Kidzania, Yeayy!!!!

Ini postingan basi sebenernya karena kejadiannya udah dari bulan Oktober dan udah banyak banget blog yang mereview juga. Tapi buat dokumentasi pribadi dan requested by mbak Laily mommy nya Azki ya yuuk mareee kita bikin liputannya.

3 Oktober 2012, judulnya kencan playdate sama best friend nya Kyara: Queen. Kebetulan bunda nya Queen juga temen baikku dari SMA jadi ini judulnya playdate ibu dan anak. Eits ngga cuma ibu dan anak tapi kita bawa eyang masing-masing buat bantu-bantu mamah muda ini gantian momong cucu. Kan yang berangkat rombongan sirkus alias aku bawa bocah 2 dan bundanya Queen juga bawa bocah 2 jadilah mari kita ajak si eyang supaya bisa gantian momong sekalian refreshing juga. Kenapa ngga ajak si mbak aja? Ih rugi ah, gue aja baru sekali ke Kidzania dan ngga murah pula, mending gue ajak si eyang kan supaya dia juga bisa menikmati "indahnya" kota anak-anak :)

Hari itu kita udah siap dari pagi-pagi banget karena Kidzania itu ngga bisa masuk sembarang jam.
Sesi 1: jam 9.00 - 14.00
Sesi 2: jam 11.00 - 16.00
Sesi 3: jam 16.00 - 21.00

Niatnya sih pengen ikut yang sesi 1. Apa daya meski udah berangkat jam 7.30 dari rumah tetep aja sampe sana jam 10 kurang dan petugas tiket menyarankan untuk masuk di sesi 2 aja. Sebenernya ya bisa aja ikut sesi 1 tapi jadi rugi 1 jam. Lagian karena kita berbekal tiket dewasa gratis (dapet dari belanja di indomaret sebesar 50k, tinggal bawa aja struk belanjanya bisa dapet free tiket dewasa), jadi ngga bisa masuk di tengah sesi. Ya sudahlah nurut wae...

Sambil nunggu jam 11 yuk cari brunch dulu aja di Pacific Place. Nangkringlah kita di Wendys yang mana jam 10.30 aja belom buka! Omagah... santai amat sih mas, mbak, kok pada belom buka jam segitu. Akhirnya ditunggu 10 menit kemudian baru buka. Langsung antri dan makan secepat kilat supaya bisa masuk ke Kidzania tepat jam 11. Kenzie pake acara pup banyak pula! Hadeeeh asli rempong berat dan di PP kok ya payah amat ngga ada changing room/baby room. Sebenernya ada sih tapi beda lantai. Ya malaslah lumayan juga turun naiknya. Jadi kita pake toilet dewasa aja dan Kenzie ditidurin di atas meja wastafel sambil nangis kejer *lap keringet*. Habis nyebokin Kenzie kita balik lagi ke Wendys beres-beres gembolan dan ngantongin kentang yang gak habis. Kan kalo masuk Kidzania dilarang bawa makanan minuman, tapi aku kan takut anak-anak kelaparan jadi ya umpetin kentang dikit boleh dong hehe...

Sampailah di pintu masuk Kidzania yang bentuknya kayak mau check in di bandara. Sponsored by Air Asia. Tiket anak umur 4-16 tahun harganya 115k. Tiket dewasa 90k. Karena aku bawa 1 free tiket dewasa jadi aku tinggal beli 1 tiket untuk Kyara dan 1 tiket untuk eyang. Setelah itu kita dikasih uang modal sekian kidzos *lupa* dalam bentuk cek yang bisa dituker jadi duit kidzos di bank BCA anak-anak, boarding pass dan dipakein gelang khusus termasuk Kenzie si bayi dan stroller pun dipakein gelang khusus. Oiyah, untuk Kenzie masih belom bayar ya, masih free.

bergaya dulu sebelum beli tiket

Semua barang bawaan dan gembolan diperiksa. Pengunjung di depanku banyak banget bawaan yang disita. Ada makanan, air mineral, dan beneran diambil sama petugasnya dan ngga boleh dibawa masuk. Jadi deg-deg an juga kentang gue selamat gak ya hahaha...

Ternyata... Ada untungnya juga bawa bocah batita. Jadi kalo makanan n minuman bayi/batita kan boleh dibawa masuk. Aku bawa air mineral pun bukan dalam kemasan tapi di botol minum anak TK makanya boleh dibawa masuk. Makanan pun aman karena kita ngga bawa makanan kemasan. Yang kita bawa memang makanan bayi dan anak, dan taronya pun di lunch box. Kentangku lolos karena si kentang juga aku taro bareng makanannya Kenzie. Yeay!!

