20 Weeks, Sudah Setengah Perjalanan...

Melihat pregnancy ticker gw, ternyata kehamilan kali ini sudah 20 minggu lebih ya... Berarti Insya Allah sudah setengah perjalanan, dilalui. Dan biasanya kalo udah lewat setengahnya tuh bawaannya kayanya cepet banget. Ngga terasa tau-tau udah mau melahirkan aja :)

Perasaan belum lama gw posting tentang 2 garis di testpack, eh sekarang udah 20 minggu aja. Time flies... Dan saya nggak bosen untuk mendokumentasikan kehamilan ini. Gw nggak bosen, tapi yang baca bosen buanget pasti ya wakakakk.... Yang bosen ya nggak usah baca :) Soalnya gw pengen banget mendokumentasikan kehamilan kedua ini karena rencana nya kan emang planning aku dan ayah mau punya 2 anak saja. Jadi kalo memang benar begitu dan kehamilan ini lancar, berarti habis melahirkan anak ke-2 ya nggak ada hamil-hamilan lagi tho... :) Jadi pengen bener-bener didokumentasikan biar kalo kangen bisa dibaca2 lagi hehe..

Nah ada apa di minggu ke-20 ini?

Jenis kelamin?? Sayangnya sampe sekarang belom tau... :( Terakhir kontrol pas 18 minggu, kaki si bayi rapet nggak mau ngangkang. Perut mamanya udah digoyang-goyang sama pak dokter tetep dia berpose dengan kaki rapet nyekukruk kayak orang kedinginan hihihi... Di USG dari berbagai posisi juga nggak keliatan karena ketutupan kakinya yang rapet. Padahal dulu kakaknya pas 16 minggu udah kasih posisi ngangkang lebar jadi langsung keliatan jenis kelaminnya. Yang ini nampak masih malu ya, bikin penasaran ayah dan mamanya aja :)

Hmmm sebenernya pas kontrol 14 minggu pak dokter udah nebak2 jenis kelaminnya berdasarkan yang dia liat di layar USG sih karena saat itu si bayi posisinya lagi ngangkang lebar. Tapiiii saat 14 minggu itu masih agak samar dan pak dokter bilang "jangan percaya dulu deh bu, karena ini masih samar takutnya salah. Kita tunggu 16 minggu aja supaya makin jelas dan yakin". eh ternyata pas 18 minggu si bayi malah nggak mau buka lebar kakinya. Sabar-sabar deh nunggu kontrol selanjutnya, smoga udah nggak malu buat liatin jenis kelaminnya :)

Gimana gerakannya?
Emang bener ya, tiap kehamilan itu unik. Meski dialami oleh orang yang sama, tapi tiap kehamilan pasti beda. Misal waktu Kyara dulu masa mabok terjadi di minggu ke 8-12 dan tergolong parah karena muntah tiap 2 jam sekali, rata-rata sehari muntah 7-8x. Yang kali ini masa mabok dilalui di minggu ke 6-14, lebih lama dari yang pertama tapi maboknya nggak separah yang pertama, rata2 muntah sehari 3x. Pantangan juga unik. Dulu biar muntah tiap 2 jam tapi hampir semua makanan bisa masuk, hanya pantang sama mie aja. Yang sekarang, pantangan makanan banyak banget. Makanan yang kecium bau bawang dikitpun ngga bisa masuk, nasi putih nggak bisa masuk, masuk dapur pengen muntah. Tapiiii masa itu alhamdulillah sudah berakhir karena sekarang saya jadi omnivora alias pemakan segala :D

Oiyah, soal gerakan nih. Katanya kan kalo kehamilan ke-2 dan seterusnya si ibu akan lebih cepet ngerasain gerakan bayi karena sudah lebih sensitif. Tapi ternyata itu nggak kejadian di saya.
Dulu mulai ngerasain gerakan pertama Kyara di perut pas hamil 16-17 mingguan. 16 minggu kerasa gerakan halus sekali-sekali, tapi nggak ngeh. Baru ngeh kalo itu gerakan bayi pas minggu ke 17. Gerakannya awalnya pelan dan jarang tapi dalam waktu singkat cepet aktifnya. Seinget gw, dulu pas hamil 20 minggu aku dan ayah sempet liburan ke yogya-solo dan dari 19 minggu gerakannya memang udah kerasa banget dan sangat sering. Makanya kalo gak salah pas di yogya itu bayi di perut geraaak mulu.

