Gimana Menggeser Jam Tidur Anak

Udah lamaaa banget perasaan nggak buka blog dan blogwalking. Biasaaaa sok sibuk.... :D
alasan sebenernya, karena emang lagi gak sempet dan tubuh bumil ini gak bisa dibohongin deh, lelahnya tiada tara. Rasanya abis ngurus bocah seharian dengan diselingi sesak napas tuh pas bisa ketemu waktu longgar ya langsung dipake istirahat. Mana hasil cek lab ku bulan lalu kan emang ada indikasi anemia ringan, dan kontrol terakhir minggu lalu juga tensi darah menunjukkan masih agak anemia, jadi emang akhir-akhir ini cepet keliyengan. Pesen pak dokter, "jangan capek-capek ya bu.... hamil anak pertama dengan selanjutnya biasanya beda". Meski aku merasa kehamilan ini tetep fit tanpa masalah seperti kehamilan pertama dulu, tapi memang berasanya lebih cape sekarang dan cepet sesek napas. Dulu hamil 8 bulan hampir 9 bulan baru berasa suka sesek napas, nah ini dari 5 bulan aja kayanya suka cepet sesek napas. Apalagi kalo lagi ada sesuatu yang menguras emosi jiwa, misalnya Kyara lagi ngga nurut, hadoooh itu efeknya jadi sesek nafas dan perut bawah langsung ikutan senut-senut.

Masalah lainnya adalah berhubungan sama judul. 2 minggu terakhir Kyara jam tidurnya bergeser. Makin besar emang kayanya makin susah diajak tidur di jam yang wajar ya kayak jaman piyik dulu. Pas bayi dulu, begitu jam tidurnya udah teratur biasanya Kyara bobo jam 7 malam. umur 1 tahunan tdur malam jadi jam 8an. Umur 2 tahunan paling cepet tidur malam jam9. Menjelang 3 tahun sampai sekarang tidur selalu jam 10 dan bangun pagi jam 7. Sekali-sekali tidur larut kalo pas wiken masih aku tolerir lah..

Tapi... 2 minggu terakhir ini meski ritual menjelang tidur udah dimulai dari jam 9, baru berhasil tidur itu jam 11 dan kadang menjelang jam 12. 2-3 hari pertama awalnya kupikir ya hanya sekali-sekali itu aja. Tapi ternyata sampe sekarang tidurnya selalu larut hampir tengah malam dan kadang pake acara berantem dulu sama Kyara pas nyuruh dia tidur. Biasanya salah satu cara terampuh adalah kita pura2 tidur duluan, nantinya dia akan ikutan tidur juga. Ini sekarang ngga mempan, kalo kita pura-pura tidur duluan, dia malah kesenengan main sendiri. Matiin tv pun juga ngga mempan, tetep ngga mau tidur malah kabur keluar kamar gangguin si eyang. Pernah aku dan ayah yang tadinya pura-pura tidur jadi ketiduran beneran, nah jam 12 aku kebangun dan Kyara masih melek aja. Yang kayak gini jadi bikin emosi deh, apalagi kalo aku seharian udah cape banget. Bikin perjanjian sama Kyara juga gak mempan, bocahnya makin pinter ngeles cari alesan. Kita juga pernah coba saklek sampe Kyara nangis kejer, eh kita juga yang ngga tega karena maksa tidur kalo matanya ngga ngantuk sama sekali kan juga susah. Aku rasa berbagai cara udah dilakukan tapi mungkin emang ini lagi masa-masanya anak susah diajak tidur di jam 'normal' ya...

Jam tidurnya gimana, berkurang nggak? Sebetulnya  jumlah jam tidurnya ngga berkurang, tetep seperti biasa. Kalo biasanya bangun pagi jam 7, ini sejak tidur nya jam 11 ato 12 bangun pagi nya jadi jam 9. Tidur siang jamnya tetep, sekitar 1-2 jam. Nah masalahnya gimana ntar kalo si bocah mulai sekolah kalo bangun pagi nya jadi kebiasaan jam 9 (-_-). Bangun jam 9 mah sekolahnya udah keburu tutup nak...

Pernah aku bikin supaya Kyara ngga tidur siang supaya malamnya tidur lebih cepet. Ternyata dari dulu sampe sekarang tuh Kyara type anak yang ngga bisa ngga tidur siang. Udah jam 5 sore pun dan kualihkan biar ngga tidur akhirnya minta tidur juga meski sebentar. Dia naik tempat tidur dan pake selimut sendiri, terus tidur deh tanpa dikelonin. Dan yang namanya anak kecil, meski tidur siangnya sebentar sama aja nge-recharge batere nya jadi penuh dan bisa ditebak matanya seger sampe tengah malem. Jadi meski tidur siang cuma 30 menit atau 2-3 jam, pas bangun segernya sama aja dan kekuatan watt matanya juga sama tuh, mata melek sampe jam 11. Nah akupun lebih seneng kalo anak itu tidur siang, makanya sesore apapun dan meski cuma sebentar Kyara pasti tidur siang. Kalo ngga tidur siang dia biasanya cranky dan kalo Kyara tidur siang kan mamanya bisa istirahat bentar.

