Belanjaan Adek Bayi

Waktu belum 7 bulan, gw kalo liat onlen shop ato toko bayi bawaannya gemes udah pengen belanja. Sebetulnya enak belanja pas trimester ke 2 karena badan belom berat, tapi tempat untuk naruh belanjaan bayi belom gw siapin makanya males numpuk belanjaan *halah kayak belanjaannya banyak aja*
Pas udah lewat 7 bulan entah kenapa malah kayanya keinginan menggebu-gebu buat belanjanya pudar. Yang ada malah capek duluan *jompo*
Tapi akhirnya ya harus ngelengkapin keperluan untuk si bayi kecil lah...

Belanjaan untuk bayi ini kalo gw bilang ngga terlalu banyak kok. Kebetulan untuk keperluan basic newborn kayak baju, popok, celana, alas ompol, sarung tangan+kaki dan bedong punya Kyara dulu masih mulus rapi tersimpan di kardus. Dulu belinya lumayan kalap jadi malah banyak yang belum kepake, masih disegel di plastik pula. Belom lagi masih ada beberapa kado baju newborn yang gak kepake sama sekali karena keburu gak cukup. Jadi untuk keperluan basic yang kepakenya cuma sebentar banget ini gw udah tenang karena punya Kyara masih lengkap banget dan warnanya pun netral. Untungnya dulu gw nggak kalap beli barang serba pink jadi sekarang bisa kepake sama adeknya yang beda jenis kelamin :)

Jadi belanja untuk anak kedua ini gw fokuskan ke barang yang memang gw belom punya aja yang akan dipakai dalam waktu dekat at least 3 bulan pertama. Kalo untuk selanjutnya sih beli nanti aja seiring waktu.

*Cloth Diaper (Clodi)

Dulu waktu jaman Kyara kan belom booming soal clodi ini. Clodi nya waktu bayi dulu ya bener-bener popok kain selembar yang belinya lusinan itu. Kyara betah pake popok tuh cuma 3minggu ato 1 bulan kalo gak salah. Setelah itu popoknya udah bikin gak nyaman karena kekecilan dan lepas terus jadi langsung beralih ke celana pop. mulai Kyara 2-3 bulan mamanya keenakan pakein diapers sekali pake apalagi kalo malam. Rela deh keluar duit extra tapi gak cape gonta-ganti popok hehe...
Pas Kyara 1,5tahun baru deh mulai booming clodi modern tapi harganya masih muahal sebijinya dan adanya yang impor pula. Akhirnya sempet ngerasain si coolababy karena itu yang paling terjangkau saat itu.

Nah untuk anak kedua ini ceritanya pengen mencoba hemat dan go green, jadi salah satu fokus belanjaku adalah clodi. Kalo untuk hari-hari pertama alias newborn banget mungkin masih bakal banyak mengandalkan popok kain biasa karena kan pee dan pup nya bisa tiap menit tuh. Aku juga belum bisa mengenali pola pipis si bayi jadinya popok kain tetep bakal kepake. Nah kalo udah beberapa hari ato 1-2 mingguan, maunya sih mulai mencoba bener-bener beralih ke clodi terutama malam biar aku dan si bayi lebih nyaman gak abolak balik ganti popok kalo sekedar pipis aja.

Untuk newborn, memang ga semua clodi cocok. Karena newborn itu kan masih mungil banget jadi kalo pake clodi ukuran standar malah aneh kesannya bulky, gendut di pantat. Biarpun snap nya udah di kecilin, tetep aja kalo cuttingnya si clodi emang nggak slim, ya tetep kliatan bulky dan bakal bocor di pahanya yang belum montok.

