MPASI Pertama Kenzie

Helllloooowwww.... Kapan tauk ya ini enam bulannya??? Kok baru posting sekarang sih. Sibuk beurat cynnn.... Sibuk momong anak :D

1 Februari 2011 Lelaki kecilku jadi sarjana ASIX! Yes Alhamdulillah berhasil kasih ASIX full 6 bulan. Biar aja lah ya gue menyebut anak gue sarjana ASIX, lulus ASIX 6 bulan. Bukan menyombongkan diri atau apa, tapi hanya bentuk penghargaan terhadap diri gue sendiri aja atas perjuangan memberikan ASI ke Kenzie yang diawal kelahirannya dipenuhi derai air mata kalo tiba saatnya menyusui. Lebai? Biarinnn emang bgitu faktanya. Menyusui Kenzie ternyata lebih sulit daripada menyusui Kyara padahal ini kan pengalaman kedua jadi busui.

Udah lama pengen cerita soal menyusui anak kedua ini, tapi waktu untuk ngeblog udah hampir ga ada deh. Mumpung bisa posting dan tema nya adalah MPASI, jadi mau sedikit kilas balik soal awal-awal menyusui Kenzie.

Setelah Kenzie keluar dari perut, langsunglah dilakukan IMD. IMD nya jujur aja ngga seperti yang dicontohkan itu yang sampai 1-2 jam dan si bayi berhasil merayap menemukan puting ibunya. Kemarin itu IMD sebentar aja. Kondisi Kenzie yang lahir secara SC karena ketuban ku sudah hijau bikin Kenzie harus di observasi lebih lanjut. Jadi aku juga jujur aja ga gitu mikirin wajib IMD yang berjam-jam itu. Karena bagiku keberhasilan menyusui bukan karena berhasil IMD doang. Buktinya Kyara tanpa IMD bisa menyusui sampai 2 tahun 5 bulan. Dan Kenzie yang IMD ala kadarnya juga berhasil ASI sampai detik ini. Jadi berhasilnya kasih ASI juga karena kemauan, semangat dan usaha kita sendiri. Jadi saat itu aku yakin aja meski IMD nya ngga seperti teori yang sampe beberapa jam itu Insya Allah Kenzie bisa menikmati ASI juga seperti kakaknya.

Menyusui anak kedua lebih mudah karena udah pengalaman? Siapa bilang... Ini ngga berlaku buatku. Alhamdulillah ASI udah keluar sejak sehabis operasi. Jadi mulai hari kedua pun payudara udah bengkak-bengkak karena ASI mulai produksi tapi mampet di dalam karena Kenzie kan nyusunya juga masih sedikit. Kenzie langsung pinter nyusu! hihihi dasar anak cowok, sama aja kaya bapaknya hahaha husssshhhh....
Karena langsung pinter nyusu dan hisapannya sangat kuat jadilah nipple crack dan ini sangat menyiksa luar biasa. Pas pulang ke rumah setelah melahirkan, gentong udah seper duper bengkak siap mletus tapi kalo dihisap dan dipompa ngga keluar ASI nya. Si bayi pun nampaknya masih belajar nemuin ritme menghisap yang enak karena meski dihisap kuat tapi ASI nya nggak mau keluar padahal gentong udah bengkak banget. Akhirnya mulai lah nipple crack. Tiap mau nyusuin langsung keringet dingin ketakutan karena perih banget sampe berdarah. Akhirnya aku pilih mompa aja daripada nyusuin langsung karena irama hisapan pompa kayanya lebih halus daripada mulut Kenzie. Tiap mompa dapetnya cuma sepantat botol alis seiprit banget. Stress tiada tara karena bayi nangis terus minta nen tapi ASI nya mampet. Nangis tiap hari dan stress bikin ASI makin mampet dan perasaan nipple juga makin lecet. Kalo di pompa keluar nya ASI campur darah bahkan kadang keluar nanah juga. yiks...

Akhirnya pas Kenzie umur 2 minggu jalan-jalan lah aku ke Gandaria City. Itu perdana Kenzie nge-mall hehe.. Hari itu aku belanja dan makan enak *padahal bulan puasa, bikin ngiler yang nganter aja*. Ternyata beneran ya, belanja itu obat ampuh kalo lagi stress haha... Sampe rumah nyoba mompa ASI, ternyata untuk pertama kalinya bisa dapet 50ml sekali mompa padahal biasanya cuma sepantat botol doang. Setelah itu, hari-hari mulai ceria karena hasil pompaan lama-lama makin banyak bahkan sempet surplus. Karena hasil pompaan makin banyak, aku tambah semangat meskipun nipple crack nggak sembuh juga. Biar deh nangis tiap nyusuin dan mompa karena nahan sakit yang penting ASI udah mulai lancar keluarnya.

