No Mall, Outdoor Please...

Hiburan buat keluarga di Jakarta nih apa lagi sih kalo bukan mall. Ya ada juga sih sebetulnya tempat-tempat non mall tapi ya begitu udah direncanin kok ya ujung-ujungnya ke mall lagi mall lagi. Simply karena di mall bisa cuci mata sambil grocery, ngajak main anak di berbagai playground ato arena main di mall, tempat nyaman n adem, buat yang bunya baby gampil kalo mo nyusuin atau ganti diapers, mo makan juga tinggal tunjuk resto mana yang mau dipilih. Intinya one stop entertainment place.

Nah 2 bulan lalu rasanya lagi boseeen banget sama mall. Dari dulu juga udah bosen sih sebenernya. Tapi entah kenapa kalo jalan ya mentoknya mall lagi. Setelah waktu itu kita pernah ke Ah Poong, bulan lalu dalam waktu yang berdekatan aku ajak anak-anak main ke puncak dan ancol. Dan perjalanan piknik ini ternyata berkesan banget buat anak-anak.

Puncak. Cimory Riverside dan Royal Safari Hotel.

Udah lama pengen ngajak anak-anak nginep ke Puncak tapi waktunya ngga pernah nemu. Entah si ayah yang lagi ngga bisa ato pas bisa eh hotel yang kita mau lagi penuh di tanggal itu. Akhirnya kita putuskan buat tektok aja piknik ke puncak. Ngga usah jauh-jauh sampe ke puncak atas, kita cukup piknik di sekitar Cisarua aja. Kemana? Taman Safari? No. Sebulan sebelumnya Kyara habis field trip ke TSI bareng sekolahnya. Jadi kalo ke TSI lagi pasti ngebosenin deh buat dia. Mengingat HTM nya yang ngga murah juga jadi sayang kan kalo kesitu lagi. Ntar aja kalo udah agak lamaan nggak ke TSI baru deh kita kesana lagi.

Jadi hari itu rute pertama adalah sarapan di Cimory Riverside. Kalo ke Cimory yang lama (mountview) kan udah pernah beberapa kali. Nah si Cimory Riverside yang baru ini katanya sih lebih besar dan pemandangannya lebih bagus. Setelah baca-baca review tentang cimory riverside jadilah kita putusin untuk main-main ke Cimory Riverside.

Rencana berangkat jam 6 am, apa daya selesai ngurusin bocah baru bisa berangkat jam 6.45 am. Niat hati pengennya sarapan di Cimory jam 8 eh malah ketahan arus satu arah. Perjalanan dari rumah dan di tol Jagorawi sih lancarrr banget. Keluar tol Jagorawi  mulai tersendat. Kirain bakal lancar karena masih jam 8, ternyata kok arah keatas lagi ditutup. Padahal biasanya satu arah ke atas dimulai pukul 9-11 jadi harusnya dibawah jam 8 kan masih berlaku 2 arah. Lha ini kok jam 8 cuma diberlakukan ke arah bawah aja jadinya macet deh nunggu antrian keatas dibuka.

Setelah 1 jam berhenti dan Kenzie rewel banget (Kenzie paling ngga betah kalo mobil diem ga jalan), sampe keluar masuk jalan-jalan biar ngga rewel karena mobilnya diem nunggu giliran keatas dibuka, akhirnyaaaa jam 9 lewat arah keatas dibuka. Langsung lancarrr menuju Cimory riverside yang emang letaknya masih di cisarua bawah nggak terlalu ke puncak banget.

Jam 9.30 sampe Cimory dan dapet meja yang ok banget karena pas dipinggir jadi bisa langsung liat pemandangan ke bawah. Langsung pesen makan dan anak-anak sama ayahnya bergerilya jalan ke bawah. Aku ngga jalan sampe bawah, jadi penjaga meja aja karena kita cuma pergi berempat. Lumayan ya boook tangganya. Tapi setimpal kok dengan pemandangan sungainya yang indah banget. Maklum deh ya orang kota yang jarang liat sungai indah begini jadi takjub deh. Ngga usah malu buat poto-poto karena disitu isinya orang Jakarta yang makan sambil foto-foto juga bahkan khusus kesitu bawa perangkat kamera dan lensa lengkap buat foto-foto.


Setelah puas makan dan menikmati pemandangan, ngga terasa udah jam 11. Jalan raya puncak masih dibuka 1 arah untuk ke atas aja, berarti kan kita ngga bisa ke arah bawah. Sambil nunggu arah bawah dibuka kita lanjut ke atas, tapi ngga usah jauh-jauh sampe Puncak atas lah, cukup di Cisarua aja biar ntar pulangnya ngga macet.

Pemberhentian selanjutnya adalah Royal Safari Hotel. Ada di kiri jalan sebelum pasar Cisarua. Lebih dikenal dengan sebutan hotel safari garden. Kok main di hotel? Ya karena hotel ini fasilitas untuk anak nya cukup lengkap. Daripada jauh-jauh ke atas atau ke TSI mendingan mampir kesini aja sebentar sambil nunggu arah ke bawah dibuka.Nah berhubung Royal Safari hotel ini satu grup dengan Taman Safari Indonesia, jadi tema-tema hotelnya juga seputaran binatang. Karena dulu lumayan sering nginep disini jadi cukup hafal juga lah fasilitas disini ada apa aja.