Yang kali ini, sampe lewat 16 minggu aku belum ngerasain gerakannya sama sekali. Sempet was-was juga kenapa lama bener, padahal sih wajar ya karena dari artikel yang aku baca ada juga yang baru kerasa di minggu ke 22. Pada akhirnya di minggu ke 18 aku ngerasain sentuhan kecil itu. Awalnya sehari cuma sekali, tapi aku langsung tau kalo colekan itu adalah colekan si bayi dari dalam perut. meskipun gerakannya masih halus banget, lama-lama jadi 2-3 kali sehari. Minggu ke 19 baru deh agak punya ritme. Biasanya si bayi nyolek2 mamanya malam hari pas aku mau tidur, pagi hari pas aku baru bangun dan sore-sore pas Kyara baru bangun tidur siang. Selama 1 minggu itu ku perhatiin ritme nya seperti itu. Kalo kuajak ngobrol minta dia colek-colek aku, bayinya nggak respon, diem aja. Tapiii giliran kakaknya triak-triak pas lagi main atau lagi nyanyi kencang eh yang di dalem perut ikutan gerak. Subhanallah.... Jadi pas minggu ke 19 itu, kan biasanya kerasa gerak pagi, sore, dan malam aja. Nah kalo aku tiba2 pengen ngerasain gerakannya, aku minta kyara nyanyi di deket perut aja, dan nggak lama kemudian si bayi di dalam perut bergerak. Ya Allah.... meski sudah pernah hamil sebelumnya, tetep hal kayak gini bikin takjub ya. Kayaknya si adek hafal sama suara kakaknya hihihi... Insya Allah nanti kompak selalu ya kalian :)

Nah di minggu ke 20 gerakannya makin kerasa meski belum sekencang dan seaktif kehamilan Kyara umur 20 minggu dulu. Tapi makin kesini jelas makin kerasa gerakannya dan makin sering. Yang bikin seneng, sekarang nggak cuma pas denger suara Kyara aja si bayi mau gerak. Sekarang kalo aku ajak ngobrol dan minta adek untuk gerak karena mama kangen, subhanallah beberapa detik kemudian dia nendang :) Sedikit cerita, pas weekend kemarin aku ngerasa 2 hari itu si bayi jarang bergerak. Entah kenapa diajak ngobrol sama kyara, ayahnya dan aku tetep aja si bayi diem. Akhirnya hari ini aku ajak ngobrol (cerita) si bayi. Aku ngomong sendiri panjang lebar ke perut sambil di elus-elus dan bilang mama kangen banget dan takut kalo didalem ada apa-apa. Aku minta kalo adek di dalem sehat, tolong colek mama dong. Dan nggak sampe 5 detik, kerasa gerakan keras si bayi beberapa kali. Ya Allah... lega saya... Habis dia bergerak2 beberapa kali, aku minta maaf kalo udah ganggu tidurnya dan minta si bayi bobo lagi aja. Dan dia langsung diammm nggak bergerak lagi, mungkin beneran nerusin tidurnya hihihi
Dan semakin kesini alhamdulillah makin sering gerak meski belum terlalu kenceng banget. Tapi yang tadinya gerakan bayi hanya bisa dirasain sama aku, sekarang kalo bayinya gerak kadang udah bisa dirasain sama kita dari luar kalo pas gerakannya agak kencang.

Nah saking seringnya Kyara aku tugasin buat mancing adeknya gerak dengan cara nyanyi, sekarang kayanya udah jadi kebiasaan dia kalo lagi santai nanya ke mamanya "ma si dedek udah gerak belom?" Hampir tiap hari Kyara tanya ini kalo kita lagi duduk santai sambil dia elus2 perutku dan bilang "dedek gerak dong, mama sama aku kangen nih, gerak dong..". hehe...

Aku takjub juga liat perhatiannya Kyara. Dia adalah reminder sejati mama nya buat minum vitamin. Pagi ngingetin, aku bilang ntar malam aja. Malamnya dia ngingetin lagi aku bilang nanti aja sebelum tidur. Pada akhirnya kadang aku ketiduran duluan daripada Kyara sedangkan dia masih main sama si ayah, dan dia suka bangunin mamanya lagi buat ingetin minum vitamin. Kalo udah gitu aku bilang besok pagi aja sekalian. Aduhhhh ini salah banget ya... bisa jadi bumerang nih nanti, giliran aku suruh2 dia bisa bilang nanti-nanti aja. Belakangan ini lagi mencoba disiplin lagi, kalo Kyara ngingetin minum vitamin aku langsung nurut daripada lupa. Makanya gw tipe yang gak cocok banget pake pil KB karena gak disiplin gini kalo minum obat. Kok nggak ayah yang ngingetin?? Ah ayah mah kalah deh sama anaknya. Soal ngingetin lebih perhatian Kyara daripada si ayah. Ayah bagian mijet ato ngolesin minyak zaitun aja di perut deh kalo wiken. Kalo weekdays, malamnya si ayah ngajak main Kyara sampe capek aja udah bikin bumil bahagia karena bisa selonjorin kaki yang pegel-pegel dan lelah seharian ini :)

Ah sudah deh untuk minggu ke 20 segini aja dulu. Semoga cerita kehamilan selanjutnya jenis kelamin si bayi udah ketawan ya... penasaran.com nih..