Selamat datang di Kidzania!!

Pertama masuk gak cuma anak aja yang takjub. emaknya pun ternganga sambil mikir kenapa nggak dari jaman gue kecil sih ada tempat kaya begini :) ........



Saking banyaknya "pekerjaan" buat anak-anak, jadi kita mulai dari yang paling deket dari tempat kita berdiri aja dulu. Begitu mau masuk ke bagian research apa gitu *lupa* ditanya sama petugasnya anak-anak umur berapa. Pas jawab hampir 5 tahun eh ternyata ngga boleh main di bagian itu karena aturan untuk main di bagian itu minimal umur 6 tahun. Ooooooo ya meneketehe mas, baru pertama ke kidzania jadi nggak ngeh harus baca aturan yang ada di kaca sebelum memutuskan antri di permainan itu.

Jadi di kidzania nggak semua permainan bisa dimainin sama anak seumuran Kyara. Ada yang bisa dimainkan dari umur 4, ada yang dari umur 6, dan ada juga yang dari umur 9 tergantung jenis pekerjaannya. Okelah mari kita hunting permainan yang bisa dimainin mulai umur 4 tahun dan nggak ngantri. Karena kalo antri lumayan juga lho nunggunya. 1 sesi permainan bisa makan waktu 20-30 menit rata-rata. Dalam 1 sesi hanya boleh masuk 4-8 anak rata-rata. Jadi kasian juga kalo antrinya kepanjangan kan mereka pegel juga berdiri. Ya bisa aja kalo mau duduk ngesot di lantai sih.

Akhirnya permainan pertama kita pilih jadi model aja karena kok keliatannya sepi banget. Pada nggak tertarik jadi model ya? Ternyata.. ada hikmahnya juga kita terlambat datang dan masuk di sesi 2. Jadi untuk bagian pekerjaan modelling ini kalo kita masuk ke sesi permainan jam 12 kurang, kita bisa ikut fashion show "beneran" di dalam gedung teater. Kalo di luar jam itu, hanya jadi fotomodel di dalam stand aja *apa ya nyebutnya*. Orang tua dan pengunjung lainnya bisa jadi penonton di gedung teater :)

kalo jadi foto model selain jam 12, fashion show nya disini aja, di dalam stand nya Pixy. Kalo mau fashion show di gedung teater ikutan main yang jam12 aja

Nah pas Kyara n Queen beserta anak lain fashion show di gedung teater, ya ampunnn gue deg-deg an bagai melihat anak mau pentas pertama kali :) Jadi anak-anak itu lucuuu banget didandanin sama  bagian stylish dari pixy dan dipakein baju bagus terus melenggak lenggok di catwalk. Pas MC nya bilang "inilah model kita Kyara yang akan memperagakan baju pesta", wow deg-degan banget liat anak gadisku melenggak-lenggok. Bisa nggak ya... Ternyata meski awalnya malu-malu tapi Kyara bisa gaya dikit-dikit sambil melebarkan gaun pink nya *terharu*. Aku ngga ada fotonya sayangnya, padahal bajunya bagus banget dan pada cantik n lucu banget deh anak-anak itu. Kenapa ngga ada fotonya karena aku sibuk video in peragaan busananya. Jadi Kyara bisa tonton berulang-ulang di rumah aksi panggungnya dia :)

Selesai kerja jadi foto model, dapet gaji pertama deh hihihi...  Habis fashion show dapat gaji besar! Bahkan lebih besar dari gaji dokter. In the end aku tau kalo dari sekian banyak permainan yang dimainin Kyara, gaji terbesar didapat dari fashion show ini. Apa artinya? Ya mungkin artinya di keadaan yang sebenarnya pun gaji kerjaan modelling gitu lebih besar dari dokter hehehe... :)

Lanjut... Abis itu ada stand sari roti pengen masuk tapi masih antri. Kenapa pilih sari roti, karena abis kerja boleh bawa pulang rotinya hahaha... *perut gembul*. Karena males nungguin antri jadi cari yang lain aja. Kita ke bank BCA dulu nuker cek menjadi duit. Abis itu di sebelah ada indomaret. Pas mau main disitu ternyata di indomaret ada 2 pekerjaan yaitu jadi petugas kasir dan pembeli. Untuk petugas kasir minimal umur 6 tahun dengan asumsi sudah bisa berhitung. Kalo umur 4 tahun bolehnya jadi pembeli. Jiaahhh gak menantang ah jadi pembeli. Kalo jadi pembeli sih Kyara juga udah sering ke indomaret sama aku beli ini iu haha....

