Bandung Getaway

Sebenernya ini udah dari bulan lalu liburannya tapi apa daya sekarang susah banget cari waktu buat ngeblog. Aku kangen blogku...

Bandung getaway ini sebetulnya dadakan. Ya ngga dadakan banget sih, tapi emang agak di luar rencana. Jadi si ayah ceritanya ada workshop di bandung hari senin-selasa. Sedangkan temennya dapet giliran workshop rabu-kamis. Daripada rabu-kamis nya ayah bengang bengong di Bandung sendirian jadilah aku dan anak-anak nyusul ke Bandung hari Rabu. Kita di bandung 3 hari 2 malam aja, dari rabu sampe jumat. Lumayanlah ya buat refreshing dan pas banget Kyara juga lagi liburan sekolah.

Jadi langsung deh aku browsing soal hotel, car rental, tempat yang mau dituju dan sebagainya. Kali ini kita mau kenalin anak-anak untuk naik kereta. Kyara udah pernah naik kereta ke Yogya waktu umur 1,5 tahun tapi kalo ditanya inget atau nggak jawabannya ngga inget tuh hehe... Sekarang udah makin gede jadi pasti pengalaman naik kereta ini bakal lebih dia inget.

Pesen tiket kereta sekarang kan udah ngga perlu antri di stasiun ya. Tinggal beli di alfamart/indomart atau pesen via online beres deh. Pesen via aplikasi yang ada di android pun bisa. Kita pesen via online untuk tiket pp sekalian. Bisa pilih nomor tempat duduk pula :)

10 hari menjelang berangkat, anak-anak tiba sakit gak jelas. Yang tadinya pada segar bugar eh ini pada kompak demam tinggi dan batuk pilek. Kyara demam sampe 7 hari. Kenzie belakangan sakitnya dan demam tinggi pula 5 hari. Padahal biang keroknya cuma batuk pilek tapi demam tinggi nya lama bener. Virus sekarang makin ganas ih. Alhamdulillah 2 hari jelang berangkat anak-anak sembuh barengan :)

19 Juni 2013
Dari jam 4 pagi udah melek. Kereta berangkat jam 8.20, tapi perjalanan ke Gambir kan barengan sama jam berangkat orang ngantor jadi kita berangkat dari rumah jam 5.45. Subuhan, mandi, dandan, jam 5.30 bangunin anak-anak dan gantiin baju mereka tanpa mandi hihihi... Aku berangkat ke Bandung ngajak eyang uti juga karena aku belom sanggup deh naik kereta bertiga aja sama anak-anak plus gembolan koper. Kalo Kenzie tipe bocah kalem macam Kyara sih mungkin disanggupin, tapi liat si lanang petakilan ngga bisa diem gitu duhhhh ngga bisa deh sendirian.

Sampe Gambir kecepetan masih jam 6.30. Ngga apa-apa lah ya daripada terlambat. Kita langsung nongkrong di hokben buat sarapan. Selesai sarapan jam 7.15 jalan-jalan aja di sekitar situ sama-anak while si eyang jaga koper.

kain jarik is the most comfortable gendongan for Kenzie!
pake baby carrier pas baby masih betah. makin gede dia ga betah di gendongan yang mahal itu haha...

Jam 8 kita naik ke lantai 3 karena kereta udah datang. Urusan koper biar dibawa sama kuli, aku pegang Kenzie dan si eyang pegang Kyara. Kenzie sempet nangis dan nggak mau naik kereta karena dia ngebayanginnya kereta api itu ya kayak thomas atau kereta yang pernah dinaikin di mall haha... Jadi pas naik ada drama tentunya. Untungnya kereta cuma berhenti 5-10 menitan terus berangkat karena pas keretanya jalan Kenzie langsung berhenti nangis. Fiuuuh....

Nggak lama kemudian anak-anak kompak tidur di kursi masing-masing. Ah emaknya legaaa deh bisa selonjoran dulu. Kenzie bobo 1 jam aja terus kebangun. Kyara tidur dari mulai kereta jalan sampe stasiun bandung! Itu kalo ngga dibangunin dia tetep tidur terus tuh haha..

