Tuesday, May 03, 2011

26 Minggu dan USG 4D

Notes from mama's womb:

Haloo... ini aku dari dalam perut mama. Kandungan mama sekarang umurnya 26 minggu lebih, hampir 27 minggu. Kabarku Alhamdulillah baik-baik aja. Weekend kemarin aku lagi asik berenang dalam perut mama, eh tiba-tiba dicolek-colek mama buat siap-siap berpose. Kata mama, mama mau ngintip aku lagi ngapain di dalam sana. Aku kan mau kasih kejutan buat mama, ngapain sih mama pake kepengen ngintipin aku segala. Okelah aku kasih sedikit pose dari samping aja. Sabar ya ma... Insya Allah 3 bulan lagi mama bisa cium-cium aku sepuasnya :)


Di minggu 26 kemarin beratku sekitar 970 gram. Pantesan ya mama udah merasa berat. Tapi aku akan terus tumbuh lho ma, jadi siap-siap aja kutendang, kutonjok dan kusundul lebih keras lagi 3 bulan ke depan. Sudah ya ma, biarkan aku menikmati hangatnya dalam rahim mama dulu. Peluk cium buat mama, ayah, dan kak Kyara. Sampai ketemu 3 bulan lagi :)

 -----^^^-----


Wiken kemarin akhirnya ngerasain USG 4D tuh kaya apa. Ya sama aja sih, cuma aku nya kerajinan aja kepengen tau kaya apa :D
Dulu waktu hamilnya Kyara aku ngga pake USG 4D. Selain emang ngga terlalu penasaran sama usg 4d, kupikir sayang duitnya *irit*, kehamilanku kan alhamdulillah tanpa masalah yang cukup dipantau dengan USG 2D aja, dan kurasa bakal lebih puas liat wujud aslinya nanti setelah si bayi lahir.

Untuk hamil kali ini, berhubung rencana mau punya 2 anak saja seperti program pemerintah, ya pengennya kehamilan kali ini punya dokumentasi yang cukup lengkap buat kenang-kenangan. Jadi nanti kalo suatu saat kangen sama masa kehamilan bisa ngintipin videonya gitu.. ah sungguh sebuah alasan yang buat lucu-lucuan aja hihihi....

Dari banyak artikel yang kubaca, usg 4D sendiri sebetulnya tidak terlalu urgent dibutuhkan pada kehamilan yang sehat tanpa masalah. Kalo kehamilan ada masalah atau dokter menemukan 'sesuatu' saat usg 2d, baru deh direkomendasikan untuk melakukan usg 4D. Jadi kalo kehamilan ngga bermasalah ya sifatnya hanya buat lucu-lucuan dan entertaint ortu si bayi yang penasaran pengen liat kaya apa si bayi di dalam sana. Kelebihan lain jelas organ-organ bayi bisa terlihat lebih jelas dan kita jadi tenang kalo bayi kita 'lengkap'.

Nahhhh.... Dasar ibu-ibu yang maunya irit *hehehe* saya ogah keluar duit mahal-mahal buat usg 4D doang. Dari hasil googling pengalaman ibu-ibu yang usg 4D dengan kehamilan tanpa masalah, katanya mending cari tempat usg yang murah aja karena sayang aja ngabisin 600rb-1jutaan hanya untuk USG begini. Karena kubaca ada yang nyesel juga bayar 800ribu ternyata anaknya ngumpet ngga mau ngeliatin mukanya sama sekali dan dia tetep dicharge harus bayar penuh hehe...

Dalam hal mencari dokter untuk usg saya juga bukan tipe yang fanatik sama salah satu dokter yang jago usg. Ada kan yang maksa pengen sama dokter A sampe rela bikin janji 1-2 bulan sebelumnya untuk usg 4d. Kalo saya sih ngga muluk-muluk kok, justru cari dokter yang jadwalnya longgar karena males nunggu kelamaan kalo keukeh sama dokter A atau B. Toh di salah satu review yang saya baca ada yang kecewa sama salah satu dokter yang terkenal jago usg 4d karena udah bayar 1 juta untuk usg 4d ternyata dia cuma ngintip bayinya sebentar aja, 10 menit doang. Jadi siapapun dokternya hayuk aja selama dia komunikatif dan menguasai mesin usg 4d.

