Almost 14M & 5Y

Hai blog apa kabar... Kesian udah lama ngga ditengok sama yang punya :)

Sekarang aku lagi bulan madu terus sama Kenzie alias lelaki kecil ini lagi gelendotan terus sama mamanya. Kayak separation anxiety berat juga nih Kenzie. Ya sudahlah gpp digelendotin anak sendiri kok hehe...

Jadi... Kenzie hampir 14 bulan umurnya. Tanggal 1 nanti pas 14 bulan. Sudah bisa jalan lancar!! *smile*
Jadi Kenzie ini dari umur 7 bulan udah seneng banget minta dititah. Apalagi dengan bobot berat badan yang montok maka mamanya ini berharap Kenzie bisa jalan sebelum umur 1 tahun. Beurat sangat bok kalo gendongan mulu. Makanya sempet pede banget kalo Kenzie bisa cepet jalan karena udah minta titahan dari umur 7 bulan. Eh ternyata kok ya sampe ultah pertama belom bisa jalan sendiri. Umur 11 bulan sempet bisa jalan 6 langkah beberapa kali. Sempet jatuh dan kayanya bikin Kenzie jadi trauma. Jadilah kembali ke era titah. Akhirnya umur 13 bulan lebih beberapa hari, Kenzie menampakkan keberaniannya jalan sendiri tanpa pegangan. Butuh beberapa hari aja untuk bikin dia makin pede dan lancar, dan sekarang ada anak kecil yang selalu keliling rumah lucu banget :)

Yang dibuntutin adalah mamanya dan kakaknya. Kalo ngintilin mamanya udah biasa. Tapi Kyara yang kemana-mana dibuntutin sama adeknya kadang risih juga haha... Kyara seneng sih dibuntutin sama adeknya. Tapi ada kalanya Kyara kepengen beraktifitas sendirian tanpa diganggu adeknya jadinya protes juga "aduh Kenzie kenapa ngikutin kakak terus sih... Kakak kan lagi gak mau main sama Kenzie. Kakak lagi pengen sendiri nih Kenz..." hihihi lucu banget liatnya. Kyara udah butuh privasi rupanya :)

Makan Alhamdulillah juga masih lancar. Umur 11-12bulan sempet GTM sebulanan. Sempet maunya cuma nenen thok. Sekarang Alhamdulillah udah lancar lagi. Kalo liat GTM nya Kenzie mah aku santai. Mungkin ini hikmah dulu punya anak pertama yang GTM parah jadi mental mamanya udah terbentuk dalam menghadapi anak GTM. No worries, cuek, gak bingung, bisa dibilang bodo amat deh lo mau makan ato nggak. Yang penting gue udah siapin dan tawarin. Kalo ngga mau dimakan ya udah, ntar laper juga bakalan minta.

Jadi GTM nya Kenzie ini memang ngga ada apa-apanya dibanding GTM Kyara dulu yang super parah. Dulu karena anak pertama jadi jungkir balik kulakukan usaha apapun demi si anak mau makan. Karena fokusnya cuma sama 1 anak aja jadi waktu dan tenaga rela terkuras untuk bikin si anak mau makan. Kalo sekarang rugi cyinn kalo terus-terusan mikirin anak yang lagi gak mau makan. Ada anak satunya yang mesti dipikirin juga. Jadi sekarang lebih santai aja. Kalo lagi ngga mau makan ya sudah ga mau maksain, kasih waktu aja buat menikmati rasanya perut kosong kayak apa. Bukan berarti nggak peduli ya... Usaha untuk bikin si anak mau makan ya tetep jalan tapi kalo ngga mau ya sudah.

Kalo Kyara sih makannya udah super lancar jaya banget. Jadi emang GTM gak bakal selamanya kok, ada masanya. Lewat 2-3 tahun anak makannya makin gampang karena kebutuhan energi juga bertambah kali ya jadi udah bisa nagih makan. Apalagi udah seumur Kyara gini wih suka bengong juga kalo liat nafsu makannya kalo lagi rakus :)

Menyusui gimana? Dengan berat hati udah 2 minggu ini Kenzie sudah disapih dari nenen lebih cepat dari rencana awal. Tapiiii Insya Allah ASI tetap sampe 2 tahun. Kenzie disapih dari momen nenen nya aja, tapi kalo minum ASI Insya Allah tetap bisa sampe 2 tahun. Kenapa begini? Nanti di posting terpisah aja.

Soal kemampuan berbicara, Alhamdulillah Kenzie udah mulai banyak kosakata nya. Dibanding kakaknya yang mulai banyak pengucapan kata-kata -selain ayah,mama,nenen- di umur 1,5 tahun, Kenzie ini dari sebelum1 tahun udah bisa beberapa kata dan cukup cerewet. Sekarang makin sering ngikutin apa yang kita ucapin :) Kosakatanya sejauh ini: mama, ayah, nenen, nena, burung, bowa (bola), gemgem (mbem, mobil), layang (layang2), meng (kucing), a'a (ngga ada), da (ada), ayang (sayang), ata (kakak), jijik, mamam (makan), mem (minum), buang, endang (sandal/sepatu), gendang (gendong), u'ah (sudah), pulang, dada (sepeda), u'a (buka), dede' (adek bayi). Hmmm apalagi ya... itu dulu deh yang diiinget.
Kalo perintah sederhana dan omongan kita juga udah ngerti dikit-dikit.

Nah kalo si kakak 1,5 bulan lagi Insya Allah mau ultah ke 5. Huhuhu time flies... Anakku gadisku sebentar lagi bukan balita lagi. Alhamdulillah sayang buanget sama adiknya. Kadang kalo ngasi tau adiknya ato ngomelin adiknya kok miriiip banget gayanya kayak mamanya lagi ngasi tau Kyara ato ngomelin Kyara hihi...

Meski makannya banyak, tapi BB nya stuck aja di seputaran 15-16kg. Tipe kurus/langsing kayanya nih anak. Biar ya nak yang penting sehat :)
Udah pinter protes dan menyatakan ketidaksukaannya. Udah punya selera sendiri.
Paling ngga mau disuruh bolos sekolah. Kadang kalo wiken agenda nya padat kan aku suka kasian kalo Kyara kecapekan banget, jadinya aku tawarin buat izin ngga masuk sekolah senin nya supaya bisa istirahat di rumah. Tapi Kyara ngga pernah mau hehe... Ini emaknya malah ngajarin bolos ya :D

Rencana buat ulath ke 5 nya, Kyara nga minta kado tapi dia request minta dirayain di sekolah. Insya Allah ya nak ada rejekinya.

Sekian dulu apdet singkatnya. Back to puk-puk Kenzie yang lagi bobo :)

@summarecon. ada chuggington nya :)


0 Comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.