Kyara: 1st Day at School

Hari Senin 11 Juli 2011 bisa dibilang salah satu hari bersejarah nih buat milestone anak mama karena hari itu hari pertama Kyara sekolah. Jadi harus diabadikan di blog nih buat kenang-kenangan dan pengingat buat Kyara dan mama nantinya. Maksudnyaaaa, sebagai pengingat buat Kyara tuh biar dia tau betapa semangatnya di hari-hari pertama Kyara sekolah. Jadi kalo suatu saat nanti (pas udah besar) lagi dateng malesnya, Kyara bisa belajar dari postingan ini dan liat betapa semangatnya Kyara pertama kali mau sekolah. Buat mamanya, pengingat juga kalo ternyata waktu berjalan cepet banget. Bayi merah yang dulu cuma bisa pup, nangis, nenen, sekarang mulai jadi gadis kecil yang udah mulai sekolah. hiks hiks terharu.... *tapi kan bentar lagi ada mainan bayi baru lagi hihihi*

Seperti ortu lainnya, pasti yang semangat soal sekolah gak cuma anaknya, tapi ibu bapaknya juga pasti semangat *malah lebih semangat*
Jadi Kyara mulai masuk Kelompok Bermain (KB) tahun ajaran ini. Sebetulnya kalo dipaksakan umurnya yang sekarang 3tahun 8bulan bisa aja Kyara langsung masuk TK. Tapi aku pilih KB aja dulu supaya ngga kaget dan mentalnya lebih siap. Kalo liat kurikulum anak SD yang super duper berat dibanding jaman dulu, kayanya aku lebih pilih untuk nyiapin mental Kyara dulu aja sebelum dia berkutat sama segala pelajaran dan PR nanti. Jadi biar puas main dulu aja.

Jadi seminggu ini kelas KB, TK A dan TK B masih digabung di dalam 1 kelas karena tujuannya untuk pengenalan umum. Kayak kenalan sama seluruh gurunya, pengenalan sama janji murid, pengenalan hymne sekolahnya, ya pokoke intinya briefing umum lah. Nah waktu dengerin absen anak-anak, tersadar kalo nama anak jaman sekarang tuh unik-unik dan susah bener dihafal haha.. Gurunya yang nyebut absen anak-anak juga sering salah eja. nggak kayak jaman dulu, namanya budi, ani, andi, dll. Kalo anak sekarang kan namanya unik-unik hehe...

Sebutan bu guru di sekolah Kyara ini disebut dengan bunda. Seneng sih dengernya karena membumi banget. Sekolah Kyara kan emang bukan sekolah internasional atau berbasis bahasa inggris yang biasanya nyebut gurunya dengan miss atau aunty. Nah gak tau kenapa justru aku malah ngerasa nyaman dengan sebutan bunda ini, kayanya mengayomi dan indonesia banget. Nah guru kelasnya Kyara ada 2, bunda Eva dan bunda Uma. Kalo liat para bunda yang selalu senyum penuh kesabaran ngehadapin anak-anak kecil yang pecicilan gitu rasanya aku nggak sanggup jadi guru TK deh haha... Padahal dulu sempet punya cita-cita jadi guru TK, dan pernah ngelamar di sekolah komputer khusus anak-anak dan diterima tapi nggak kuambil karena terlanjur udah kerja di tempat lain. Tapi kalo liat guru Tk itu harus punya stok sabar tingkat tinggi kayanya eikeh nyerah juga hihihi...

Hari pertama Kyara telat, harusnya masuk jam 7.30 tapi baru sampe skolah jam 8.00. Ini semua gara-gara manajemen waktu nya aku dan ayah masih payah banged hehe... Si ayah kebetulan hari senin cuti jadi ikutan juga nganter Kyara sekolah. Nah berhubung hari pertama jadi semuanya masih gedebak gedebuk meski perasaan dari malem udah disiapin tapi paginya tetep aja keburu-buru.
Hari pertama semua anak dikumpulin di satu ruangan dan sebagian ortu masih pada ikutan masuk karena banyak yang gak mau ditinggal. Meski Kyara nggak nangis dan kliatan siap, mamanya tetep aja ikutan ngedampingin masuk ke kelas karena penasaran ngapain aja kegiatannya. Intinya sih briefing umum, nyanyi2 lagu hymne sekolahnya, kenalan sama para bunda alias guru-gurunya, berdoa, makan bersama, dll. Jam 9.00 udah pulang dan boleh main bebas di taman bermain nya.