Jadi... mulai deh saya browsing-browsing dimana kira-kira tempat usg 4d yang cukup terjangkau. Ada klinik dr.Bob di Harmoni (250ribu), salah satu lab di bintaro (400ribu), klinik usg di daerah gading serpong (350ribu), RS Gandaria (500ribu). Pastinya ada tempat lain, tapi saya cari yang lokasinya ngga terlalu jauh dari rumah aja. Itu beberapa tempat yang usg 4D nya sepertinya cukup terjangkau. Oiya kenapa kok ngga di RS tempat saya biasa kontrol bulanan? Karena di RS tempat saya kontrol bulanan belum ada fasilitas USG 4d, hanya 2d aja.

Klinik dr. Bob meski paling murah tapi langsung dicoret karena ayah males banget ke daerah harmoni sana. Lab di bintaro pun dicoret karena setelah ditelpon ternyata jadwalnya ngga ada yang cocok. Jadi pilihannya antara klinik usg di gading serpong dan RS Gandaria aja.

Ehhhh ternyata emang Allah maha baik... Pas bulan lalu kebetulan lewat daerah petukangan, ada banner di depan Petukangan Medical Center tentang promo usg 4d dalam rangka peringatan ulangtahun mereka, dari harga 500ribu menjadi 350ribu. Wah pas nih, cuma 10menitan dari rumah pula jaraknya. Jadilah akhirnya booking untuk hari sabtu kemaren. Ruang dokter kandungannya nyaman, dokternya baik banget, ramah, dan masih muda euy *penting ya*, komunikatif, jelasinnya juga jelas banget, dan ternyata setelah ngobrol2 dia temennya dokter kandungan saya juga dan malah titip salam buat dokter kandungan saya hehe...

Kemarin itu usg kira-kira di dalam ruang periksa sekitar 30 menit. Cukup puaslah liat si bayi di dalem perut melalui layar LCD yang menghadap kita sekitar setengah jam. Dapatnya 1 map berisikan: 1 lembar report, 5 lembar foto (campuran 2d dan 3d), dan 1 CD isi video. Puaslah pokoknya dengan harga segitu. Alhamdulillah hasilnya keadaan si bayi baik dan normal. Jantungnya juga keliatan banget dan insya allah terbentuk sempurna ngga ada kebocoran. Normalnya detak jantung bayi dalam kandungan antara 120-160, kemarin si bayi detaknya 140, alhamdulillah. Posisi kepala juga di bawah dan tidak ada lilitan plasenta. Insya Allah posisinya seperti ini sampe saatnya lahir nanti ya dek...

Kemarin pas pertama kali alat usg nya nempel di perut, ini yang keliatan:


Jadiii.... Insya Allah sudah positif jenis kelaminnya laki-laki :)
Buat yang mikir kok gambarnya gak keliatan apa-apa cuma begitu doang, ya namanya juga penampakan usg ya seperti ini, kadang hanya Tuhan dan dokter yang tau artinya hehe... Tapi buatku itu jelas sih, karena ada hasil 3d nya juga di bagian kelamin yang nunjukin dengan jelas "monas" nya si adek.. Alhamdulillah deh bakal tambah mantab browsing-browsing baju cowo hehe :) *loh*

Sekarang terbayar sudah penasaran aku dan ayah soal usg 4d, oooo begini tho.... ya ya ya memang cukup menghibur liat bayi gerak-gerak kliatan mukanya dan seluruh bagian tubuhnya gitu. kemarin pas di usg mulutnya keliatan sempet senyum. Sayangnya semua penampakan muka pose samping, ngga ada yang dari depan. Mungkin si bayi mikir, kalo dari depan ya kaya pas foto dong ma.... :D

