ga berencana hamil lagi. cukup 2 :)
    thanks info nya ya. semoga sehat selalu dengan kehamilannya

    ReplyDelete
  2. iya manusia emang kudu berusaha, tapi tetep pada akhirnya harus berdoa karena Tuhan yang menentukan ya...

    ReplyDelete
  3. wah jadi tau cerita hamilnya nih mam, alhamdulillah sih smp sekarang haid aku masih teratur sejak awal haid lagi pas shishil umur 8 bulan. Tapi insya Allah rencana kasih adik ke shishil di pending dulu mba, mo nunggu kakaknya diatas 2 tahun dulu biar nanti ga terlalu repot, abis ada rencana mo jadi FTM juga sih, jadi dah kebayang deh gimana repotnya.

    Sekali lagi congrats ya mam, semoga diberi kelancaran dan kemudahan hingga persalinan itu tiba, aminnn... :)

    ReplyDelete
  4. Smoga lancar ya mbak hingga lairan ntar, sehat mum and bebinya... Ikut mengaminkan paragraf yg terakhir, aku lg nunggu baby mbak, udah 2 thn lebih ini. Doakan ya...

    ReplyDelete
  5. oh gitu ceritanya.....siklusnya jadi gak lancar sejak lahir anak pertama yachh...aku juga dulu sempet takut setelah masa nifas koq ngga haid lagi, ternyata cuma nunggu sebentar trus datang haidnya....dan setelah itu lancar tiap bulan sampai sekarang.....

    smoga kehamilannya baik2 aja sampai melahirkan nanti....

    ReplyDelete
  6. Informasinya berguna sekali mom, bagi saya yang siklus haidnya nggak teratur, semoga kelak planning juga bisa dijalankan untuk kasih adek buat kinan :)

    ReplyDelete
  7. Alhamdulillah, kalau siklus haid saya teratur. Tiap haid, sy catet tuh kapan mulai haid jd tahu masa suburnya kapan. Soalnya pengin hamil lagi nih mam. Doain ya mam :-)

    ReplyDelete
  8. mama cal-vin: mbak lid, kalo smua lancar insya allah juga habis ini aku mau udahan, cukup 2 aja hehe...

    arman: betulll.... yg penting kita udh berusaha, keputusan akhir tetep Tuhan yg nentuin :)

    herien: makasih bunda shisil... syukur deh kalo gak ada mslh sama haid ya. smoga nanti pas mau kasih adik buat shisil juga gak ada masalah. iya bund ntar aja kasih adiknya. Kaloanak udh diatas 2 th lbh enak, udh ngerti. krg puas2in dulu sama shisil :)

    Jeni: tetap semnagat ya mbak.... aku ikut mendoakan smoga nggak lama lagi ketularan hamil ya :)

    ReplyDelete
  9. nia: hehe kalo mba nia sih lancar jaya ya, buktinya ina ke 2 udah nongol hihihi...

    mama kinan: smoga infonya berguna :) mudah2an nanti pas mau kasih adik kinan juga lancar ya mbak...

    bundit: bundit juga yg termasuk kepengen hamil ya dr thn 2010 kalo ga salah. aku bantu doa ya bund... mudah2an tercapai di 2011 ini.. :)

    ReplyDelete
  10. Tks buat infonya yang panjang dan lebar ini, mbak, hehe... Saya juga termasuk yang haidnya teratur tapi untuk sekarang lom pengen hamil lagi. Kemaren2 sih sempet kepikiran pengen hamil di 2011 ini, tapi, hehe...keknya pengen ditunda sampe tahun depan aja :D

    ReplyDelete
  11. infonya berguna bgt mbaa,apalagi yg tentang penyubur bisa menghasilkan anak kembar walopun ngga ada keturunan kembar...insya Allah lancar y mbaa kehamilannya..

    ReplyDelete
  12. Mbak Motik, ada award n pe-er untuk dirimu di blog ku yah, hehehe

    http://plovea.wordpress.com/2011/02/21/fun-homework-for-me-_/

    ReplyDelete
  13. Tiiiikkk...kemaren pas awal2 hamil ga bisa makan gw hobi banget tuh makan mie rebus pake sawi dan telor. Gw tau seh itu ga bagus, tapi mo gimana lagi daripada ga makan sama sekali :-(

    ReplyDelete
  14. mksh y mba dah berbagi pengalaman...aku dah staun mnikah tp blm jg dikarunia seorang anak...sdih jg!!hehe...krn siklus haid saya juga kacau balau...^^
    Semoga Allah SWT sllu mndengarkan do'a saya...amiin..

    ReplyDelete
  15. dokternya dokter mana mbak?

    ReplyDelete
  16. sangat bermanfaat dan menarik mbak,...saya malah gak balance hormonnya,meski tiap bulan haid,tapi cuma flek2 aja...sekarang lagi berusaha untuk anak kedua,..doain ya mbak...^_^

    ReplyDelete
  17. Sis.. Gw mao nanya ne. Siklus haid gw jg kacaw bgt. Gw ud k dokter n dokter nyaranin minum cyclo jg. Tp br minum 2 butir, gw uda dpt mens.. Kata dokter, kalo lg mens, lanjut trus minum cyclo nya. Sdgkn dr indikasi yg gw bc, kalo lg mens ga blh di minum.. Gw jd bngung ne.. Ada masukan ga ya?

    ReplyDelete
  18. mbak motik, makasih share pengalamannya. Sya dah 2thn menikah tp blm hamil jg. dulu pernah ke dokter dikasih mediol utk pelancar haid. hm..kira2 saya boleh gak ya minum cyclo tampa resep dokter! trimaksih

    ReplyDelete
  19. harusnya sih cyclo itu atas anjuran/resep dokter ya pemakaiannya. Karena kan indikasi nya harus jelas dulu penyebab kacau haidnya karena apa. Tapi kalau sudah yakin karena hormon, bisa dibeli tanpa resep dokter. Tapi sebaiknya sih periksa dulu ke dokter mbak kacau haidnya bener karena hormon atau sebab lain (kista dll) supaya ngga salah pengobatan :)

    ReplyDelete
  20. selamat yah bunda,, doain sya juga semoa saya bisa hamil seperti bunda,, coz skrang sya sedang mengkonsmsi cyclo,,

    ReplyDelete
  21. mba.. boleh tahu dokternya dimana ya. dokter siapa? udh setaun juga menanti amanah Allah SWT buat hamil 2 nih mba. makasih ya mba

    ReplyDelete