Tentang Gendongan

Gw mau ngomongin soal gendongan alias baby carrier.

Waktu jaman Kyara, gw nggak begitu menaruh perhatian sama yang namanya baby carrier. Kita dulu cuma punya baby carrier 1 biji doang yang modelnya 6in1 dan itu dapat dari kado pula. Gendongan ini jadi temen setia sampe Kyara umur 1 tahunan. Dan juga punya gendongan tradisional alias jarik untuk di rumah, tapi berhubung dulu jadi ibu baru jadi belom bisa pake gendongan itu.

Sebelum hamil Kenzie, tiba-tiba aja Ergo baby carrier jadi trend banget di kalangan ibu-ibu muda. Waktu itu belum hamil Kenzie dan gw hanya berpikir gilak aja buat gendongan sebiji doang harus ngeluarin duit 1 jeti! Emang kayak apa sih enaknya tuh gendongan? yah Motik, lo aja kali yang ga mampu beli. Iya emang bener gw trlalu pelit untuk ngeluarin sejuta hanya untuk sebuah baby carrier. Mendingan buat beli stroller deh harga segitu.

Pas hamil Kenzie, eh tegiur juga pengen tau apa hebatnya si baby carrier harga sejuta itu. Tapi tetep aja gw masih gak rela kalo harus beli gendongan semahal itu hahaha...
Tadinya gak kepikir tuh gw bakal jatuh cinta sama yang namanya baby carrier. Tapi begitu Kenzie lahir ternyata betapa gw sangat membutuhkan alat yang bernama gendongan aka baby carrier. Kenapa? dengan gendongan gw bisa nge-gendong Kenzie sambil ngajak main kakaknya, sambil makan, sambil ngerjain hal lain lah pokoknya. Selain itu, karena Kenzie montok maka gw butuh gendongan yang kuat, nyaman dan gak bikin pegel. Karena itulah gw jadi kecanduan sama berbagai model baby carrier. Kalo dikumpulin ternyata lumayan macem-macem juga gendongan yang gw punya. Sekarang gw mau gelar gedongan-gendongan yang gw punya sekalian review dikit deh.

1. Gendongan tradisional / gendongan jarik / cukin
Gendongan ini kayanya jadi gendongan wajib punya deh. Untungnya gw bisa pake gendongan ini dan jujur aja kalo lagi di rumah gw malah lebih seneng pake gendongan jarik ini. Emang sih penampakan jadi kayak mbak-mbak ye kalo pake gendongan jarik. Tapi tak apeu... Kan di rumah aja, yang liat juga orang rumah doang. Gak semua ibu-ibu ternyata bisa pake gendongan jarik. Dulu gw juga gak bisa, selalu melorot kalo pake cukin. But practice makes perfect, lama-lama bisa juga dong... :)

ini baby sitter dari mana ya.... :D

Pake cukin gini sekarang gak bisa kelamaan. Pegelnya ampun-ampunan deh gendong kenzie yang beratnya kalo tebakan gw udah 10kg ato at least mendekati 10kg. Karena berat hanya di bebankan di satu bahu jadi kalo kelamaan bahu ini super pegel dan sengkleh. Tapi untuk gendong di rumah tetep ini paling enak lah...

2. Ring Sling
Gendongan yang ada ring nya ini lumayan juga, lumayan lebih nyaman daripada jarik karena bantalan bahu empuk jadi agak mengurangi pegel di bahu kalo kelamaan gendong. Biasanya gendongan ini gw pake kalo jalan ke tempat yang deket aja dan perginya sebentar, misalnya ke supermarket deket rumah.



3. Ginz Mom Baby Wrap
Liat penampakan orang yang gendong anaknya pake wrap kayanya keren n nyaman. Dulu adanya masih yang impor dan mahal. Sekarang wrap udah banyak yang versi lokal dengan harga yang lebih terjangkau.

 ribet pake nya tapi nyaman

 ini Kenzie umur 2 minggu. 
buat newborn emang nyaman banget, bikin bobo teruzzz....