Liat ada stand pepsodent lagi kosong, yuk lah kita jadi dentist :) Disini Kyara n Queen seneng banget karena alat peraga nya emang persis banget sama aslinya dan aku ngebayangin mereka yang biasanya berkhayal main dokter-dokteran eh sekarang bisa pegang alatnya beneran. Bahkan aku aja nggak pernah ngrasain ngebor gigi orang, eh ini bocah-bocah udah pada ngebor gigi boneka yang persis banget orang beneran sambil nyungkil kotoran gigi terus nambal giginya pula :)

Sebelum jadi dentist diterangin dulu soal gigi. Ini nge-gemesin banget persis kaya beneran termasuk boneka orangnya :)

Setelah 20 menit jadi dentist, pengen jadi tukang bikin pizza di sebelahnya tapi lagi antri... Jadi mari kita jadi tukang cat dulu :) Pas jadi tukang cat aku nga liat karena Kenzie keluyuran lari-lari kesana kemari, jadi anak-anak ditemenin bundanya Queen aja.

belepotan cat tapi syenang.... :)

Jadi tukang cat ini ngecat dinding beneran lho. Anak-anak pasti seneng banget karena berasa menggambar di tembok besar. Kayanya lucu juga kalo ada tembok di belakang rumah yang kita sediain buat anak ngecat bebas gini ya.

Abis ngecat, mereka pengen jadi perawat bayi tapi masih antri. Pengen jadi dokter tapi ngga bisa untuk anak umur 4 tahun. Kalo anak umur tahun bisa nya jadi pasien. Jiahhh kalo jadi pasien mah udah pernah kali.. Kan kalo pas ke dokter buat imunisasi ato sakit udah jadi pasien beneran tuh. Masa disini mesti jadi pasien juga hehe.. Karena masih antri untuk jadi perawat bayi jadinya kia naik ke lantai 2 dulu.

Di lantai 2 ternyata masih banyaaaaakkk pekerjaan. Ada pabrik coklat, pabrik susu, pabrik mie, pabrik kertas, stasiun tv, pabrik wafer dll banyak banget gak hapal deh.
Karena capek jalan jadi kita ngaso dulu di kursi-kursi terus liat ada permainan yang bisa dimasukin untuk anak 1 tahun. Kasian Kenzie cuma digendong n ngiler liat kakaknya main. Kayanya dia bete tiap mau masuk bareng kakaknya eh nggak boleh haha... Jadi kita masuk sebentar ke library. Library ini kayak rumah anak-anak, semua perabot ukurannya pas buat anak-anak. Begitu masuk Kenzie seneng banget karena bisa lari-lari, duduk di sofa mungil, dan main mainan yang ada di sana.

numpang ngaso yah mas... mas momong anak-anak bentar ya, saya ngelurusin kaki dulu :)

Aku dan eyang udah mulai gempor nih secara kebanyakan gendong bocah 13 kilo. Soale kalo Kenzie kita turunin dia ngabur kemana-mana, ngeri ilang. Jadi disini kita bener-bener ngaso banget *mulai jompo*. Kok ga naik stroller? Kalo duduk di stroller ngga bisa liat kakaknya main di dalam karena kaca buat liat nya kan lumayan tinggi buat ukuran Kenzie jadi maunya digendong supaya bisa liat kakaknya main.

Di sebelah library ada ruang dapur anak yang kitchen set nya ya ampun keren n imut-imut banget, tiap anak cewek pasti seneng deh main disitu. Itu bisa dimasukin sama anak umur 2 tahun. Aku ada fotonya tapi di kamera males mindahin :p

Setelah ngaso lanjut lagi cari kerjaan. Setelah muterin lantai 2 yang ternyata luas juga dan bikin cape sambil nyari mana kerjaan yang ngga antri, akhirnya kita ke pabrik susu aja. Pabrik susu sponsored by Frisian Flag. Jadi anak dipakein baju pabrik terus diajarin bagaimana proses di pabrik susu itu sampe jadi susu yang siap minum. Setelah kerja dapet gaji dan hadiah 1 botol susu. Lumayan langsung diminum :) Gak ada fotonya ya pas di pabrik susu, lupa moto :)