Oiya, aku main di clodi lokal aja. Ngga mampu beli clodi impor banyak-banyak *nadahin tangan siap tau ada yang mau ngasi kado clodi impor wakakakk* Untuk clodi lokal yang aku beli harganya kisaran dari 40ribu-85ribu. Bandingnkan dengan clodi impor yang harganya 250-350ribuan sebijinya, kan bisa buat 3-5 biji clodi lokal tuh *mak irit*
Meski main di lokal, tapi ya gak asal pilih lah. Aku udah pernah nyoba 1 clodi lokal untuk Kyara dulu, wah nggak beres. Ngga tahan lama, penyerapan kurang bagus, dan cuttingnya gede banget. Dijamin bocor kalo dipake sama baby yang nggak montok. Sekarang clodi itu udh pensiun, nggak mau kupake lagi dan nggak mau beli merk itu lagi. Makanya harus rajin juga baca review tentang masing-masing clodi biar gak salah beli.

Jadi untuk 3 bulan pertama aku siapin clodi yang jenis petite alias yang memang khusus untuk newborn. Clodi newborn ini yang jelas cuttingnya slim dan ngga bulky. Meski biasanya tiap clodi mengklaim bisa dipake dari NB-15kg misalnya, tetep aja kalo cuttingnya ngga slim ya masih bisa bocor di bagian paha dan kalo dipake kliatan bulky. Udah bolak balik baca review dari para pengguna dan penjual, didapatlah beberapa merk yang "lolos uji". Aku pribadi belum pernah pakai karena bayinya kan belum lahir, jadi ngga bisa kasih review pribadi. Tapi Sebagian besar review merekomendasikan merk ini jadi ya mudah-mudahan sesuai yang kuharapkan juga.

Untuk clodi newborn yang lokal, beberapa diantaranya adalah cluebebe coveria petite, cover eaze, dan lil G (produknya GG). Mereka mengklaim bisa dipake dari NB-9kg. Bahkan si cover eaze punya produk cover eaze tiny untuk bayi prematur atau yang BB nya di bawah 3kg. So far persiapanku untuk clodi udah punya 7 clodi, yaitu 1 cluebebe coveria petite, 4 cover eaze, 1 pempem, dan 1 coolababy. Kalo pempem kayanya baru bisa kepake umur 2 bulanan berdasar review temenku, dan si coolababy jelas kalo udah montok baru bisa kepake karena cuttingnya yang nggak mungil.


Nah jadi untuk newborn yang bakal kepake duluan adalah cluebebe coveria petite dan cover eaze. Keduanya adalah model cover, bukan pocket seperti kebanyakan clodi. Kalo model cover, kita bisa masukin insert bawaaanya si clodi atopun kita ganti pake alas ompol yang dilipat-lipat, popok yang dilipat-lipat, atopun handuk. Jadi kalo insert udah penuh sama pee atau si bayi pup, yang diganti insertnya aja tanpa mengganti si cover. Tapi kalo si cover udah kotor ya harus diganti juga lah. Kalo model pocket kan kalo kena pup harus diganti pocket dan insertnya sekaligus. Jadi disini aku ngebanyakin stok insert aja.

Stok insert aku bikin dari handuk polos yang penyerapannya bagus, beli di ITC harganya 37.500, 1 handuk ukuran itu bisa kubikin jadi 10 insert. Aku bikin insertnya dipotong seukuran insert standar aja, dilapis 2, terus pingirnya dineci deh di tukang jahit. Kalo digabung sama insert bawaan dari clodi yang aku punya, total ada stok sekitar 17-20 insert. Ditambah lagi nanti mau berdayakan alas ompol yang dilipat-lipat kalo masih kurang juga.

ini penampakan clodi model cover. Insertnya ditaruh diatas cover


 ini nappy liner. Ditaruh diatasnya insert untuk memberi kesan kering. Jadi mau pake insert apapun (alas ompol, handuk dll, kalo diatasnya pake nappy liner akan terasa kering di pantat bayi. Kalo bayi pup dan insert masih belum penuh juga cukup ganti nappy liner nya aja, insertnya ga usah
nappy liner GG, 10pcs = 47k

Clodi untuk NB ini udah kucoba pakein di bonekanya Kyara. Bonekanya lebih mungil daripada bayi tingginya sekitar 35-40cm, dan ternyata ngga bulky kok. Jadi semoga dipake di bayi newborn jg ngga bulky.

 pakai cover eaze+insert handuk+nappy liner

* Washable Breastpad

Insya Allah kalo lancar, nanti adeknya Kyara juga akan dapat hak ASI seperti Kyara sampe 2tahun. Aku ngerasa kalo selama ASIX 6bulan, breastpad tuh banyak banget jasanya. Karena selama 6 bulan itu sering tumpah ruah, jadi breastpad itu hukumnya wajib, kalo nggak pakai bakal bocor sampe ke baju. Setelah 6 bulan aku hanya pake breastpad sekali-sekali aja terutama pas pergi karena produksi ASI juga udah nggak semelimpah waktu ASIX kan jadi ngga sampe bocor kmana-mana. 

