Tuesday, April 23, 2013

Pasar Mayestik, Dulu dan Sekarang

Aku akrab sama Pasar Mayestik ini udah cukup lama. Waktu SMP aku akrab banget sama Pasar Mayestik ini karena sekolahku ada di kawasan jalan Bumi yang mana sebrang-sebrangan sama Mayestik. Ada tugas disuruh bawa perlengkapan apapun pasti nyari nya di Mayestik. Jadi 3 tahun sekolah di daerah sana udah bikin aku akrab sama Mayestik *say hi sama esa genangku, esa mokan, toko buku anggrek, toko kosmetik budi mulia dkk*
Apalagi jajanannya. sebut deh mau apa aja juga ada. Sate ayam, sate padang, tahu gejrot, es podeng, cendol bandung, dll.

 Mayestik sebelum direnovasi
pic taken from here

Waktu berlalu. Ke Mayestik cuma kalo ada perlunya (baca: nyari kain seragam buat nikahan). Semakin kesini udah jarang banget keinget sama Pasar Mayestik karena dengan tambah macetnya Jakarta kayanya tambah males kesana. Ngapain jauh-jauh kalo di daerah rumahku juga udah dapet yang aku butuhin.

Sampe akhirnya bulan lalu butuh beli-beli perlengkapan untuk keperluan akikah Kenzie. Nyari kotak yang aku pengenin untuk bikin nasi box ngga dapet di toko plastik daerah sini. Karena aku nyari kotak bento jadi masih jarang yang jual disini. Ada sih yang jual online, tapi karena aku butuh beli untuk 120 kotak jadi kayanya ragu kalo ngga pegang atau milih langsung. Udah gitu kebayang ongkir nya pasti mahal karena berat banget. Dan tiba-tiba yang muncul di otak adalah Pasar Mayestik. Menurut pengalaman, disini pasti hampir selalu ada apa yang kita mau.

Tahun lalu pernah lewat situ masih dalam tahap renovasi. Kemarin itu mikirnya ah palingan renovasi nya biasa aja, kebayang paling banter kayak pasar modern BSD atau bintaro. Dan ngga googling juga soal Mayestik ini sebelum berangkat. Kita berangkat sengaja pagi-pagi, jam 8 dari rumah biar dapet parkirnya gampang. Begitu sampe sana, takjub! Pasar yang dulu semrawut, gerah dan ngga nyaman, sekarang super nyaman. Sangat nyaman malah! nggak akan kegerahan deh karena ber-AC. Ini sih sebutannya udah bukan pasar lagi deh :)

pic taken from here

pic taken from here



Setelah rada bingung sebentar harus ke lantai mana dan tanya sama satpam, akhirnya langsung deh kita meluncur ke lantai basement. Jadi untuk perlengkapan plastik, pasar sayur, daging, dan semacamnya ada di lantai paling bawah.
Setelah cek harga di beberapa toko, akhirnya kita berlabuh di satu toko yang sellernya supar ramah. Karena kadung cinta  sama keramahannya jadi ga cek harga di toko lain deh, dan ini ternyata salah banget. Minggu depannya sempet balik ke Mayestik lagi karena ada barang yang belum kebeli dan nyoba toko lain, ternyata lebih murah. Ya sudahlah ngga boleh dipikirin, ikhlasin aja, ya abees gimana lagi dong ga mungkin juga dibalikkin kan. Jadi kotak bento warna putih 6 sekat yang aku beli 2800 (udah ditawar dari harga 3500. di toko lain malah buka harga 4500), di toko lain yang aku datengin minggu depannya ternyata buka harga 2500, bisa ditawar jadi 2200. Beda 600 perak tapi dikali 120 kan lumejen ya selisihnya. Terus aku cek kotak bento warna coklat 4 sekat yang di toko pertama 2500, di toko kedua itu ternyata buka harga 2200 bisa ditawar jadi 1800-2000 tergantung jumlah yang dibeli. Ah ya sutralah... udah berlalu ga usah dipikirin lagi.

mau cari packaging apapun sagala aya

Abis kalap belanja, kalap jajan makanan juga. Sebagai emak-emak, ngga afdol kalo ngga mampir beli sayur n buah buat stok di rumah.