Sampe Stasiun Bandung jam 11.30 kita dijemput si ayah pake mobil yang kita sewa plus sopirnya. Selama di Bandung kita pake jasa Aberta Car Rental, dapet dari kaskus :)
Pertama kita check in ke hotel dulu sekalian taro barang-barang. Selama di Bandung kita nginep di Summerhills hotel and private villas di daerah Setrasari. Review Summerhills di postingan selanjutnya ya...
Setelah check in dan titip barang-barang lanjut napak tilas ke tempat makan waktu jaman eikeh pacaran dulu sama si ayah haha... Jadi dulu jaman pacaran sama si ayah kan kita beberapa kali pergi ke Bandung bareng temen-temen dan selalu mampir makan di WaLe alias Warung Lela. Kangen-kangenan sama mi yamin nya dan bungkus juga buat makan di hotel. Kalo dulu jaman pacaran makannya dilama-lamain sambil menikmati pemandangan kota bandung plus semilir ademnya hawa disitu, nah kemaren makannya ngga bisa tenang karena anak lanang ngga bisa diem. Bener-bener kayak gasing jalan terus maunya. Mana ngga mau makan pula, maunya ngobok-ngobok guci kolam ikan zzzzzzz.....

Abis late lunch kita mampir ke FO dulu. Liat-liat bentar eh ngga ada yang menarik haha... Bagus deh dompet selamat. Lanjut mampir ke rumah tante yang tinggal di Bandung sebentar, abis itu ngga kerasa udah sore aja jadi lanjut pulang ke hotel karena udah cape dan anak-anak belom mandi dari pagi.

20 Juni 2013
Pada bangun kesiangan saking enaknya tidur, lanjut mandi dan sarapan. Sarapan di hotel anak-anak pada lahap soalnya makannya sambil main playground :) Karena ada rumput luas gitu jadi anak-anak juga seneng banget pada lari-larian.

Dijemput sama mobil sewaan jam 9 kita langsung menuju daerah Lembang. Emang udah jadi tujuan utama ke Bandung mau ke Floating Market Lembang karena baca review di turiskece.com kok kayaknya seru banget.

Sampe sana ngga pake nyasar langsung ketemu. Dari depan pintu masuknya kecil segitu aja. Tapi pas udah sampe dalam setelah bayar tiket baru keliatan luas. Sampe sana jam 10, masih sepi belum banyak yang dateng. Kirain emang sepi begini ternyata itu karena kita datengnya termasuk pagi. Karena makin siang ternyata makin rame kok.

Floating market lembang ini ternyata baru sekitar 6 bulan dibuka. Dulunya apa gitu aku lupa deh dijelasin sama mbaknya. Salut sama penataan tiap detailnya. Detail nya dibuat rapi dan indah. Dan tempat ini bersiiiih banget! Tapi karena ngga ada pohon rindang jadi lumayan panas juga deh. Tips kalo dateng ke floating market adalah, sedia topi atau payung dan pakai baju lengan panjang aja supaya matahari ngga kena kulit langsung.

Dengan harga tiket idr 10.000 kita udah dapet welcome drink yang bisa dipilih sesuai selera. Ada lemon tea, cappucino, coklat kopi, softdrink. Mungkin kalo beda hari beda juga pilihannya kali ya... Aku pilih es lemon tea yang bisa diminum sama anak-anak juga.

Pertama kita ke taman kelinci dulu. Liat landscape taman kelinci aja rasanya udah gemes banget. Rapi dan banyak kelinci unyu berkeliaran bebas. Harga idr 15.000 udah dapet set wortel buat kasih makan para kelinci. Dibawah 2 tahun masih gratis, jadi yang masuk ke taman kelinci si ayah plus duo K aja. Mama jadi tukang poto aja dari luar.

Ayah dan anak-anak masuk pertama belom ada siapa-siapa. Pas udah mau selesai eh rombongan anak TK masuk dan Kenzie ogah kluar arena dong. Dia sok ndeketin para kakak TK itu dan mau ngasih makan kelinci lagi :D

Dari taman kelinci, Kyara pengen naik ATV. Kyara sama ayah naik ATV idr 25.000 untuk 3 putaran, aku plus kenzie nonton di pinggir aja.

Abis itu lanjut ke bagian kebun sayur organik dan petik strawberry. Kyara mau petik strawberry, tapi sampe sana kayanya tutup. Aku liat buah strawberry nya juga masih pada kecil-kecil tumbuhnya jadi mungkin ngga dibuka dulu. Kalo ngga ada buah nya apa yang mau dipetik kan, masa daunnya. Jadi ya kita jalan-jalan aja di sekitar kebun organik.

Kalo mau pipis, pupi, atau sekedar cuci tangan jangan kuatir, toilet nya bersiiiih banget. Tinggal pilih mau wc duduk atau wc jongkok :) Semoga bersihnya seterusnya ya bukan karena ini masih baru :)

bilik-bilik wc

lanjut ke bagian pasar apung nya. Karena kita belum laper jadi kita ngga makan di pasar apungnya. Padahal segala makanan ada disitu bikin pengen nyobain semua. Kalo mau naik sampan di danau nya kalo ngga salah idr 1.000 deh. murah! Tapi aku ngga naik sih cuma nontonin orang yang pada naik hehe...