Sekolahnya masih pake baju bebas. Untuk murid KB, dari 3 hari sekolah hanya 1 hari yang pakai seragam. 2 hari lainnya pakai baju bebas. Kalo murid TK pakai seragam full 5 hari (senin-jumat). Itu anak2 piyik liat kolam renang nganggur pada ngiler pengen berenang aja. Untung kolam renangnya dikelilingin pager jadi nggak pada nyemplung sembarangan :D

Eh waktu briefing hari pertama ada namanya pelajaran 5 jari. Ini doktrin lumayan mempan di Kyara deh hehe... Jadi pelajaran 5 jari ala TK Teruna Ria adalah:
1. Jari jempol: kalo sekolah berarti tidak ngompol --> kalo mau ke kamar mandi minta tolong sama para bunda yaa..
2. Jari telunjuk: Kalo sekolah jangan sampai ngantuk --> makanya jangan tidur terlalu malam yaaa...
3. Jari tengah: Kalo sekolah jangan sampai lengah --> (ini gw lupa apa maksudnya hehe..)
4. Jari manis: Kalo sekolah tidak nangis --> ini jelas banget maksudnya kan...
5. Jari kelingking: Kalo sekolah tidak keliling-keliling --> maksudnya jangan suka lari-larian nggak jelas kalo lagi di kelas. Nanti ada waktunya boleh keliling-keliling dan lari-larian di halaman rumput.

Pelajaran 5 jari ini cukup mempan buat Kyara. Pas di rumah dia ngerengek-rengek karena maksain sesuatu sampe nangis, aku ingetin aja tentang si jari manis, habis itu emang bener langsung berhenti nangis dan mulai gak maksain kehendaknya hehe... Selama sekolah pun tidurnya jadi nggak larut kayak biasanya yeayyy!!! Biasanya jam 11 baru tidur malam, selama sekolah tidur siang dan malamnya lebih cepet. Yang biasanya larut, selama sekolah tidur malamnya jadi jam 9an *emaknya seneng*. Ini karena aku ingetin juga soal pelajaran si jari telunjuk, supaya di sekolah nggak ngantuk tidurnya jangan terlalu malam. Ah senangnya berhasil...

Hari kedua sekolah, udah lebih rapi karena yang nangis juga makin sedikit. Kyara pun masuk kelas sendiri gandengan sama bundanya, aku liatin dari jauh. Jadi hari kedua aku bener-bener nunggu di luar kelas ngeliatin dari jendela aja. Ya ampun kayak gini aja bikin terharu ya ternyata... Liat anak nggak nangis masuk ke dalem kelas, makan kue bekal yang dibawain mamanya dengan lahap, hiks hiks...
Hari kedua temanya puppet show. Sehabis nyanyi-nyanyi lagu hymne sekolahnya dan lagu-lagu lain, para bunda bikin puppet show. Boneka tangannya ada pooh, kitty, barney, dan elmo. PAke tokokh jaman sekarang ya, bukan boneka unyil kayak jaman mamanya dulu hihihi... Intinya sih cerita boneka itu tentang sekolahan juga, supaya anak-anak makin berani nggak nangis kalo ditinggal mamanya dll. JAdi di awal-awal sekolah memang nampaknya para bunda berusaha meyakinkan si anak kalo sekolah nggak perlu takut dan nangis karena ada par abunda yang siap membantu.

Hari ketiga makin tertib aja. Orangtua udah banyak yang di luar ruangan karena udah nggak banyak yang minta ditemenin. Hari ketiga ini temanya nonton film. Sehabis ritual berdoa, nyanyi-nyanyi, absen dsb, acara selanjtnya adalah nonton DVD. Ternyata DVD yang disetelin sama dengan yang Kyara punya di rumah makanya Kyara seneng banget dan hapal banget sama cerita dan lagu-lagunya :D
Emang DVD nya bagus sih, ada cerita dan lagu indonesia nya. Lagi-lagi kali ini mamanya juga liat dari luar aja. Bangga banget ternyata nggak ada drama nangis sama sekali selama 3 hari sekolah :)

Akhirnya sekolah untuk minggu ini selesai karena KB hanya 3 hari sekolah. Kalo untuk TK masih ada kamis dan jumat. Fiuhhh capek juga ya bok nganterin anak sekolah. Atau karena gw lagi hamil aja kali ya jadi berasa juga capenya. Untuk manajemen waktu di pagi hari, emang mesti bangun dari jam5 supaya ngga grabak-grubuk. Mandi, nyiapin bekal dll. Jadi anak bangun semua udah beres tinggal mandiin anak dan berangkat. Nggak ada deh abis subuhan leyeh-leyeh lagi. Makanya kalo pas anak libur kok malah mamanya yang seneng ya *yess bisa bangun santai*

Terussss aku mau cerita ah tentang pengalaman nganter skolah ini. Jadi kalo diperhatiin, yang nganter sekolah itu ada beberapa golongan: ibu-ibu muda *kayak gw hehe*, ibu-ibu senior (mungkin nganter anak bungsunya), para eyang, dan para ART. Minggu pertama sih masih banyak ortu yang nganter. Nggak tau ya mulai minggu depan gimana. Ada yang mamanya doang, ada yang ngajak si mbak karena mungkin selanjutnya yang nganter bakalan si mbak jadi dilatih dari sekarang, ada juga yang dianter neneknya karena mungkin artunya kerja. Nah keliatan deh kalo para ibu-ibu senior ya ngobrolnya sama ibu-ibu senior, para mbak ngobrolnya sama para mbak, ibu muda ya ngobrol sama ibu muda hehe... Kalo ngobrol juga kita nggak kenalan dengan nama sendiri tapi manggil pake nama anaknya, misal mama Kyara, mama ana, dll. Baru 3 hari skolah sih belom banyak ngobrol lah sama ibu-ibu, wong kita konsennya ke anak masing-masing. Tapi ya dikit-dikit udah ngobrol tapi paling masih gitu-gitu aja.
Untuk ART, ada ART yang sabar ada juga ART yang ngedumel mulu karena si anak minta bolak balik pipis. Ada juga yang dipojokan malah nagis sambil mainin hp nya, mungkin tuh ART habis putus dari pacarnya hihihi....