Dan gong nya adalah kalap di toko kain. Perasaan jilbab di rumah udah setumpuk. Itupun ada yang belom pernah dipake sama sekali. Tapi hati ini nggak kuat untuk ngga masuk ke toko kain. Masuklah kita ke toko Fancy. Kalo yang hafal sama toko kain daerah mayestik atau sering beli baju seragam nikahan pasti tau deh soal toko fancy ini. Dan sekarang bukan cuma orang yang cari bahan seragam nikahan ya yang nongkrongin toko kain, tapi juga orang yang nyari bahan jilbab termasuk eikeh.

Tujuan ke Fancy adalah beli bahan cerruti. Konon katanya bahan ini jatuhnya paling ok. Makanya dijual lebih mahal daripada jenis chiffon lain. Sampe sana bener aja kalap. Jarang-jarang kesana rasanya rugi dong kalo cuma beli 1 warna ato beli 1-2 meter. Jadi aku dan adekku patungan untuk beli aneka warna buat stok jilbab kita. 

Setelah keliling malah ngga jadi beli cerruti haha.. Alasannya adalah, nemu Hicon/dobel hicon (lupa yang mana yang kubeli) yang mirip-mirip cerruti. Cerruti jatuhnya lebih bagus sih karena seratnya juga beda, tapi si hicon/dobel hicon ini ya lumayan juga lah. Berhubung lebih murah (8ribu/meter) dibanding cerruti (20ribu/meter) jadi kita pilih yang lebih murah dengan alasan bisa jadi lebih banyak warna, plus beli chiffon motif yang harga 18ribu/meter. Akhirnya dengan 140 ribu dapet 7 warna dan 2 motif. Setelah dipotong sesuai keinginan jadi deh 12 potong jilbab (segi empat, pasmina, tubular). Plus ongkos neci semuanya 30ribu. Jadi total modal 170ribu dapet 12 potong jilbab. Ok kan :)) Tapi kalo cuma butuh beli 1-2 biji dan ngga mau cape mah mending beli jadi ajah.

cerruti. lebar 150cm.

hicon/dobel hicon. lebar 115.

Perburuan di Pasar Mayestik selesai. Cendol bandung, cincau hujau, lasagna, es tebu, kue cubit, udah masuk kantong juga. Duit udah tinggal buat bayar parkir. Saatnya cuss pulang....

Udah ngga gondok karena beli kotak nya kemahalan akibat ngga cek toko lain, setelah liat hasil nasi box untuk akikah Kenzie.

Alhamdulillah... akhirnya terlaksana aqiqah untuk Kenzie

Nulis tentang Mayestik kok ya jadi kebayang sate padang nya hehehe....
Buat liat-liat mayestik kayak apa, lengkapnya ada di web mereka http://mayestik.tumblr.com/ ya...

28 comments:

  1. Woww..iya yah, perubahannya jauuh banget, gak bisa lagi itu disebut pasar :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya lis udah jauuuh banged bedanya. Saking gedenya blm sempet menjelajahi semua bagian :)

      Delete
  2. Waaaaaahhh..... Normal banget deh mbak, kalo kalap belanja. Apalagi salah harga gara2 nyaman dengan sellernya. hehe..
    Mbak, kalo jilbab bikin sendiri gitu berarti ga ada bordir atau hiasan lainnya, ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba kalap :D
      kalo jilbab memang kebetulan aku kurang suka yang pake bordir ato payet ato hiasan2 gitu. Jadi memang seneng yang polos atau bermotif kainnya. Kalo mau pake aksesoris palingan ditambah bros aja :)

      Delete
  3. wanita yah mba, pasti klo belanja itu ga bs ngeliat yang lucu dikit langsung dibeli deh pdhl ga ada dalem list belanjaan :D

    Aku udah lama ga ke mayestik, jadi pengen kesana nih *latah*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ho'oh mba. Dan itu yg bikin kantong jebol hehe...

      Delete
  4. dulu dan sekarang aku belum pernah ke mayestik :) ternyata murah-murah juga ya disana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kl dr rumah mba lidya mah jauh bngt mba... ngga usah mba kejauhan hehe...

      Delete
  5. Replies
    1. Pake tutup kok dian. Tutupnya transparan jd ngga kliatan. Itu yg tumpukan udh diiket udah rapi tertutup :)

      Delete
  6. Aku belom pernah ke mayestik huhuhu...

    Kotak bento di pasar deket rumahku 3500 sebiji

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaaa brarti masih murahan yang aku beli ya mbak hehe...

      Delete
  7. Aaahhh... mupeng kl lihat harga kain segitu bisa dapet 12 potong... Minta alamatnya dong Tik...