Review gw soal gendongan model wrap: gw sepertinya kurang cocok sama gendongan model wrap. ribet bok kepoanjangan kainnya. Kalo udah terpasang sih nyaman banget apalagi waktu gendong newborn. Tangan bebas gak perlu selalu menyangga jadi bisa sambil ngerjain hal lain, dan si newborn nampak nyaman di dalam wrap. Waktu Kenzie umur 3 minggu gw jalan-jalan ke GanCit pake wrap ini dan Kenzie sukses tidurrrrr terus selama di mall, cuma nenen sekali aja. Keribetan dimulai kalo udah mulai ngelepas bayi dari wrap misalnya karena mau menyusui. Yang tadinya udah kenceng kan jadinya harus menyesuaikan lagi. Kalo di rumah ya oke lah pasang wrap sepanjang 5m itu sampe nemu rasa yang nyaman. Tapi kalo pas di mal asa ribet deh mana kainnya jadi menyapu lantai gitu kan, takut kotor gitu jadinya. Ini entah gw yang kurang cihuy pakenya atau gimana ya gak tau juga deh. Apalagi Kenzie yang bb nya montok gini pake wrap udah kliatan rada melorot dan Kenzie nya juga ga betah karena merasa terlalu dibalut kali ya. Intinya wrap tuh nyaman banget dipake, tapi kurang praktis kalo buatku.

4. MotherCare Baby Carrier
Si ayah juga butuh gendongan yang pantes dipake bapak-bapak hehe... Gw suruh si ayah pake wrap, katanya ribet dan kalo kendor dia gak lihai ngebenerinnya. Si ayah gak mau banget pake model wrap krn kurang praktisnya itu. Jadilah kita punya MC baby carrier ini yang didapat dengan harga lebih murah karena beli di temen sendiri yang kelebihan gendongan hasil kado baby nya yang juga baru lahir. Thanx ya Lin! :)


Review gw tentang MC baby carrier: so far so good, ayah juga seneng karena si baby bisa hadap kita dan bisa hadap ke depan. Kenzie kan lagi seneng banget digendong hadap depan, jadi dia keliatan selalu happy kalo lagi digendong pake baby carrier ini. Sayangnya karena di packingnya tertulis untuk dipakai baby sampai bb 12 kg, sedangkan Kenzie sekarang aja bb nya mendekati 10 kg. Jadi sepertinya MC baby carrier ini bakal cepet sempit dipake Kenzie. Nah terlepas dari soal bb kenzie, gendongan ini ok kok. Nyesel juga kenapa gak dari newborn punyanya karena bantalan kepala untuk newborn nya jadi ngga kepake sama sekali, wong beli MC ini pas Kenzie umur 3 bulan seperti foto diatas jadi udah ngga perlu head support lagi.

5. Kekhan Pouch Sling ( http://www.kekhan.com/ )
Gendongan bentuk pouch ini tipis tapi kuat! Dipake nya juga enak. Kekhan ini selalu ada di dalam tas gw kemanapun gw pergi sama Kenzie. Meski bawa stroller atau si ayah yang gendong Kenzie, pouch sling ini tetep ada di tas. Kekhan ini dikemas di tas transparan mungil, manis deh bentuknya. Karena di dalam tas selalu ada si pouch sling ini jadinya ga ada cerita ketinggalan bawa gendongan. Bentuknya yang tipis emang cocok banget buat selalu dibawa kemana-mana.

ini mau moto posternya ato emaknya Kenzie ya :p

Review dari gw: Gendongan ini nyaman dan praktis. Bentuknya yang tipis gampang banget buat dilipet n tinggal disosok aja kalau lecek. Model ini sangat praktis n cocok buat dibawa selalu di dalem tas. Nyaman dan nggak pegel. Tapi kemarin itu pergi seharian gendong Kenzie ya pegel juga akhirnya. Karena gimanapun modelnya yang memberi beban berat pada satu bahu aja kan kalo kelamaan juga bikin pegel. Tapi beneran nyaman kok. Berhubung bocahnya yang montok jadinya ya pegel lebih cepet datengnya :D Kemarin selama jalan-jalan pun Kenzie bisa tidur nyaman, selama jalan samape 3 kali tidur di gendongan ini. Kayak poto di atas, Kenz bobo dengan nyamannya sambil endus-endus kelek mamanya hahaha... :D
Oiya, karena kekhan ini berbahan linen jadi cocok juga buat pesta loh.Jadi kalo kondangan terus gendong pake gendongan ini ya tampak apik kok... :)

6. Cuddle Me Ergonomic Carrier
Nah berhubung gak mampu beli ergo carrier asli yang harga sejeti, gw pilih produk lokal aja yang gak kalah ok sama produk luar itu. Pas dapet harga khusus dan free ongkir, jadi bungkuuusss...