Lanjut jalan-jalan lagi sampe akhirnya menuju pinu keluar. Ada booth melukis di keramik dan Kyara pengen banget. Idr 60.000 dapet celengan sesuai pilihan kita dan satu set alat melukis.

Disini mulai terjadi drama. Udah jam 12.30, waktu tidurnya Kenzie plus dia belum makan siang. Cranky berat karena mau ikut melukis tapi malah berantakin n numpahin cat kakaknya. Dikasih kertas untuk melukis juga ngamuk, meja ditendang dan teriakannya itu yang gak nahan. Kesabaran mama nya diuji nih. Kalo lagi kondisi begini jelas Kenzie ngga mau dipegang siapapun termasuk ayahnya. Jadilah awalnya aku biarin dia nangis sambil dihujani tatapan orang-orang sekitar :D Untungnya ibu-ibu di meja sebelah tuh ibu beranak 3 jadi kuyakin dia ngerti apa yang lagi aku alamin haha...

Setelah beberapa menit aku angkat Kenzie yang lagi ngamuk dari booth melukis sampe ke mobil. Selama perjalanan itu berasa kayak lagi nyulik anak karena Kenzie teriak makin keras dan ngga brenti. Akhirnya sampe luar dia bilang mau bobo gendong deket kakak. Ya udah aku bawa ke dalem lagi *ngos-ngosan*.
Aku gendong timang-timang biar tidur, udah 5 menit terus Kenzie bilang bobo di mobil aja. Angkut lagi ke mobil deh *makin ngos-ngosan*. Sampe mobil di taro di kursi tengah langsung merem. Kyara aku biarin melukis sama eyang n ayahnya sampe puas ngga usah buru-buru, mamanya bisa selonjoran di mobil kriyip-kriyip kena semilir AC :)

Setelah melukis selesai lanjut keluar cari makan. Kita ke POM tahu lembang. Disana ada pabrik tahunya juga dan bisa liat gimana cara bikin tahu nya. Sema makanan disana adalah olahan tahu jadi puas deh mau makan bentuk tahu yang kaya apa ada semua.

Lanjut perjalanan. Abis itu bingung mau kemana kita nurut aja sama pak sopir. Akunya udah cape padahal baru jam 2-an. Jadi sambil perjalanan pulang sopirnya ngelewatin tempat yang bisa diliat sekali jalan.
Kita mampir ke suatu tempat yang namanya Imah Seniman. Salah satu kalimat di baliho nya Imah Seniman ini kalo ngga salah makan di hutan, tidur di danau. Kalo ngga salah ya...

Jadi di Imah seniman ini ada penginapannya juga. Kita masuk ke dalem cuma jalan-jalan aja pengen tau kaya apa. Berasa sekelilingnya hutan karena emang dikelilingin pohon yang suasananya masih asli banget. Ada resto, tempat kerajinan, hotel dll. Kita jalan-jalan ke area penginapannya. Ya ampun... ini kalo buat penganten baru cucok banged lah. Dingin sangat, berasa di tengah hutan, begitu buka jendela kamar langsung pemandangannya danau karena emang villa nya serasa mengapung di atas danau. Mereka juga punya tipe khusus honeymoon pula. Udah bisa ngebayangin sih kayaknya romantis deh... Dan karena bukan di tengah kota, jauh dari keramaian jadi bawaannya ngamar terus lah hehe...

Beneran disini dingiiin deh. Karena masih banyak pohon jadi bener-bener beda. Aku tanya anak-anak, mau ngga kalo kita nginep disini. Kyara langsung jawab dengan lantang NGGA MAU! haha...
Jadi kalo buat orang dewasa yang butuh ketenangan, liburan yang bener-bener istirahat jauh dari hiruk pikuk kota, penganten baru atau penganten lama yang pengen honeymoon di suasana hutan dingin dikelilingin danau sih cucok lah. Bawaannya pasti pengen pelukan mulu karena kedinginan :D
Tapi kalo buat anak-anak, mungkin mereka bakal kaya Kyara bilang ngga mau karena suasana nya hutan begitu. Tapi kalo anaknya berjiwa petualang sih ok-ok aja nampaknya.

Dari Imah Seniman lanjut perjalanan ke Kampung Gajah. Kesini ngga buat main, tapi karena penasaran aja kayak apa sih Kampung Gajah. Mahal juga ya permainannya. Di kampung gajah sebentar aja ngga terlalu lama. Muter-muter sekeliling, jalan-jalan, terus balik ke mobil. Kyara udah ribut aja pengen pulang ke hotel katanya kangen bobo di hotel. halah...