Bulan mei ini sepertinya akan mulai nyicil beli-beli keperluan bayi yang perlu dibeli. Moga2 ngga kalap karena punya kakaknya sebagian besar masih bisa dipake. Kalo baju newborn kan unisex, kebetulan juga punya kyara dulu warnanya netral, bukan dominasi pink. Jadi paling tinggal nambah2in yang kurang aja. Yang jelas aku mau mulai nyicil beli clodi biar nggak berasa berat kalo beli sekaligus. Dulu kan Kyara ngerasain pake clodi pas umur 1,5 tahun, dan cuma punya 2 clodi saja. Sekarang mau mendukung go green dan supaya lebih irit 2-3 tahun ke depan jadi mau ber-clodi aja. Tapi clodi pun enaknya kalo si bayi udh 2-3 bulanan kali ya, jadi ritme bak dan bab nya udah lebih keliatan. Kalo newborn mah popok kain ajah.

Terakhir, bumil mau narsis. Ini dia penampakkan bumil di minggu ke 25dan 26 :))



18 comments:

  1. hehehe asik ya usg 4d.. jadi bisa ngintipin muka si baby kayak apa... :D

    asik di sana usg 4d nya murah amat ya... 350rb udah dapet cek lengkap dan dapet video nya pula. lha kita $75 paling cuma usg gak sampe 10 menit, cuma dicek gendernya doang ama mukanya, gak dikasih videonya pula. huhuhu....

    tapi ya yang penting ketauan gendernya sih kalo buat kita. hehehe.

    ReplyDelete
  2. arman: xixixi iya nih bersyukur juga dapet yang harga murah. Tapi jarang banget Man yang harga segini, biasanya diatas 500ribu. Tapi tetep lebih mahal di sana ya man, 75$ cuma dikasi ngintip dikit. Yang penting tetep cewe ya man, jadi belanja pink jalan terus hihihi...

    ReplyDelete
  3. setidaknya sudah mengobati rasa penasarannya kan dengan USG 4D.
    waktu aku juga DSOG nya tidak menyarankan karena kehamilannya tidak bermasalah, tapi kalau mau coba tidak apa-apa

    ReplyDelete
  4. wahh udah besar yah mom perutnya...3 bulan lagi yach lahirannya....smoga semuanya berjalan lancar yachhh....

    beruntung banget yach pas lagi nyari2 usg 4D ada yg lg promo......murah banget tuch..dapatnya lengkap lagi.....asyik nech utk anak yg ke-2 dokumentasinya lebih lengkap yachhh.....

    ReplyDelete
  5. Hihihi...USG 4D emang seru ya mbak. Dulu Raja usia 8 bulan baru USG 4D, keliatan beneeerr mukanya. Tapi tetep aja pas lahir kok penampakannya beda dengan yang masih di perut, hehehe..
    Lucunya, sampe sekarang Raja belom mau ngeliat foto waktu dia dalam perut mamanya dulu. Tiap kali diliatin foto itu trus dibilang kalo itu dia, pasti deh langsung bilang, "Bukaaaannn!!! Itu bukan Yaja!!" :D

    Selamat ya mbak, kehamilannya sehat dan lancar. Sehat2 terus sampe lahiran ya mbak :)

    ReplyDelete
  6. wah mahal juga ya usg 4D. tapi perlu juga buat kepuasan batin ortunya:)
    dokumentasi kehamilan kayak dirimu, perlu dicontoh nih. Sapa tau aku segera hamil lagi,( lagi mengharap banget nih)

    ReplyDelete
  7. Waah... senangnya.. Udah komplit ya Tik, dapet cewek trus cowok... Sehat selalu yaa...

    ReplyDelete
  8. Wah TFS mama kyara...dulu waktu hamilnya kinan ditawari sama suami untuk 4D yang ada di RS. Awalbross Batam, waktu itu kutolak karena sayang uangnya mihil 600 ribuan kurang lebih..cukup 2D atau 3D aja lah...tapi bener juga nieh kata mama kyara kalo mau ikut program pemerintah kayaknya juga insyallah kalo Allah kasih amanah lagi untuk anak ke dua pingin ngerasain juga :)

    Waduh photo kakak kyara yang lagi cium dedek diperut mama, Ya Allah so sweet...:)
    Kiss buat kakak kyara dan dedek didalam perut yah mom

    ReplyDelete
  9. wah bumil tambah cantik ajah dech..senengnya yang akan sepasang nich, moga lancar ya..