Abis dari pabrik susu kita ke pabrik wafer, sponsored by wafer Tango. Ih ini salah satu favorit Kyara deh karena bikinnya fun sambil ngumpet-ngumpet jilatin coklat dan terakhir selain dapet gaji mereka juga dapet wafer tango lumayan banyak :) Kalo ini emaknya yang seneng juga sih karena ikut kebagian makan wafer juga haha...

bikin wafer sambil sekali-sekali jilat coklat yang nempel di tangan :)

Di pabrik wafer ini lumayan antri 1 sesi sekitar 20 menitan. yah itung-itung melatih kesabaran ya nak,,,, Anaknya sih happy aja tapi emak n eyang mulai gemporrr karena banyak berdiri *pijet betis*

Kalo kerja di pabrik, kebersihannya selalu terjaga. Mereka diajarkan untuk cuci tangan sebelum dan sesudah kerja. Sebagian pekerjaan pasti ada cuci tangan sih termasuk waktu habis dari library pun juga sebelum keluar harus cuci tangan dulu. Tiap stand ada wastafel nya kayaknya ya. Jadi emang bagus banget sih mereka mengedukasi anak-anak untuk selalu jaga kebersihan.

Setelah dari pabrik wafer, kita pengennya anak-anak kerja di pabrik mie (soale boleh bawa pulang bingkisan mie hahaha ini sih emang yang doyan emaknya). E tapi.... dari pertama kita di lantai 2 kok liat pabrik mie tuh selalu antri. Sampe kita selesai dari pabrik wafer pun tetep masih antri. Mungkin karena bingkisannya lucu juga kali ya,,, Jadi anak-anak dari pabrik mie dapet kayak balon yang bisa dipompa gitu tapi di dalamnya ada mie cup gitu (kalo ga salah pop mie).

Cape muter-muter di lantai 2 dan males masuk ke stand yang antri kita putusin buat turun aja ke lantai 1. Ternyata perawat bayi udah ngga ngantri. Jadi yuk lah masuk jadi perawat bayi :)

ruang baby show nya persis banget kayak di rumah sakit :)

Ini berasa perawat bayi di rumah sakit gitu karena settingannya ruang baby show di RS. Perawat bayi bertugas mandiin bayi, ganti popok, sampai nimang bayi supaya tidur hihihi...

Setelah jadi perawat bayi nih kita para emaks dan eyangs udah berasa gemporrr abissss... Sebenernya ngga gempor kalo ga bawa batita yang lagi seneng lari-lari kesana kemari kali ya. Berhubung bawa bocah yang minta gendong ato lari kesana kemari jadi rasanya badan remuk redammmm. Udah jam 3 kita ajak pulang aja karena ibu-ibu udah mulai cape. Anaknya sih gak cape haha... Biarin lah rugi 1 jam abisnya udah pegel banget.

Etapi liat stand pizza yang lagi kosong kok tergoda untuk kerja sekali lagi. Jadilah anak-anak jadi tukang bikin pizza sebagai pekerjaan terakhir hari itu.

pizza in the making

hasil pizza boleh dibawa pulang :)

Disini juga mereka seneng banget! Sesi pekerjaan tukang pizza ini lumayan lama dibanding pekerjaan lainnya. Ada kali 30 menit ato lebih. Ya maklum kan harus panggang pizza segala sampe mateng. Dan asiknya adalah, pizza hasil buatan mereka boleh dibawa pulang! dapetnya ukuran personal (4 potong). Abis Kerja jadi tukang pizza kita makan bareng pizzanya sambil istirhat. Pizzanya ternyata enak! 2 potong buat Kyara, 1 potong mama, dan 1 potong eyang.

Setelah makan pizza yang mana cuma ngeganjel dikit di perutku, kita bersih-bersih (pipis, cuci tangan, cuci kaki sekalian sholat) di dalam area kidzania.
Kalo Kenzie sih kayanya kenyang ya karena selama di dalem kidzania ni bocah kerjanya makan melulu. nasi sayur yang kubawa dari rumah untuk 2 porsi tandas. Biskuit tandas, Kentang punyaku hasil ngebawa dari wendys pun tandas haha... Emaknya kelaperan deh..

Udah jam setengah 4 yuklah cabcuss pulang keburu bareng sama jam pulang kantor.