Kenzie bb sekitar 7kg, masih tenggelem digendong pak cuddle me

Review dari gw: Cuddle me ergonomic carrier ini menurut petunjuk pemakaiannya disarankan untuk bayi yang bb nya 7kg ke atas. Jadi bisa disimpulkan kalo gendongan ini bukan untuk newborn. Waktu bb kenzie udah 7kg, gw cobain deh si cuddle ini. Ternyata emang enak banget ya. Beban berat terbagi rata ke pundak dan punggung jadi nggak pegel. Waktu di rumah gw pake cuddle ini, Kenzie sampe ketiduran dan gw bisa sambil main joget-joget sama Kyara, sambil nyapu juga bisa hihihi.... Sama sekali nggak pegel dan enak banget dipake nya. 
Kekurangannya adalah, cuddle me ini hanya bisa untuk menggendong bayi menghadap kita dan menggendong di belakang. Nah Kenzie ini kan lagi seneng-senengnya digendong hadap depan, jadi gak bisa gendong hadap depan deh kalo lagi pake cuddle me. Kenzie seneng digendong pake cuddle me ini, tapi kalo lagi pengen hadap depan dia jadi ngga betah dan ngamuk karena ngerasa terkungkung kali ya pandangannya. Dan emang lebih enak dipake sama baby yang udah lebih besar, karena kalau terlalu kecil dia mendelep tenggelem di dalem dan pandangannya jadi gak bebas. Yang jelas untuk dipake cowo maupun cewe ya oke banget. Liat aja si ayah berasa kaya film pacifier aja hahaha...
Karena bisa dipake sampe dengan bb 25kg, jadi nampak bakal kepake lama buat Kenzie nih. cocok buat bayi yg udah lebih besar dan yang ber bb montok kayak Kenzie. Itu ada penutup untuk kepalanya juga, jadi kalo mau sambil nyusuin bisa tanpa kuatir keliatan, ato lagi jalan-jalan di outdoor juga bisa dipake supaya si bayi ngga kepanasan.

Udah... udah puas koleksi gendongannya :D Dipikir buat apa punya banyak gendongan? Ya karena masing-masing ada fungsinya. Kayak cewek punya tas lebih dari 1 aja. Ada tas untuk santai, untuk kerja, untuk pesta, untuk ke mall, untuk ke pasar, dll. Gendongan pun juga gitu. Ada yang untuk di rumah, ada yang untuk jalan-jalan sebentar, ada yang untuk jalan-jalan ke mall, ada yang cocok untuk ke pesta, dll. 

Ngga takut kebiasaan digendong tuh, kok ngga ditaro stroller aja? ngga takut tuh, sangat menikmati masa-masa menggendong ini sebelum si anak nggak mau digendong lagi dan memilih kabur-kaburan hehehe....

24 Comments:

  1. akuuuu..aku....aku juga doyaannn gendong anak kemana-mana hehehehe walopun pegel2 tp seru aja bisa dekeeett dan ciumin aroma anak yg endang. Ntar ada masanya si anak gak suka digendong-gendong lagi.

    Yang baby wrap emang enak sih, tp ribet ya pasanginnya kepanjangan. aku beli pas mau jalan2 ke kualalumpur aja waktu alisha 1 th, ikut si papa training. mayan jalan-jalan kesana kemari bawa 2 bocah gak ribet. cuma pas masang lg di area umum, mayan ribet. pulang dari kualalumpur, baby wrapnya gak kepake lagi, akhirnya dikasiin ke temen.

    ReplyDelete
  2. kita pake ergo!! and we loooveee it! :D

    enak banget pake ergo. kalo esther yang pake juga bisa sambil nyusuin segala. pokoknya enak deh ergo. kok jadi promosi gini. hahaha.

    emang sih mahal harganya, jadi waktu itu kita masukin registry jadi dapet kado deh! :D

    ReplyDelete
  3. aku punya gendongan 6in1 tapi gak kepake masih tersimpan,gak bisa makenya hehehe norak ya lebih suka pakai jarik

    ReplyDelete
  4. shinta mardiko4/1/12 9:59 PM

    inpo inpo dong mama k beli cudle me dimana :)

    ReplyDelete
  5. Hidup ngegendong!! Hehehe...aku juga sukaaa ngegendong anak, soalnya enak, berasa dekeett sama anak, trus bisa sering-sering ciumin anak, hehe...

