[Sponsored video] Lifebuoy Global Handwashing Day



Hai... please check this video :)



Waktu pertama kali aku nonton video ini, rasanya terharu banget...

Ngga nyangka bahwa di sana masih banyak anak-anak yang ngga bisa bertahan hidup lebih dari 5 tahun hanya karena terinfeksi diare. 

Sekilas tentang video ini ya...
Seorang ayah bernama Gondappa yang tinggal di Thesgora, salah satu desa di India yang peringkat terjangkit diare nya paling tinggi di negara tersebut, merayakan keberhasilan anaknya melewati 5 tahun pertama nya dengan cara si ayah berjalan menggunakan tangan dan kepala si ayah ada di bawah. waw!
Anak Gondappa yang lain ngga ada yang mencapai umur 5 tahun. Makanya ketika si anak ini berhasil melalui 5 tahun pertamanya, Gondappa bahagia banget :)

Yak... terharu ya... ternyata di belahan bumi sana masih banyak anak-anak yang berjuang bertahan hidup untuk bisa melewati 5 tahun pertama mereka. Kalau di sini 5 tahun pertama itu biasanya ibu-ibu udah pada sibuk nyari sekolah anaknya hehe...

Nah untuk itu, Lifebuoy berpartisipasi dalam Global Handwashing Day untuk mendukung Thesgora dan desa lainnya supaya anak-anak di sana bisa merasakan ulang tahun ke 5 nya :)

Banyak fakta menarik yang ternyata aku baru tau juga nih..

Setiap tahun, sebanyak 2 juta anak berumur di bawah 5 tahun terkena infeksi seperti diare dan pneumonia. Nah diare ini ternyata menyebabkan kematian lebih besar daripada AIDS!
Global handwashing day ini didukung oleh institusi besar maupun individual. Kita sebagai orang tua (khususnya ibu-ibu nih) bisa banget ikut mendukung Global Handwashing Day ini.
Gimana caranya? Dari hal-hal kecil aja seperti cuci tangan menggunakan sabun sebelum menyiapkan makanan, setelah mengganti popok, kalau habis keluar rumah, dan yang terpenting juga adalah mengajarkan dan membiasakan anak-anak kita untuk mencuci tangan dengan sabun. 
Dengan hal simpel seperti ini kita udah ikut berpartisipasi lho :)

Anak-anak kan gampang banget ya ngikutin orang tuanya. Kalau orang tua jorok, ngga biasa cuci tangan, ya anaknya akan terbiasa seperti itu sampai besar. Jadi kalau kita kasih contoh sedari kecil, mereka akan terbiasa dan sadar akan pentingnya cuci tangan ini.

Nah simpel banget kan cara yang bisa kita lakukan untuk mendukung gerakan global handwashing day ini :)
Dalam 10 tahun terakhir, sabun Lifebuoy mencoba membantu mengurangi angka kematian akibat diare ini dengan cara mengajarkan anak-anak untuk terbiasa mencuci tangan dengan sabun.

Seperti kita ketahui, apapun yang masuk ke mulut kita kan pasti melalui tangan dulu. Jadi tangan ini penting dijaga kebersihannya supaya kotoran dan kuman ngga ikutan masuk ke dalam tubuh bareng makanan yang kita makan  :)

Yuk semuanya mari support gerakan Global Handwashing Day ini dari hal-hal sederhana yang bisa kita lakukan sendiri yaitu dengan membiasakan mencuci tangan. Jangan lupa biasakan anak-anak kita juga untuk mencuci tangan ya :)

:: this post is sponsored by Lifebuoy ::

3 Comments:

  1. harus membiasakan diri mencuci tangan ya

    ReplyDelete
  2. Memang sangat penting untuk membiasakan sedini mungkin kepada anak-anak kita mengenai cuci tangan dan selalu memberikan pengertian tentang kesehatan..

    ReplyDelete

Powered by Blogger.