Kesan hari itu: Untuk Kyara pasi amat sangat menyenangkan karena terbukti sampe sekarang Kyara suka nagih minta ke kidzania lagi sama Queen. kata bundanya Queen, ternyata Queen juga minta ke kidzania lagi haha... *bangkrut nak kalo keseringan*
Untuk anak-anak menurutku worth it banget deh 115k bisa dapat pengalaman menjadi orang dewasa kerja beneran dan dapat gaji. Plus edukasi nya dapet banget :) Jadi bukan sekedar main playground ngeluarin keringet aja, tapi banyak banget sisi edukasinya dari permainan disini.

Untuk mamanya dan eyang: cuapek polll tapi syenang juga tentunya... :) Asli gempor banget aku n eyang kemaren. Mungkin aku aja kali ya yang gempor, kalo ortu lain belom tentu gempor hihihi...
Gempor karena: aku full momong Kenzie. Gendong bocah 13 kilo untuk waktu yang cukup lama dan sekalinya bocah turun nggak mau duduk di stroller malah lari kesana kemari jadinya nngejar-ngejar sampe gempor. Eyangnya bagian nyuapin Kenzie aja biar ngga ngos-ngos an. Tapi muterin area kidzania segitu luas pun udah bikin gempor nenek-nenek lho termasuk gue haha... Asli berasa jompo banget.

Tapi kalo anaknya dua-duanya udah bisa main kidzania ya asik aja kali ya. Tinggal duduk ngawasin dari kaca aja sambil makan minum cantik atau internetan :) Karena temenku yang anaknya udah agak besar begitu. Dia tinggal duduk cantik ngawasin dari kaca pas 2 anaknya main. Palingan jalan sedikit pas ganti pabrik trus duduk lagi. Atau temenku yang lain yang anaknya udah udah SD malahan tinggal lepas anaknya di dalem kidzania, terus dia dan suaminya ngga ikut masuk, jalan-jalan aja di mall nya ato belanja ato pacaran keluar mall, nanti tinggal jemput 5 jam kemudian. Yah sabar ya motik... Tar anak-anak udah mulai besar pada bisa main sendiri deh.

Saking sibuk momong bocah lanang jadinya foto-foto juga nggak begitu banyak. Dan karena suasana kota kidzania adalah malam hari jadi ya maklum aja kalo fotonya gelap nan blur karena ga konsen hehehe *alesan*

Kalo mau ke kidzania enakan weekdays kayak kita kemarin. Jadi antri nya nggak terlalu banyak dan bisa lebih banyak ngerasain kerjaan. Kalo weekend udah kebayang pasti antri banget di tiap permainan padahal 1 sesi permainan cuma bisa diisi 4-8 orang. Jadi akan wasting time pas nunggu antrinya deh. Tapi meski ngga antri, tetep aja dalam sehari ngga bakal bisa ngerasain semua pekerjaan karena emang jenis pekerjaan banyak banget dan waktu yang tersedia hanya 5 jam. 5 jam kalo buat anak bisa jadi kurang karena nggak berasa buat mereka. Tapi buat yang nunggu sih berasa banged haha... Karena pas dah 3 jam aja rasanya para emak udah mulai capek pengen keluar.

Kalo buat yang nganter sih sebetulnya boleh keluar masuk kok. Jadi kita para pendampung n balita yang free boleh keluar dulu dari kidzania terus ntar mask lagi. Kan pake gelang khusus jadi silakan kalo mau keluar masuk. Tapi aku males aja keluar masuk karena ngga mungkin juga ninggal Kyara n Queen berdua aja di dalam kan mengingat umurnya masih hampir 5 tahun, belom bisa baca aturan pekerjaan, dan kalo mau antri masih kita temenin karena bisa diselak sama anak yang lebih besar.

 bergaya dulu di belakang taksi kecil :)

 ayo kakak kita pulang.. aku kesel abisnya ngga bisa ikutan main bareng kakak :(

Yuk emak-emak yang mau ke Kidzania jangan lupa poto-poto karena banyak spot bagus loh :) Ada jasa fotografer sekalian dapet bingkai kidzania segala, tapi bayar berapa gitu aku lupa. Biasanya rombongan pada pake jasa ini karena mereka ada spot yang bagus buat foto beramai-ramai dan aku liat hasilnya juga bagus. Terus siapin kaki buat jalan muterin seluruh area kidzania. Siap-siap ikutan excited pengen masuk ikutan main sama anak-anak hehe...