Ngobrol-ngobrol sama ibu-ibu yang anaknya sepantar Kyara juga ternyata mereka ngalamain fase tidur larut ini. Dan katanya tar kalo udah mulai sekolah bisa kegeser otomatis jam tidurnya karena kan mau gak mau si anak harus bangun pagi untuk sekolah. Ya..ya..ya..jadi harus pasrah aja nih sampe bulan juli? Ada saran kah ibu-ibu/bapak-bapak? Pengennya bisa normal lagi kayak sebelumnya, Kyara tidur malam jam 9 atau paling lambat jam 10 lah. Sekali-sekali tidur larut kalo pas wiken gpp, tapi jangan tiap hari.

Akhir-akhir ini aku cenderung cuek karena aku sendiri merasa badan kalo malem udah rontok aja. Kalo ditambah maksa-maksa atau misuh-misuh juga ngga menyelesaikan masalah, tar takutnya malah perut ikut senut-senut. Jadi biasanya kalo aku udah ngantuk ya tidur duluan, ayah yang nungguin Kyara sampe tidur *kasiannnn ayah*
Dulu pernah juga sih seminggu Kyara tidur tengah malem terus dan akhirnya bisa back to normal lagi dengan sendirinya. Nah ngga tau yang kali ini akan berapa lama si bocah betah tidur larut jelang tengah malam gitu. Moga-moga gak lama deh masa ini biar pas Juli nanti ngga ada drama di pagi hari menjelang sekolah.

Oiya, Susan bundanya Zahia juga beberapa hari lalu sms katanya Zahia juga bobo malemnya lagi bermasalah, kompak sama Kyara tidur tengah malam mulu. Ah para balita.... kalian pada kuat-kuat amat sih matanya.... Ayo dong back to normal bobo malem jam 9 lagi.....

20 Comments:

  1. perasaaan baru komen dipostingan sebelumnya eh udah nongol lagi hihihi akunya yang telat ya.

    jangan terlalu dipaksakan untuk tidak tidur siang, krn pascal juga ga terbiasa tuh. yang ada malah sakit nih kaya sekarang.

    jam 1 tidur siang jam setengah 3an aku bangunin untui siap2 ngaji jadi malamnya paling jam 10 udah tidur

    ReplyDelete
  2. bukannya gak kreatif ya, tapi sejak awal baca gua udah mau saran tentang kalo udah sekolah pasti otomatis geser balik jam tidurnya. ternayta udah ada yang saran begitu ya. hehehe.

    soalnya emang berdasarkan pengalaman ama andrew ya begitu adanya. si andrew juga tadinya tidurnya malem tuh. kalo kita belum tidur, dia gak mau tidur duluan. mau sampe jam 11 sampe jam 12 ya dijabanin ama dia.

    tapi setelah sekolah, kan jadi lebih cape tuh dari sekolah, plus lagi paginya harus bangun pagi, jadi rutin jam 8 pasti tidur. selanjutnya kita pagiin lagi jadi setengah 8. jadi sampe sekarang rutin tuh jam setengah 8 tidur sendiri dia. :D

    ReplyDelete
  3. bener banget tik.. klo udh sekolah si anak pasti udh lebih gampang bobo malemnya..

    gw dulu masalahnya sama banget.. smp di geser ga bobo siang tetep ga ngaruh.. klo emang batere nya abis ya dia ngechas.. kdg tidur siang baru menjelang magrib :(

    tapi semenjak skrg ikutan paud didkt rmh, pagi2 udah bangun pokoknya jam 8 udh rapih trs jam 1-2 dia bobo siang dan alhasil jam 9-10 malem dia udah bobo :)

    sabar aja ya bu.. tunggu bulan july deh.. biarin kyara puas main ya.. :)

    ReplyDelete
  4. waahhh... bisa bergeser sedramatis itu ya?? Waaah... jd parno ndiri dey, pdhl Athar msh 17 mos msh teratur.. Gmn tar 2 th?? 3 th?? #gabskebayang bakalbegadanglg

    ReplyDelete
  5. bener mom...nti kalo Kayra dah ikutan aktivitas yang rutin kayak skul,kebiasaan bobo malam bangetnya juga hilang....sama Fai juga begitu, begitu diikutin bimba, ma ngaji jadinya gak bobo malem2 lagi.