Nah sekarang bumil mau narsis ah... ;) ;)

18 weeks - 19 weeks - 20 weeks

 sama si kakak kyara

21 Comments:

  1. oh belum ketauan cowok atau cewek ya mot??
    moga2 segera bisa tau ya... :D

    iya kehamilan emang beda2 ya. kalo si esther malah kebalikan. dulu pas hamil andrew, bayinya mah jarang2 gerak dah. si andrew kalem banget pas di perut. kalo bayi kedua ini sering banget goyang2. goyangnya yang baget2 gitu kata esther. tapi gua so far belum bisa ngerasain.

    yang lucu ya biasa nya kalo si andrew bacain cerita, nah bayinya goyang2 deh. :D

    ReplyDelete
  2. Aura ibu hamil tu gimanaaaa gitu ya, enak diliat

    ReplyDelete
  3. Arman: nah bnr bngt tuh. Ini bayi jg kynya lbh kalem dr kakaknya so far. Ga tau jg nanti ya kl usia kandungan nambah apakah seaktif kyara dulu ato kalem aja.
    Ih toss deh dm andrew brarti yg di perutapal sm suara kakaknya ya. Smoga kl udh lahir pd rukun2 hehe..

    Vera: ahemm.. Mba ver bisa aja ;) yok hamil lagi mba biar aura nya kluar :p

    ReplyDelete
  4. sehat trus ya mbak, aq doain baby-nya cowok biar pas sepasang.
    Hamil kedua kalinya aza msh takjub2 ya, subhanallah, apalagi kyk aq gini yg blm prnh, pasti takjub ga karuan plus amazing bertubi2 kl someday mengalami sendiri..

    ReplyDelete
  5. Kyara pinter banget... Tar pasti sayang banget ma dedek nya ya.... Jgn lupa sering ingetin mama Mot minum vitamin ya Kyara... Good girl..

    ReplyDelete
  6. moga-moga dapat jenis kelamin yang diinginkan ya. Kyra maunya punya asik apa?

    ReplyDelete
  7. Wah dah 20 minggu ya?

    semoga lancar dan sehat selalu... dah kompak tuh sama kakak Kyara hehe

    ReplyDelete
  8. wah dah keliatan deh perut buncitnya mama kyara... makin seksi aja nih, hehehe... kata orang kan wanita hamil itu seksi, ga tau seksinya darimana, ayahnya shishil jg bilang gitu waktu aku hamil dulu, padahal jelas2 perutnya ndut, hehehe...
    semoga sehat2 selalu ya kehamilannya dan cepat ketahuan jenis kelaminnya si baby...

    ReplyDelete
  9. Subhanallah..pinternya kakak kyara, Semoga kinan kelak juga cooperatif....(waduh bahasanya)seperti kakak kyara kalo insyallah diberi amanah lagi sama allah,..
    baca postingan mbak motik asli jadi kangen masa hamil dulu..menakjubkan :)
    semoga dedek bayinya sehat sehat yah mama kyara

    ReplyDelete
  10. itu dd baby nya pengen ngasih surprise kali bun.. jadi belom mau nunjukin jenis kelamin nya.

    ReplyDelete
  11. Duh lihat foto hamil jadi pengen lagi, upsss.....

    wah belum ketahuan yach mom...biasanya kalo si usg belum ketahuan jenis kelaminnya berarti cewek hehehe....soale kalo co dlm posisi apapun biasanya lgsung kelihatan (itu kata dokterku waktu aku periksa hamil dd walu). Tapi apapun jenis kelaminnya yg penting sehat yach mom. Syukur2 kalo dapat sepasang

    ReplyDelete
  12. kalo malu2 gitu harusnya cewe ya hahaha :D

    ReplyDelete
  13. Kyara ternyata udah siap banget jadi kakak ya mam...i salute her for her big attention ke dedeknya, moga2 terus kompak dan akur sampe gede yaa..

    Selamat ya mbak Motik, udah masuk minggu ke 20..emang cepet banget yah, padahal rasanya baru kemaren baca soal berita kehamilan kedua mbak Motik di sini. Sehat terus ya mbak sampe lahiran nanti... ^_^

    ReplyDelete
  14. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  15. wah sudah separuh perjalanan ya, moga slalu sehat yach...deg deg an gak Kyara mau jadi kakak?

    ReplyDelete
  16. Hehehe, bener yah Tik ga kerasa banget tau2 dah mo 20 minggu ajah dirimyu (sedangkan gw sekitar 15 minggu sekarang). Sehat2 terus yah Cyiiinn. Doain gw supaya gampang makan. Stress neh dari awal hamdun BB 58 kilo. Masa sekarang BB gw baru 61,7 kilo. Hiks!