Nah dulu selalu pake breastpad sekali pakai yang lumayan nguras biaya juga. Dipikir-pikir, dulu sehari bisa ngehabisin 3-4 pasang breastpad. Jadi boros juga kan kalo pake yang sekali pake, sebulan bisa habis berkotak-kotak. Karena sekarang udah banyak dijual yang washable, jadi washable breastpad ini sepertinya wajib aku beli.

Aku beli washable breastpad 2 pcs aja, 1 pcs isinya 3 pasang termasuk kantong kecilnya. Jadi aku punya 6 pasang washable breastpad. Motifnya lucu-lucu... *padahal gak bakal ada yang liat juga kaleee*

anandapad: 40k/pcs, baby oz: 30k/pcs

* Nursing Cover

Nursing cover juga wajib punya nih soalnya kan aku bakal menyusui dimanapun. Kalo di rumah sih cuek aja ngablak kemana-mana juga hihihi. Kalo pas pergi-pergi, dulu sih biasanya ditutupin pake selendang ato ngumpet-ngumpet di fitting room. Nah pake nursing cover ini semoga makin bikin aku nyaman, jadi gak blingsatan nyari fitting room ato tempat nyempil buat nyusuin kalo pas ke tempat yang ngga ada nursing room nya.

nursing cover: 80k, bisa dipake bolak balik dan ada pouch nya

* Jumper/bodysuit

Berhubung jenis kelamin si bayi Insya Allah bakal cowo, jadi untuk baju pergi kan butuh yang baru dong, gak bisa pakai punya kakaknya. Untuk persiapan baju pergi nggak banyak sih, kan belum banyak keluar rumah juga, palingan keluar rumah buat ke RS pas imunisasi ato sekali-sekali ke mall kalo emaknya bosen hihi... Jadi aku nyetok beberapa jumper dan jumpsuit yang nutupin kaki. jumper utk newborn. Ini juga gak terlalu banyak kok nyetoknya, tar takutnya banyak gak kepake, jadi nanti beli lagi seiring berjalan waktu aja liat gimana BB si bayi. Untuk jumper ini ada yang kubeli satuan dan ada juga yang beli 1 pack sekaligus.

jumper carter 5in1

Selain barang-barang di atas, aku juga beli sabun khusus buat nyuci clodi, perlak, kaos kaki, selimut, kapas, hmmm apalagi ya.... pokoknya melengkapi yang udah ada deh.
Untuk anak kedua ini kayanya ngga terlalu kalap, masih bisa ngerem. Hmm mungin juga karena bayinya bakalan cowo jadi ya ga terlalu tergoda juga buat ngebanyakin beli yang "lucu-lucu ber pink ria" ya hehe... Yang bikin ketagihan itu belanja clodi malahan. Tapi untuk clodi newborn udah cukup ini aja dulu, nanti beli lagi yang ukuran standar kalo udah 2-3 bulanan ke atas.

Thanks buat temen baikku putri yang lagi sama-sama hamil dan punya ols ini jadi aku dapat banyak banget info soal clodi dan dapet diskon juga hehe... Belanjaan si bayi via ols banyak kubeli di sini dan sini. Kalo yang bukan ols, aku beli di ITC cipulir dan mae bebe bintaro. Ternyata lumayan banyak juga barang yang mahalan ITC ih daripada maebebe. eh tapi tergantung toko dan barangnya juga kali ya...

