Kyara Infeksi Virus

Udah lama banget nggak nyentuh blog dan blogwalking nih.
Minggu lalu Kyara sakit. Anak sakit mah biasa ya sebenernya. Tapi.. meski ringan aja penyakitnya, kalo yang namanya anak sakit rasanya hancur banget ya hati emak babenya.

Minggu lalu, 3 hari sebelum sakit, nafsu makan Kyara emang udah kliatan jelek banget. Ogah makan makanan berat, maunya ngemil dan ngemilnya pun cuma mau kerupuk. Kalopun kemasukan nasi dan lauk palingan cuma 2 suap aja. Buah pun yang biasanya doyan juga jadi nggak mau. Pokoknya 3 hari itu payah banget makannya, tapi masih terlihat sehat. Emang dasar insting ibu kali ya, aku dalam hati bilang kayanya ada sesuatu yang gak beres nih entah bentar lagi mau sakit atau ada sesuatu yang bikin Kyara gak enak. 2 hari sebelum sakit, sering banget Kyara ngeluh kedinginan padahal AC kamar lagi nggak nyala tapi siang-siang maunya selimutan terus. 1 hari sebelum sakit, tidur malamnya gelisah banget dan kebangun-bangun terus. Instingku bilang, oke tinggal tunggu waktu aja sepertinya anak ini akan sakit sambil deg2an kira-kira sakitnya batpil biasa atau apa.

Subuhnya, Badan Kyara demam 38C. Kyara bangun pagi buta dan langsung muntah-muntah. Yang keluar bentuknya ampas seperti bubur warna coklat dan cukup banyak. Agak bingung juga karena malemnya kalo ga salah Kyara ngga makan berat (nasi), hanya mau minum susu aja, tapi yang keluar ampas coklat begitu. Abis muntah-muntah anaknya minta tidur lagi dan berhasil tidur sampe jam 8an. Aku ukur suhunya selalu di kisaran 38.2C - 38.6C. Bangun tidur dikompres air hangat lumayan turun jadi 37.5C. Tetep gak mau makan, maunya susu itupun cuma sedikit. Tanpa batuk pilek, tapi Kyara laporan kalo leher kirinya sakit dan agak bengkak dikit.

Liat gejalanya dan betapa sakitnya bagian leher, aku curiga kalo ini gondongan. Lha tapi kan Kyara udah imunisasi MMR tho, kok bisa gondongan. Ya ini kan baru kecurigaan aku aja berdasarkan gejala. Kalo bener gondongan, obatnya hanya istirahat karena gondongan disebabkan oleh virus yang bisa sembuh sendiri dengan berjalannya waktu. Tapi gondongan juga sangat menular melalui udara, percikan liur si penderita, dan cipratan muntahnya. sambil aku inget-inget apa aku udah pernah gondongan, soalnya penderita gondongan kan punya kekebalan seumur hidup. Jadi kalo udah kena sekali ya gak akan kena lagi.

Nah siangnya aku masih tenang aja karena demamnya juga nggak terlalu naik banget, masih di kisaran 37-38C koma sekian. Belum kepikiran juga untuk bawa ke dokter karena feelingku ini hanya infeksi virus aja jadi memang ga ada obatnya kan. Tapi hari itu Kyara sepertinya lemes banget dan maunya tidur terus. habis bangun sekitar 1 jam kemudian minta tidur lagi dan gak mau kemasukan makanan apapun kecuali air putih. Setelah bangun minta tidur lagi dan begitu terus sampe menjelang sore.

Menjelang sore kok tiba2 aja kepikiran bikin appointment sama DSA nya di RS, buat jaga-jaga kalo nantinya kita harus ke dokter. Ayahnya Kyara udah bolak balik maksa bawa ke dokter karena menjelang sore demamnya makin tinggi, 39C sampai hampir 40C. Dikasi paracetamol juga udah gak mempan. Turunnya cuma sebentar abis itu demam tinggi lagi. Si anak juga sama sekali udah nggak ceria karena bawaannya tidur dan lemes terus. Dan yang bikikn aku mulai khawatir, kalo tidur selalu pake ngigau-ngigau. Yak meski demem baru sehari kalo keadaan kaya gini ya mulai kuatir juga. Hari itu cuma bisa kemasukan buah pir dan air putih aja. Dalam lemesnya Kyara sempet request minta dibeliin apel sama ayahnya pas pulang kantor nanti.