    ReplyDelete
  6. wah gitu ya balita kalo tidurnya jam 10 malem jadi ngeganggu waktu pacaran nih hehe. abisnya klo fay tidur jam setgh 8 - jam 8 gitu lumayan masih ada waktu buat pacaran, ntn DVD, ngobrol2 & ngemil sama abiwnya hehe

    ReplyDelete
  7. lidya: iya mbak kyara slalu tidur siang kok. kalo nggak malah urin2an dia. ntar kalo udh mulai sekolah jd lbh cpt kali ya mbak kalo liat pengalaman ortu lainnya.

    arman: man...... kreatip kok :D bener ya man andrew juga gitu. iya gw curhat ke ibu2 lain katanya sih kalo anak udh sekolah biasanya ngga terlalu larut lagi tidurnya, krn udh cape sm kegiatan luarnya. ah semoga aja deh... pengennya jam 8-9 udh tidur gitu, kl skrg disuruh melek sampe jam 12 malah kesenengan :D

    nike: iya ke pake cara apapun ga mempan. mesti sabar tunggu sampe sekolah nih ayanya hehe... tp moga2 aja gak lama deh begininya, moga2 besok2 normal lagi :p

    ReplyDelete
  8. anggie: nikmatin ngiie kalo athar tidurnya masih teratur hehe... gak semua anak kegeser jam tidurnya kali ya, ada juga yg normal2 aja. tp rata2 temenku yg anaknya umur 3thnan ktnya pada ngelewatin fase ini sih, tar kalo udh sekolah normal lagi ktnya hehe..

    ibudzakyfai: oooo fai juga ya mbak... ternyata emang ada fase nya ya kayak gini. hmpr semuanya ngalamin ternyata... iya deh moga2 tar normal lagi jam tidurnya kyara :)

    dinni: nikmatin din mumpung fay jam tidurnya masih ok..... dulu wkt kyara bobonya masih jam8 juga nikmat bngt masih bisa ngobrol, nonton dvd, pacaran, curhat2an dan ngobrol panjang lebar sama ayahnya kyara. sekarang mah harus curi2 kesempatan. belom lagi tar ketambahan bayi hihihi... parenthood oh parenthood.. moga2 aja fay tidurnya normal terus ya din. Tapi tmnku rata2 ngalamin fase ini sih. tar kl udh skolah smoga normal lagi hehe...

    ReplyDelete
  9. Hiyaaa..saya juga mau curhat soal ini. Dita juga tidurnya malam mulu nih. Kalau dibiarin bisa sampai jam 12. Kita pura2 tidur juga gak mempan. Kalau disuruh baik2 dijawab "Iya Bundaaa...sebentar lagi" hehehe. Walaah..ternyata rata2 balita spt itu ya. Semoga saja nanti pas waktunya sekolah bisa tidur cepet dan bangun pagi ya?

    ReplyDelete
  10. sarannya kayaknya bener deh.. setidaknya saya ngalamin sendiri.. Dulu ke2nai juga pernah ngalamin gitu. dr yg normal, sp akhirnya kl blm jam 2 malem blm tidur.. Perasaan anak2 gak abis2 batterenya :D

    Tp begitu mrk masuk sklh ya mulai nyesuain lagi ke normal :)

    ReplyDelete
  11. Hi Cyiiinn, mangap ekye baru maen lagih. Biasa, emak2 pemalesan :-)

    Hihihi semoga apa kata orang2 (Arman dll) mengenai kalo dah sekolah anak kita bobonya jadi lebih awal terbukti yah Tik. Gw juga sekarang ga terlalu ambil pusing, cape marah2 kaga ada gunanya.

    Btw gw kemaren bales sms lo dari henpon Abang. kaga ada pulsa boo (tapi sekarang dah diisiin lagis eh ama doski)

    ReplyDelete
  12. motik, dirimu sama aja kaya menceritakan masalah aku disini say hihii:p

    balita emg begitu kali ya. zikra belakangan sering bgt tidur jam 12 malem. kalo gak tidur siang, cuma lebih cepat sejam tidur malamnya jadi jam 11 *pening*. aku jg lg cari2 cara nih biar balik normal lagi jam tidurnya. tapi pengalaman ibu2 lain gak bisa dipaksain juga ya katanya? ya sudahlah kl begitu *loh* :p

    ReplyDelete
  13. ikhsan juga mengalami fase tidur larut kayak kyara di umur yang sama.
    Pokoknya sama plek.., sempat uring-uringan juga karena kadang mataku dah ga bisa kompromi buat melek tapi anaknya masih melek gede ampe jam 11-12 malem.

    Akhirnya pasrah, dan ternyata memang jam tidurnya bisa bergeser ke normal lagi tanpa treatment khusus.

    semoga kyara juga begitu...