    ReplyDelete
  10. asyik nich, banyak pilihan tempatnya buat usg 4D. Eh..kebetulan banget ada yang pas promo. kalo di tempatku ga ada yang nyediain fasilitas usg 4D. maklum lah udik. hehe.. kalo mau juga mesti ke daerah tetangga, yang bisa sampe 1,5 - 2 jam an buat menjangkau kesana. cuape dech.

    baik-baik yaa sampe saatnya ntar.

    ReplyDelete
  11. Kalo 4D harusnya ada efek2 sampingnya dong kayak kalo nonton filem 4D gitu ..apa bedanya 3D sama 4D ?

    ReplyDelete
  12. Huuuuaaaaa jd kangen masa2 diusg. Alhamd sehat semua ya

    ReplyDelete
  13. USG 4D memang tergantung pilihan masing2 orangtua mau atau tidak melakukannya ya. Karena kadang2 ada hal2 yg tidak terlihat jelas saat usg 2D, jadi kalau sudah 4D bisa sekalian melihat organ2nya bagaimana, lengkapkah jarinya, sempurnakan paru2nya...ya kayak2 gitulah, jeng udah tahu sendiri :)..
    Selamat ya, adiknya laki-laki, lengkap sudah. Semoga sehat ya. Tinggal beberapa bulan lagi :).

    ReplyDelete
  14. Wah udah 26 weeks. Semoga kelamin gak berubah sampe lahiran ya. Aku hamil kedua gak usg 4D loh tik, ketunda mulu akhirnya gak jadi samsek. Alhamdulillah organ lengkap:)

    Sehat terus sampe lahiran ya say dan lancar, termasuk pisah sm kyara beberapa saat :)

    ReplyDelete
  15. waaah jd pgn di usg gitu tp kapannn yah (curcol).Sehat trus ya bunda and si adek..gak sabar nunggu lairan adeknya kyara

    ReplyDelete
  16. lidya: iya mba, ini pun ga disuruh dsog tp kita aja yang kecentilan buat kenangan xixixi...

    nia: aamiin mbak nia... iya mbak syukur nih dpt promo :D

    allissa: iya mam, gambar di usg 4d mah ya begitu deh, nggak menjamin nanti mirip ato gimana. wong bayi baru lahir aja sebulan kemudian mukan udh berubah ya hehe...

    entik: iya mbak emang rada mahal. yah demi kepuasan batin hihi... tak doain mbak, biar ketulran hamil juga :)

    anggie: iyaaa :) sepasang Insya Allah nih..

    mama kinan: makasih mama kinan... nanti kalo adenya kinan dibikin dokumentasi yg lengkap juga ya :)

    ibudzakyfai: aha bisa aja nih *blushing* :) makasih ya mbak...

    desy: dirimu juga ya bumil... smoga lancar persalinan :)

    sandy: hihi kaya nonton film jadi hrs pake kacamata 3d juga ya sand :D

    vera: ayo mbak 1 lagi yuk yuk yuk *ngomporin*

    mami vay: iya mami, demi kepuasan batin nih hihihi... aamiin insya allah kata dokter 99% sih laki-laki :)

    evy: makasih vy.... dirimu masih mau nambah 1 lagi ngga vy, kanbelom dpt cewe hehe... makasih ya doanya :)

    jeni: makasih mbak...; mudah2an nggak lama lagi mbak jeni ngerasain juga ya... aku turut mendoakan mbak jeni :)

    ReplyDelete
  17. Gw dah baca postingan yang ini Tik, tapi dulu kaga sempet komen. Iiiihhh cantiknya dirimyu :-)

    Semoga kita sehat2 terus yah Say dan bisa melahirkan dengan lancar. Amien

    ReplyDelete
  18. mbak... dr bob di harmonie itu tepatnya dimana yaa.. :D

    makasihh

    ReplyDelete