Pas ayahnya pulang, langsung minta gendong karena seharian itu aku ngga bisa gendong Kyara, saya udah gak kuat kalo mesti gendong Kyara dengan kehamilan yang mulai besar ini. Kebetulan hari itu eyangnya lagi ga ada, jadi emang cuma berduaan sama Kyara aja di rumah. Alhamdulillah Kyara seharian pengertian dan nggak terlalu rewel meski badannya udah lemes banget. Maunya di tempat tidur aja sambil minta dipeluk. Sore itu sempet makan apel dan anggur sedikit sampe akhirnya pas lagi digendong ayahnya Kyara muntah buanyak banget. Kalo mau lebay, bisa dibilang muntahnya ada sebaskom kali. Baju ayah dan Kyara kotor semua. Ruang tengah berceceran muntah yang nyiprat kemana-mana. Yakkk udah seharian gak kemasukan makanan, begitu kemasukan buah sedikit aja langsung muntah banyak banget. Dan lagi-lagi yang agak aneh, muntahnya ampas seperti bubur warna coklat dan sangat banyak, padahal pemasukan makanan juga gak sebanyak itu.

Abis itu Kyara mandi sama ayahnya dan aku bersihin muntahnya. Habis mandi Kyara makan buah lagi dan muntah banyak lagi. Minum air putih, dan muntah lagi. Liat anaknya lemes bgitu ayah bilang bawa ke dokter aja. Ya udahlah akupun juga udah ga tega liatnya kasian liat minum air putih aja muntah ga bisa diterima perutnya. Aku juga penasaran sebetulnya kenapa Kyara, apa bener gondongan atau sakit lainnya. Yah emang sih katanya kan kalo demam belum 72jam coba di home treatment dulu, tapi insting kita kan harus jalan juga. Masa anak udah lemes, mata sipit saking demam nya, ga bisa kemasukan makanan bahkan air putih aja muntah dan ngigau-ngigau kalo tidur masih mau nunggu 72jam sih, keburu dehidrasi dong dong dong... Apalagi saya lagi hamil, pengennya jangan sampe ketularan virus gak jelas.

Setelah diperiksa pak dokter, Alhamdulillah memang bener hanya infeksi virus aja dan iritasi lambung. Soal gondongan, emang bisa aja gondongan tapi katanya dokter blom positif gondongan karena mesti dilihat bengkaknya dalam beberapa hari. Tapi katanya kemungkinan sih bukan gondongan, hanya infeksi virus dan iritasi lambung aja. Alhamdulillah juga ngga dikasi antibiotik apapun karena infeksi virus gak ada obatnya, nanti bisa sembuh sendiri kok bu, kata pak dokter. Kyara kemarin cuma dikasih anti mual yang diminum sebelum makan supaya bisa kemasukan makanan dan dikasih penetralisir lambung juga.

 si ayah sempet2nya moto anaknya yg lagi diperiksa

Oiya, soal warna muntah juga ada artinya ya. Kemarin sempet dijelasin, kalo yang keluar cairan putih, biasanya itu karena asam lambung. Kalo yang keluar muntah ampas warna coklat seperti kejadian Kyara kemarin, artinya ada iritasi lambung sampai nyedot isi usus nya. Kalo yang keluar warna hijau, kalo ga salah sih empedu yang kena. CMIIW ya, kemaren gak konsen juga dengerinnya.