Oh iya karena kidzania memang permainannya dirancang untuk anak mulai umur 4 tahun, better anak-anak diatas 4 tahun deh yang main ke kidzania (maksudnya ngga usah maksa nyatut umur). Karena anak diatas 4 tahun emang udah lebih mengerti permainannya, dan bisa lebih diajak sabar untuk antri dengan tenang. Yang antri kan harus si anak sendiri, jadi kasian kalo batita/masih terlalu kecil terus disuruh berdiri atau duduk nggelesot antri lumayan lama. Kemarin itu ada yang tantrum hebat karena ngga boleh masuk di permainan itu. Nggak tau ya dia umur berapa. Tapi kalo anak diatas 4 tahun harusnya udah lebih gampang dibilangin dan dikasih pengertian untuk pilih permainan lain, ngga langsung ngamuk tantrum dan ngamuk. Jadi malah kasian liat ibunya kewalahan karena mau keluar juga nggak mungkin soalnya ada anaknya yang lain yang lagi main. 
Semakin besar anak pasti semakin seneng diajak kesini karena udah makin ngerti dan bisa belajar melatih sabar juga pas lagi antri :)

Oiya, lebih asik kalo si anak juga bareng temen atau sodaranya. Nggak apa-apa sih kalo sendirian, tapi kan kalo ada temennya bisa lebih seru dan ada temen ngobrol pas lagi antri. Kayak Kyara kemarin ngga bete sama sekali pas antri karena main di kidzania bareng sahabatnya. Nggak bengong manyun juga pas antri lama. Dan kerja di dalam pun pasti lebih seru karena bareng orang yang dikenal :)

Selamat bermain dan bekerja anak-anak! :)

14 Comments:

  1. gw termasuk fans berat kidzania di banding playground lain :D

    menurut gw harga segitu emang worth it bangeet..

    waaah kyara beruntung bisa ikutan fashion show di ged theaternya.. btw yg di pabrik wafer sama kaya tania, sibuk jilat :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoi Nike... berkat baca blog dirimu jadi pengen banget ajak Kyara ke kidzania. Itu sampe anak ABG 15 tahun juga masih seneng deh pasti main disana. Bisa jadi penyiar radio, pembaca berita tv dll.
      Kalo tania fashion show di ged theater pasti seneng deh nik, kaya beneran :)

      Delete
  2. Wah, anak2 dah pada ke kidzania dari skulnya masing2, baca postingan ini kepengen kayak kyara deh, rame2 kesana, ibunya jadi mupeng pengenn juga euyyyyyy..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo mbak ajak 3boys pasti seru... :)

      Delete
  3. seru banget ya ke kidzania, aku pngin ngajak pascal kesana lagi nih

    ReplyDelete
  4. seru ya main di kidzania... :)

    ReplyDelete
  5. waa seru ya di kidzania ..
    kapan kapan ngajak keponakan juga ah ..

    ReplyDelete
  6. waaah seruuu. yang mbaca juga ikut ngos-ngosan. Tahun depan deh pas Azki udah 5 tahun :)
    thank yaa mbaak bikin reviewnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. azki pasri seneng mbak... Lebih seru kalo adeknya udah ngerti jadi masuknya barengan adek kakak. Tapi masih lama yo kalo nunggu adeknya ngerti hihi...

      Delete
  7. sy baru tau kl kidzania ada sesi 2.. kapan2 kl kesana lagi ikut yg sesi 2 ah.. Itu juga kl Nai mau (nai blm bs menikmati kidzania nih.. :D)

    ReplyDelete
    Replies
    1. lho Naima bukannya udah cukup besar ya mba, harusnya udah bisa nikmatin. Mainnya bareng keke siapa tau jadi semangat :)

      Delete
  8. iya kidzania emang ga pernah ngebosenin ya. 2 mgg lalu abis dr situ jg, tetep aja ada profesi yg belom pernah dicoba anak-anak, saking banyaknya.

    aku lg pengen cobain ke Pinisi Theme Park di Pasaraya, mirip kidzania jg ada ruangan-ruangannya, bayarnya jg sama, cuma dia lebih ke science, art and outbond. Pengen ajak anak-anak ke sana liburan besok. waktu itu ke sana udah liat-liat tp karena lg buru2 jdnya ga sempet masuk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku pernah baca tentang pinisi tuh mbak. HTM nya juga sama ya kayak kidzania. kalo udah kesana bikin review nya ya mbak :)

      Delete
  9. Hihi... Emg dulu ga ada ya Tik... Tkjub juga ma perkembangan jaman..

    ReplyDelete

Powered by Blogger.