Setelah 1,5 bulan akhirnya si nipple sembuh dan menyusui udah ngga sakit lagi. Udah ngga ada nangis-nangis tiap mau nyusuin. Sembuhnya pakai apa? Dioles ASI gak mempan. Dioles salep khusus nipple crack juga gak mempan. Ya akhirnya sembuh sendiri aja ngga diapa2in. Alhamdulillah sampai sekarang berhasil menyusui Kenzie walau dengan 1 payudara aja (Kenz maunya nenen langsung dari yg kiri aja, yang kanan nganggur deh jadi dipompa aja).

Dan... tanggal 1 Februari kemarin jagoan mama genap usianya 6 bulan. Sudah mulai icip-icip makanan, dimulai dari puree buah dan sayur. Meski ini pengalaman MPASI anak kedua, tapi sempet ngeblank banget deh. Jujur aku akui, Kyara meski lulus ASIX tapi dia ngga lulus MPASI home made :( Jadi MPASI nya kadang dicampur sama makanan bayi instan. hiks... Dulu aku masih dudul, gak banyak knowledge soal MPASI homemade. Jadi biasanya kalo untuk bubur beras suka pakai bubur beras instan, baru deh ditambah sayuran/buah blender. Jadi ngga full instan sih, tapi si bubur instan hanya dijadikan base buburnya aja karena nantinya juga dicampur sama sayuran/buah blender. Misal bubur instan beras merah kucampur bayam blender.

Belajar dari pengalaman, berarti dulu tuh aku dudul banget ga tau gimana cara bikin bubur beras nya. Makanya untuk anak kedua harusnya udah lebih pinter ya... Karena internet juga 24jam on jadi mau cari info apapun juga tinggal klik. Setelah dibaca, ealhaaa super gampil banget ya bikin makanan bayi.


Untuk usia 6 bulan, Kenzie mam nya masih puree buah dan sayur aja. Umur 6,5 bulan sudah dicoba serelia yaitu tepung beras merah, tapi nampak bikin sembelit. Jadi si beras merah agak ditunda dulu. Akhirnya selama bulan ke-6 MPASI kenzie hanya puree buah dan sayur. Yang udah dicoba di usia ini: Puree pear, apel, pepaya, pisang, wortel, buncis, ubi ungu, brokoli, tepung beras merah, melon. Puree sayur dan buah dicampur ASIP ya.

Usia 7 bulan, tambahan bahan makanan lain selain bahan makanan diatas: tepung beras putih, labu siam, tahu, bayam. Besok-besok mau coba ayam giling dan tempe ah.. Usia 7 bulan makanannya ada yang masih dicampur ASIP, ada juga yang sudah ngga pakai ASIP.

Terus Kenzie makannya gimana? lap lep nggak? Waktu umur 6 bulan lap lep bener alias semuanya mau. Nyuapin Kenzie gampang banget, ngga sampe 5 menit habis tandas. Mulai 7 bulan, eeeee kok ya mulai ngomel-ngomel kalo makan haha... Mulai keliatan makanan apa yang lebih lahap dimakan dan mana yang lama abisnya. So far he loves pepaya, melon, wortel, pear, ubi, labu, brokoli. Kalo makan makanan itu cukup cepet habisnya. Yang lama habisnya pake di lepeh-lepeh, sembur dan marah-marah tuh kalo pas makan tahu. Tapi diliat-liat kalo lagi bosen makan ato kenyang dikasih apapun juga ogah. Tapi kalo lagi laper dan mau ya dikasih apa aja juga cepet habisnya. Yah namanya punya bayi lagi jadi harus siap sama GTM jilid dua deh :D

Ayo nak.... makan yang lahap ya... cepet tumbuh gigi, nanti kita makan pizza deh *loh* :D

3 Comments:

  1. Kenzie selamat makan ya jagoan. Hihii tenang aja tik, belum tentu kenzie gtm kayak kyara kok. Soalnya di aku fatha gak kejadian gtm parah kayak zikra dulu. Cuman ya fatha makannya datar2 aja, sementara zikra selesai gtm makannya gila2an, makanya BBnya juga diatas rata2.

    Setuju banget untuk sukses menyusui gak tergantung imd aja. Zikra gak imd sama sekali, alhamdulillah 2 tahun. Fatha juga cm icip2 aja karna badannya biru kelilit tali puser jd mesti ditindak segera. Jadi yah, yg penting memang usaha dan doa mamanya juga.

    Ini curcol apa komen ya? Enjoy mpasi kenzie :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Evy... Hadu smoga kenziega gtm parah deh ya.tapi udh siapin mental jg sih kl suatu saat dia gtm hihi..
      Betul vy kl utk sukses asi mnrtku jg bukan krn sukses imd. Sukses imd tp kl ibunya kurang usaha dan kemauan ya ga sukses jg nantinya. Smg kenz juga ngrasain asi smp 2th kaya kakaknya deh :)

      Delete
  2. wah, pengalaman menyusui yang rada "mengerikan" juga sampai berdarah-darah gitu...

    untungnya setelahnya langsung lancar jaya ya ASI buat Kenzie

    ReplyDelete

Powered by Blogger.