Sebelum pulang ke hotel mampir dulu ke Kartika Sari di Dago beli oleh-oleh. Abis itu balik ke hotel. Sampe hotel udah jam 5 sore. Istirahat, mandi, ngemil-ngemil, sholat. Abis maghrib lanjut jalan cari makan malem, memberdayakan mobil sewaan 12 jam :D

21 Juni 2013
Waktunya pulang! Hari ini judulnya leyeh-leyeh aja di hotel sampe waktunya check out. Jam 10.45 kita check out dan langsung menuju stasiun. Maceeeet ye Bandung padahal hotel-stasiun sebenernya gak jauh-jauh amat. Sampe stasiun jam 11.30, pas banget sampe stasiun masih sempet beli hokben dulu buat lunch di kereta. Jam 12.00 cuuuusssss kereta berangkat. Alhamdulillah sampe kereta anak-anak langsung pada makan lahap, abis itu mereka berdua kompak tidur nyenyak. Kenzie baru bangun pas sampe Gambir (yeayyy mamanya bener-bener santai bisa selonjoran), sedangkan Kyara tidur setelah 1 jam perjalanan dan bangun pas sampe gambir juga. Yeayy!

Alhamdulillah meski cuma 3 hari dan cuma ke Bandung tapi perjalanan kemain berkesan banget terutama buat anak-anak. Sampe Jakarta mereka masih suka nagih minta naik kereta lagi :)

See you Bandung!

13 Comments:

1. Ke Bandung slalu mengasikkan ya...Akhirnya posting lagi nih, 2 K dah besar2 ya.

1. Iya nih lama ga posting mba... kangen ngeblog dan blogwalking jg :)

2. Masyallah...subhanallah...alhamdullilah...maaf yah mbak baru sekarng menginjakkan kaki lagi kesini kaget dengan penampilan mbak motik dan blognya..selamat yah atas keputusan terbesar untuk berhijab..semoga istiqomah *aamiin.
    wah kenzie udah besar aja yah mbak...udah berapa lama nggak kesini blognya juga makin cerah fresh dengan penampilan baru...ya allah terakhir kayaknya baca update kenzie milestone..
    maaf yah mbak bw sekenanya dan lebih banyak fokus posting ..bw-nya jadi terbengkalai..yang penting semoga silaturahmi tetap terjaga..
    mohon maaf lahir dan batin selamat puasa yah mbak

1. Mama kinan... :) aku jg jarang blogwalking sekarang mba.. sorry ya jd jarang main ke blog mama kinan jg. Kadang blogwaking tp ngga sempet ninggal komen. Sama2 mba mohon maaf lahir batin dan selamat puasa ya :)

3. mau dong infonya tentang mobil sewaan, pingin ngajak anak2 kesana naik kereta

1. Aku pake aberta car rental mba lid, nemu di kaskus. Cb buka kaskus.co.id di FJB nya deh buat tau info lengkapnya. Kemarin sih 180rb/6jam dan 270rb/12jam udh termasuk sopir. Seru mba naik kereta, ini kyara aja kepengen lagi hehe..

4. waaaa asyik bgt liburanya 2K, kmrin aku liburan singkat dan dadakan jd kurang bs menikmati bandung

1. Oiya kemaren kamu sempet ke bandung juga ya Di.. kapan2 yang agak lamaan Dian di bandungnya :) aku kmrn juga cuma 3hari kok tapi cukup puas jg kok meaki banyak list yang blm sempet didatengin hehe...

5. seruuuu ternyata bandung punya tmpt wisata alam jg ya, selama ini ke bandung tau nya cm belanja n kuliner aja hehe. btw yg imah itu tarifnya brapaan ya?

1. halooo.... wah aku ngga tanya tarifnya mba, kemaren cuma jalan-jalan aja ngga sampe tanya-taya. mungkin mba bisa cek web nya siapa tau ada atau telpon kesana langsung :)

6. Terimakasih atas informasinya sebagai tambahan refrensi untuk saya...
    Silahkan berkunjung ke blog kami :
    Kami siap melayani anda dengan menyediakan transportasi selama berlibur di Bali. Kami juga menyediakan jasa photography tour untuk teman - teman yang ingin prewedding sambil jalan-jalan di Bali.
    kami sangat fleksibel mengenai harga dan waktu, karena kenyamanan anda merupakan prioritas kami. Terimakasih
    Mobile : 085738491514
    Pin BB : 524E0631
    Email : toetsukra@gmail.com / atekakoi@rocketmail.com
    Alamat : Denpasar Barat

7. kapan ya bisa ke Bandung juga
    asik tuh nampaknya

8. wah kayanya seru banget liat si embk sedang liburan di bandung, villa nya juga bagus trus vieu nya jg ok bangt jadi pengen liburan ke bandung