    Iya, gak apa punya banyak gendongan karena tiap jenis dan model punya keunggulannya masing-masing..

    Salam buat si Kenzie montok yaaaa :D

    ReplyDelete
  6. dulu cuma punya jarik dan model ring.. tapi selalu bikin bahu pegel kalo gendong kelamaan.

    hmm..., jadi bisa milih-milih jenis gendongan karena postingan jeng motik, karena besok2 jelas butuh buat gendongan calon adik ikhsan.

    makasih review-nya jeng..

    ReplyDelete
  7. Mam, diriku pake baby wrap dan sukses diliatin ama org2 di mall. perlu 3x tril sampe enak makainya.cuma bayiku klo habis mimik, ga mau lagi masuk wrap.maunya telentang2 aja di jok mobil. kenzie bisa anteng terus ya klo di wrap?

    ReplyDelete
  8. haha.. paling suka baca "kayak cewek punya tas lebih dari 1 saja".. Berarti ga salah juga kan punya banyak gendongan... ^^

    ReplyDelete
  9. diriku juga suka gendong makanya si abang udah gede juga tetep suka digendong dan pas hamil ini aja aku baru berenti gendong abang hahahaha....

    ergo emang enak sih tik.. tapi aku udah punya babybjorn, kan harganya samaan tuh kalo mau beli sayang juga ya :(
    btw aku naksir gendongan kekhan itu mahal gak?

    ReplyDelete
  10. Vera: toss mbak ver.... akupun suka menggendong lho. Biarin aja orang bilang nanti kebiasaan, tar anak udah gede pasti kangen gendong2. Iya nih si wrap udah ga kupake lagi karena kenzie melorot kalo pake wrap :D

    Arman: iiiihhh curang.... dapet dr kado ergonya. Sini gw pinjem buat buktiin enak ato gak hihihi.... Yakin sih harga segitu pasti sebanding dengan nyamannya ya. So far gw pake lokal dulu deh, ini cukup puas juga kok. Tapi kalo ada yang mau ngasih ergo ya gak nolak haha...

    Lidya: hihihi kain jarik tuh abadi ya mbak. Mo muncul gendongan model apapun kayaknya jarik tetep wajib punya :D

    ReplyDelete
  11. shinta: web resmi nya cuddle http://cuddlemeshop.wordpress.com/
    Kemarin aku beli di ummubebek.multiply.com dia lagi kasih diskon dan free ongkir. Lumayaaaan :)

    Allisa: toss mama raja... mumpung anak belom ngacir kmana-mana yak hihihi.... salam cium dari si montok :*

    entik: whoaaaaaa.... mbak entik akhirnya nyusul hamil nih :) Alhamdulillah... turut mendoakan ya mbak biar calon adiknya ikhsan sehat dan lancar persalinannya nanti :)

    laily: aku kalo dari rumah makenya rapi wrap nya. Begitu lepas di mall, mo make rapi lagi kok gak bisa ya. Kurang cihuy aku makenya kali ya hehe... KEnzie waktu newborn anteng di wrap, betah banget. Tapisetelah 2 bulan gak betah dia dibalut gitu hihihi... apalagi sekarang, bocahnya gak bisa diem :D

    ReplyDelete
  12. anggie: iya dong nggie.... gak cuma tas doang ya, gendongan juga macem-macem tergantung kamana perginya haha...

    dhira: abang sama kayak kyara masih doyan digendong dhir.. Apalagi kalo liat adeknya ditimang-timang, kyara juga minta ikutan digendong ala bayi pulak hadoooohh :D
    aku yakin ergo pasti enak deh, harga gak bohong kan. Udah ada bjorn beli ergo lagi jg gpp buat ganti-ganti hahaha *racun*
    Si kekhan itu kalo yang punyaku bahan linen 100rb kalo ga salah. Yang termurah yang bahan katun biasa. Yang termahal yang bahan sutera dhir, sampe 300an kalo ga salah ya. Coba ceki-ceki web nya deh, aku tulis kok web nya. Di web ada harganya kok dhir. Kalo kekhan cucok juga lho buat kondangan, bahannya lbh mewah. Ini yang linen aja tipissss tapi kuat dan enak dipake. Bawa tas mungil aja si kekhan pouch sling pasti bisa masuk karena kalo dilipet jadinya cukup tipis. Beli aja... Kekhan ini yang paling sering aku pake sekarang ini. Mothercare udah mulai sempit. cuddl me enak tapi kenzie kayaknya masih kurang tinggi jadi dia gak bebas pandangannya arena kepalanya masih rada tenggelam.