Masih ada lagi sih yang pengen kubeli, tar deh liat bulan depan. Kalo ngga ada pun ya gpp sih *kepengenan mama nya aja*. Yang penting untuk yang basic-basic alhamdulillah udah siap, tersimpan rapi di lemari, dan udah dicuci juga. Pas nyuci dan liat jemuran penuh sama clodi dan baju bayi imut-imut gitu, antara takjub dan terharu juga deh... Gemezzzz.... Gak nyangka Insya Allah sebentar lagi ketambahan anggota keluarga baru, Gak nyangka sebulan lagi (atau malah kurang dari sebulan) bakal ada bayi lagi di rumah ini :)

Be good di dalam sana ya nak... Keluar di saat yang tepat seperti yang mama bisikin ke kamu, soalnya pertengahan juli besok mama pengen bisa nganterin kak Kyara sekolah di hari-hari pertamanya nih... Sehat-sehat terus ya adek bayi... :)

15 Comments:

  1. asik ya belanja2 barang bayi... bisa kalap kalo gak direm. hahaha.

    ReplyDelete
  2. senang ya kalau belanja keperluan bayi.
    Alvin juga masih pakai clodi loh kalau siang, malam pakai diaper.
    nanti direview ya mbak clodi yg dibelinya. kalau aku pakai merk babyland dan coolababy

    ReplyDelete
  3. jd pgn belanja kyk mama motik *tp buat sapa ya*

    ReplyDelete
  4. wah mbak motik lengkap banget ulasannya..bisa jadi referensi untuk anak kedua *insyallah kalo Allah kasih amanah lagi, soal belanja belanja untuk new baby..apalagi yang soal cloth diapers...mantap :)..sama kinan dulu dah dari umur dua bulannan pake disoposable diapers hmm..mugkin emaknya yang males :( hiks..
    Selamat menanti kelahiran buah hati yah mama kyara..semoga lancar sehat ibu dan bayinya :)

    ReplyDelete
  5. wah dah mulai belanja2 utk si baby ya mba.. emang lebih enak pake clodi sih mba sekarang, lebih irit rit rit, hehehe...

    ReplyDelete
  6. Salut deh ama motik, lengkap bgt reviewnya.....jd udah lgkp ya, paling seru ya nyiapin buat by, lucu2

    ReplyDelete
  7. semoga lancar yah semuanya...

    ReplyDelete
  8. waa clodinya lucu2 banget penampakannya. clodi itu emang racun ya, apalagi skrg merk lokal udh mulai oke kualitasnya. coolababy yg merah itu jg fatha punya hihi *gk penting:p*

    ihh senengnya mau ada ade bayi, pengalaman baru yah tik krn insyaallah beda kelamin sama kyara:)

    ReplyDelete
  9. Aiiih..belanjaan buat dedek bayi nya lucu2. Mau..mau... lho mau apa to?? hehehe. Semoga nanti melahirkannnya lancar ya mam, mam dan bayi sehat. Amin :-)

    ReplyDelete
  10. Saya belum pernah belanja clodi nih, hihi, dasar katro, hehe..nanti deh belanja untuk anak kedua..lho???!!!

    ReplyDelete
  11. senengnya yg abis belanja keperluan baby.. semoga lancar ya :)

    ReplyDelete
  12. seneng baca postingan mama kyara.. lengkap. Jadi ngiler pengen ikut belanja keperluan bayi, padahal belum hamil (hehe...)

    semoga lancar sampai lairan ya...

    ReplyDelete
  13. bayinya udah lahir blom mom??
    review insert bwt newborn dong.. Rencananya mo pake alas ompol yg dilipet. tapi kok keliatan tebel bgt ya...

    ReplyDelete
  14. mbak motik ijin kasih link dan copas postingan bagian ini keteman yah, soal clodi dia tertarik untuk anaknya karena kayaknya ruam popok anaknya semakin parah kalo pake disposable diapers..
    thanks for sharing

    ReplyDelete
  15. tik, bikin review barang2 ini setelah dipake dong, plus ada ga barang yang kelupaan dibeli pas kenzie dah lahir?

    ReplyDelete

Powered by Blogger.