Nah di skolahnya Kyara ada satu anak yang kliatan calon bad boy kalo dah gede nanti. Kayanya si bocah udah TK B. Bad boy yang kumaksud adalah, anak ini ganteng, tapi usil banget. Kalo orang liat mungkin bakal bilang anak ini nakal. Tapi dari kecil udah kliatan kalo bocah cowo ini charming, bukan tipe anak manis yang nurut gitu. Biar usil dan kliatan kaya anak nakal, tapi ganteng dan charming yang kliatanya bakal disukain banyak cewek nantinya hahaha.... *mikirnya kok jauh banget sih gw* Tapi bener kan, bad boy itu kadang lebih menarik buat cewe daripada yang terlalu manis kan hihihi...

Dan gw makin ngeh kenapa anak tuh sebaiknya nggak sekolah terlalu dini. Kalo cukup umur, anak udah bisa konsentrasi, komunikasi guru-murid lebih gampang. Jadi anak lebih cepet ngerti dan lebih mudah diatur. Kalo terlalu dini kan komunikasi belum tentu ngerti bener (apalagi kalo pakai bahasa lain), masih banyak dibantu ortu, dll. Secara mental juga pasti lebih siap karena emang udah masanya sekolah. Tapi mau masukin anak sekolah terlalu dini hak masing-masing ortu kok, gak apa-apa juga. Ya palingan kalo anak belom ngerti apalagi pake bahasa lain ya ortunya ikutan sekolah juga biar anaknya nggak bingung.

Ah anyway, perjalanan masih panjang. Ini baru 3 hari sekolah dan Kyara lagi seneng-senengnya. Gak tau ya nanti kedepannya akan menghadapi bosen atau nggak. Prinsipku, karena ini masih KB jadi kalo anak lagi bosen ya gpp juga kalo mau bolos dulu. Tapi semoga sih nggak ya karena kan seminggu juga cuma 3kali sekolahnya.

Selamat sekolah ya sayang.... :)

10 Comments:

  1. wah pinter ya kyara gak nangis... :)
    rajin2 ya di sekolah!!

    ReplyDelete
  2. Wah senang lihat photonya kak kyara lagi disekolah..dan membaca ceritanya ikutan senang dan terharu....nggak ada drama, ngambek atau nangis...mau ditinggal dikelas sendiri, mama nungguin diluar..semangat terus yah kak kyara :)
    soal kesabaran jadi guru TK, wah saya termasuk sabar berarti yah..2 tahun nyemplung di PG/TK di daerah alam sutera tangerang..:)
    Happy playing and Learning in new school yah kak kyara

    ReplyDelete
  3. excited ya melihat anak pertama kali sekolah

    ReplyDelete
  4. Seneng banget, mbak, baca cerita hari-hari pertama sekolah Kyara ini. Saya jadi ikut ngerasain semangat dan harunya, jadi kebayang-bayang gimana kalo Raja sekolah nanti, semoga bisa seperti Kyara yang manis dan pinter gak pake nangis minta ditemenin mamanya.

    Soal bad boy itu...hmmm...saya setuju sih, kadang yang agak2 usil tapi ganteng itu lebih menarik daripada yang terlalu alim..hihihi

    ReplyDelete
  5. Waaa...postingannya sama deh. Sblm ke sini saya buat postingan dulu lho, jd kaget..lho judulnya kok mirip hehehe. Terharu ya mam, liat anak mulai sekolah. Sayang saya gak bisa nemenin pas hari 1 yg msh perkenalan. Insya Allah hari Senin nanti bisa masuk setengah hari hehehe. Happy schooling ya Kyara, semoga betah sekolahnya :-)

    ReplyDelete
  6. wahh Kyara udah mulai masuk sekolah yachhhh...pinter yach ngga pake nangis...moga2 ke depannya begitu terus....

    Kalo ina krna kemarin kelamaan libur, jd kalo pagi dsuruh sekolah agak susah...maunya libur aja trs ikut mama ke kantor hehehe....

    ReplyDelete
  7. Wah semangat bgt ya kyara, moga seterusnya juga gt

    ReplyDelete
  8. Ah. Kyara sudah sekolah yaa...
    Semoga betah ya nak sekolahnya.. :)

    ReplyDelete
  9. Sekolahnya asyik & keren mana lgkp ada swimming pool-nya...yg rajin sekolah ya kyara cantik

    ReplyDelete
  10. alvaro pun mak,sekolah dari thn lalu,tp baru bener2 bisa enjoy tahun ini(berarti kemerin kecepetan ya? he he he)..

    ReplyDelete

Powered by Blogger.