Begitu masuk ke area hotel kita langsung menuju bagian belakang tempat fasilitas anak berada. Ternyata sekarang fasilitasnya makin banyak dan anak-anak seneng bukan kepalang deh.
Pertama kita ke bagian farmer kart. Naik mobil yang jalurnya udah ada dan ntar mobilnya jalan sendiri. Karena letaknya tinggi jadi sambil naik mobil bisa liat pemandangan sekitar. Biaya nya 10ribu/orang, anak dibawah 2 tahun masih gratis. Disini Kenzie yang girang. Minta naik mobil bolak-balik, jadinya ya ayahnya bayar terus meski Kenzie masih gratis. Aku dan Kyara juga naik tapi 1x aja (2 puteran). Kalo ayah dan Kenzie kayaknya naik sampe 3-4x.


Si ayah dan Kenzie naik farmer kart, aku nemenin Kyara main mini golf. Kenzie sih belum ngerti mini golf ya, jadi ngga gitu tertarik. Yang main mini golf emang anak-anak yang lebih besar atau orang dewasa biasanya. Harganya 10ribu/set (10 par). Kalo main 2 set (20 par) harga 20ribu. Tiap par beda-beda kok. jadi meski beli untuk 20 par ya jalurnya beda jadi gak ada yang sama. Mo irit? beli aja 1 set tapi tiap selesai 1 par diulang-ulang aja lagi hehehe...



Setelah selesai mini golf, lanjut naik kereta. Kereta ini harganya juga 10ribu/orang, dibawah 2 tahun gratis. Yang naik si ayah dan duo K aja. Mamanya jadi tukang foto aja padahal ogah bayar 10ribu hahaha...
1x naik kereta ini 2 atau 3 putaran gitu, lupa deh... Disini duo K seneng banget naik kereta sambil nyanyi naik kereta api tut tut tut...


Abis naik kereta kita jalan ke mini bird park. Ngga usah ke TSI kalo mau liat taman burung. Disini juga ada, gratis pula hihihi...  Mesmki namanya mini bird park, tapi udah cukup banget buat anak-anak liat burung. Mau foto sama si burung atau sambil pegang burung juga boleh, ada petugasnya kok. Tapi aku ga poto-poto si mini bird park nih..

Abis liat burung, lanjut naik kuda tunggang. Disini ada kuda poni dan kuda yang besar. Harganya 20ribu untuk 1 putaran. Lumayan deh dibawa keliling seputar hotel. Oiya selain kuda, ada gajah juga. Jadi tinggal pilih deh mau naik kuda atau gajah.

Kyara naik kuda 1 putaran. Kalo Kenzie numpang foto aja naik kuda abis itu turun lagi hehe...

Abis naik kuda, kita main di lapangan rumput. Surga banget deh buat anak-anak nemu lapangan rumput hijau nan luas begini. Lari kejar-kejaran juga aku tenang, kalo jatoh juga ngga sakit kan, paling kotor aja sedkit. Nyesel banget ngga bawa bola deh. Kalo ada bola pasti lebih seru. Tapi tanpa bola pun mereka udah lari-lari kejar-kejaran seneng banget :)


Mainan yang belum dicoba ada sepeda air, naik gajah, flying fox, outbond, aneka playground dll. Masih banyak deh tapi kita pilih udahan aja mumpung jalur kebawah lagi satu arah, ntar kalo kelamaan disitu keburu macet kebawahnya.

jam 1 pm keluar hotel menuju Jakarta, pas banget kan jalur ke bawah udah dibuka. Perjalanan lancar, kluar tol bintaro mampir dulu grocery bentar. Emang ya ujung-ujungnya teteup mampir belanja, namapun emak-emak inget aja ada persediaan yang habis :) dan sempet mampir ke maebebe bintaro beli celana tidur anak-anak eh ternyata nemu baju renang buat kyara lucu banget seharga 29ribu saja! ah ibunya seneng banget deh kalo begini.



Pantai Ancol.

Pertengahan april lalu Kyara nonton Disney on Ice sama ayahnya. Mama dan Kenzie ngga ikut, toh Kenzie belum ngerti apalagi temanya princess mana doyan dia hihihi... Jadi Kyara ngedate sama ayahnya aja dan janjian nonton bareng sahabatnya. Karena hari sabtu males nyetir, jadi nyewa supir kantor nih ceritanya. Biar gak rugi udah bayar supir, sekalian aja piknik hehehe....

Memutuskan pergi ke Ancol karena emang anak-anakbelum pernah aku bawa ke pantai. Waktu porseni sekolah kyara bulan maret di ancol akhirnya untuk pertama kali mereka main pasir di pantai dan mereka ketagihan. Makanya kemaren kita putuskan untuk main ke ancol aja biar anak-anak puas.