Sampe rumah masih berlanjut tuh muntah-muntahnya. Tapi malamnya alhamdulillah udah bisa tidur nyenyak gak kebangun-bangun. Paginya masih demam tapi sumeng aja dan hari itu alhamdulillah sudah ga ada muntah. Hari ke-2 itu, meski hari itu masih sumeng naik turun, tapi udah mulai ceria. Kadang masih ngeluh eneg dan belom bisa kemasukan makanan banyak2, tapi at least udah ngga muntah jadi makanan yang udah masuk ga keluar lagi. Hari itu juga maunya buah dan air putih, masih belum mau nasi. Susu juga belum bisa banyak-banyak karena susu cenderung merangsang eneg. Akhirnya dibikinin macaroni cheese habis 3/4 mangkok. Obat mual dan penetral lambung juga udah aku stop karena hari itu kan udah ngga muntah. Hari ke 3 suhu badan udah mulai stabil meski kadang masih sumeng. Nafsu makan mulai membaik dan bener-bener udah ceria banget. Hari ke 4 suhu badan udah bener-bener normal, Alhamdulillah...

Waktu sakit kita sempet janji kalo makannya pinter dan sembuh, pas ayah cuti hari senin Kyara mau diajak jalan-jalan. Kyara mintanya ke PIM mau naik kereta dan kuda, jadilah senin kita jalan-jalan ber3 sesuai janji sekalian hunting gordyn ke cipadu buat ganti gordyn kamar. Minggunya pun sempet jalan-jalan ke living world alam sutera sama om dan eyangnya Kyara daripada wiken bengong karena ayah lagi dinas.

sembuh dari sakit nagih jalan-jalan

Efek setelah sembuh dari sakit kemarin apa? Nafsu makan alhamdulillah jadi sangat menggila. Mungkin Kyara lagi perbaikan gizi ya, kemarin pas sakit kan muntah terus dan jadi kurus. Beberapa hari terakhir ini makan gak brenti-brenti sampe mamanya kewalahan. Dasar manusia komplen melulu ya, anak GTM bingung, eh giliran makan mulu juga bingung. Aku cuma takut kalo lambungnya belom kuat dan kalo kebanyakan makan muntah lagi, tapi ternyata ngga apa-apa. 

Kyara sebelumnya tipe yang nggak gampang makan terlalu pagi. Sarapan biasanya jam 9an baru mau. Nah beberapa hari terakhir bangun tidur udah langsung minta makan dan minum susu. Emaknya baru nafas bentar udah minta makan lagi kayak corn flakes atau roti bakar. Tar abis roti minta buah atau kue. Tau-tau udah jam makan siang dan minta makan lagi dan begitu seterusnya. Jadi lumayan mondar-mandiri dapur terus karena si bocah kepengen ngunyah terus. Dan yang bikin seneng sekarang lumayan doyan air putih. Biasanya susah banget disuruh minum air putih, sekarang sejak sakit kemarin lumayan doyan air putih dan naro stok air putih di kamar biar ngga bolak-balik. BAB pun akhir-akhir ini jadi tiap hari bahkan kadang 2 kali sehari dan teksturnya bagus banget, nggak keras. Mungkin karena pemasukannya juga banyak ya jadi pup tiap hari deh. Biasanya 2-3 hari sekali kan baru pup.

Alhamdulillah mamanya Kyara ngga ketularan sama sekali. Kemarin sehari sempet alergi ku kambuh jadi bersin-bersin seharian gara2 abis bersih-bersih kamar. Tapi malamnya bersinnya udah berhenti total.
Smoga sekeluarga dikasi kesehatan deh, amin... Si bayi di perut juga sekarang lincahnya bukan main. Terakhir aku posting kan si bayi gerakannya masih rada kalem, kalo sekarang gerak melulu dan perut juga udah gerak naik turun keliatan banget kalo si bayi lagi nyolek perut mamanya. Kyara kemarin semepet megang pas perutku gerak-gerak, eh dia yang malah kegelian tapi nagih pengen ngerasain lagi :)

Insya Allah diberi kesehatan terus ya Allah... Lagi banyak rencana nih hehe... salah satunya mau nonton Disney on Ice bulan April. Moga2 pas semuanya sehat deh. Amin...

19 Comments:

  1. wah pantesan lama ga nongol, ternyata kyara abis sakit ya mam, serem juga ya baca kisahnya, muntah2 terus smp lemes bgt.

    Ternyata muntahan ada artinya jg ya, baru tau. Tapi alhamdulillah dah sehat kemabali. Semoga sehat2 selalu ya ka kyara, mamanya juga berikut si baby di perut, plus ayahnya juga :)

    ReplyDelete
  2. semoga sehat selalu ya Kyara sayang. Ilmu baru nih mengenai muntahan.