    Ka Kyara pinter yah. Zahia juga seneng ngelus2 perut Bundanya loh :-)

    Oya Tik, anak gw dah nendang2 loh. Hehehe aneh yah, ko cepet amith. Kalo dulu Zahia pas di minggu ke-16 nendang gw kenceng banget. Preman dah pokonya. Ternyata pas udah lahir kaki & tangannya emang pecicilan banget kaga bisa diem hehehe

    ReplyDelete
  17. Selalu amaze kalau membaca cerita kehamilan begini. Semoga calon adiknya kyara sehat ya mam. Hmmm mau cuma 2 anak aja mam? mam mah masih muda. Dlu saya penginnya 3, tp krn "start" nya telat, jadi Insya Allah mau 2 aja hehehe. Semoga dikasih amanah hamil lagi. Amiiin

    ReplyDelete
  18. jeni: amin amin mbak jeni... aku juga berdoa buat mbak jeni semoga segera ngerasain apa yg aku rasain sekrg :) jangan nyerah ya mbak... keep trying and praying :)

    anggie: hihihi alhamdulillah nih kyara udh ngerti. kadang malah lebih cerewt kyara drpd ayahnya :D cium ah buat athar :)

    lidya: amin mbak lid.... tapi aku sih apa aja mbak yang penting sehat normal semua lancar hehe.. kalo emang dikasi cowo ya alhamdulillah brarti bonus :)

    omietha: iya tante udh 20mgg nih... doain lancar ya :)

    ReplyDelete
  19. bunda shisil: hihihi seksi ya??? ngga tau deh ya di mata lelaki gimana, kalo kita bilang sih gendut perutnya hehe... kalo suamiku bilangnya bukan seksi, tapi terpancar aura ibu hamil. nah apa pula artinya, ambigu banget hehe... amin insya allah sehat terus ya bund.. cium buat shisil :)

    mama kinan: hehehe yao atuh kalo kangen hamil bareng :) alhamdulillah mam krn kyara udh umur 3th jadi udh ngerti banget dan insya allah siap kalo liat gelagat nya sekarang. nanti kinan juga pasti kooperatif deh :)

    desy: hei bumil desy, kamu gimana udh ketawan blum adeknya zaheer cowok atau cewek? semoga dirimu juga sehat selalu dan lancar ya kehamilannya :)

    nia: mbak nia tambah lagi aja kan belom dapet cowok hehe... emang mbak aku pun sblm hamil kalo liat orang hamil kangen banget pengen ngerasain berbadan 2 lagi hehe... apa aja deh mbak jenis kelaminnya, kami terima dengan senang hati kok yang penting sehat dan normal :)

    ReplyDelete
  20. sandy: gitu ya sand teori lo... let see bulan depan cewek or cowok *penasaran nih* :)

    Allisa: hehe makasih mama raja. Insya Allah kalo liat gelagatnya skrg kyara siap nih. mungkin krn umurnya udh cukupan buat jd kakak yah dan emang dia juga udh minta adek dengan kesadaran sendiri hihihi...
    Iya mam akupun ngga terasa, jarang ngitungin umur kehamilan eh pas liat pregnancy ticker tau2 udah 20minggu aja :)

    ibudzakyfai: amin mbak... doain sehat terus ya mbak :)

    susan: jangan stress san... happy happy aja dong ah.. makan yang banyak ye biar lahirnya cukup umur dan cukup berat. lo jangan mikir yang macem2 san, oche...
    wah adeknya zahia lebih preman nih berarti cepet banget kerasa gerakannya :) *siapa dulu emaknya hehehe*

    bundit: bund...... jangan ngomporin dong... nanti aku jadi kepengen 3 nih *loh* hehehe...
    kalo diomongin wkt dulu pengennya ayahnya 2, aku pengennya 3. Tapi makin kesini nampaknya aku juga pengen 2 aja, karena ada target dalam hati kalo pengen berhenti bereproduksi umur 30. Nah thn depan kan umur 30 nih, meski ktny mash muda dan pd ngomporin tambah 1 lagi, tp kayanya masih kepengen nurutin targetku untuk stop produksi umr 30 hihihi...
    Tapiii itu rencana aku dan ayah kyara. Kalo Allah berkehendak lain meski udh KB tp kebobolan ya lain cerita ya. Karena ibuku pun kebobolan sampe 2x meski udh pake IUD. Jangan2 tar aku juga kebobolan meski udh KB xixixi... Jadi so far rencana 2 aja dulu. nanti2 ngga tau ya, bisa aja jadi 3 hahaha *langsung puyeng mikirin biaya sekolah*

    ReplyDelete
  21. Kl baca ceritanya, Kyara kayaknya udah bener2 siap jd kakak yg baik nih :)

    ReplyDelete

Powered by Blogger.