    ReplyDelete
  14. waduh..saya harus siap siap juga nieh sama kinan, kinan blm genap dua tahun kebiasaan tidurnya kalo dulu jam 8 dah tidur sekarang nambah jam 9 menuju ke jam 10 kadang bisa lebih pernah sampai jam 11 an gitu...Ayah mamanya dah ngantuk, dia pinginnya main aja...:)
    Sehat sehat yah mbak motik, semoga lancar kehamilan kedua dan lancar persalinannya :)

    ReplyDelete
  15. bundit: hiyaaa dita ternyata juga tho bund. kalo baca komen2 sih kayanya emang masanya ngalamin tidur larut ya bund. kayanya emang hrs tunggu waktu untuk balik normal sampe anak2 mulai sekolah :)

    ke2nai: waduuu sampe jam 2 malem?? huaaa smoga kyara jgn sampe jam 2 malem hehe.. brarti wajar ya mbak emang masanya seperti ini. oke lah moga2 tar mulai sekolah bisa normal lg jam tidurnya

    susan: iya lah ga usah kita ambil pusying san. moga2 cepet normal lagi ya jam tidur para bocah

    evy: ya sudahlah vy kalo begitu hihihi... kata ibu2 lain ga usah dipaksa, kayanya emang masanya vy. Ya pasrah aja deh nunggu balik normal sendiri *padahal pusying hehe* para bocah kalo ngga disuruh tidur kayanya pada kuat sampe lewat tgh malam juga ya

    entik: jadi emang harus pasrah ya mbak hehe.. iya deh aku sabar aja emang harus ngelewatin fase ini sih ya...

    mama kinan: mama kinan siap2 ya... tuuuuh kinan udah menunjukkan me-molor-kan jam tidur kan. tar lama2 jam 11 lho hehe.... makasih ya mbak doanya :)

    ReplyDelete
  16. secara khusus, aku gak punya saran nich bun. Zaheer biasa tidur di jam-jam biasanya, di bawah jam 9 nan. kadang-kadang aja tidur larut. tiap hari juga sama tidur siang.

    tapi kalo denger pengalaman para bunda sich memang ada kalanya anak mengalami masa dimana tidur malamnya larut. tapi dari semua itu sich yang paling penting, Kyara tetep sehat yabun, tetep seger buger..

    ReplyDelete
  17. Huhuhuhu...Raja juga lagi bermasalah soal tidurnya nih...makin gede makin bergeser ke arah larut malam aja. Yang dulunya jam 8 udah bisa merem, eh, makin ke sini bisa tahan sampe jam 11 malam baru bisa bobo. Yang jadi masalah, bangun paginya jadinya kesiangan, kalo dulu jam setengah 6 udah bisa bangun, sekarang jam 7 lewat pun mesti dibangunin baru bisa bangun. Padahal saya harus berangkat kantor jam 7 pagi, semakin telat Raja bangun, semakin telat juga mamanya ke kantor... Hadeeehhh... Tapi yah, katanya anak2 memang seperti itu dan memang kata orang tua juga, tar kalo udah sekolah anak2 akan cenderung bisa mengatur sendiri jam tidur yang baik untuknya... Semoga aja ya mbak...

    ReplyDelete
  18. desy: waaa enak amat zaheer tidurnya masih teratur ya jamnya. iya lah biar kata kesel kalo kyara tidur kemaleman tapi dicoba sabar aja mungkin ini emang masanya :) semoga zaheer bobonya teratur trs ya mam... Aamiin insya allah kyara tetep seger mam meski tidurnya larut hehe...

    allisa: yuhuuuu Raja toss ah sama kyara :D emang kayanya seumuran anak2 kita ini masalahnya pada sama semua ya mam kalo baca komen ibu2 lain. yah kita nikmati aja deh moga2 tar lama2 berubah sendiri jam tidurnya. Kita yang makin jompo nih gak kuat nemenin sampe tengah malem haha...

    ReplyDelete
  19. sama banget mbak motikkkk :( anakku juga tidurnya jam 12 melulu malah pernah sampe jam 2 :( hiks. kalo udah dapet cara ampuhnya, kasih tau aku juga ya. :D

    ReplyDelete
  20. Mbak Motiq,

    Lam kenal. Wah ternyata sama2 ya masalah sulit tidur pada balita. Anak saya juga kuat bobo jam 11. Haduhhhh Papa Mamanya udah keburu pules duluan, anaknya malah asik ngacak2 lemari baju, laci nakas, lompat2. Ampunn!!!
    Gawatnya udah sekolah, masih juga gini. Awalnya aja sih teler. Sekarang mah kuat! Padahal baru sampe rumah jam 13.30 masih juga kudu tarik urat kalau nyuruh bobo siang. Ckckck!

    ReplyDelete

Powered by Blogger.