    ReplyDelete
  13. lam kenal mba., aku numpang lewat hehe., tapi ntar ksini lg deh., baca2., :D

    ReplyDelete
  14. hai., hai., hai., lam kenal ya dari pengunjung baru disini hihi.

    ReplyDelete
  15. Tiiikkk, sori baru maen dimari lagi. Riweuh boo Zahia mulai sekolah, jadi gw off dulu dari peredaran hehehe

    Waaahhh banyak amith Say gendongannya. Gw cuma punya 3 biji, yang kaen, hasil lungsuran jaman Zahia, sama kado dari temen Abang.

    Btw sms gw waktu itu nyampe kaga Say?? Coz ga dikau bales :-( Mo curhat Zafira neh masiiihh aja susah tidur. Ampe frustasi gw mikirin tu anak jam tidurnya kurang

    Waaahhh enzie udah 10 kilo? Mantaaaff. Zafira lah gw timbang ko teteup aje di 6 kilo-an. Tapi tau dah tar pas jadwal imunisasi. Moga2 dan anek BB nya

    Ya su, sekian dulu yah Tik. Oya, Mak Cebong ngadain kontes. Kalo dikau sempet & berminta ikutan yah Say

    Kiss untuk Kyara cantik. Mana neh potonya?? kangen gw pengen liat si Kaka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haduh san... Gw aja susah bngt nemu waktu buat ngeblog nih. Si bayi udh ga bs ditinggal meleng dikit udah guling2an. Bgitu anak2 tidur gw jg ikut teler..
      Soal sms entah knp failed mulu san tiap gw sms lo. Udh gw reply via fb ya.. Smg ga kelamaan error nya deh..
      Kiss buat duo Z dsana.. ;*

      Delete
  16. akuu akuu juga punya gendongan yg modelnya wrap gitu tik, ribet emang make nya tp klo ngemol lebih enaklah pake gendongan itu

    ReplyDelete
  17. Kenzie skrg ga betah nta digendong pk wrap. Wrap cuma kepake wkt newborn aja kl di gw..

    ReplyDelete
  18. tiiikk,,hihihi eh kenzie di gendong pake cuddle me mulai umur brp tik? syathir kan tgl 6 besok 4 bulan nih, pas 3 bulan bb nya hampir 7kg,,, udah bisa belum ya,,rame bgttt tiik gendongan loooo,,hahaha guudd guudd buat ganti2 yee,,kiss buat kyara dan kenzie :)

    ReplyDelete
  19. husnul: IMO, cuddle ini cucok buat toddler deh nul. Waktu Kenzie bb nya 7kg udah oke sih dipakein cuddle ini. Tapi kalo lagi melek gede kan dia pengennya liat kmana-mana, nah kepalanya tuh masih kurang tinggi. Jadi kurang bisa tengak-tengok liat sekitar. Mungkin nanti kalo jelang toddler kepalanya udah lbih tinggi jadi ngga tenggelem dan pandangan lebih bebas ya. Tapi it's oke kok kalo mao dipake dari 7kilo juga. Enak kok ga berasa pegel hehe..
    kiss juga buat 2 cah ganteng ya nul... :)

    ReplyDelete
  20. salam kenal Bunda..
    jadi teringat dulu masa-masa nggendong anak dengan gendongan kain batik...

    ReplyDelete
  21. numpang promo ya mbak..
    aq jual ergobaby yg non ori..
    300ribuan ajah..
    www.facebook.com/dunianyasefri
    sms/wa 081285853354

    ReplyDelete
  22. Mba,saya boleh beli baby carrier mothercarenya ga? Itupun klo niat dijual yah mba,hehe ini email saya mba fietamaulina@yahoo.com makasih mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba fietamaulina.. sorry baru reply :)
      Wah baby carier mothercare nya sudah terjual mba. Begitu ngga pernah dipake sama kenzie pas banget ada yang nawar jd langsung dibeli orang deh.. :)

      Delete

Powered by Blogger.