    ReplyDelete
  8. waaah pas banget nih.. pas banget emagn lagi cari2 kotakan bento yang lebih variatif pas nemu blog ini.., makasih ya sharenya mba.., btw jadi kalau mau ke tempat plastik2an ini ke basement ato semi basementnya..? anyway salam kenal yaaa

    ReplyDelete
  9. aku jadi ketawa baca bagian "meluncur ke lantai basement. Jadi untuk perlengkapan plastik," :D

    ReplyDelete
  10. belum pernah ke Mayestik....mupeng jadinya

    ReplyDelete
  11. Mbak, minta tips pak potong kain utk jilbab dong. Kmaren kain jilbabnya miring2 gt huhuhu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmmmm tipsnya gimana ya...
      sebenernya untung-untungan juga mbak. Aku pernah dapat kain yang miring juga. Beli 2 meter tapi sampe rumah diukur ternyata bagian lebarnya miring. jadi 1 sisi panjang 2m, sisi lain kurang dari 2m. Kalo kaya gitu berarti harus ngerapihin sendiri di rumah biar ngga miring.
      Tapi suka juga dapet yang bener-bener lurus. Biasanya penentunya ada di cara potong sebelumnya. Kalo cara potong sebelumnya miring ya potongan selanjutnya bakal miring juga.
      Aku sih biasanya minta dipotongin sekalian sama tukang kainnya jadi sampe rumah tinggal kasih ke tukang jahit buat di neci atau jahit tepi :)

      Delete
  12. Mba, di sana ada jual kain Leather > maaf,mba..mau nanya..lebih lengkap di tanah abang apa psr mayestik ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kain leather mungkin ada tp aku ngga tau dmn nya mba. Kl lbh lengkap, tergantung apa yg dicari mba. Kl sekilas sih sepertinya lbh lengkap tanah abang krn kan lbh luas juga. Tapi banyak faktor yg bikin saya ngga ke tanah abang. Karena cuma beli sedikit dan bawa anak ya saya lbh pilih ke mayestik yg lbh deket n nyaman karena ngga perlu jln terlalu jauh. Kalo mau kulakan dalam jumlah banyak ya jatuhnya kbh murah belanja di tanah abang. Tapi kl untuk kain ke mayestik udh cukup mba, justru lbh nyaman dan motif jg ngga pasaran. Harga jg bersaing kok ga mhl trgtg gmn kita milihnya. Aplg kl untuk seragam kawinan saya lbh seneng mayestik karena lbh nyaman dan harga jg ok :)

      Delete
  13. kalo boleh tahu nama tokonya apa yah mba yg jual box kue dan di lantai brp? soalnya aku mau beli lumayan banyak klo memang harganya jauh banget jadi bisa menghemat hemat modal.... thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba soraya... sorry lupa mba nama toko nya. Tp toko2 plastik ada di lantai paling bawah bareng sayur2 kok. Tinggal pilih mau toko yg mana dan bandingin mana yg termurah. Toko tempat saya beli box bento ternyata masih termasuk agak mahal. Bbrp mnggu setelahnya cb tanya ke toko lain ternyata lebih murah 800. Kalo dikali 100box kan selisihnya lumayan bngt. Cb tanya2 ke bbrp toko aja mba supaya puas dpt harga yg paling ok :)

      Delete
  14. mba, mau tanya..
    toko fancy nya dilantai brp ya?
    klo di toko fancy itu bs terima jait untuk kebaya gak ya?? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mbak... ( namanya siapakah :) )
      Toko Fancy di gedung tersendi mba. Jadi kita masuknya dari pintu yang bukan dari jalan besar itu lho. Nah toko fancy ngga jauh dari loket masuk, ada di kanan jalan. Kalo bikin jas biasanya bisa, tapi kalo kebaya kurang tau juga ya. Karena biasanya toko kain kebanyakan terima bikin jas, tapi kebaya belum tentu. Kalo mau bikin kebaya malah bisa di gedung mayestik yang bagian penjahit mbak. Disitu saya liat contohnya bagus-bagus.

      Delete
    2. Saya seringya beli dari toko De'majestic, bahannya lengkap dan lebih murah

      Delete
  15. kaa, kalo di mayestik toko kain untuk beli satin silk, chiffon, double hycon, katun, rayon yang murah dan bagus di toko apaa yaaaa? hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya rata-rata semua toko kain mayestik ada bahan-bahan itu kok. Tinggal bandingin aja hrg yg paling ok di toko mana

      Delete
  16. mayestik itu buka dan closednya jam brp yah mbak kalo boleh tahgu?

    ReplyDelete