    ReplyDelete
  3. alhamdulillah kyara udah membaik..sehat terus ya sayang..

    dulu waktu tania pencernaannya kena virus juga gituh tik, dia sampe lemes banget krn muntah2 tapi emang pas sembuh nafsu makannya menggila :)

    ReplyDelete
  4. shinta mardiko31/3/11 11:12 PM

    mbak klo blh tau dsanya siapa yaa&praktek di rs mana? Aku msh nyari2 dsa yg cocok tuk anakku yg baru 3bln, tks :)

    ReplyDelete
  5. iya kalo anak sakit tuh aduhhh sedih banget ya.... :(

    seneng deh denger kalo udah sembuh... moga2 sehat2 terus yaaaa...

    ReplyDelete
  6. Alhamdulillah Kyara dah sehat lagi ya..aduh kesian ngebayanginnya Kyara pas sakit...

    ReplyDelete
  7. Kebayang sedihnya liat anak sakit sampe lemes gitu. Raja juga barusan demam, mbak, ternyata karena abis imunisasi MMR, baru tau juga bahwa 1 dari 6 anak bisa terkena demam setelah imunisasi MMR.

    Setuju mbak Motik, insting kita sebagai orang tua musti lebih jalan dibanding segala pengetahuan yang kita punya. Kalo udah dapat penjelasan langsung dari dokter kan enak, kita juga jadi tenang. Takutnya kan kalo kita sok kepedean observasi sendiri, ternyata kita gak tau anak udah dehidrasi atau udah kenapa2. Dapat info yang jelas dari dokter yang langsung memeriksanya terdengar lebih masuk akal menurut saya, hehe

    ReplyDelete
  8. herien: iya bunda shisil... seminggu kemarin hectic ngurus anak sakit hehe... aku juga selama ini taunya muntah wrn putih itu krn asam lambung, nah baru tau kalo warna lain ada artinya :)

    lidya: makasih mbak lid... alhamdulillah skrg udh sehat nih :)

    shinta: hai mbak shinta... Klo DSA sebetulnya cocok2an ya. kebetulan aku ke RS deket rumah aja, RS Sari Asih ciledug, dengan dr. nanang kusdiyan SPA. kebetulan ini DSA nya kyara sejak lahir. so far cocok2 aja krn orangnya sabar, tapi cenderung kalem ya. beberapa temenku DSA nya sama, tp ada juga yang bilang terlalu kalem. kalo mba sinta suka DSA yang cerewet mungkin harus cari DSA yang banyak omong ya. aku pernah ke DSA lain yg ternyata agak galak, malah aku nya yg takut. rasanya ngga nyaman pas anak sakit kita malah dikomentarin hehe...
    yang aku suka dr DSA nya kyara, dia gak pernah menjudge. meski aku curhat kenapa bb anakku stuck, atau ngeluh kok begini kok begitu, tapi dia bisa menenangkan dengan sabar tanpa menghakimi. jadi akunya tenang :)

    ReplyDelete
  9. arman: amin... semoga kita semua sehat2 selalu ya... thx om arman :)

    ibudzakyfai: makasih mbak... iyo mbak sedihnya. alhamdulillah skrg udah sehat kok :)

    alissa: betulll sekali mama raja....
    insting ibu itu harus jalan. jangan krn teori hrs nunggu demam 72 jam, kita keukeh biarin anak kita di rumah muntah2 gak karuan. Kalo masih bisa kemasukan makanan dan cairan sih masih tenang ya bisa home treatment. Tapi kalo sampe air putih aja selalu di tolak perut pdhl anaknya mau makan dan minum tp selalu muntah lha masa nunggu 3hr gak makan minum br ke dokter. jadi ya insting hrs kuat lah. kalo emang ga ada apa2 kan alhamdulillah kitanya jd tenang drpd menduga2 sendiri ya :)
    buat raja juga sehat terus ya sayang... :*

    ReplyDelete
  10. Setuju mam, kalau anak sakit gunakan insting kita sebagai ibu. Gak harus sak-klek nunggu 72 jam baru di bawa ke RS. Alhamdulillah Kyara sudah sembuh dan ceria lagi ya mam :-)

    ReplyDelete
  11. Syukur ya jeng udah sembuh lagi, bacanya aku ikut panik juga. Soalnya kalo udah urusannya sama demam, aku udah riweuh duluan. walopun emang banyak yang bisa menyebabkan demam anak.