Jadi siangnya aku dan Kenzie jemput yangma-yangpa nya plus adek ipar buat piknik bareng ke Ancol. Yes piknik beneran piknik karena kita bawa tiker dan perbekalan lengkap. Cerita kan pengen sambil liat sunset gitchu... Setelah jemput para eyangs, kita lanjut jemput Kyara dan ayah ke Senayan. Abis itu lanjut menuju Ancol.

Sampe Ancol sekitar jam 3 sore. Setelah muter-muter sebentar kita menuju ke pantai paling ujung yaitu @ancolbeachcity alias pantai mall ancol. Katanya kan pantai ini termasuk baru dan bersiiiih berpasir putih dengan gazebo yang bertebaran. Sampe sana ternyata emang iya pasirnya putih, pemandangannya bagus, trotoarnya rapi, duh rasanya pengen tidur diatas pasir putihnya.

Udah bawa tiker dan perbekalan piknik, ealaaaaah pas mau masuk area pasir kita dicegat sama satpamnya ngga boleh masuk bawa perbekalan hahaha.... Jadi disitu hanya boleh main pasir aja tanpa bawa makan-minum pribadi. Maklumlah karena sebelahan sama mall ancol jadi diharapkan yang pada kelaperan ya jajan nya di mall ancol.

Akhirnya kita pindah spot aja ke tempat dulu main pasir sehabis ikut porseni. Disana boleh gelar tiker, makan perbekalan sepuasnya, main pasir, basahin kaki di pantai, pokoknya puas lah. Kita sengaja ngga pilih pantai yang bisa buat berenang karena sumpek dan penuh. Emang ngga pengen anak-anak pada berenang sih melihat airnya kayak gitu. Cukup main pasir dan basah-basahin kaki dikit bolehlah...

Ya ampunnn anak-anak seneng banged! Emaknya pun happy karena bisa gegoleran di tiker sambil makan hahaha... Jarang banget ini terjadi kan. Anak-anak pada main sama kakek, om dan tantenya. Mama dan yangma nya santei gegoleran kipas-kipas :)

anak-anak main, ayah mamanya bisa pacaran :)

Kita main di pantai puas banget sampe matahari bener-bener ngga keliatan. Setelah sholat maghrib akhirnya balik dari Ancol jam 7pm. Btw, itu sekitar abis maghrib jam setengah 7 an kok ya orang yang menyewakan tiker mulai gencar nawarin ya. Kan dari sore banyakan keluarga yang piknik, rata-rata yang piknik bawa tiker tuh pasti sama anak-anaknya. Jam 6an udah pada mulai pulang kan tuh. Nah menjelang jam 7 dimana area untuk gelar tiker udah gelap eh malah abang-abang pada gencar nawarin sewa tiker. Buat keluarga ya gak mungkin lah hai gelap-gelapan begitu. Pasti sasarannya buat para pasangan yang pacaran. saya yakin! duh suudzon deh jadinya...

soalnya pas lagi jalan sendirian agak jauh sama anak-anak ya dideketin sama mang-mang itu nawarin "mbak tikernya mbak, udah bawa tiker belum". Oalah mang... ternyata banyak ya mang permintaan sewa tiker di tempat gelap begini pas malem minggu. Asli itu gelap banget area tiker. Ya udah lah yuk nak melipir, sekarang penghuni nya bukan para keluarga lagi hihihi....

Sampe rumah jam 9 malem dan anak-anak udah pules tidur sejak di mobil. Digotong ke kamar pun tetep pules. Untungnya udah pada mandi disana abis main pasir tadi jadi udah tinggal taro aja di tempat tidur. Ayah mama nya juga bisa langsung istirahat tanpa ngelonin para bocah dulu :)

Alhamdulillah liat anak-anak happy diajak main di alam terbuka. Pengen bisa lebih sering kayak gini. Ke mall sekali-sekali aja ato kalo mo grocery aja. Irit, senang, sehat, dan berkesan banget buat anak-anak pastinya.

Gimana nih ibu-ibu, weekend pada mau kemana??

8 Comments:

  1. bosen ya kalau dari mall ke mall. lebi enak outdoor

    ReplyDelete
    Replies
    1. bosen sama mall tapi kadang ya bikin kangen juga ya hehe..

      Delete
  2. wah asiknya jalan-jalannya, kita ngemall mulu nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama kok mbak disini juga masih ngemol mulu nih. Tapi mo dicoba mulai seringin outdoor juga meski ujungnya ke mol juga akhirnya kalo mati gaya hehe...

      Delete
  3. weekend ini kita mau ke... mal! huahahaha :P

    ReplyDelete
  4. Hihi... pantai juga ada embel2nya mall jg ya.... Indonesia...oh.. Indonesia....

    ReplyDelete
  5. Tik, yang ke cisarua bikin mupeng deh. Makasih ya sharingnya, kapan2 pengen nyobain kesana :)

    ReplyDelete
  6. kepingin juga liburan seperti keluarga diatas...senangnya..

    ReplyDelete

Powered by Blogger.