    Oke Kyara chayank.. bagus makannya yang banyak yaa, kalo kata orang Sunda sich 'mamayu' katanya, kalo orang yang abis sakit trus nafsu makannya jadi wokeh banget.

    semoga rencana nonton Disney on Ice nya kesampean ya bun..

    ReplyDelete
  12. Wah,, aku belum punya anak mbak. jadi gak tahu juga gimana rasanya, tapi teman2 kantor aku bilang pasti kepikiran terus deh klo anak sakit ya..

    mudah2an kyara selalu sehat dan mbak sehat juga sampe melahirkan ntar :)

    ReplyDelete
  13. Kasian :( untung mamanya ngga ketularan , tapi ngga apa2 kok Kyara, ntar kan jadi kebal mwahaha...ga bisa kena2 lagi :D

    ReplyDelete
  14. Alhamdulilah kakak kyara dah sembuh. Wah dapat ilmu baru nieh soal warna muntah. Bulan januari lalu kinan juga sempat sakit kata DSAnya terinfeksi virus, hampir 40 derajat juga, lemes dehidrasi gitu, akhirnya harus nyerah di opname karena ada juga bintik bintik merah takutnya kena DB,
    iya mbak merasakan banget gimana khawatir dan was was kalo anak lagi sakit...semoga kita semua, anak anak kita selalu sehat
    :) thanks advice sosisnya kapan hari, kinan suka tapi saya batesin konsumsinya
    Kiss buat kakak kyara yah Mom

    ReplyDelete
  15. bundit: alhamdulillah bund... kemarin sakitnya nggak lama2. mudah2an anak kita sehat terus ya bund. iya insting kita mesti tajem drpd nyesel nantinya :D

    desy: haha iya "mamayu" ya istilahnya. aku pernah denger tuh istilah mamayu itu. moga2 rakus terus deh makannya hehe...

    niee: amin... makasih doanya ya :)
    ya gitu deh seninya punya anak, kalo bisa kita aja yang ngerasain sakit jangan si anak, kasian hehe... eh tapi pengennya sehat semua deh, kalo kita yang sakit juga rempong jadinya karena anak jadi gak kepegang hehe...

    sandy: amin sand... :) iya gw udh deg2an kalo ikut ketularan secara kalo bisa menghindari minum obat kan kalo lagi hamil gini.

    mama kinan: makasih mam...
    wah kinan abis sakit juga ya.. sehat2 terus ya sayang... Kyara juga pernah di opname kok dulupernah infeksi juga demamnya hampir seminggu gak turun2 dan leukositnya tinggi. perih ya liat anak samit mam.
    hehe kinan suka sosis ya... :)

    ReplyDelete
  16. Alhamdulillah, Kyara dah membaik, begitupun dengan Kayla tik. Benar-benar merobek hati orang tua ya ketika melihat anak sakit (ini bukan so' lebay ya, tapi sungguh-sungguh).

    ReplyDelete
  17. Semoga Kyara sehat selalu yah. Mamanya juga. Amien

    Btw si Ayah sempet2nya yah boo motoin pas anaknya lagi diperiksa dokter :-)

    ReplyDelete
  18. ismail: gimana kayla sekarang... udah makin lincah kan. Semoga cepet sembuh ya kayla... yups, hati ortu perih kalo anak sakit adalah bukan lebay, tapi emang gitu kok rasanya..

    susan: amin susan... zahia gimana, sehat kan... iya ayah mah seksi foto di berbagai kesempatan hihihi...

    ReplyDelete
  19. blognya bagus, salam kenal yaa
    Perkenalkan saya mahasiswa Fakultas Kedokteran di UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA Yogyakarta
    :)

    ReplyDelete

Powered by Blogger.